Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62886c2cc86bbe55ce6bf85d/sutiyoso-bicara-soal-ketakutan-etnis-china-menjadi-mayoritas-di-indonesia
Sutiyoso Alias Bang Yos Ungkap Kekhawatiran Akan Etnis China yang Ada di Indonesia (voi) Sutiyoso alias Bang Yos selaku mantan Gubernur DKI Jakarta memberikan tanggapannya mengenai banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. Dilansir gelora.co, Jumat 20 Mei 2022, Bang Yos juga merasa miris akan TKA yang semakin hari semakin banyak. Menurutnya jika Indonesia membutuhkan tenaga ahli, jumlah ten
Lapor Hansip
21-05-2022 11:35

Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia

Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
Sutiyoso Alias Bang Yos Ungkap Kekhawatiran Akan Etnis China yang Ada di Indonesia (voi)

Sutiyoso alias Bang Yos selaku mantan Gubernur DKI Jakarta memberikan tanggapannya mengenai banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia.

Dilansir gelora.co, Jumat 20 Mei 2022, Bang Yos juga merasa miris akan TKA yang semakin hari semakin banyak. Menurutnya jika Indonesia membutuhkan tenaga ahli, jumlah tenaga ahli bukan ribuan namun hanya dua atau tiga orang.

“Saya miris kok banyak sekali pekerja asing datang, kalau dia investor bawa duit ya silahkan, kalau tenaga ahli silahkan, tenaga ahli itu dua atau tiga, bukan ribuan,” ujar Bang Yos, dikutip dari gelora.co, Jumat 20 Mei 2022.

Selain itu, Bang Yos meminta Indonesia harus waspada terhadap tenaga kerja asing tersebut, karena kebanyakan mereka tidak akan kembali ke negara asalnya.

“Jadi kita harus waspada, saya jamin orang itu gak akan pulang ke negaranya,” ucap Bang Yos.

Lebih lanjut lagi alasan tenaga kerja etnis China yang tidak kembali lagi ke negara asalnya tersebut akan memiliki keturunan di Indonesia, dan hal ini bisa membuat mereka menjadi etnis mayoritas di tanah air.

“Jadi jangan sampai kita gak sadar-sadar akhirnya mereka yang mayoritas suatu saat nanti,” tutur Bang Yos.

Bang Yos juga membeberkan mengenai alasan pekerja asing tersebut (etnis China) yang tidak kembali ke negaranya karena betapa kejamnya aturan yang ada di negara asalnya.

Misalnya masalah soal kebijakan memiliki anak yang hanya boleh satu orang, jika mempunyai anak dua, anak kedua tersebut akan diperlakukan seperti anak yatim piatu oleh pemerintah setempat.

“Di Tiongkok jika punya anak dua, yang kedua seperti anak yatim piatu diperlakukannya oleh pemerintah, di sini mereka bikin anak sebanyak-banyaknya,” ungkap Bang Yos.

Bang Yos juga pesan agar lihatlah kejadian yang ada di negara Indonesia terdekat, mayoritas pejabat penting di negara tetangga hampir seluruhnya merupakan etnis Tiongkok.

“Yang paling dekat Singapura, perdana menteri pertama orang Melayu, sekarang sudah tidak ada lagi. Lihatlah Malaysia sudah beberapa departemen dipimpin etnis ini,” imbuhnya.

Ia meminta agar Indonesia bisa belajar dari apa yang terjadi di negara tetangga tersebut.

“Kok kita gak sadar-sadar gitu, bukan apa-apa saya ini orang intelejen, bisa membaca. Pegawai-pegawai itu yang di Kalimantan, Sulawesi sampai Papua gak akan kembali ke sana,” kata Bang Yos.

Bang Yos juga menjelaskan bahwa di usianya yang sudah berumur 77 tahun, ia ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan mengabdi untuk Indonesia.

“Saya sudah tua, tapi tidak bisa diam saja tutup mata, tidak bisa saya seperti itu, itu akan dosa bagi saya” tambahnya.

“Saya ingin wakafkan sisa umur saya untuk mengabdi kepada negeri ini, saya ingin negeri ini negeri yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” terang Bang Yos. 

Bang Yos juga tidak lupa menyinggung permasalahan utang Indonesia yang semakin tinggi serta kekhawatiran terhadap nasib bangsa Indonesia kedepannya. 

“Apalagi akibat pandemi dan utang yang bertumpuk situasi ke depan khawatir situasi lebih buruk lagi,” tandasnya. 

“Oleh karena itu kita tidak boleh diam, kita harus paling depan mengamankan NKRI sesuai cita-cita para leluhur kita,” pungkasnya.


https://makassar.terkini.id/sutiyoso...-di-indonesia/




profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
19.1K Anggota • 633.6K Threads
Halaman 1 dari 3
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:40
Nggak salah juga pemikiran Bang Yos. Toh semua pribumi di belahan dunia manapun juga begini pemikirannya apabila ada pendatang yg nggak tahu diuntung mencoba mendominasi daerahnya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
accretia8 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 35 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:41
pppppfffffttttt....

dikit dikit nyalahin cinak....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:45
Yang datang ribuan buruh kah?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:46
Nga nyambung!

Satu sisi dia ngebahas soal warganegara Indonesia keturunan Tionghoa. Disisi lain dia bawa-bawa TKA dari mengleng.

Kalau mau ngomporin, yang cerdas dikit pak. Ini sudah jaman pake kompor gas, udah nga jaman pake kompor minyak tanah.

emoticon-Ngakak
Diubah oleh Mistaravim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:46
Masih bebas visa kah
profile-picture
accretia8 memberi reputasi
0 1
-1
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:48
Caranya jadi mayoritas gimana pula, soal bikin anak aja kalah jumlah coi....lagian abis mereka dapat duit ya capcus lah....ngapain menetap emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan 37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:51
Bang yos masih pgn berpolitik? emoticon-Embarrassment
profile-picture
cendoldawer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:51
Kalo pgn pribumi berpikir maju
Lebih baik habisin populasi kadal tukang tipuemoticon-Leh Uga
Diubah oleh trollkadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:57
kenapa harus benci TKA
ingat TKI itu juga dianggap TKA oleh warga negara lain
jangan lupa begitu banyaknya TKI yg kerja pada majikan chinese di
singapore,hongkong,china,taiwan

TKA china datang ke indonesia kerja pada perusahaan milik china sendiri
siap selesai kerja ,langsung balik lagi ke china

bicara mengenai tenaga kerja
fakta & kenyataan
Ternyata TKI di China Lebih Besar Dibandingkan Jumlah Pekerja China di RIl
]https://economy.okezone.com/read/201...ja-china-di-ri
Menaker: TKI Lebih Banyak yang Bekerja di China
https://www.liputan6.com/bisnis/read...kerja-di-china
Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia
https://ekonomi.kompas.com/read/2018...erbu-indonesia.
Diubah oleh rm057
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 11:59

TKI di China sendiri 2-3x lipatnya, belum termasuk TKI di Hong Kong, Makau, Taiwan

Gak ada tuh warga China disana demo2 usir TKI, apalagi bawa2 sentimen ras

Rata2 gaji TKI di China 16jt-54jt per bulan, bahkan kalau tenaga ahli bisa diatas 200jt

profile-picture
profile-picture
cendoldawer dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:01
Quote:Lebih lanjut lagi alasan tenaga kerja etnis China yang tidak kembali lagi ke negara asalnya tersebut akan memiliki keturunan di Indonesia, dan hal ini bisa membuat mereka menjadi etnis mayoritas di tanah air.

yap... orang2 cina sudah ada lama bahkan sebelum jaman kolonial.. meski dijaman kolonial jumlah imigran cina berlipat lipat... apakah sekarang sudah menjadi mayoritas..?? emoticon-Big Grin

Quote:di sini mereka bikin anak sebanyak-banyaknya

mereka ngga mau justru bikin anak sebanyak banyaknya karena tau kebutuhannya sulit repot mahal... kebanyakan punya 1 atau 2 max 3 (udah jarang banget ya ortu muda skrg mau anak 3 atau lebih), selanjutnya vasektomi, kondom, steril, kb... bandingkan dengan contoh katakanlah, native... yg pernah bikin statement pingin punya anak sebanyak2nya, dan secara kasat mata juga bagaimana kaum proletar punya buntut banyak namun terbengkalai... emoticon-Big Grin

Quote:Bang Yos juga pesan agar lihatlah kejadian yang ada di negara Indonesia terdekat, mayoritas pejabat penting di negara tetangga hampir seluruhnya merupakan etnis Tiongkok.

yap.... akibatnya... mereka lebih maju.... emoticon-Big Grin lihat singapura dengan kekuatan ekonominya.. militernya dsb... lihat malaysia dengan harga2 bahan pokoknya... infra nya... emoticon-Big Grin

Quote:Ia meminta agar Indonesia bisa belajar dari apa yang terjadi di negara tetangga tersebut.

betul sekali... negara tetangga adalah guru yang baik.. maka oleh karena itu ada baiknya pemimpin indonesia dan atau sebagian besar parlemen/pejabat kelak dari etnis cina.. emoticon-Big Grin

Quote:“Oleh karena itu kita tidak boleh diam, kita harus paling depan mengamankan NKRI sesuai cita-cita para leluhur kita,”

yap.. betul... tapi kita itu siapa..?? banyak yg menggaungkan bukan NKRI koq... maunya... "yang lain", yg gratis2 itu lho... bukan cina malahan... meski 1-2 ya ada sih.. emoticon-Big Grin

jarang2 gw ngetik sepanjang ini..

abis... lawak banget sih... emoticon-Big Grin

pribumi... imigran... aslinya gada bermasalah.. asimilasi awalnya berjalan baik2 saja.... yg bermasalah ditingkat atas yg memasalahkan akhirnya menjadi masalah bagi tingkat bawah... divide et impera ternyata masih dipegang teguh oleh orang yg berkuasa... kasihan.... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:05
boleh2 aja gan klo pak yos mau ketakutan. asalkan jangan berlebihan dan memicu masalah baru. 👍
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:07
Om emang udah gak temanan ma om jims? Jangan bilang cuma taktik cem om narko..... asu2in ****** tapi hasil tambangnya jual kesono juga emoticon-Big Grin
Diubah oleh Judess
profile-picture
budakdelusi memberi reputasi
1 0
1
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:10
Klo gak mau kompor, Geruduk lagi dong. Masak cm berani kudatuli doang
0 0
0
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:10
Punya kekuatiran kek gt ya curhatnya ke pejabat" yg berwenang lah, sebagai mantan pejabat pasti masih punya koneksi ke pejabat yg masih aktif di pemerintahan. Curhat ke media kek gini malah bisa makin menguatkan sentimen anti china di masyarakat, ujung"nya WNI keturunan yg ga salah ikut kena getahnya.
Diubah oleh to2wnrt
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:15
ngomong modal perasaan kenasbungan.emoticon-Ngakak (S)
ngomong itu palai data kependudukan, mana ada orang rrc nggak pulang, stay lama di pabrik mungkin iya, tapi kalo jadi wni,.dia kata segampang itu.
wong yang lahir di mari aja dipersulit bikin ktp, apalagi yang nggak ngerti bahasa indo.emoticon-Ngakak (S)

masih nggak malu ngomong udah tua, tua-tua cabe rawit,.makin tua makin menipu.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
typicat dan cendoldawer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:25
Pejabat gak update, China udah gak ada lagi 1 child policy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
StrikeZZZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:26
TKA China jarang nikah sama orang lokal, yang banyak malah dari Arab nikah mutah. Tolong ditertibkan Pak Yos.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:27
jadi wna ke wni itu sulit

kemarin kawan saya orang korea sudah 20 tahun tinggal di Indonesia baru kali ini di acc wni nya

itupun harus punya banyak syarat

yg paling berat harus punya usaha yg minimal pengoperasian memakan 1.5 MILIAR
profile-picture
profile-picture
typicat dan cendoldawer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sutiyoso Bicara Soal Ketakutan Etnis China Menjadi Mayoritas di Indonesia
21-05-2022 12:28
Lha kemaren yg mutusin gak pake operasi yustisi sape? knpa gak dikritik juga?
Jakarta milik semua.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia