Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/626774c2245d5e68c2694844/tanaman-hias-yang-berbahaya-cantik-tapi-beracun
Memelihara tanaman hias kini bukan hanya sekedar untuk mempercantik rumah atau dekorasi ruangan saja, lebih dari itu kini sudah berkembang menjadi hobi dan komoditas penghasil uang bagi yang menggelutinya. Beberapa tahun belakangan ini memang marak hobi bertanam dikala pandemi.Nampaknya bukan sekedar Fomo atau trend sesaat, mulai dari kelas bawah hingga atas ikut mempolerkan hobi tanaman hias ini.
Lapor Hansip
26-04-2022 11:27

Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun


Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun
Memelihara tanaman hias kini bukan hanya sekedar untuk mempercantik rumah atau dekorasi ruangan saja, lebih dari itu kini sudah berkembang menjadi hobi dan komoditas penghasil uang bagi yang menggelutinya. Beberapa tahun belakangan ini memang marak hobi bertanam dikala pandemi.Nampaknya bukan sekedar Fomo atau trend sesaat, mulai dari kelas bawah hingga atas ikut mempolerkan hobi tanaman hias ini. Dibaik image tanaman hias yang cantik rupanya kita harus hati hati karena beberapa jenis dari mereka justru beracun, terutama anda yang mempunyai anak kecil harus ekstra berhati hati dalam memilih jenis tanaman hias yang akan ditanam nanti. Berikut daftar tanaman hias tapi beracun, yang tim MaxIndonesia rangkum :


1. Tanaman dollar / ZZ plant

Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun
Tanaman yang kerap dijumpai sebagai penghias ruangan ini memang memiliki tampilan yang bagus sebagai dekorasi. Banyak yang tidak menyangka jika  tanaman berdaun pipih ini beracun dan cukup berbahaya bagi manusia. Berdasarkan penelitian terbaru, racun yang ada di tanaman ini disebabkan adanya senyawa oksalat yang bertengger di seluruh bagian tanaman dolar. Senyawa tersebut yang menyebabkan tanaman dolar dikategorikan sebagai tanaman yang beracun. Racun tanaman dollar tersebut dapat mengakibatkan iritasi di kulit apabila kita menyentuhnya. Segera cuci tangan jika anda tidak sengaja menyentuh tanaman ini, dan jangan lupa memakai sarung tangan apabila hendak memindahkan nya.


2. Kuping gajah

Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun
Tanaman yang memiliki daun lebar ini masih satu golongan dengan talas. Kerap dijadikan tanaman hias karena memiliki daun yang berwarna- warni ini siapa sangka justru memiliki racun yang berbahaya. Jika dikonsumsi daun tanaman ini ternyata mampu membuat dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara. Bahkan jika disentuh saja daunnya dapat membuat iritasi dan gatal-gatal dan sensasi terbakar pada kulit. Maka apabila anda memiliki anak kecil dirumah sangat tidak dianjurkan untuk memiliki tanaman kuping gajah ini.


3.
Gympie Gympie

Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun
Meski kedengarannya agak asing tetapi tanaman hias ini juga cukup populer di kalangan penghobi tanaman hias. Anda akan banyak menemukannya di hutan hujan timur laut Australia dan Maluku.

Warna hijau mengilap dan permukaan lebar akan membuat siapa pun yang menemukannya gemas untuk menanamnya di rumah.

Namun, Anda mesti waspada karena tanaman ini beracun. Jika tak sengaja menyentuh daunnya, bulu halus di permukaannya akan menembus kulit dan melepaskan racun bernama moroidin.

Racun tersebut mampu membuat seseorang merasakan sakit berbulan-bulan bahkan tahunan.


4. Philodendron

Tanaman Hias yang Berbahaya, Cantik Tapi Beracun

Tanaman hias yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan selanjutnya ialah Philodendron.Tanaman asal hutan tropis Amerika ini mudah dirawat, asalkan ditanam di media gembur dan diletakkan di tempat teduh.

Bentuk daun tanaman ini bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati atau jantung, mirip gergaji atau daun pepaya.

Philondendron memiliki salah satu zat yang bermanfaat untuk menyerap polusi yaitu zat polutan. Zat polutan yang tersebut bernama 'formaldehid' yang biasa terdapat pada bahan busa dan partikel debu pada bahan karpet,yang dalam jumlah banyak akan merugikan kesehatan serta berpotensi mengakibatkan kanker.

Melalui pemanfaatan tanaman Philodendron sebagai tanaman indoor, dapat menyerap zat polusi tersebut.

Mungkin tanaman hias ini salah satu tanaman hias paling umum di dunia karena mudah untuk dirawat tetapi juga beracun. Sebab, Philodendron mengandung kristal kalsium oksalat yang membahayakan bagi manusia dan hewan.

Jika tanaman hias ini tidak sengaja termakan oleh manusia ataupun hewan, bakal menimbulkan efek antara lain pembengkakan di mulut, mengganggu saluran pencernaan, dermatitis bahkan kematian.


profile-picture
ariemail memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
green-lifestyle
Green Lifestyle
669 Anggota • 2.5K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia