1. Cek tegangan aki kalo kondisi mesin belum ON minimal 12,3 Volt dibawah itu meski aki baru berarti ada bocor arus, bisa jadi dioda alternator ada yg mati salah satu.
2. Cek relay starter apakah masih bagus atau tidak, caranya buka konsol relay dan cari relay starter cabut lalu di test kaki 85 dpt positif baterai lalu kaki 86 dapat body harus bunyi cetek kuat atau pake Ohm meter pasang jarum merah di terminal 30 dan jarum hitam di 87 (kebalik gpp) kalo menunjukkan angka hambatan berarti masih baik.
kalo gak bunyi cetek dan ohm meter lambat bahkan diem maka segera ganti relaynya
3. Cek selenoid starter saat di aliri arus harus bisa mengait gigi motor starter. kalo gak bisa atau lemah maka reparasi selenoidnya. aman beli baru aja karena lumayan murah, mau lebih murah bongkar dan ganti sikat/brushnya
4. Cek kabel massa/body jangan sampe kendor bila perlu tambahin kabel massanya sekalian cek konektor positif dan negatif baterai bila perlu ganti aja murah aja kok harganya. ganti yg bahannya tembaga.
Mengingat mobil sudah berumur lumayan dan di umur segitu memang banyak masalah di kelistrikan untuk semua merk mobil tapi jangan khawatir masalahnya minor aja alias yg ringan2 tapi jika dibiarin bikin senewen juga.
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.
KOMUNITAS
Komunitas Saya
Agan belum login. Silakan login untuk gabung komunitas.