Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f405f1d6508a625f77001a/nama-anak-zaman-old-vs-zaman-now
Halo gan kali ini saya mau membahas sedikit tentang nama, lebih tepatnya nama orang-orang Indonesia zaman dulu vs zaman sekarang. Tapi sebelum itu mari kita bicara sedikit tentang nama.
Lapor Hansip
28-01-2022 22:04

Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
emoticon-I Love Indonesia
Halo gan kali ini saya mau membahas sedikit tentang nama, lebih tepatnya nama orang-orang Indonesia zaman dulu vs zaman sekarang.
Tapi sebelum itu mari kita bicara sedikit tentang nama.

Seperti yang kita tahu nama menjadi salah satu identitas baik itu benda mati atau mahluk hidup, fungsinya sendiri tentu agar lebih mudah dikenali, memiliki penyebutan dan mempermudah komunikasi antar sesama jika untuk manusia.

Lantas sejak kapan manusia mulai memakai nama untuk penyebutan sesamanya ?

Jika berdasarkan tipologi sosio-politik yang di kemukakan oleh Elman service.
Quote:Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Foto : Elman service

Elman yang merupakan antropolog budaya mengemukakan setiap kelompok (band) terdiri dari beberapa manusia yang tinggal berpindah mengejar sumber makanan berupa hewan buruan dan meramu tumbuhan. Hal ini mulai terjadi pada periode berburu meramu (hunter-gatherer) masa prasejarah, meski hingga kini masih dipratekkan juga oleh suku-suku di dunia, misalnya suku Bushmen. Pada tingkatan ini hubungan antar manusia dalam kelompok bersifat kekerabatan yang egaliter.

Keberadaan kelompok mengharuskan manusia untuk menamai seseorang karena hal itu berkaitan dengan komunikasi dan indentifikasi. Penamaan ini memudahkan dalam proses berburu dan meramu makanan. Nama seseorang dalam tingkat sosio-politik kelompok (band) tidak mengenal gelar yang menandakan kebangsawanan seseorang. Adanya nama yang mengidentifikasikan kebangsawanan baru terjadi pada tingkat chiefdom di mana manusia sudah mulai tinggal menetap dan mengenal stratifikasi pekerjaan dan kelas sosial.

Dapat kita simpulkan bahwa manusia mulai memberi nama atau penyebutan bagi sesamanya sejak zaman prasejarah saat sudah hidup berkelompok.

emoticon-Ngakak (S)
"Kira-kira nama orang zaman purba dulu gimana yak gan!"

Seiring berkembangnya zaman tiap kelompok manusia pasti memiliki tradisi tertentu, termasuk juga pemberian nama, salah satu contohnya di jepang.

Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now

Yak di jepang memiliki tradisi penamaan yg masih dibudayakan oleh sebagian besar masyarakatnya sampai sekarang, dimana tradisi itu adalah menggunakan nama keluarga sebagai nama depan dan nama belakang sebagai nama aslinya.

Misalnya saja seseorang yang bernama Tonaka Miyabi, itu berarti Tonaka adalah nama keluarganya dan Miyabi adalah nama aslinya.

Lalu apakah di Indonesia punya tradisi penamaan juga ?

Sejauh yang saya tahu sih kayaknya tidak ada tradisi penamaan yang dilakukan secara umum di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di wilayah-wilayah tertentu seperti orangtua dari suku Batak Karo yang memberi nama anaknya sesuai dengan nama benda yang pertama kali dilihat saat anak tersebut lahir.

Contohnya seseorang yang bernama Kursi Singarimbun, Batu Tarigan, atau Meja Sembiring. Pemberian nama yg ada unsur benda itu di sisipkan sesuai dengan benda yg pertamakali di lihat oleh sang anak.

Beberapa wilayah lain juga menerapakan nama keluarga atau marga, dalam budaya batak dan minahasa misalnya, dimana nama marga ayah di wariskan secara turun temurun kepada anaknya.

Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now

Meski tidak memiliki tradisi penamaan khusus yang di lakukan secara umum, pemberian nama di Indonesia saya rasa cukup khas dengan daerahnya masing-masing, terkadang juga lewat nama kita bisa tahu dari mana orang itu berasal.

Presiden kita saat ini misalnya, bapak Jokowidodo melihat namanya saja kita pasti sudah bisa menebak dari mana asal beliau.
emoticon-I Love Indonesia (S)
Dan yak, seperti negara lain yang warganya memiliki nama yang khas dengan bahasa yg mereka gunakan, Indonesia juga warganya memiliki nama yang khas Indonesia banget.

Sayangnya pemberian nama yang Indonesia banget itu lambat laun mulai di tinggalkan.

Quote:
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Di tahun sekitar 1950-1970an

Di sekitar tahun itu pemberian nama orang tua kepada anaknya masih cukup simpel dan Indonesia banget.
Nama-nama seperti Andi, Budi, Wati, Ani cukup sering gunakan.

Nama yg di berikan biasanya juga hanya terdiri dari satu atau dua kata, dimana suku katanya cukup padat dan jelas seperti Sugeng Santoso, Sri Wahyuni, atau Sulistyo Wati, dan lain-lain. 

Tak jarang juga orang tua di masa itu memberikan nama berkaitan dengan nama benda, hari atau kata tertentu.

Quote:
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Di sekitar tahun 1960-1970an

Di sekitar tahun ini para orang tua mulai menamai anaknya dengan gaya barat dan islam, atau bahkan campuran keduanya.

Nama seperti Willy, Annisa, Muhammad atau Rosalina mulai bermunculan, penamaannya juga tidak sebatas satu atau dua kata lagi melainkan bisa sampai tiga kata.

Meski begitu nama-nama khas Indonesia masih cukup sering di selipkan.

Quote:Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Tahun 1980-1990an

Di tahun ini banyak orang mulai memiliki radio dan televisi, lewat itu juga para orang tua mulai menamai anak mereka dengan nama artis favoritnya.

Nama-nama yang di anggap jadul juga mulai di tinggalkan, dan huruf-huruf yang hampir tidak pernah ada di nama jadul juga bermunculan seperti seperti Z, Y, dan Q.

Meski begitu walau variatif nama yang baru bermunculan tapi masih terkesan Indonesia banget.

Quote:Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Tahun 2000an

Internet sudah memasuki Indonesia, di tahun kejayaan warnet ini cukup banyak orang yang sudah melek teknologi, dari pada meminta saran ke orang tua mungkin lebih banyak orang yang mencari saran nama anaknya di internet.

Hasilnyapun nama anak yang terlahir di tahun ini lebih bervariatif lagi, meski unsur Indonesianya masih ada perbedaan yang paling menonjol adalah panjangnya nama yg di berikan oleh para orang tua.

emoticon-Ngakak (S)
Karena saya rasa anak yang terlahir di tahun ini dan tahun berikutnya baperan, saya jadi gaenak kasih contoh nama yg mungkin mirip dengan punya beberapa orang.

Jadi saya harap anda tahulah maksud saya nama yg panjang itu kek gimana.

Quote:Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
Tahun 2018-Sekarang

Di tahun dimana sudah hampir semuah orang memiliki smartphone menurut saya inilah saat dimulainya perubahan paling drastis dari pemberian nama orang tua Indonesia kepada anaknya.

Nama-nama yang cukup sulit di ingat bahkan sulit di eja banyak di berikan pada anak-anak tahun ini, gabungan huruf ee, rr, zz, yy, gh, sh sering sekali membuat lidah keseleo saat membacanya.

Pemilihan nama yg sama sekali tidak ada unsur Indonesia juga cukup menjadi trend di kalangan orang tua yg merasa nama keren itu harus Ke barat-baratan, ke arab-arab.an atau ke jepang-jepangan.

Peniruan tradisi dari budaya lain juga mulai diterapkan, utamanya penambahan nama keluarga.

emoticon-Kimpoi

Pemberian nama kepada anak memang hak semuah orang tua, saya tidak akan mengatakan bahwa memberi nama yang Indonesia banget itu lebih baik dari pada memberi nama yg berasal dari budaya negara lain, apalagi hanya untuk sekedar keren-keren.an aja dengan dalih masih memiliki arti yang bagus.

Saya hanya ingin mengingatkan bahwa jangan sampai anak anda menjadi korban keegoisan anda.

emoticon-Malu (S)
"Gk lucu kan kalo anak lu ntar di bully gegara namanya aneh, sok inggris, sok arab, ato sok kejepang-kejepangan padahal tu muka indo banget"

Dan yak itu aja, Terimakasih udah mangpir, jgn lupa koreksinya kalo ada ya salah gan.

emoticon-kisssing
Versi videonya gan

Refrensi
1,2,3,4
Bonus
Diubah oleh wikwikah96
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kedaikopi99 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.4K Threads
Halaman 1 dari 5
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
28-01-2022 22:36
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kecatriatamvan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
28-01-2022 23:07
Di lingkungan gw, engga ada pakem penamaan sih, jadi nama bapak nya daerah, tau2 anaknya dikasih nama2 ajaib seperti el-nganu Alexander, queenzho, rheinno, pokoknya kalo ga nama luar negeri, ya gabungan nama yg terbaca ajaib.
emoticon-Ngakak
Ada temen gw yg ngasih nama anak nya azalea. Gw tanya dong, itu nama apaan? Dia jawab simpel aja: engga tau, terdengar keren aja.
emoticon-Ngakak
profile-picture
wikwikah96 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 04:25
Apalah arti sebuah nama....

_____________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 06:49
Nama anak ane tu berasal dr nama ane yg di lafal dr belakang dgn harapan jgn kek ane yg blangsak dan Begundal...

Ampe sekarang kl anak nanya arti nama, ane masih binggung jawab... Soalnya ndak ada artinya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 10:49
nama anak ane gino panggilan nya mas gino
satu lagi wagiman

tapi jan tanya kek gimana gantengnya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blueseno dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 11:15
akan ada anak sini yang bernama Indonesia 1, Indonesia 2, Nusantara 1, Nusantara 2 dsb emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:08
Nama anak2 muda Mudi masa kini di RI harus nya ato sebaik nya mmg tetap berciri khas budaya lokal, gan.....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
lengo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:11
tetangga ane ada yang namanya mbok bawok
profile-picture
wikwikah96 memberi reputasi
1 0
1
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:11
ane baru punya hp 2 tahun setelah lulus sma emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
wikwikah96 memberi reputasi
1 0
1
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:14
Nama anak temen ane :
- Kaori
- Hiroki
- Akira

Dah keliatan kan kalo buapaknya weebs 😂

Btw anak ane namanya Altaïr, moga ga ada yg nyamain seangkatan dia ntar 😤
Diubah oleh tsuyaaknot
profile-picture
profile-picture
imaginaerum dan wikwikah96 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:20
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomib dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:21
Asep, Tatang, Dadang, Jajang, Euis, Lilis, Iis adalah beberapa nama yang sudah jarang diberikan kepada generasi muda orang sunda emoticon-Malu

Betewe nama ane masih menggunakan nama khas orang sunda emoticon-Malu
Diubah oleh kontholl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:22
nama bininya RT gw NDES
profile-picture
wikwikah96 memberi reputasi
1 0
1
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:25
Nama² anak jaman sekarang keren² yah, ane aja sempet bingung ketiga anak ane mau nama modern kek gimana, akhirnya ada ke barat²an..

Tapi gue masih bingung di thn1991 di bandung ada nama dilan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan wikwikah96 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:26
Ane kalau nanti punya anak pengennya namain dia dengan dua unsur, nama islam + nama indonesia/sunda/sanskerta.
Contohnya Macam nama Ahmad Dhani Prasetyo.
Mungkin gini
Fahmi Ahmad Darmawan
Muhammad Fikri Ginanjar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:27
Bocah jaman sekarang generasi manja tukang ngadu emoticon-Leh Uga

Ditegur ama guru di sekolah, malah gurunya dilaporin balik ke kantor Polisi emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
kazuraba dan wikwikah96 memberi reputasi
2 0
2
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:32
th 90an nama sendiri tidak penting.. tau nama bapaknya yg penting emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:34
Kasih nama emg hak orang tua cmn jangan ampe membebani si anak di masa depan.
profile-picture
wikwikah96 memberi reputasi
1 0
1
Nama Anak Zaman Old VS Zaman Now
29-01-2022 19:35
yang penting namanya gk bikin anak susah pas urusan administrasi, gak malu2in, cukuplah
profile-picture
profile-picture
erwhyienzst dan wikwikah96 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia