Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
54
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62879a9f46e5ad1e672d70cd/ternyata-buah-yang-sangat-populer-ini-bukan-asli-dari-indonesia
Fruits  Negeri kita bisa dikatakan sebagai surganya buah, hampir semua jenis buah-buahan tropis bisa tumbuh dengan subur di Indonesia, banyak juga yang berasal dari luar negeri yang bisa tumbuh dengan baik di sini. Beberapa jenis buah yang  saking lamanya masuk ke Indonesia menjadi sangat populer dan sangat umum dijumpai, bahkan juga sudah mempunyai nama lokal dalam bahasa daerah masing-masi
Lapor Hansip
20-05-2022 20:41

Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia

icon-verified-thread

Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Fruits


 Negeri kita bisa dikatakan sebagai surganya buah, hampir semua jenis buah-buahan tropis bisa tumbuh dengan subur di Indonesia, banyak juga yang berasal dari luar negeri yang bisa tumbuh dengan baik di sini. Beberapa jenis buah yang  saking lamanya masuk ke Indonesia menjadi sangat populer dan sangat umum dijumpai, bahkan juga sudah mempunyai nama lokal dalam bahasa daerah masing-masing.

 Tapi tahukah agan dan sista, ada beberapa jenis buah yang sangat familiar dan sering kita jumpai dan bahkan kita kira sebagai buah asli dari Indonesia, ternyata berasal dari negara lain! Bahkan ada yang berasal dari benua lain yang sangat jauh dari sini. Buah apa sajakah itu dan bagaimana ceritanya bisa sampai ke Indonesia? Kita simak bersama-sama.



Quote:

1. PEPAYA


 Rasanya yang manis membuat banyak orang yang menyukainya sebagai desert, campuran minuman buah  atau dibuat rujak. Kalau sudah masak, maka daging buahnya berwarna merah atau kuning tergantung jenisnya. Pohon pepaya tumbuh hingga setinggi 5-15 meter, dan tersebar luas di negara-negara tropis termasuk Indonesia. Sedemikian umumnya buah pepaya di Indonesia sampai orang mengira kalau pepaya adalah asli Indonesia. 


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah pepaya


 Tapi ternyata aslinya pepaya berasal dari Amerika Selatan, tepatnya  Meksiko. Pada abad ke 16, bangsa Spanyol membawa pepaya ke Asia Tenggara, yaitu ke negara Filipina untuk dibudidayakan disana. Para ahli mengatakan kalau pepaya mulai masuk ke Indonesia di abad ke 16 juga, dan bisa tumbuh dengan sangat  subur di sini.

 Tanaman pepaya memiliki banyak manfaat, selain buahnya yang telah matang. Daun, bunga dan buah yang masih muda bisa dimasak sebagai sayuran. Daun pepaya juga bisa digunakan sebagai pelunak daging. Getah dari pepaya mengandung enzim papain yang bisa mengurai protein dalam daging sehingga daging menjadi empuk.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Pohon pepaya


 Di Indonesia, pepaya memiliki banyak nama, tiap daerah memiliki nama tersendiri, tapi tapi nama asli buah ini adalah papaya, sedangkan nama latinnya adalah Carica Papaya L.. Dalam bahasa inggris disebut pawpaw, sedangkan masyarakat jawa menyebutnya sebagai kates, dan dalam bahasa sunda disebut gedang.

Source





Quote:

2. SEMANGKA


 Di waktu siang yang panas terik tentu akan terasa sangat segar kalau menyantap buah ini, rasanya yang manis dan daging buah yang mengandung banyak air tentu bisa memberikan kesegaran. Semangka bisa dimakan segar begitu saja sebagai cemilan atau pencuci mulut sehabis makan, bisa juga dicampurkan dalam minuman es buah.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah semangka


 Tapi mungkin kita tak menyangka kalau tanaman merambat ini ternyata berasal dari daerah setengah gurun di benua Afrika, tepatnya di negara Sudan dan daerah sekitar sungai Nil. Buah ini juga menjadi santapan bagi raja-raja mesir. Dari benua Afrika, semangka menyebar ke negara-negara tropis dan subtropis di seluruh dunia.

 Semangka liar aslinya berdaging putih, tidak manis dan tanamannya tidak tahan penyakit. Lalu dengan pembiakan selektif dan persilangan selama ratusan tahun, maka didapatlah semangka yang sekarang berwarna merah atau kuning dan tanamannya lebih tahan penyakit. Belum lama ini bahkan juga ditemukan varietas semangka tanpa biji, juga semangka yang berukuran jumbo.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Tanaman semangka


 Bangsa Eropa telah membawa tanaman ini sampai ke Asia, dan pada abad ke 7 Masehi, India mulai membudidayakan tanaman ini, lalu di abad ke 10 mulai menyebar sampai ke Cina hingga akhirnya ke Indonesia. Selain daging buahnya, bijinya pun bisa dikonsumsi sebagai cemilan yaitu kuaci.

 Nama latin buah ini adalah Citrullus Lanatus, dalam bahasa inggris disebut sebagai watermelon. Sedangkan nama semangka sendiri berasal dari bahasa Jawa semongko yang artinya tanaman sebangsa ketimun. Dalam bahasa sunda disebut sebagai samangka.

Source





Quote:

3. MANGGA


 Buah berwarna orange terang ini memiliki rasa manis dan agak asam, cocok di makan pada cuaca yang panas, juga sering disantap sebagai pencuci mulut. Mangga bisa dimakan segar, dijadikan manisan dan juga rujak. Para bumil pun sangat menyukai buah ini. Semua orang sudah mengenal buah ini, dan seakan sudah menjadi bagian dari Indonesia.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah mangga


 Tapi ternyata buah yang bernama latin Mangifera Indica ini aslinya berasal dari India, tepatnya di lembah sungai Indus. Mangga di bawa oleh pedagang India yang berkelana sampai ke Semanjung Malaysia. Sekitar tahun 1400-1450, mangga telah sampai di Filipina dan dibudidayakan disana. Dan sekitar tahun tahun 1665, bangsa Spanyol membawa bibit mangga dari Filipina ke Maluku dan ditanam disana, hingga akhirnya menyebar ke seluruh Indonesia.

 Meskipun mangga memiliki nama sendiri-sendiri di tiap daerah, tapi sebenarnya mama mangga berasal dari bahasa Tamil mankay, lalu dibawa oleh orang-orang Portugis ke Eropa dan diserap menjadi manga, dan oleh bangsa Inggris dan Spanyol diubah menjadi mango, sedangkan dalam bahasa Indonesia diserap menjadi mangga. Dalam bahasa jawa, mangga disebut pelem, dan dalam bahasa Sunda disebut manggah.

Source 1,  Source 2





Quote:

4. NANAS


 Buah bersisik dengan daun yang berduri ini memiliki rasa asam manis segar. Warna daging buahnya adalah kuning atau merah. Nanas atau nenas merupakan tanaman populer di Indonesia yang sering di tanam di tegalan atau bahkan halaman belakang rumah. Saking populernya banyak orang mengira kalau nanas adalah tanaman asli Indonesia.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah nanas


 Namun ternyata tanaman buah ini aslinya berasal dari Amerika Selatan, yaitu dari negara Brazil, Argentina dan Peru. Lalu sekitar abad ke 15, para pelaut Portugis dan Spanyol membawa tanaman ini ke India dan Filipina, lalu menyebar ke seluruh Asia. Hingga akhirnya pada abad ke 16, nanas sampai ke Indonesia, dan menyebar ke seluruh kepulauan Nusantara.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
tanaman nanas


 Dalam bahasa inggris, buah ini disebut pineapple karena bentuknya yang kerucut dan bersisik mirip dengan buah pine (pinus). Nama nanas sendiri diambil dari nama latinnya yaitu Ananas Comosus. Buah tropis dan subtropis ini bisa dimakan segar, dijadikan jus atau es buah, manisan rujak dan juga selai. Nenas juga bisa digunakan untuk melunakkan daging yang alot.

Source 1, Source 2, Source 3





Quote:

5. TOMAT


 Entah tomat masuk dalam kategori buah atau sayuran, karena memang tomat juga sering dijadikan bumbu masakan. Bahkan resep masakan tradisional pun sudah menggunakan tomat sebagai pelengkap bumbu, tidak heran kalau tomat sering dikira sebagai tanaman asli Indonesia.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah tomat


 Tapi buah yang berwarna merah terang ini aslinya ternyata berasal dari benua Amerika, yaitu dari negara peru. Semula tanaman tomat dianggap sebagai tumbuhan gulma, lalu bangsa Indian Aztec lah yang pertama kali membudidayakan tanaman ini hingga menyebar sampai ke Meksiko. Lalu bangsa Spanyol membawa bibit tanaman ini hingga ke Asia dan akhirnya sampai ke Indonesia.

 Nama tomat sendiri berasal dari kata tomatl, sebuah kata dari bahasa Nahuatl (bahasa Indian Aztec), dan oleh bangsa Spanyol dilebur menjadi tomat, sedangkan bahasa Indonesia menyerap kata tomat dari nama Spanyol ini. Buah bernama latin Solanum lycopersicum ini juga disebut tomat dalam bahasa Jawa dan juga Sunda.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Tanaman tomat


 Tanaman tomat memiliki banyak varietas, ada yang berwarna kuning, hijau, dan yang paling umum adalah merah. Buah tomat bisa juga dimakan segar, dijadikan sebagai minuman jus buah, atau sebagai pelengkap dalam makanan sandwich dan juga burger.

Source





Quote:

6. JAMBU BIJI


 Sering juga disebut jambu batu, jambu siki atau jambu kluthuk. Buah yang rasanya asam manis dan agak sepet ini berbau harum, tapi kadang orang jadi jengkel sendiri karena bijinya yang banyak itu secara tidak sengaja ikut terkunyah. Daging buahnya berwarna putih atau merah, dengan banyak biji kecil-kecil di tengahnya. Tanaman tropis ini tersebar dan tumbuh subur di seluruh kepulauan Nusantara.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Jambu biji


 Dan ternyata pohon ini juga bukan asli Indonesia, tapi lagi-lagi berasal dari benua Amerika, tepatnya dari negara Brasil dan sekitarnya. Tanaman yang biasa ditanam sebagai pohon peneduh ini dibawa oleh bangsa Spanyol ke Thailand dan dibudidayakan disana, lalu menyebar ke seluruh benua Asia termasuk ke Indonesia.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Pohon jambu biji


 Dalam bahasa Inggris, jambu biji disebut dengan guava, sedangkan nama latinnya adalah Psidium Guajava. Bagi yang tidak suka bijinya, juga ada varietas jambu biji yang tidak ada bijinya, seperti misal jambu sukun dan jambu kristal. Buah jambu biji mengandung banyak vitamin C dan bisa digunakan sebagai obat alami untuk sakit diare.

Source





Quote:

7. APEL


 Semua orang di seluruh dunia sudah mengenal dan juga menyukai buah yang satu ini, Apel memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, sampai ada slogan dari amerika yang berkata "one apple a day, keep the doctors away". Bisa dikatakan kalau apel adalah buah yang paling populer di dunia.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Buah apel


 Meskipun telah banyak sentra pembudidayaan apel di negeri ini, tapi buah ini bukan asli Indonesia, nenek moyang tanaman apel berasal dari Asia Tengah, yaitu di daerah Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Xinjiang, Cina. Disana tanaman ini tumbuh sebagai apel liar, ukuran buahnya kecil dari apel yang dijual di pasaran. Di negara asalnya, apel sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu.

 Karena banyak pendatang dan pengelana yang yang menyukainya, maka tanaman apel pun menyebar ke seantero dunia, dan bisa tumbuh subur di iklim yang bersuhu sejuk. Pada tahun 1930-an, buah yang memiliki nama latin Malus domestica ini masuk ke Indonesia atas jasa bangsa Belanda yang membawanya dari Australia. Dan pada tahun 1933-1934, apel mulai ditanam dan dibudidayakan di daerah kota Batu, Malang dan Pasuruan. Dan hingga kini kota Malang terkenal sebagai pusat budidaya buah apel.


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Pohon apel


 Melalui pembiakan dan persilangan selektif selama ribuan tahun, maka didapatlah ratusan varietas apel yang bisa kita jumpai sekarang. Nama apel diambil dari bahasa Belanda untuk buah ini, yaitu appel, dan dalam bahasa Inggris disebut apple, cuma beda penulisan saja, sedangkan ejaannya sama. Buah apel sendiri mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Source




 Demikianlah sedikit deretan buah-buahan populer yang bukan asli Indonesia yang berhasil TS rangkum, semoga bisa bermanfaat menambah wawasan agan dan sista semua. Dengan masuknya tanaman buah-buahan dari negara lain, tentu akan menambah  keanekaragaman buah-buahan di negeri ini. Tapi tentunya kita tidak boleh melupakan buah asli negeri sendiri.. emoticon-Big Grin

 Jika agan dan sista punya info tambahan soal buah populer yang bukan asli Indonesia, maka agan dan sista semua bisa berbagi dengan menulis komen di bawah.. emoticon-Smilie




profile-picture
profile-picture
profile-picture
rapsodia dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
tanaman
Tanaman
806 Anggota • 3.6K Threads
Halaman 1 dari 2
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
20-05-2022 20:57
emoticon-Pertamax


Aku kira mangga dan jambu biji itu buah asli Indonesia, ternyata bukanemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Kalau buah rambutan, durian, dan kelapa, apa bukan dari Indonesia juga asal muasalnya?emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan Mbahjoyo911 memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
20-05-2022 21:50
Pepaya* dan semangka* disini asli indonesia gan.. Bahkan sebelum pertanian berkembang dan dibawa oleh negara lain 🤭
(* buah yang itu..)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 01:00
mangga secara umum persebarannya hampir seluruh asia tropis gan. termasuk Indonesia. tapi memang varietas yg populer di indonesia, leluhurnya dari india. kalau mangga asli Indonesia kurang diminati karena seratnya kasar (mangga hutan; bacang, pakel, kasturi, kemang, wani dll). ada juga hibrida antara pakel dan mangga india, kita kenal dengan nama kweni.
Diubah oleh ksatriaplastic
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taosipudan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 05:06
Kok aku merasa terkhianati yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taosipudan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 07:59
Quote:Original Posted By evywahyuni
emoticon-Pertamax


Aku kira mangga dan jambu biji itu buah asli Indonesia, ternyata bukanemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Kalau buah rambutan, durian, dan kelapa, apa bukan dari Indonesia juga asal muasalnya?emoticon-I Love Indonesia (S)


Kalo tiga buah itu asli indonesia dan asia tenggara
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:01
Quote:Original Posted By ksatriaplastic
mangga secara umum persebarannya hampir seluruh asia tropis gan. termasuk Indonesia. tapi memang varietas yg populer di indonesia, leluhurnya dari india. kalau mangga asli Indonesia kurang diminati karena seratnya kasar (mangga hutan; bacang, pakel, kasturi, kemang, wani dll). ada juga hibrida antara pakel dan mangga india, kita kenal dengan nama kweni.


Thanks buat info tambahannya gan..
Memang mangga ada ratusan jenisnya..
0 0
0
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:02
Quote:Original Posted By numpang.komen
Kok aku merasa terkhianati yak


emoticon-Ngakak
Yang penting varietasnya malah jadi tambah beragam gan.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:09
Quote:Original Posted By ksatriaplastic
mangga secara umum persebarannya hampir seluruh asia tropis gan. termasuk Indonesia. tapi memang varietas yg populer di indonesia, leluhurnya dari india. kalau mangga asli Indonesia kurang diminati karena seratnya kasar (mangga hutan; bacang, pakel, kasturi, kemang, wani dll). ada juga hibrida antara pakel dan mangga india, kita kenal dengan nama kweni.

Baru tau kalau mangga Kweni itu mangga hibridaemoticon-Thinking

Quote:Original Posted By numpang.komen
Kok aku merasa terkhianati yak

Sabar, Ganemoticon-Smilie
Orang sabar pasti suka makan buahemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Mbahjoyo911
Kalo tiga buah itu asli indonesia dan asia tenggara

Alhamdulilah kirain dicaplok negara lain jugaa asal muasalnyaemoticon-Smilie
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:29
Terus buah yg paling indonesia apa berarti om?emoticon-Bingung
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:40
Quote:Original Posted By mr.guoblok
Terus buah yg paling indonesia apa berarti om?emoticon-Bingung


Masih banyak gan.. durian, rambutan, srikaya, sirsak..
profile-picture
mr.guoblok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 08:41
Quote:Original Posted By evywahyuni
Baru tau kalau mangga Kweni itu mangga hibridaemoticon-Thinking

Sabar, Ganemoticon-Smilie
Orang sabar pasti suka makan buahemoticon-Big Grin

Alhamdulilah kirain dicaplok negara lain jugaa asal muasalnyaemoticon-Smilie


Nggak bisa dicaplok karena memang asalnya dari seluruh asia tenggara termasuk indonesia..
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 09:11
Kelapa sawit juga bukan tanaman asli indonesia dan sudah menggusur hutan2 dengan flora dan fauna endemik asli indonesia.

Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia

Kelapa sawit - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas - https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kelapa_sawit


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
Diubah oleh dxbike
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 10:01
Quote:Original Posted By mr.guoblok
Terus buah yg paling indonesia apa berarti om?emoticon-Bingung


Salak
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 10:11
Salak lengkeng duku
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 10:13
buah asli Indonesia langka dan jarang terlihat sih emoticon-Big Grin
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 10:34
Quote:Original Posted By Mbahjoyo911
Nggak bisa dicaplok karena memang asalnya dari seluruh asia tenggara termasuk indonesia..

Ashiyaapp👍


Quote:Original Posted By dxbike
Kelapa sawit juga bukan tanaman asli indonesia dan sudah menggusur hutan2 dengan flora dan fauna endemik asli indonesia.

Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia

Kelapa sawit - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas - https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kelapa_sawit


Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia

Nais inpoh, Ganemoticon-Smilie

Baca bahasan kelapa sawit jadi ingat Bang @loebis.caememoticon-Peace
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 12:28
ane dulu sering banget makan buah (dada) asal eropa dan amerika yang ada di indonesia, banyaknya di bali.. huehehehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 12:58
Rambutan Go Internasional....
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 13:25
gedang = kates, ampe sekarang masih jadi bahan jokes antara orang sunda dan jawaemoticon-Big Grin
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata Buah yang Sangat Populer ini  Bukan Asli dari Indonesia
21-05-2022 14:32
Wahhh baru tahu,...
Buah paporit ane semua ituu
profile-picture
Mbahjoyo911 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia