Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6285835feb50f522bb5a35b7/sering-tidur-semalaman-dengan-kipas-angin-menyala-ingat-ada-bahaya-serius-mengancam
Sering dilakukan ternyata berbahaya bagi keselamatan jiwa, ini dampak buruk tidur dengan kipas angin menyala dalam waktu lama Cuaca di beberapa daerah di Indonesia beberapa hari belakangan terasa lebih panas dari bulan-bulan sebelumnya. Mungkin Agan dan Sista pun juga merasakan kondisi yang sama jika memang di daerah kalian tengah masuk musim kemarau. Di kondisi cuaca yang super panas dari pagi sa
Lapor Hansip
19-05-2022 06:38

Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam

icon-verified-thread
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
Sering dilakukan ternyata berbahaya bagi keselamatan jiwa, ini dampak buruk tidur dengan kipas angin menyala dalam waktu lama


Cuaca di beberapa daerah di Indonesia beberapa hari belakangan terasa lebih panas dari bulan-bulan sebelumnya. Mungkin Agan dan Sista pun juga merasakan kondisi yang sama jika memang di daerah kalian tengah masuk musim kemarau.

Di kondisi cuaca yang super panas dari pagi sampai malam hari tentu saja membuat banyak orang merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Itulah sebabnya AC dan kipas angin dapat dikatakan menjadi teman hidup sehari-hari untuk menghalau rasa gerah atau hareudang yang dirasakan.

Bagi Agan dan Sista yang bekerja di dalam ruangan tentu adanya kipas angin atau AC dapat membantu mendinginkan udara yang panas dan pengap. Namun untuk yang bekerja out door, mereka akan mendapatkan udara langsung dari alam yang memang sudah mengikuti cuaca.

Adapun yang menjadi permasalahan disini GanSis, apa yang akan kalian lakukan saat malam hari di waktu tidur tapi suhu udara atau cuaca masih panas?
Pasti kalian akan memilih tidur ditemani kipas angin atau AC agar bisa tidur lebih nyaman ya GanSis.

Tapi apakah nyaman sudah pasti aman bagi kesehatan?
Mari kita simak beberapa bahaya tidur ditemani kipas angin sepanjang malam.


Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam


Banyak orang menduga bahwa tidur dengan kipas angin sepanjang malam aman untuk dilakukan dan tidak ada dampak bahayanya, itulah sebabnya hampir semua orang tidur dengan kipas angin yang terus menyala.

Usut punya usut dari beberapa artikel yang ane baca, ternyata ada beberapa dampak buruk dan bahaya tidur dengan menyalakan kipas angin sepanjang malam yang perlu Agan dan Sista ketahui. Apa saja dampak buruk dan bahayanya?
Berikut ini diantaranya.


1. Dehidrasi

Melihat kejadian nyata yang dialami oleh beberapa orang langsung, yaitu mereka yang tidur dengan ditemani kipas angin menyala sepanjang malam ternyata bisa mengalami dehidrasi akut GanSis.

Orang yang tidur dengan kipas angin menyala beresiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena cairan tubuh diserap oleh kipas angin yang terus menyala.

Saat dehidrasi dialami secara mendadak karena dampak menggunakan kipas angin terlalu lama, maka tidak bisa hanya dengan minum air melainkan harus dibawa kedokter untuk mendapatkan cairan.

2. Hipotermia

Penurunan suhu tubuh secara drastis hingga 35° atau biasa disebut dengan hipotermia juga dapat terjadi karena Agan Sista tidur sepanjang malam dengan kipas angin yang menyala.

Hipotermia dapat terjadi karena cuaca ekstrim sehingga tubuh akan menggigil dan korban kehilangan kesadaran.

3. Hidung dan Tenggorokan Kering

Agan dan Sista pasti pernah merasakan tenggorokan dan hidung kering setelah tidur dengan AC atau kipas angin yang menyala sepanjang malam, selanjutnya GanSis akan mengalami batuk, pilek, dan juga perasaan kurang nyaman.

4. Paru-paru Kurang Oksigen

Kurangnya pasokan oksigen pada paru-paru karena kipas angin mengganggu sirkulasi udara juga dapat terjadi jika Agan dan Sista terlalu lama di bawah kipas angin. Berhati-hatilah saat dalam keadaan ini karena paru-paru sangat membutuhkan oksigen agar semua organ tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

5. Boros Listrik

Kipas angin adalah benda yang merubah energi listrik menjadi energi gerak GanSis. Meskipun energi listrik yang dikeluarkan untuk menggerakkan kipas angin tidak terlalu banyak namun jika dilakukan lama maka juga akan mengeluarkan banyak listrik dan bisa dibilang boros.

Untuk mencegah borosnya listrik Agan Sista bisa menghemat dengan hanya menyalakan kipas angin saat benar-benar gerah.

Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
sumber gambar

Itulah GanSis resiko dan dampak bahaya dari menggunakan kipas angin saat tidur sepanjang malam.

Saat Agan Sista hanya menggunakan kipas angin saat gerah berlebih itu masih bisa dimaklumi oleh tubuh ya, namun saat sudah terlalu berlebihan pasti tubub juga akan menunjukkan reaksinya.

Mudah-mudahan dengan informasi ini dapat menjadi himbauan atau juga peringatan bagi Agan dan Sista yang masih suka tidur di bawah kipas angin.


Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2.2K Anggota • 20.1K Threads
Halaman 2 dari 6
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 08:54
semua itu dirangkum dalam 2 kata : masuk angin

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 08:55
sebenarnya ane jg tau pasti ada efeknya, tp mo gimana lagi, kota ane panasnya sepanas kopi baru jadi, pagi siang malam hampir sama aja sumuknya, tapi ya gk tiap hari si kek gitu emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
acore dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:00
Quote:Original Posted By meimeiput
Angin dari kipas angin masih mending
Tidur hembusan angin knalpot lebih mengancam serius
emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

emoticon-Ngakak ya kenapa ada knalpot di kamar gan

Quote:Original Posted By penthouse.3
Ane dulu kayak gitu
Telanjang dada zaman masih di luar... masih hidup sampai skrgSering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam

emoticon-Matabelo Alhamdulillah

Quote:Original Posted By hexa06
ini pake kipas industrial dgn jarak 1meter kali yak?
kl pake kipas yg dijual ditoko home appliances ya gak gitu juga resikonya kek nya

emoticon-Matabelo ya dicoba aja gan

Quote:Original Posted By does4u
memang bahaya, tapi karena AC ga kebeli ditambah didaerahku panasnya luar biasa mau ga mau memang harus pake kipas angin Gan ............. *ada yg bilang orang miskin imunnya tebel wkwk emoticon-Wakaka

emoticon-Matabelo jangan dipanjer terus gan

Quote:Original Posted By newkris
Jarang banget pake kipas angin.......karena takutnya malah jadi masuk angin.

emoticon-Matabelo sama

Quote:Original Posted By jlamp
Sekalian ngusir nyamuk..

emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak sama nyawanya ikut keusir
0 0
0
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:00
kalo cara pakainya seperti ilustrasi sih emang wajar kena penyakit, paling umum yaitu masuk angin, yang benar konon katanya kipas ditembakkan ke dinding
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:02
Quote:Original Posted By home.utd
dulu pas kecil pegawai sy ada yg meninggal gegara tidur pas kepalanya menghadap kipas angin lgsg. pikir sy dulu itu sangking polosnya rohnya ketiup kipas angin emoticon-Wakaka . kl sy dl sih ngekost pake kipas angin juga tp jauh posisinya skitar 2 meteran nembaknya juga ke dinding bukan ke badan

emoticon-Matabelo iya gan, jangan langsung ke badan

Quote:Original Posted By 416cangcimen416
1. minum sebelum tidur
2. klo no 2 ini ndak akan mungkin di daerah suhu malam nya 25 an kyk di dataran rendah macam jakarta, surabaya dkk
3. jarang banget tenggorokan kering, karena humidity di indonesia relatif tinggi
4.ndak jelas ini argumen nya, iya klo ngorok baru bahaya. Kipas angin itu kan mensirkulasi angin. Angin/udara itu 79% nitrogen dan 21% oksigen. jadi ya dari mana kipas angin mengurangi oksigen itu?
5. okelah ini masuk akal

emoticon-Matabelo nomer 4 masih belum jelas ya gan

Quote:Original Posted By arekngompol
Yang penting kipasnya jangan deket dan langsung mengaruh ke badan Gan Sis....jangkah panjang bisa menyebabkan gangguan syaraf

emoticon-Matabelo iya

Quote:Original Posted By jamban.bocor
untung ane kagak pernah kipasan kalo tidur, selain karna ga kuat dingin, biar bisa hemat listrik juga emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak iya gan

Quote:Original Posted By nowbitool
Gw gak punya gambar meme soal tidur pake kipas.... emoticon-Big Grin

emoticon-Matabelo coba cari gan

Quote:Original Posted By ghavedior
kipasnya jangan diarahin langsung ke badan
fungsinya buat sirkulasi udara saja emoticon-Shakehand2

emoticon-2 Jempol sip gan
0 0
0
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:02
Banyak penyakit nya ternyata emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:02
Ane pake kipas diarahin ke tembok / Jendela, Aman gak?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:03
Quote:Original Posted By willcuy
yg no.4 pernah ngalaimn
langsung auto tobat

emoticon-Matabelo nah kan

Quote:Original Posted By masboy.design
Sama ga sih sama pakai AC efeknya ?
emoticon-Bingung

emoticon-Matabelo mirip gan

Quote:Original Posted By hulk.mad
Dah bertahun2 tidur pake kipas , ane masih hidup gan, alhamdulillah masih sehat

emoticon-Matabelo Alhamdulillah

Quote:Original Posted By calpanax2020
mengguk

emoticon-Ngakak bahasa Jawa ya

Quote:Original Posted By ngau
semua itu dirangkum dalam 2 kata : masuk angin

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

emoticon-Matabelo hok o

Quote:Original Posted By junleon
sebenarnya ane jg tau pasti ada efeknya, tp mo gimana lagi, kota ane panasnya sepanas kopi baru jadi, pagi siang malam hampir sama aja sumuknya, tapi ya gk tiap hari si kek gitu emoticon-Frown

emoticon-Matabelo yang penting jangan kipas anginan terus

Quote:Original Posted By riodgarp
kalo cara pakainya seperti ilustrasi sih emang wajar kena penyakit, paling umum yaitu masuk angin, yang benar konon katanya kipas ditembakkan ke dinding

emoticon-Matabelo iya gan
0 0
0
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:04
Quote:Original Posted By diazhollic
Banyak penyakit nya ternyata emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo iya gan

Quote:Original Posted By primawidhie
Ane pake kipas diarahin ke tembok / Jendela, Aman gak?

emoticon-Matabelo aman gan kalau gak langsung ke badan
0 0
0
Post ini telah dihapus
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:06
Gw tidur g pake kipas. Efek nya lebih buruk.
1. Kurapan gatal gatal karena keringat ketika tidur.
2. Dehidrasi karena udara sangat panas
3. Baju bau apek tidak hilang meski sudah di cuci. Keringat nempel di baju.
4. Kasur banyak penyakit
5. Tipes, karena panas jadi susah tidur.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:06
setiap pakek kipas pasti masuk angin njirremoticon-Wakaka engga tau kenapa bisa gitu gua hehehe
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:10
tapi asliiii ane tipikal ac sm kipas nyala. gerah banget
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:13
udh jadi kebiasaan jadi gabakal bisa tidur kalo ga pake kipas angin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:14
Paru-paru basah iya juga gak?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:15
Kerjaan ane sedari kecil ni, kalo tidur gak ada kipas angin pasti susah buat ane.. tapi ane biasanya cuma area kaki yang kena kipas atau angin dari kipas diarahkan kedinding baru angin hembusannya ke arah ane tidur.. jadi gak yang langsung kearah badan angin dari kipasnya.. biasanya kalo tembak langsung pas bangun badan rasanya kayak masuk angin emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:21
dimalang udah dingin gausah pake kipas emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:33
ane pakenya ac dong
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:34
aduh padahal akhir2 ini panas bener. duduk dibawah kipas aja keringetan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
19-05-2022 09:35
ane kebiasaan dr kuliah pakai kipas pas tidur, dan habis mandi karna gerah
skg jd kebawa kebiasaan itu kalo habis mandi kudu kipasan, kalo gak kayak ada yg kurang gitu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia