Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
120
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f3a12563aa930dc305736a/7-film-paling-kontroversial-karena-dianggap-menyinggung-agama-no-6-dijadikan-meme
Sebuah film akan menimbulkan kontroversi jika di dalamnya terdapat sesuatu yang bermasalah seperti adegan kekerasan yang terlalu brutal, menyinggung kelompok tertentu, dan juga menyinggung tentang agama. Nah, agama memang soal yang sensitif apalagi kalau dibawa-bawa sampai ke dalam ranah film. Beberapa film bahkan dicap sebagai film yang dianggap menyinggung agama dan bahkan sampai dilarang tayang
Lapor Hansip
28-01-2022 14:54

7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Past Hot Thread
icon-verified-thread
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Sebuah film akan menimbulkan kontroversi jika di dalamnya terdapat sesuatu yang bermasalah seperti adegan kekerasan yang terlalu brutal, menyinggung kelompok tertentu, dan juga menyinggung tentang agama. Nah, agama memang soal yang sensitif apalagi kalau dibawa-bawa sampai ke dalam ranah film. Beberapa film bahkan dicap sebagai film yang dianggap menyinggung agama dan bahkan sampai dilarang tayang. Nah, berikut ini adalah beberapa film kontroversial yang dianggap menyinggung agama.



1. The Last Temptation of Christ (1988)


7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Film yang dibintangi oleh Willem Dafoe dan disutradarai oleh Martin Scorsese ini cukup kontroversial di zamannya. Film ini mengisahkan kehidupan Yesus namun sumbernya bukanlah dari Injil Markus, Matius, Yohanes, maupun Lukas, melainkan dari sebuah novel. Ya, film ini menceritakan cerita alternatif bagaimana seandainya Yesus selamat dan turun dari salib.

Film ini mencoba mengetengahkan sisi manusia Yesus dan bagaimana ia begitu ketakutan menanggung beban sebagai mesias. Meski endingnya akhirnya Yesua disalibkan namun film ini memang kontroversial karena dianggap keluar dari jalurnya.

2. The Passion of the Christ (2004)

7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Secara cerita, film ini dianggap cukup akurat yaitu menggambarkan 12 jam terakhir kehidupan Yesus mulai dari penangkapan, penyiksaan, penyaliban, hingga kebangkitanNya. Sumbernya pun diambil dari keempat Injil dan tradisi kristen. Namun yang menjadi kontroversi, film garapan Mel Gibson ini dianggap terlalu berlebihan dalam mengumbar kekerasan dengan kesadisan yang luar biasa. Hal itu membuat film ini tidak disukai oleh kelompok Yahudi karena mengandung unsur anti-semit. Di mana dalam film ini, para tokoh Yahudi begitu membenci Yesus dan begitu menikmati saat Yesus disiksa dengan brutal.

Hasilnya, karena dianggap anti-semit, film ini mendapatkan review yang tidak seimbang dan jeblok di Rotten Tomattoes. Padahal kalau mau obyektif, film ini sangatlah ciamik dari segi visual dan teknis.

3. Noah (2014)

7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Film yang dibintangi oleh Russel Crowe ini dilarang tayang di bioskop Indonesia pada perilisannya pada 2014. Hal itu dilakukan untuk menghindari meletupnya kemarahan dari kelompok tertentu karena film ini dianggap menyesatkan. Seperti yang diketahui kalau film ini menceritakan salah satu tokoh yang ada di Alkitab dan juga terdapat di Al-Qur'an yaitu Nabi Nuh.

Penggambaran sosok Nuh dalam film ini juga dianggap terlalu jauh melenceng dari yang ada di kitab suci. Bukan hanya itu, dari sisi kritik film ini juga mendapatkan kritik yang buruk dari para kritikus.



4. The Da Vinci Code (2006).
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Novelnya saja yang dikarang oleh Dan Brown sudah cukup kontroversial karena dianggap sudah menyinggung keimanan umat kristiani. Bagaimana tidak? Dalam novel dan film ini, terdapat teori kalau Yesus itu menikah dan punya keturunan dan kerahasiaannya dijaga oleh suatu kelompok.

Meski, demikian toh ini hanya cerita fiktif walaupun sebagian orang menganggap film ini dapat menggoyahkan iman seorang pemeluk agama Kristen.


5. The Exorcist (1973)
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Bukankah film ini adalah film horor? Ya, tapi sudah jelas ini adalah film horor yang membawa-bawa nama agama dan juga bagaimana dua orang pastor berusaha mengusir setan dari tubuh seorang gadis kecil. Dalam film ini diceritakan bagaimana pemuka agama begitu lemah dan jadi bulan-bulanan setan dalam suatu adegan.

Sejumlah gereja bahkan melarang pemutaran The Exorcist dan menilai film tersebur adalah film yang sudah dikutuk. Bukan hanya itu, pada masa itu film ini juga dicekal oleh berbagai kalangan karena dianggap terlalu menyeramkan.

6. Monty Phyton's Life of Brian (1979)
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
Film ini merupakan film komedi satir yang dibintangi oleh grup lawak Monty Pyhton dan menjadi film yang penuh sindiran terhadap kalangan tertentu. Mengisahkan seseorang yang bernama Brian, seorang Yahudi yang lahir hampir bersamaan dengan Yesus Kristus. Ketika dewasa, Brian dikira Mesias akibat ulah yang dilakukannya.

Di masa itu film ini memang mampu membuat beberapa orang tersinggung dengan komedi satirnya. Sekarang ini, film film ini sering dijadikan meme di sosial media.


7. Muhammad: The Messenger of God (2015)


7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme

Film ini dibuat oleh Majid Majidi, sutradara asal Iran yang sukses menggarap film Children of Heaven. The Messenger of God mencoba mengisahkan kehidupan awal Nabi Muhammad. Namun tentu saja film ini menuai kontroversi karena nabi dilarang digambarkan dalam hukum dan tradisi Islam.

Film ini tidak sebagus film The Message yang merupakan film epik yang menceritakan Nabi Muhammad rilisan tahun 1973 yang dibintangi oleh Anthony Quinn.

Ditambah lagi karena sang sutradara berasal dari Iran, membuat sebagian umat Islam menganggap film The Messenger of God ini hanyalah film buatan Syiah.

Nah, gan menurut agan gimana nih film-film di atas? emoticon-Big Grin

Quote:Referensi:
https://www.cnnindonesia.com/hiburan...-termahal-iran



profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipanpun dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
movies
Movies
4.9K Anggota • 18K Threads
Halaman 1 dari 4
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
28-01-2022 16:42
Ane udah nonton semuanya...
emoticon-Goyang
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 00:35
Mau maen peran apapun tiap liat dafoe selalu kebayang green goblin mulu emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d112za dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 01:27
nontoh ahh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 12:38
Ane pernah nntn yg noah doang mah, yg lain baru pernah denger
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 12:51
Felem Peekay ga masuk list nih? Dulu kabarnya kan sempet diboikot di beberapa negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
advantagging dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 14:10
Benedetta gmana gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 15:46
Yg Noah kenapa di band di sini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
29-01-2022 17:32
Monty phyton emang gokil. Kek holy grail sama meaningful of live benar benar dark jokes. Welease bwian
profile-picture
profile-picture
racingnismo dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
30-01-2022 01:00
Ane kasi rekomen satu lagi gan. Masi fresh 2021. The Lady Of Heaven
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
30-01-2022 02:18
Up........
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan mr.fiberglass memberi reputasi
2 0
2
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
30-01-2022 14:08
agamis kabeh yo film'e :sudahkuduga
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
30-01-2022 17:11
Eh ternyata sebelum jadi Green Goblin, si Dafoe cosplay jadi Jesus ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
01-02-2022 22:17
film apik tapi agak bau kentut
Legenda Burit Emas
dibintangi oleh buritnya @pemburu.onta

wkwkwkkkk,,

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
01-02-2022 22:28
Monty python emang ngehe sih emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Namikazemaru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
01-02-2022 22:32
Jujur aja, life of brian agak susah buat dimengerti sama non-kristen kayak gw. Beberapa adegan bikin ketawa, tapi lebih banyak yg bikin bingung.

Ps. DOGMA'nya Matt Damon juga lumayan kontroversial tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
01-02-2022 22:34
Sudah nnton 2,3,4,5,7 messanger of Gods bagus sebenernya.. yg d sesalkan cuman nabi di perankan oleh orang.. walaupun ank kecil dan tidak terlihat wajahnta tapi bagus secara visual dan jalan ceritanya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
7 Film Paling Kontroversial Karena dianggap Menyinggung Agama, No 6 dijadikan Meme
01-02-2022 22:35
Quote:Original Posted By larsonl
Every time a thought-provoking Bollywood movie releases, we know it won't go down the throat of either extra sensitive people or the Indian Censor Board.

chipotlefeedback


Panjenengan meniko matur nopo tho pak??? emoticon-Bingung

Ting mriki.. Jarang sing wonten, saged boso inggres emoticon-Malu

Dados... Panjenengan meniko nyasar emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia