News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62545c02cc77a4001d687380/cara-menulis-artikel-opini-yang-menarik-di-media-digital-sudah-tahu-belum
Ada berbagai macam metode dan cara menulis artikel opini yang menarik agar bisa dibaca oleh para pembaca. Namun, dari sekian metode tersebut terkadang sebagian orang masih bingung bagaimana mengungkapkan gagasan, opini atau pendapatnya melalui sebuah artikel yang ditulis di media digital. Padahal, jika dikaji lebih jauh persoalan cara menulis artikel dalam bentuk opini agar menarik untuk dibaca ti
Lapor Hansip
11-04-2022 23:49

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik di Media Digital, Sudah Tahu Belum?

Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik di Media Digital, Sudah Tahu Belum?

Ada berbagai macam metode dan cara menulis artikel opini yang menarik agar bisa dibaca oleh para pembaca. Namun, dari sekian metode tersebut terkadang sebagian orang masih bingung bagaimana mengungkapkan gagasan, opini atau pendapatnya melalui sebuah artikel yang ditulis di media digital.


Padahal, jika dikaji lebih jauh persoalan cara menulis artikel dalam bentuk opini agar menarik untuk dibaca tidaklah terlalu sulit. Sebab, skill dalam menulis artikel sesungguhnya berkaitan erat dengan jam terbang saja, semakin sering menulis maka semakin terbiasa pula ketika sebuah ide di kepala dituangkan ke dalam sebuah tulisan.


Agar menarik untuk dibaca, artikel opini perlu dituliskan dengan gaya bercerita yang mengalir. Tanpa perlu berlama-lama berikut ini cara menulis artikel opini yang menarik di media digital yang perlu kalian ketahui.


1. Menentukan Tema maupun Topik Bahasan
Sebetulnya dalam menentukan topik bahasan artikel, inspirasinya bisa kalian dapatkan dari mana saja ketika hendak menulis sebuah artikel.


Untuk mendapatkan inspirasinya bisa kalian peroleh dengan membaca buku misalnya, atau pada saat menonton film, atau bisa juga dari pengalaman pribadi yang ingin diceritakan, sehingga dapat menginspirasi orang lain.


2. Buatlah Kerangka Artikel
Agar lebih memudahkan pada saat penulisan artikel opini, buatlah sebuah kerangka artikel dalam bentuk poin-poin penting yang akan dikembangkan.


3. Menulis dengan Kalimat Argumentasi
Ketika menulis artikel opini, jangan lupa untuk menggunakan kalimat-kalimat yang memuat sisi argumentatif, dimana hal tersebut menjadi poin mendasar dalam penulisan artikel opini.


Tentu saja narasi yang dibangun wajib mencantumkan data-data maupun fakta agar opini yang disampaikan dalam sebuah artikel menjadi jauh lebih bernilai dan menarik di mata pembaca.


4. Gunakan Bahasa yang Efisen
Penting untuk diketahui, dalam menyampaikan opini pada sebuah artikel gunakan selalu kosa kata yang hidup, popular, segar, dan komunikatif. Sehingga, rentetan sebuah narasi pada artikel tersebut menjadi efisien dan tidak bertele-tele.


5. Sering-seringlah Membaca
Ada sebuah ungkapan lama yang mungkin pernah kalian dengar ataupun kalian baca, yaitu “Penulis yang Hebat adalah Pembaca yang Hebat”. 

Ungkapan tersebut kiranya bisa dijadikan pengingat bagi kita semua, bahwa perkembangan skill menulis seseorang sangat bergantung juga pada perkembangan skill membacanya.


Bahkan, Pramoedya Ananta Toer mengatakan, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”.


Demikianlah cara menulis artikel opini yang menarik di media digital, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.***


Sumber: https://www.topikbisnis.com/
profile-picture
memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
civitas-academica
Civitas Academica
766 Anggota • 2.7K Threads
Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik di Media Digital, Sudah Tahu Belum?
27-04-2022 00:09
"Sering-Seringlah Membaca"

Ini sudah mutlak ketentuan bagi penulis manapun yang ingin menulis. Gimana mau nulis kalau perbendaharaan katanya masih minim dan wawasan ttg suatu kerangka cerita masih lemah? paling ujung2nya malah nulis lewat status doang sambil copas quote emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Cara Menulis Artikel Opini yang Menarik di Media Digital, Sudah Tahu Belum?
27-05-2022 07:56
Penggunaan bahasa yang efektif juga ikut mempengaruhi sebuah penulisan artikel opini, tidak ada pengulangan kata atau kalimat yang terkesan 'mubazir', serta penyampaian ide/pikiran harus tersampaikan dengan lugas.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia