Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
83
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/627dddf22962b2384d1aefbd/ini-loh-untungnya-punya-garasi-dulu-baru-punya-mobil
Permasalahan sosial dimasyarakat saat ini salah satunya adalah membahas persoalan parkir kendaraan pribadi yang memanfaatkan badan jalan umum sehingga fungsi jalan itu jadi terganggu sampai menimbulkan kemacetan hingga kejahatan. Kesadaran yang rendah dimasyarakat atau lingkungan kita seolah tidak mengindahkan tatatertib dan ruang jalan yang sudah diatur oleh pemerintah. Tertuang dalam UU No 22
Lapor Hansip
13-05-2022 11:26

Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

[ HT# 1026 ]

Permasalahan sosial dimasyarakat saat ini salah satunya adalah membahas persoalan parkir kendaraan pribadi yang memanfaatkan badan jalan umum sehingga fungsi jalan itu jadi terganggu sampai menimbulkan kemacetan hingga kejahatan.

Kesadaran yang rendah dimasyarakat atau lingkungan kita seolah tidak mengindahkan tatatertib dan ruang jalan yang sudah diatur oleh pemerintah. Tertuang dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 287 ayat 1. "Parkir sembarangan dapat dikenakan Pasal 287 ayat (1), melanggar rambu-rambu atau marka dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling lama Rp 500.000," juga pada Peraturan Daerah Pasal 140 nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi yang salah satunya berbunyi setiap kendaraan wajib memiliki garasi yang dikuasainya berdasarkan surat bukti dari kelurahan setempat.

Tidak hanya motor, pemilik mobil seolah tutup mata, mungkin merasa menjadi anak kampung (akamsi) mereka jadi meremehkan Undang-Undang diatas yang tujuannya untuk kepentingan bersama. Eh, giliran kendaraannya tergores marahnya bukan main, kalau perlu sampai mengeluarkan pisau dapur mencari siapa pelakunya. Aneh!

Buat kamu yang sudah ada rejeki lebih atau berencana membeli kendaraan khususnya mobil sebaiknya fikirkan dulu untuk membuat garasi pribadi, atau cara paling mudah adalah menyewa parkir mobil disekitaran rumah yang biasanya ada tanah kosong dan dijaga keamanan.

Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Sebetulnya banyak sekali keuntungan yang didapat ketika mobil bisa parkir sesuai tempatnya, garasi.

Quote:
"satu"

Pemilik mobil mencermikan akan sadar hukum. Sesuai Undang-Undang yang berlaku maka memiliki garasi adalah hal yang tidak kalah penting sebelum membeli mobil.

Orang seperti ini biasanya sudah matang dalam mempertimbangkan sesuai yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Tidak ingin diganggu tapi juga tidak suka mengganggu orang lain. Kita senang, semua ikut senang, dan nyaman.




Quote:
"dua"

Kasus yang paling umum terjadi adalah pemilik mobil memarkirkan mobilnya dibadan jalan berjam-jam hingga akhirnya menyusahkan orang lain. Memarkir mobil didepan rumahnya adalah hak dan demi keamanan, tapi kalau memanfaatkan fasilitas umum tentu tidak dibenarkan.

Pemilik mobil seperti ini biasanya maunya praktis saja, tidak memikirkan kepentingan orang lain, cenderung egois. Padahal kalau dia sadar sebetulnya tetangga atau orang lain yang lewat sering menyumpahinya dengan kata negatif. Sadarkah, mau sampai kapan? Maka memiliki garasi sendiri tentu bisa menjaga perasaan orang lain dan hubungan bertetangga tetap hangat.



Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Quote:
"tiga"

Dengan memiliki garasi sendiri atau menyewa parkit bulanan tentu mobil akan lebih aman dari resiko kerusakan atau malah apesnya digondol maling. Resiko kendaraan parkir sembarangan tentu mengundang kejahatan kapan dan dimanapun.

Resiko mobil seperti cat kena goresan, spion patah, kecurian barang, atau hilangnya mobil bisa dicegah jika mobil diparkir sesuai tempatnya. "Masa sih beli mobil mampu tapi bikin atau sewa garasi tidak mampu?" Aneh, ya.




Quote:
"empat"

Percaya tidak percaya, punya garasi sendiri atau menyewa garasi mobil kita jadi lebih terawat. Mobil diparkir sembarangan selain reasiko ekterior cepat rusak, warna cat mobil cepat kusam, kaca dan cat rawan berjamur, interior cepat getas atau mengelupas lebih dulu dari umur seharusnya.

Memiliki garasi sendiri atau menyewa kita jadi lebih leluasa melakukan perawatan yang dilakukan sendiri dengan nyaman. Contohnya bisa segera mencucinya atau melakukan treatment lainnya sesegera mungkin tanpa ada embel-embel basa basi dengan orang lain yang mengganggu fokus kita saat bekerja.




Quote:
"lima"

Memiliki garasi sendiri tentu saja hemat pengeluaran ekstra dari menyewa bulanan atau menyiapkan biaya tidak terduga jika terjadi sesuatu terhadap mobil kita.

Meski menyewa garasi bulanan adalah opsi termudah dalam jangka pendek tetaplah sebuah pengeluaran namun lebih minim biaya dibanding parkir sembarang tempat yang lebih beresiko lebih besar. Tentu lebih baik punya garasi milik sendiri.



Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Quote:
"enam"

Percaya tidak percaya memiliki garasi ternyata bisa mencegah kesenjangan sosial dilingkungan tempat tinggal. Kasus yang pernah terjadi adalah tetangga yang sirik bisa berlaku hilangnya akal sehat, melakukan pengrusakan, memusuhi tetangga tersebut, atau sampai memfitnah kalau pemilik mobil punya pesugihan.

Ketika rumah memiliki garasi maka mobil hanya akan terlihat ketika mobil akan keluar dan masuk saja, setelah itu mobil tidak langsung terlihat lagi oleh mata tetangga yang bermental miskin dan sirikan.




Quote:
"tujuh"

Memiliki garasi sendiri itu artinya kita tetap memiliki privacy yang setiap orang tidak sembarangan atau seenaknya memanfaatkan mobil kita dari orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak terlihat Orang Kaya Baru (OKB).

Semua sadar mobil sekelas LCGC pun harganya tetap mahal (bagi kaum mendang mending) dan tetap butuh yang namanya perawatan. Untuk itu tetap menjaganya agar tetap prima dan selalu dalam kondisi terbaik maka memiliki garasi adalah hal wajib yang harus dilakukan.



Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel


Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
otomotif
Otomotif
2.9K Anggota • 23.8K Threads
Halaman 1 dari 3
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
13-05-2022 11:26
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!

Quote:Original Posted By dadedarwanto
Sdh jadi kebiasaan gan menggunakan fasilitas umum utk kepentingan pribadi, bukan cuma parkir sembarangan, ada jg tetangga yg renov rumahnya full, giliran jemur baju gak ada tempat, akhirnya jemur ditengah jalan, atau yg musim kemarau sumur bornya kering ga punya space lg akhirnya bikin di depan rumahnya ngebor di pinggir jalan, pager juga byk yg maju smp satu meter jalan makin sempit.. byk sabar aja gan, banyak org pinter tp yaaa begitu lah..


Quote:Original Posted By 48y24rd
Menghalangi jalan orang lain sama saja dengan menghambat rezeki diri sendiri... emoticon-Toast

Kecuali kalo ketemu maling emoticon-Cool


Quote:Original Posted By ipithandy
Pasti kalau orang "normal" mikirnya mau dimana taruhnya dulu, sebelum beli mobil.. emoticon-Matahari emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By mr.kevin95
Kalau ditempat saya wajib punya garasi, gak punya garasi nekat parkir diluar dan dipinggir jalan ? dipersilahkan paling besok mobilnya hilang min kaca pecah, head unit hilangemoticon-Ngakak (S)

Mobil parkir didalam aja bisa hilang head unitnya apalagi parkir diluar


Quote:Original Posted By elor68
Ingin mencoba melihat dari sudut pandang lain...

Kenapa jalanan perumahan Indonesia sempit sekali? Bahkan nggak jarang jalanannya hanya cukup satu mobil..

Tidak seperti di negara luar, misal Amerika.. Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
#Ingusterasi

Btw, ane bukan mendukung parkir di pinggir jalan ya! cuman heran aja sama perumahan-perumahan di Indonesia. (Ada sih, yang jalanannya lebar... Tapi malah termasuk perumahan elit).


Quote:Original Posted By naufan11001
Bersyukur punya rumah di perkomplekan dengan garasi dengan rolling door nya walaupun isinya baru 1 motor, 1 sepeda dewasa dan 1 sepeda anak. Toh ane jg belum bisa nyupir mobil.
Sebenernya emang untung loh punya garasi dulu punya mobil.
1. Garasi bisa jadi workshop ane klo lagi ada hobi kaya lagi buat DIY dari kayu sama anak istri kan gk kepanasan.
2. Ada space untuk motor atau sepeda atau kendaran dan lebih aman disimpannya. Coba klo gk punya space motor atau sepeda disimpen d dapur atau ruang tamu aga ribet untuk tiap hari keluar masukinnya apalagi klo ada tamu.
Ya ini mah pemikiran ane aja ya.
emoticon-Malu


Quote:Original Posted By hhendryz
Percuma aja aturan tertulis, undang-undang apa lah namanya kalau ga ada yang negakin hukumnya secara tegas, itu sutra.....


Misalkan ada garasinya tapi cuma muat 1 mobil, eh si yang punya rumah kekeuh maksa punya 2 mobil...gitu....emoticon-Nohope


Quote:Original Posted By indrastrid
ane tambahin kerugian lain
- cat cepat belel karena kejemur, interior juga karena panas melulu. = pengeluaran!
- kaki-kaki jadi kurang bagus, embun dari tanah bikin karat. = pengeluaran!
- di jalanan suka jadi sarang tikus tuh mesin, kabel-kabel rentan. = pengeluaran!

bayangin udah nyicil + parkir di jalan pula:
- cicilan itu artinya beli dengan harga yg jauh lebih mahal, hitung deh pas lunas bunganya aja berapa?
- kelebihan cicilan tadi + pajak tahunan + service maintenance + bensin operasional = ?
- hasilnya yg diatas coba bagi perbulan / minggu. Kalo ga pake mobil rutin coba bandingkan pengeluaran total dengan taxi online misalnya.

semoga tercerahkan untuk yg pengen tapi gak eurgent. emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By jipop
Ada banget tetangga ane gan, rumahnya gede, tapi sayang garasinya cuma muat 1 mobil, sedangkan mobilnya ada 3. Alhasil sisa mobilnya diparkir di depan rumah. Tiap pagi bikin macet karena berada di jalan utama perumnas.


Quote:Original Posted By exapink
Suka kesel sama tetangga sendiri tapi mau gimana kita masing2 aja

Rumah pada besar ada yang sampe 4 lantai di lingkungan cluster
cuman ga ada garasi mobil diabisin
Ada yg punya garasi muat 2 mobil malah ditaro didepan
Ga ngerti sih sama pemikirannya
Giliran keserempet anak kecil maen sepeda ngamuk2

Pernah kesenggol ama gue juga bodoamat dah diem2 aja dar pada panjang urusan emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By heehaw
Iya setoejoeh gan, lo punya mobil tapi gaada garasi sama aja kek lo jadi eksibionis, bangga pamer kont*l di publik, ngerasa ini badan2 gw terserah gw gedean punya gw, dan dia ga sadar kalo itu bikin risih dan ganggu orang

Kadang orang punya mobil tu mikirnya udah bayar tahunan napa ga sekalian aja gw optimalin timbal balik dari bayar pajak yg udah gw bayar, kan logika blangsak ituemoticon-Mad (S)

....,
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
13-05-2022 11:29
Lebih baik punya rumah dulu sebelum garasi.
profile-picture
c2tama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
13-05-2022 13:11
tapi yg terjadi kebanyakan punya mobil tapi parkir di depan rumah orang....

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
13-05-2022 19:01
Ingat gan Prinsip:

Gaya dulu punya kendaraan tapi parkir nyusahin tetangga.

emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
iskrim dan habibpalsu14756 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:08
Tapi kadang ada juga yang punya garasi dan parkir tetap di luar / pinggir jalan. Garasinya jadi tempat banyak tanaman hias. Alhasil kalau ada kendaraan lain lewat depan rumah tersebut ya mesti melambat biar gak senggol mobil yang lagi parkir di pinggir jalan. Karena mobilnya dia makan sebagian bahu jalan. emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
iskrim dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:11
Yang lebih idealnya punya duitnya dulu om sebelom punya garasi atau mobil emoticon-Malu

emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
didi_skywalker dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:11
Nah ini nih,jgn kek orng tolol di komplek ane pny mobil ga pny garasi akhirny parkir di badan jalan bkin sumpek
Yg lebih parah parkir di badan jalan dpan rumah orng persis ampe kita mau nguarin mobil aj susah ud ad mobil orng emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
jipop dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:11
Wah makasih ingfonya gan emoticon-Jempol
0 0
0
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:39
Alhamdulillah ditempat ane gak ada yg suka parkir di jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:42
Mnding pnya rumah dlu
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan rajkapoor memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:52
Garasi gw misah ama rumah, dan depan garasi banyak motor2 tetangga diparkir. Ngalangin mobil gw yg keluar masuk.
Tiap mau pake mobil, harus pake skill tukang parkir geserin motor.
Kadang menjadi tau diri, malah bikin org lain ngelunjak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gyle dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 05:56
Ngeselin emang yang suka parkir sembarangan nutupin jalan
profile-picture
profile-picture
iskrim dan seojoon memberi reputasi
2 0
2
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:04
Untungnyq
Mobil aman , tetangga dan orang sekitar nyaman
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:14
Ada garasi dulu nanti di pakai gudang, giliran dah punya mobil taruh nya tetep aja di depan rumahemoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:15
Siapa yang parkir sembarangan, bakal kena sanksi dari ketua RTemoticon-Gregetan

Quote:Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:20
keuntungan punya garasi dulu...

kalo mobilnya gak jadi beli, garasinya bisa buat toko..emoticon-Big Grin
kayak tetangga gw, malah lumayan ada penghasilan tambahan..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:27
Gw nanggapin tetangga akamsi yg parkir di jalan, tinggal gugat ke pengadilan, dan gw suruh orang2 resmob ama jatanras maen ke rumah gw emoticon-Big Grin

Udah gw lakuin dan it's worked, para akamsi sembah sujud emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:37
fenomena ini sebetulnya lebih banyak di jakarta nggak sih? jangankan mobil, motor aja ane pernah liat pada parkir di jalan gara-gara rumahnya nggak punya lahan parkir. di deretan pinggir sungai kwitang ane lihat berderet di jalan.
profile-picture
profile-picture
jipop dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Ini Loh, Untungnya Punya Garasi Dulu Baru Punya Mobil!
14-05-2022 06:44
Ntah kenapa foto yang pertama bikin ane keinget sama GTA San Andreas yang pulau kedua kota bagian atas wkwkwk
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia