Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
3482
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6242211d84879b39176b3cef/tersesat-di-kampung-lelembut-bukit-larangan-based-on-thrue-story
Ini kisah pengalaman pribadiku. Sebuah kisah yang akhirnya membuka mata dan hatiku, bahwa apa yang kita yakini benar itu belum tentu sepenuhnya benar, dan apa yang kita yakini salah itu juga belum tentu sepenuhnya salah. Sebuah pengalaman yang membawaku berkelana ke alam 'mereka', dan membuatku sadar bahwa 'mereka' yang tak kasat mata itu memang benar benar ada.
Lapor Hansip
29-03-2022 03:57

Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On True Story]

Past Hot Thread
icon-verified-thread


cover by : @sart86


Hai agan dan sista penghuni jagad kaskus dimanapun berada, ijinkan aku untuk sedikit berbagi kisah disini. Kisah yang pernah kualami saat aku masih menjadi mahasiswi di sebuah kampus yang cukup ternama di kotaku. Kisah yang sudah cukup lama terjadinya, mengingat aku sekarang sudah menjadi seorang ibu dari tiga orang anak anakku. Tapi meski sudah cukup lama, mudah mudahan aku masih bisa mengingat semua kejadiannya untuk kuceritakan kembali disini.

Ini kisah pengalaman pribadiku. Sebuah kisah yang akhirnya membuka mata dan hatiku, bahwa apa yang kita yakini benar itu belum tentu sepenuhnya benar, dan apa yang kita yakini salah itu juga belum tentu sepenuhnya salah. Sebuah pengalaman yang membawaku berkelana ke alam 'mereka', dan membuatku sadar bahwa 'mereka' yang tak kasat mata itu memang benar benar ada. Dan sebuah petualangan yang tanpa kusadari akan menguak kisah lama. Kisah tentang leluhurku dengan segala janji, sumpah, dan kewajiban yang sampai saat aku mengalami kejadian itu belum sempat untuk dituntaskan, dan menjadi kewajibanku untuk menyelesaikannya. Sebuah rencana terselubung, yang sudah dipersiapkan dan direncanakan semenjak puluhan atau bahkan mungkin ratusan tahun yang lalu untuk diriku.

Tapi seperti biasa, sebelum aku memulai cerita ini, ijinkan aku untuk sedikit memperkenalkan siapa diriku. Kalian boleh memanggilku Lupi. Retno Palupi. Itu nama panjangku. Jelas itu bukan nama asliku, meski sedikit mirip. Karena semua nama tokoh, karakter, dan tempat kejadian dalam cerita ini akan aku samarkan demi menjaga privasi semua pihak yang terkait dengan cerita ini.

Aku seorang perempuan berdarah jawa, lahir, besar, dan sampai saat ini masih tinggal di sebuah kota di pulau Jawa yang terkenal dengan budayanya yang adi luhung. Tak ada yang istimewa dari diriku, karena aku hanyalah perempuan biasa yang tak memiliki kelebihan apa apa. Kalaupun ada yang spesial pada diriku, (itu juga menurut teman temanku, karena aku sama sekali tak menganggapnya sebagai sebuah kelebihan,) adalah kedua orang tuaku yang konon katanya masih memiliki darah keturunan dari para raja di sebuah keraton yang sampai saat ini masih ada di pulau Jawa.

Ya. Kata orang aku masih keturunan darah biru. Bukan sesuatu yang pantas untuk aku banggakan sebenarnya, tapi aku terpaksa harus menceritakannya disini, karena silsilah keluarga ini masih ada hubungannya dengan kisah yang akan aku ceritakan ini. Dan, meski aku memiliki darah keturunan bangsawan, namun jangan dibayangkan kalau aku adalah seorang perempuan yang lemah lembut dan anggun berwibawa. Justru sebaliknya gansist, aku cenderung tomboy dan sedikit keras kepala. Aku juga seorang gadis yang supel, hingga tak heran kalau aku memiliki sangat banyak teman, baik teman di lingkungan kampus ataupun teman di sekitar tempat tinggalku.

Namun dari sekian banyak teman yang kumiliki itu, ada satu teman spesial yang sudah kuanggap seperti saudaraku sendiri. Larasati namanya. Biasa dipanggil Laras. Seorang mahasiswi yang masih satu kampus dan satu angkatan denganku, berasal dari kota sebelah yang sering dijuluki sebagai 'kota gaplek.' Di kotaku ini, Laras tinggal di tempat Budhenya, yang letak rumahnya tak begitu jauh dari rumahku.

Bukan tanpa alasan kalau aku menjadikan Laras sebagai sahabat terbaikku. Selain pintar, Laras juga gadis yang baik. Sifatnyapun cukup dewasa untuk remaja seusia kami, hingga setiap aku ada masalah, kepada Laras inilah aku sering curhat dan meminta nasehat. Hingga teman teman di kampus sering meledekku sebagai adiknya Laras.

Satu lagi yang menjadi keunikan dari sahabatku ini adalah, penyakit latahnya yang cukup akut. Dan karena latahnya itulah ia sering dijadikan obyek kejahilan oleh teman teman yang lain. Bersama Laras inilah aku mengalami kejadian ganjil yang akan kuceritakan didalam thread ini.

Oh ya, satu lagi gansist, selain silsilah keluargaku, namaku sendiri juga dianggap unik oleh orang orang yang kenal dekat denganku. Karena namaku sama persis dengan nama ibuku, nenekku, dan juga nenek buyutku. Cuma nama panggilan kami yang berbeda. Kalau aku biasa dipanggil Lupi, maka orang orang biasa memanggil ibuku dengan panggilan Bu Retno atau Mbak Retno.

Ada kisah tersendiri soal kesamaan nama itu. Konon katanya, setiap anak pertama yang lahir perempuan dalam keluargaku, harus diberi nama Retno Palupi. Entah apa maksudnya, tapi kata nenekku itu sudah menjadi wasiat dari leluhur keluargaku, yang jika dilanggar maka akan menimbulkan hal hal yang kurang baik terhadap si anak.

Aku sendiri pernah mengalami hal buruk itu, meski sebenarnya aku sama sekali tak percaya dengan 'mitos' wasiat nama itu. Aku pernah mengalami penyakit panas atau demam tinggi sampai berhari hari. Sudah dibawa berobat kesana kemari namun tak kunjung sembuh juga. Sampai akhirnya nenekku tau kalau ayahku mengganti namaku tanpa sepengetahuanya.

Nenekku memarahi ayahku habis habisan waktu itu, dan meminta ayahku untuk mengembalikan namaku menjadi Retno Palupi seperti sebelumnya. Dan ajaibnya gansist, tak lama setelah namaku diganti kembali menjadi Retno Palupi, aku langsung sembuh.

Entah kebetulan atau memang nama itu mengandung sesuatu yang sakral, aku tak begitu paham. Ayahku sendiri waktu itu terpaksa mengganti namaku karena aku ngambek nggak mau masuk sekolah. Dan aku ngambek karena disekolah aku sering jadi bahan olok olokan teman temanku sehubungan dengan namaku yang sama dengan nama ibuku itu. Sebuah kejadian yang konyol, namun kuanggap wajar, karena saat itu aku baru kelas tiga SD. Dan sampai sekarang aku tak pernah berani lagi untuk mengotak atik namaku.

Oh ya gansist, tak ada maksud lain dariku sampai aku berniat untuk membagikan kisah ini, selain untuk berbagi pengalaman semata. Kalaupun nanti ada sedikit hikmah yang bisa dipetik dari cerita ini, mudah mudahan itu bisa bermanfaat untuk agan dan sista semuanya. Dan kalaupun tidak, ya anggap saja ini hanyalah sebuah cerita sekedar untuk hiburan belaka.

Akhir kata, kurasa cukup sekian perkenalan dariku. Dan selanjutnya kisah tentang pengalamanku ini akan kuceritakan secara bersambung di kolom komentar dibawah. Seperti apa kisahnya? Mari kita simak bersama sama.

bersambung
Diubah oleh indrag057
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kunyitbrokoli dan 152 lainnya memberi reputasi
149
Masuk untuk memberikan balasan
stories-from-the-heart
Stories from the Heart
18.9K Anggota โ€ข 28.5K Threads
Halaman 1 dari 24
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 04:20
Lanjut mas drag... ijin nitip sandal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
semutkrib0 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 05:47
Yeeaah new story. Rebahan dulu emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 06:30
tandain dulu bang-in
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohsyf95 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 06:38
Ini yg ditunggu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohsyf95 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 07:37
Yay ditunggu ya sis. Sekalian indexnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 07:38
Numpang jejak ya sis. ๐Ÿ˜

Gelar tikar dulu๐Ÿ™๐Ÿป
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 07:51
subscribed. nyari ide cover dulu om. typo juga ituh cover emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 08:18
numpang bookmark..smoga gak lama2
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 08:23
Nampang di pejwan dl di trid baru gan indrag, sambil ngopi nunggu apdetan baru. Lanjoetken
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 08:35
Gelar tiker dulu sambil nunggu lajutannyaemoticon-Toast
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 09:08
Horeeee hadirrrremoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 69banditos memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 09:10

Sepatah Kata Dari Penulis

Quote:Hai agan dan sista penghuni jagad kaskus dimanapun anda berada, terutama para reader setia ane di-eS-eF-Te-Ha, gimana nih pada punya kabar? Mudah mudahan pada sehat sehat semua yaaa....

Jumpa lagi nih sama ane, 'Kang nulis yang nggak pinter nulis', yang setelah kemarin berhasil menyelesaikan kisah Galih dan Anjar di thread sebelah, kali ini akan kembali menyajikan sebuah kisah baru, yang tentunya dengan tema dan cerita yang berbeda.

Masih membahas seputar dunia pergaiban tentunya, dengan latar belakang kisah urband legend atau kisah legenda yang telah lama mengakar rumput dan dipercaya secara turun temurun dari sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Dan sama seperti kisah sebelumnya, untuk latar cerita kali ini ane juga masih akan mengambil lokasi dari sebuah gunung (atau lebih tepat disebut bukit), yang sengaja tak ane sebutkan nama dan dimana lokasi keberadaannya, yang memiliki kisah dan legenda yang sudah cukup lama diceritakan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Bedanya Gansist, pada cerita ini ada sedikit unsur kisah nyata atau true story yang dialami oleh seorang narasumber yang sudah berkenan membagikan kisahnya untuk ane tulis disini. )Terimakasih sebelumnya buat Mbak Lupi a.k.a Retno Palupi, yang sudah berkenan berbagi) emoticon-Smilie

Yaps, memang hampir semua cerita yang ane tulis ada unsur true storynya, meski cuma sedikit. Termasuk juga cerita tentang Galih dan Anjar kemarin. Namun khusus untuk cerita yang akan ane tulis ini, unsur true storynya cukup banyak gaess, hampir 90%, jadi mau tak mau ane harus menyematkan kata 'Based On True Story' pada judul cerita ini.

Dan, seperti yang sudah ditulis oleh Mbak Lupi diatas, tak ada maksud lain dari ane hingga berani menuliskan kisah ini, kecuali untuk sekedar berbagi kisah dan pengalaman. Syukur syukur nantinya ada sedikit hikmah atau pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini. Kalaupun enggak ya anggap saja ini hanyalah sebuah cerita sekedar untuk hiburan belaka.

Kisah yang ane tulis ini, juga sudah mendapat persetujuan dari semua pihak yang pernah terlibat dalam semua kejadian yang ada didalam cerita ini ya gaess, dan semua nama tokoh, karakter, serta tempat kejadian juga sudah ane samarkan.

Meski begitu, kalau nantinya ada pihak pihak lain yang merasa keberatan dengan kisah yang ane tulis ini, ane juga tidak akan menutup mata. Silahkan kontak ane, lalu kita bahas masalahnya dari hati ke hati tanpa perlu harus melibatkan emosi. Ane sama sekali tak ada niat untuk menyinggung, merusak, ataupun melecehkan nama baik siapapun dan pihak manapun dalam menuliskan kisah ini. Ane orangnya cukup terbuka, jadi segala keluhan, masukan, ataupun kritik dan saran, selama disampaikan dengan cara yang baik dan sopan, semua akan ane terima dengan tangan terbuka.

Untuk update, seperti biasa ya gansist, update nyantai yang penting nanti kelar sampai tamat, karena ane bukan orang yang punya banyak waktu luang. Tapi minimal, dalam seminggu sekali dipastikan ada update kok. Jadi ndak perlu khawatir kalau akan terjebak di ladang kentang di thread ini.

Ane juga mau ngucapin banyak banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung ane dalam menulis cerita ini. Mbak Lupi sebagai narasumber utama, juga Mbak Laras dan Mas Bayu sebagai narasumber pendamping, Pak Joko dan Bu Romlah yang sedikit banyak juga ikut membantu, semua reader setia ane yang tak bisa ane sebutkan satu persatu, yang selalu setia meramaikan thread thread ane, serta agan @sart86 , yang sudah sangat berbaik hati menyumbangkan covernya tidak hanya di thread ini, tapi juga di thread yang sebelumnya, terimakasih banyakemoticon-Nyepi

So, tanpa perlu berpanjang kata lagi, mari kita simak saja bersama sama kisah dari Mbak Lupi ini.

Selamat membaca, dan semoga terhibur!
Diubah oleh indrag057
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v3ah1307 dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 09:32
kocak gan
profile-picture
nananinanunu memberi reputasi
1 0
1
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 09:45
gelar dagangan gorengan tapi direbus
karena ada emak2 kemaren medemokan sesuatu tapi ga berguna
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 09:54
gelar karpet dulu mba
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 10:00
Pejwan ... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 10:03
Izin bangun ruko disini mas drag
profile-picture
profile-picture
nananinanunu dan indrag057 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 10:08
mitosnya emang seperti itu sih gan di Jawa, klo anak"y ga cocok ama.itu nama atau terlalu berat nama itu buat anak bisa bikin si anak suka sakit2an..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beautylavendula dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 52 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 52 balasan
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
29-03-2022 10:12
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
Nitip sendal om ane mau shooting dl, tolong liat2 yah soalnya sering ilang tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohsyf95 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia