• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bingung Jembatan/Jalan Ini Belum Jadi tapi Bisa Melayang? Begini Penjelasannya Gan

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Bingung Jembatan/Jalan Ini Belum Jadi tapi Bisa Melayang? Begini Penjelasannya Gan


Sebelum masuk, thread ini membatasi topik spesifik untuk jembatan dengan Segmental Box Girder dan Metode Balance Cantilever. Pertama, kita pahami dulu ya, bagian-bagian jembatan ada apa aja. Kita mulai dari "Tiang Penyangga" dulu. Secara general terdiri dari : - Pier Head - Pier - Pile Cap - Pile Foundation.

Quote:



Pier Head- Ini sebagai dudukan "si balok" jembatan (atau box girder). Pier- tiang utama yang nantinya menyalurkan beban ke pondasi, pier bentukannya bisa bermacam tergantung kebutuhan, ada yang Single ada yang Frame terdiri dari 2 tiang atau lebih. 

Quote:


Pile Cap- Kepada pondasi untuk menyatukan integritas pondasi supaya nantinya penyebaran beban merata ke pondasi. Pile Foundation - Pondasi untuk distribusi beban.

Quote:


Nah terakhir adalah Girder Jembatan. Komponen struktur jembatan yang membentang dari tiang ke tiang. Dimana yang kita bahas menggunakan Segmental Box Girder. Karena ada juga menggunakan "Long Span I-Girder".

Quote:


Lalu bagaimana alur prosesnya? Selayaknya seperti bangunan, semua dimulai dari Struktur bawah kemudian Struktur atas. Secara berurutan. Pondasi -> Pile Cap -> Pier -> Pier Head -> Girder.

Selanjutnya kita fokus lagi untuk detail metode pemasangan Girder-nya. Kita jelasin dulu apa itu Box Segmental Girder. Biar kebayang kita kasih fotonya dulu dibawah. 

Quote:


Box Segmental Girderitu pada dasarnya beton pracetak yang di buat dulu di tempat fabrikasi kemudian dibawa ke site dan kemudian dipasang pada jembatan. Ente bisa bayangkan seperti lego. Nah pada proses pemasangan akan dibutuhkan "Launching Gantry" untuk mengangkatnya. 

Terus kembali lagi, Kok bisa sih melayang kayak digambar ? Ada 2 kata kunci dalam metode desainnya : - 1. Balance Cantilever dan 2. Post Tensioning.

BALANCE CANTILEVER Kita analogikan orang yang sedang memikul 2 ember kosong. Nantinya ember ini diisi air dari ember kecil secara berkala. Kalo kita memaksakan pengisian air dari satu sisi, tentu jadinya ente condong berat sebelah dan terjungkal. 

Quote:


Nah tentu beda klo kita mengisi air tersebut secara seimbang. Tentu badan akan lebih stabil untuk menopang beban yang ditambah. Konsep dasar tersebut yang diterapkan dalam metode konstruksi di Jembatan layang Balance Cantilever. Dimana segmen di pasang satu persatu dari sisi yang berbeda secara seimbang. 

POST TENSIONINGLalu gimana menyatukan segmen2 jembatannya ? Ada namanya Post Tensioning pada jembatan dengan menggunakan Kabel Tendon. Menyatukan integritas semua box segmen.

Quote:


Kabel Tendon ini ditarik dengan sebuah alat namanya "Hydraulic Jack". 
Jadi kalo bisa analogikan seperti gelang/kalung manik-manik. Manik-manik yang terpisah disatukan oleh sebuah tali dan ditarik. Maka akan jadi satu kesatuan kalung. 

Bahasa awamnya masing-masing section disambung pakai “lem” terus diikat pakai kawat gede satu sama lain, ditarik kenceng terus dikunci di ujung setiap section. Melayang deh. Paham kan?

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Diedit dari tweetnya @TriAditha
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
heatbl4stAvatar border
screamo37Avatar border
provocator3301Avatar border
provocator3301 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.