News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f275bafff86a4e0a2ee327/solo-dikepung-banjir-walkot-gibran-cari-solusi-sebut-banjir-kiriman-dari-boyolali
Solo Dikepung Banjir, Wali Kota Gibran Lagi Cari Solusi, Kini Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kota Solo kembali dikepung banjir pada pekan lalu setelah beberapa hari turun hujan deras. Tercatat, sejumlah kampung di Solo terkepung banjir. Paling parah di Kampung Totosari, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan yang mencapai ketinggian 1,5 meter. Tak hanya itu, Kampung Tipes y
Lapor Hansip
27-01-2022 17:36

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

Solo Dikepung Banjir, Wali Kota Gibran Lagi Cari Solusi, Kini Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kota Solo kembali dikepung banjir pada pekan lalu setelah beberapa hari turun hujan deras.

Tercatat, sejumlah kampung di Solo terkepung banjir.

Paling parah di Kampung Totosari, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan yang mencapai ketinggian 1,5 meter.

Tak hanya itu, Kampung Tipes yang tidak pernah kebanjiran selama 14 tahun terakhir, kembali harus tergenang banjir.

Hingga kini, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masih mencoba mencari solusi atas permasalahan banjir tersebut.

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

"Nanti kita carikan solusi, soalnya kemarin banjir kiriman dari Boyolali, nanti kita carikan solusi," katanya kepada TribunSolo.com, Senin (24/1/2022).

"Kemarin sudah sering kita bicarakan dengan BBWS, kita akan koordinasi lagi," tambahnya.

Meski begitu, permasalahan banjir akan menjadi fokus utama Pemerintah Kota Solo saat ini.

"Banjir ini jadi konsentrasi utama kita, dua bulan ke depan curah hujan juga tinggi, sudah kita petakan titik-titik banjir di sepanjang Sungai Jenes dan Sungai Premulung," jelasnya.

Pemetaan daerah rawan banjir di Kota Solo pun kini telah berubah.

Jika biasanya daerah rawan banjir berada di Sungai Pepe dan Sungai Gajah Putih, kini bergeser ke Sungai Jenes dan Sungai Premulung.

"Sejauh ini Pepe aman, Gajah Putih yang sebelumnya meluap terus dikeruk, sejauh ini juga aman," pungkasnya.

Soal permintaan warga untuk pembangunan talud, Gibran pastikan akan segera dilaksanakan.

"Pasti akan ada pemasangan talud, tenang saja," pungkasnya.

Gibran Didesak PKS Temukan Solusi

Kasus banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Solo menjadi sorotan Sugeng Riyanto, anggota DPRD Kota Solo.

Sugeng yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Solo ini, meminta Pemkot Solo di bawah kepemimpinan Gibran, untuk segera mengatasi banjir.

"Harus ada langkah strategis yang diambil Pemkot Solo, baik dalam hal pencegahan maupun penanggulangan," ujar Sugeng kepada TribunSolo.com, Minggu (23/1/2022).

Menurut anggota Dewan fraksi PKS ini, Pemkot Solo harus segera mencari akar permasalahan banjir yang terjadi di wilayah Kota Solo.

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

Kata Sugeng, hal ini sebagai pencegahan maupun penanggulangan banjir nanti.

"Pemkot harus merencanakan aksi yg berkesinambungan, dengan melibatkan semua pihak terkait, sampai selesai akar persoalannya," pungkasnya.

Banjir di Solo Makin Parah

Banjir yang terjadi di Kota Solo, Jumat (21/1/2022), terhitung cukup parah.

Indikasinya, Kampung Tipes RT 02 RW XIII Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo, yang sudah 14 tahun bebas banjir, akhirnya ikut kembali kebanjiran.

Ya, terakhir kali Kampung Tipes kebanjiran pada tahun 2007 yang lalu, yang hingga sekarang tak pernah kebanjiran lagi.

Baru pada Jumat (21/1/2022), Kampung Tipes kebanjiran, dengan ketinggian sekitar 70 cm.

Hal itu disebabkan karena meluapnya Sungai Jenes yang berada disampingnya.

Meluapnya air hingga ke rumah warga tersebut, membuat warga sempat panik.

Lantaran kampungnya merupakan kampung yang bebas dari banjir selama ini.

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

Ketua RT 02, Giyanto (42), mengatakan, setelah air naik ke permukaan, anak-anak dan lansia langsung diungsikan ke Balai Pertemuan Warga.

"Karena selama ini aman-aman saja, begitu air naik ke jalan, lansia dan anak-anak langsung diungsikan ke balai pertemuan yang diubah jadi posko pengungsian sementara," ujarnya kepada TribunSolo.com, Sabtu (22/1/2022).

Warga pun secara spontan mengubah balai pertemuan Sukro Manis RT 02 menjadi pengungsian.

Di dalamnya, terdapat kebutuhan pengungsian seperti kasur untuk tidur bahkan ada dapur umum.

"Karena memang spontan saja, sebenarnya tidak menyiapkan apa-apa, untuk persiapan saja dan berjaga-jaga," jelasnya.

Rencananya, posko pengungsian tersebut masih tetap dipertahankan, melihat cuaca buruk masih terjadi hingga saat ini.

"Untuk antisipasi saja, karena warga RT 03 juga mengungsi di sini, akan disiagakan selama masih musim penghujan ini," jelasnya.

Bantuan pun juga mengalir ke warga Kampung Tipes yang terdampak banjir.

Seperti dari pihak Kelurahan dan koramil, juga dari anggota DPRD.

"Bantuan ini kami simpan dulu, mengingat cuaca masih seperti ini, kalau ada warga yang membutuhkan ya kami kasihkan," pungkasnya.

Juga Terjadi di Pajang

Tak hanya di Serengan, Kampung Totosari di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Solo juga kebanjiran.

Banjir diawali dengan hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak sore.

Tak hanya itu, hujan deras yang terjadi di wilayah Boyolali juga menyebabkan air Kali Jenes meluap lebih cepat dari biasanya.

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

Salah satu warga, Parwasih (56) mengaku panik saat air tiba-tiba naik pada Jumat (21/1/2022) sore kemarin.

"Panik, biasanya memang sering terjadi banjir, tapi nggak tahu kemarin itu kok segitu besarnya," katanya kepada TribunSolo.com, Sabtu (22/1/2022).

Parwasih mengetahui telah terjadi banjir, ketika petugas SAR datang dan memberitahukan telah terjadi banjir.

Ia melihat air sudah sampai di depan rumahnya, padahal rumahnya berada di permukaan yang lebih tinggi.

Kemudian, ia dengan segera menyelamatkan barang berharga di rumah dan mengungsi di pinggir rel kereta api karena air semakin membesar.

Ada Ratusan Rumah Terendam

Karena air yang cepat naik, membuat sebagian warga tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya.

Perabotan rumah tangga seperti kompor dan kulkas juga terendam banjir, bahkan sepeda motor pun terpaksa ditinggal di dalam rumah karena terburu-buru menyelamatkan diri.

"Karena tahu-tahu air sudah meluap, nggak sempat beres-beres, itu kulkasnya hanya dibersihkan saja kemudian dijemur, nggak tahu bisa dipakai nggak lagi nanti," terangnya.

"Sepeda motor itu milik tetangga saya, karena mau diungsikan sudah penuh airnya, ya harus bagaimana lagi, terpaksa dibiarin di situ," terangnya.

https://solo.tribunnews.com/amp/2022...oyolali?page=4

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.7K Anggota • 629.3K Threads
Halaman 1 dari 2
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:37
Pks kok nyalahin walikota ,
ini itu tanggung jawabnya gubernur Jateng!!

Persoalan banjir itu harus kordinasi dengan gubernur Jateng, bagaimana solusinya.

Jadi gubernur itu harus bisa memecahkan masalah dan memberikan solusi.

bukan cuma cekrek sana cekrekn sini, posting Instagram upload youtube demi followers dan subscribe ,

gubernur opo iki emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:37
War of Cebong; Gibran vs Ganjar emoticon-Leh Uga

Target Cebong 2024 : emoticon-Leh Uga
1. Joke 3 Periode
2. Puan Wapres
3. mAhok Kepala Otorita Ibukota Nusantara
4. Developer Reklamasi 9 Naga dapat proyek bangun Istana Negara, gedung MPR/DPR, kantor-kantor Kementrian dan Perumahan PNStak
5. Gibran Gurbernur Jawa Tengah
6. Boby Gurbernur Sumatera Utara
7. Ganjar Gurbernur DKI Jakarta

Target Kadrun 2024 :
Dapat hikmahnya aja emoticon-Leh Uga

Diubah oleh harakiri02
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:37
dari bapak ke anak ternyata banjirnya belum selesai juga emoticon-Leh Uga

Banjir kok diwarisin emoticon-Ngakak
Diubah oleh capres.banjir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:39
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali

ah wes prek !!
penting tinggal golek penyetan..

engko lak surut dewe emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:41
Dicancel aja kirimannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:41
Mirip Anies alasannya. Memang Joko Anies mirip-mirip. Nastak-kadrun juga mirip-mirip. Btw ane netral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imaginaerum dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:44
Coba bikin sumur di tengah jalan..... emoticon-Big Grin
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
1 0
1
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 17:53
Makanya.. Coba mas gibran bikin tempat parkir air d solo.. emoticon-Malu (S)

Jadi airnya ga ikut macet2an pas banjir d solo.. emoticon-Malu (S)

Itu ide dari PhD lulusan amerika lho.. emoticon-Malu (S)

Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:05
Akibat melawan sunatullah kali dipasangin talud. Sangat tidak natural air dialirkan ke sungai. Seharusnya sesuai kodratnya air dimasukkan ke tanah
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:07
Tunggu testimoni orang solo j
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:09
Tuh sungai kapan terakhir kali dikeruk
Sebelah rumah gw sungai, sebelum musim hujan dikeruk pakai excavator mini
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:42
Buzzernya puan makin mengepakkan sayap emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:48
jadi yang ga becus ngatasin banjir ini bapaknya atau anaknya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:52
banjir cm di jkt drun
yg laen cm genangan sesatemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 18:58
Buruan mbikin sumur resapan mbong emoticon-Blue Guy Smile (S)

Jangan malu2, contohlah jakarta emoticon-Blue Guy Smile (S)
Sekarang jakarta udah bebas banjir mbong berkat tangandingin kerja senyap gubernur indonesia emoticon-Malu











































emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 19:06
Karena bukan keturunan yaman, pasti aman.. gak bisa kerja...juga aman..ada buzzer fanatik yg siap cebokan.. btw pkshit lebih baik fokus suara 2024, karena terancam banyak kehilangan suara,.gara2 bacot kadernya..di kalimantan sini masif sekali suara memboikot pkshit
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan bukan.bomat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 19:09
Quote:Original Posted By buncitbubar
Mirip Anies alasannya. Memang Joko Anies mirip-mirip. Nastak-kadrun juga mirip-mirip. Btw ane netral


Heh emoticon-Mad

Di sinik ndak bole netral emoticon-Mad
Harus milih cebong atau kadlun emoticon-Mad

Netral itu ibarat banci, cewek bukan ncowok jugak bukan emoticon-Mad










































emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 19:32
Kalau jadi gubernur bisa lebih mudah mengatasi banjir solo emoticon-Cool
Pas jadi gubernur, Kalau jadi presiden makin mudah mengatasi banjir jateng
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
odjay05 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 19:36
Ini musibah. Segera pasang baliho mbak Puan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
odjay05 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Solo Dikepung Banjir, walkot Gibran Cari Solusi, Sebut Banjir Kiriman dari Boyolali
27-01-2022 19:51
Sama kaya anis, banjir kiriman dri Bogor, dari depok. Yg blm dibilang dri Tangerang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia