Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6261f43377bceb11b664dd44/fakta-unik-kerupuk-yang-digoreng-tanpa-minyak-sudah-ada-sejak-tahun-1920
Secara umum kerupuk diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Namun, ada salah satu jenis kerupuk di Indonesia yang diolah tanpa menggunakan minyak, namun menggunakan pasir. Kerupuk yang dimaksud adalah kerupuk pasir yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Kerupuk pasir ini biasanya terbuat dari terigu pati ketela pohon. Disebutkan dalam media sosial resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kement
Lapor Hansip
22-04-2022 07:17

Fakta Unik Kerupuk yang Digoreng Tanpa Minyak, Sudah ada Sejak Tahun 1920

Fakta Unik Kerupuk yang Digoreng Tanpa Minyak, Sudah ada Sejak Tahun 1920

Secara umum kerupuk diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Namun, ada salah satu jenis kerupuk di Indonesia yang diolah tanpa menggunakan minyak, namun menggunakan pasir. Kerupuk yang dimaksud adalah kerupuk pasir yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Kerupuk pasir ini biasanya terbuat dari terigu pati ketela pohon.

Disebutkan dalam media sosial resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, kerupuk ini dimasak dengan pasir yang berasal dari Sungai Brantas. Kerupuk pasir ternyata sudah ada sejak tahun 1920-an dan bermula ketika masyarakat mulai kesulitan mendapatkan minyak goreng akibat depresi ekonomi era penjajahan.

Kerupuk pasir ini ternyata sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda sejak tahun 2014. Penggunaan pasir dalam tahap penggorengannya adalah untuk mendapatkan bentuk kerupuk yang mengembang namun tetap tanpa minyak. Dikatakan dalam situs Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud, budaya takbenda juga dikenal sebagai budaya hidup. Sementara, warisan budaya takbenda atau intangible cultural heritage memiliki sifat tidak dapat dipegang (intangible).


Beberapa bentuk Warisan Budaya Takbenda mencakup tradisi dan ekspresi lisan, seni pertunjukan, adat, kemahiran tradisional. Saat ini, karya budaya yang sudah tercatat adalah 7.241 dari 34 provinsi di Indonesia. Sampai kini, budaya Indonesia yang sudah masuk List of Intangible Cultural Heritage UNESCO adalah wayang (2003), keris (2005), batik (2009). angklung (2010), Tari Saman (2011). Noken (2012), dan tiga genre tari tradisional Bali (2015).
Diubah oleh jendelalokal
0
Masuk untuk memberikan balasan
selera-nusantara-indonesian-food
Selera Nusantara (Indonesian Food)
338 Anggota • 7K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia