Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
108
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f3eb231433437b791cea2d/sisi-lain-dari-iwan-fals
Apa kabar kaskuser di seluruh dunia, pembahasan kali ini cukup sederhana. Hanya ingin membahas musisi legenda tanah air, dialah Bung Iwan yang suaranya cukup Fals dimasa orde baru.
Lapor Hansip
28-01-2022 20:09

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Sisi Lain Dari Iwan Fals

Apa kabar kaskuser di seluruh dunia, pembahasan kali ini cukup sederhana. Hanya ingin membahas musisi legenda tanah air, dialah Bung Iwan yang suaranya cukup Fals dimasa orde baru.

Saat ini bung Iwan tengah merilis album Swami I dan II perdana dalam format yang berbeda dan ekslusif, yaitu berupa piringan hitam atau vinyl.

Perjalanan karir beliau sudah banyak dibuat artikel, jadi bukan itu yang akan kita bahas saat ini. Namun sisi yang berbeda dari bung Iwan yang sangat digandrungi pemuda tahun 90an karena nyanyiannya bertemakan balada.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Dengan lirik-lirik yang nakal, beringas, agresif dan sangat kuat. Yang menceritakan realita kehidupan di masyarakat, bahkan ingin menunjukan kepada pemerintah saat itu masyarakat sebenarnya punya kehendak yang seharusnya di akomodasi.

Terlebih dimasa itu siapa yang mengkritik pemerintah bisa hilang tinggal nama, namun sosok Iwan tampil di publik dan kritikannya pun cukup tajam hingga ada beberapa lagu yang tak boleh di jadikan album. Hanya segelintir orang yang masih punya lagu dengan kritikan yang cukup menggelitik para penguasa dimasa itu.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Namun sebuah tragedi mengubah hidupnya, ketika Galang Rambu Anarki meninggal karya-karyanya seakan berubah. Liriknya tidak lagi kuat dan agresif, lagunya lebih santai tidak ada hentakan yang merobek jiwa muda.

Tidak ada lagi lirik yang membuat masyarakat terlena dengan kerasnya kehidupan, kritikan keras kepada penguasapun sirna. Yang ada hanyalah kesantaian.

Sepertinya, sebuah tragedi kehilangan anak benar-benar merubah sosok legenda ini. Kini Iwan Fals senyap dan lenyap.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Siapa yang membuatnya terdiam?

Apakah dirinya sendiri? Mungkin, namun bukan itu sebenarnya yang membuat bung Iwan kini hilang dan sepi. Generasi sekaranglah penyebabnya, ada pepatah mengatakan "setiap zaman ada masanya setiap masa ada zamannya".

Seperti contohnya, dahulu ada telepon rumah yang sekarang berganti generasinya dengan telepon genggam yang sangat canggih, dengan nama smartphone. Perubahannya pun bertahap, tidak instant langsung menjadi smartphone namun pondasi awalnya sudah diciptakan oleh Graham Bell.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Begitu juga Iwan Fals, beliau sudah menciptakan pondasi awal untuk lahirnya musik-musik nakal dengan lirik kritik yang pedas seharusnya dilanjutkan ke generasi berikutnya.

Tapi di Indonesia tongkat estafet itu terhenti dan malah menghujat pria tua yang kini terdiam menikmati masa tuanya, dengan hujatan kenapa berhenti untuk terus mengkritik?

Lucu, sekaligus sedih. Iwan Fals sudah tua, tugasnya sudah selesai seharusnya generasi muda yang meneruskan perjuangannya. Tetapi pria tua itu dihujat dan dipaksa terus untuk berlari, bukankah ini hal yang aneh?

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Setidaknya pria tua itu sudah menciptakan sebuah karya, sedangkan mereka yang menuntut hanya jadi penonton tanpa ada prestasi. Ini kan jadi ironi!

Dan inilah cerminan dari bangsa kita, dari masyarakat yang selalu menuntut, tapi dia sendiri tidak ingin maju. Entah apa yang salah, pendidikannya, moralnya, atau lingkungannya. Maka kalau sudah seperti ini mustahil bermimpi menjadi negara adidaya.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Bayangkan orang-orang hebat dihujat dan ditenggelamkan namanya karena sudah tidak disuka oleh mayoritas masyarakat, namun lucunya mereka juga teriak kalau sekarang tidak ada lagi orang hebat, tidak ada lagi yang mirip si anu dan si ini. Kenapa tidak dia yang melakukan hal itu?

Kalau dia tidak berani, kalau dia tidak bisa, atau dia pengecut, kenapa harus banyak menuntut?

Ini yang kita temui saat ini, saatnya kita harus berubah, agar merasakan dalam diri bahwa pionner dimasa lalu itu, perjuangannya harus dilanjutkan oleh setiap generasi. Untuk mencapai masa depan yang lebih baik.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sisi Lain Dari Iwan Fals

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sisi Lain Dari Iwan Fals


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrenaline3 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 4
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 20:19
Sudah lelah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 20:27
Pak Tua sudahlah
Engkau sudah terlihat lelah oh ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 21:27
Mental indo apalagi kalo gak hujat menghujat tanpa karya nyata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 21:55
Kalau Iwan fals secara solo aku hampir sama sekali gak tertarik. Tapi aku sangat suka saat dia di Kantata taqwa.
Juga pernah diundang di kick Andy dia ternyata punya group kecil namanya "babadotan". Cuma main gembala sapi aransmennya unik banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:20
Quote:Original Posted By c4punk1950...


Sisi Lain Dari Iwan Fals

Apa kabar kaskuser di seluruh dunia, pembahasan kali ini cukup sederhana. Hanya ingin membahas musisi legenda tanah air, dialah Bung Iwan yang suaranya cukup Fals dimasa orde baru.

Saat ini bung Iwan tengah merilis album Swami I dan II perdana dalam format yang berbeda dan ekslusif, yaitu berupa piringan hitam atau vinyl.

Perjalanan karir beliau sudah banyak dibuat artikel, jadi bukan itu yang akan kita bahas saat ini. Namun sisi yang berbeda dari bung Iwan yang sangat digandrungi pemuda tahun 90an karena nyanyiannya bertemakan balada.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Dengan lirik-lirik yang nakal, beringas, agresif dan sangat kuat. Yang menceritakan realita kehidupan di masyarakat, bahkan ingin menunjukan kepada pemerintah saat itu masyarakat sebenarnya punya kehendak yang seharusnya di akomodasi.

Terlebih dimasa itu siapa yang mengkritik pemerintah bisa hilang tinggal nama, namun sosok Iwan tampil di publik dan kritikannya pun cukup tajam hingga ada beberapa lagu yang tak boleh di jadikan album. Hanya segelintir orang yang masih punya lagu dengan kritikan yang cukup menggelitik para penguasa dimasa itu.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Namun sebuah tragedi mengubah hidupnya, ketika Galang Rambu Anarki meninggal karya-karyanya seakan berubah. Liriknya tidak lagi kuat dan agresif, lagunya lebih santai tidak ada hentakan yang merobek jiwa muda.

Tidak ada lagi lirik yang membuat masyarakat terlena dengan kerasnya kehidupan, kritikan keras kepada penguasapun sirna. Yang ada adalah kesantaian.

Sepertinya, sebuah tragedi kehilangan anak benar-benar merubah sosok legenda ini. Kini Iwan Fals senyap dan lenyap.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Siapa yang membuatnya terdiam?

Apakah dirinya sendiri? Mungkin, namun bukan itu sebenarnya yang membuat bung Iwan kini hilang dan sepi. Generasi sekaranglah penyebabnya, ada pepatah mengatakan "setiap zaman ada masanya setiap masa ada zamannya".

Seperti contohnya, dahulu ada telepon rumah yang sekarang berganti generasinya dengan telepon genggam yang sangat canggih, dengan nama smartphone. Perubahannya pun bertahap, tidak instant langsung menjadi smartphone namun pondasi awalnya sudah diciptakan oleh Graham Bell.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Begitu juga Iwan Fals, beliau sudah menciptakan pondasi awal untuk lahirnya musik-musik nakal dengan lirik kritik yang pedas seharusnya dilanjutkan ke generasi berikutnya.

Tapi di Indonesia tongkat estafet itu terhenti dan malah menghujat pria tua yang kini terdiam menikmati masa tuanya, dengan hujatan kenapa berhenti untuk terus mengkritik?

Lucu, sekaligus sedih. Iwan Fals sudah tua, tugasnya sudah selesai seharusnya generasi muda yang meneruskan perjuangannya. Tetapi pria tua itu dihujat dan dipaksa terus untuk berlari, bukankah ini hal yang aneh?

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Setidaknya pria tua itu sudah menciptakan sebuah karya, sedangkan mereka yang menuntut hanya jadi penonton tanpa ada prestasi. Ini kan jadi ironi!

Dan inilah cerminan dari bangsa kita, dari masyarakat yang selalu menuntut, tapi dia sendiri tidak ingin maju. Entah apa yang salah, pendidikannya, moralnya, atau lingkungannya. Maka kalau sudah seperti ini mustahil bermimpi menjadi negara adidaya.

Sisi Lain Dari Iwan Fals

Bayangkan orang-orang hebat dihujat dan ditenggelamkan namanya karena sudah tidak disuka oleh mayoritas masyarakat, namun lucunya mereka juga teriak kalau sekarang tidak ada lagi orang hebat, tidak ada lagi yang mirip si anu dan si ini. Kenapa tidak dia yang melakukan hal itu?

Kalau dia tidak berani, kalau dia tidak bisa, atau dia pengecut, kenapa harus banyak menuntut?

Ini yang kita temui saat ini, saatnya kita harus berubah, agar merasakan dalam diri bahwa pionner dimasa lalu itu, perjuangannya harus dilanjutkan oleh setiap generasi. Untuk mencapai masa depan yang lebih baik.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sisi Lain Dari Iwan Fals

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sisi Lain Dari Iwan Fals




{thread_title}


SALAM ORANG INDONESIA DULULAH KALO GITU

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:23
Lagu-lagu lirik nya.banyak sekali sampi ada yg inget ada yg lupa jg he.. he. dulu kalau engga salah ada film nya.tentang film iwan fals ane jg lupa judul nya he.. he. Kalau ga slah damai kami sepanjng hari Oke nice thread.. bang iwan hanya inspirasi buat ane.. Tp ane ga. bisa seprti bang iwan.. ane bkn musisi dan ane dgn cara ane sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:29
Kumisnya harus dijual di nft
Cuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:41
Lonte ku terima kasih atas pertolongan mu dimalam itu emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:45
Tumben nih bahas musisi ganemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 22:58
Virgiawan Listanto.
emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 23:22
bang iwan pdip sejatiemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sisi Lain Dari Iwan Fals
28-01-2022 23:46
tetap salut pada legendemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 00:55
Bukan penggemar iwan fals..
Tapi ada satu lagu yang ane suka : bento.
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 01:18
Gw suka sudut pandangnya dari sisi ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 01:33
gw suka bento dan mata indah bulat bola pingpong

jembutken
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 01:57
Simple....buat yg ngehujat dan ngebully Iwan Fals..

Kalian hanya banci yg hidup di jaman enak skrg ini.

Coba kalian hidup di jaman orba...

Suara2 kalian bakal senyap seperti nyawa kalian.

Soal nyali....

Iwan Fals kagak usah di tanyakan, seberapa gede nyalinya di medan tempur.
Lah yg ngehujat..
Sudahkah kalian ada di medan tempur tersebut.
Klo mau contoh yaaa maen2 lah ke korut, Mnyamar, turki dan filipina...
Teriakan suara lantang kalian di sana dan bilang pemimpin di negara tersebut berbuat tidak adil...cukup dgn itu saja, kagak usah di panjang2in...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrenaline3 dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 06:15

iki mantep

janganlah kalian menuntu macem macem dari si tua iwan fals
wes wayahe deknen bertapa
tinggal giliran kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 09:04
Suka lagunya pesawat tempur coba di bikin aransemen Heavy metal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 09:10
Iwan Fals
tetaplah menjadi legend
utk masyarakat karena karyanya sampai skrg banyak banyak didengar
emoticon-Cool
buat yg menghujat
mulut lw adalah sampah!!!
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sisi Lain Dari Iwan Fals
29-01-2022 09:33
yang dikritik bukan karena dia diam sekarang tapi karena dia dukung penguasa. kalau dulu kan dia kritik penguasa. sekarang malah dukung. kalau dia diam sih ga ada yang protes emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia