News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f243c8d1272c1b5e0eaa88/kkb-serang-pos-panglima-tni-jenderal-andika-perkasa-bertolak-ke-papua
KKB Serang Pos TNI, Panglima Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua Kamis, 27 Januari 2022 11:12 Jakarta: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Papua. Kunjungan dilakukan usai penyerangan pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua. Informasi itu disampaikan Ketua Komisi I Meutya Hafid saat membuka rapat kerja (raker) bersama Menteri Pertahanan (M
Lapor Hansip
27-01-2022 14:03

KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua

KKB Serang Pos TNI, Panglima Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua

Kamis, 27 Januari 2022 11:12

KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua

Jakarta: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Papua. Kunjungan dilakukan usai penyerangan pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

Informasi itu disampaikan Ketua Komisi I Meutya Hafid saat membuka rapat kerja (raker) bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Andika mestinya mengikuti kegiatan raker membahas rencana penjualan sejumlah kapal perang (KRI).

"Per pukul 09.00 WIB tadi kami menerima WhatsApp dari Pak Panglima bahwa berkenaan dengan kejadian di Papua pagi tadi, beliau harus berangkat," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022.

Politikus Golkar itu menyampaikan kehadiran Andika diwakilkan. Andika diwakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono.

KKB menyerang Pos TNI di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis pagi, 27 Januari 2022. Sebanyak dua prajurit dilaporkan meninggal.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengakui dari laporan yang diterima terungkap KKB menyerang dan menembaki Pos TNI di Bukit Tepuk Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, hingga terjadi kontak tembak.

Akibat kejadian ini, dua prajurit dari Satgas Pamtas Mobile Yonif R 408/SBH terkena tembakan. "Sampai saat ini Satgas Pamtas Mobile Yonif R 408/SBH melaksanakan siaga di Pos Gome serta mengevakuasi kedua korban," jelas Aqsha di Jayapura, Kamis, 27 Januari 2022.

Kapendam XVII/Cenderawasih mengatakan kedua personel yang meninggal, yakni Serda Rizal dan Pratu Baraza yang terkena tembakan di bagian perut. "Baku tembak masih terjadi di Gome," kata Aqsha.

Editor : Renatha Swasty

 https://www.google.com/amp/s/m.medcom.id/amp/1bVq4B1N-kkb-serang-pos-tni-panglima-jenderal-andika-perkasa-bertolak-ke-papua?espv=1

Coment TS :
Dinamika menghadapi combatan gerilya berbeda dengan konvensional. Mereka bisa menyaru sebagai warga biasa yg jika kesalahan tangan bisa menyebabkan riuh soal pelanggaran HAM.

Di thread sebelah banyak yg menyangsikan keupayaan pasukan kita menghadai KKB alasannya karena seringnya berita angota gugur disana.

Juragan, kita menghadapi separatisme yg tidak menetap, berpindah pindah dan area lokasi hutan lebat dan sangat luas. Kontak tembak biasanya meletus jika terjadi Purpa dengan patroli pasukan atau separatisme menyerang konvoi/pos pasukan. Tentara juga manusia biasa, bukan robot yg terus menerus siaga 24 jam tanpa henti, ada keterbatasan nya juga.

Separatis KKB biasa menyerang dengan taktik hit and run, jarang sekali mereka meladeni kontak hingga berjam jam. Pengejaran balasan tentu dilancarkan, hanya sekali lagi medan berbicara. Kita baru selangkah mereka sudah 4 langkah di depan karena memang di akui itulah habitat mereka. Medan juga berpengaruh, Papua ini luas dengan kota kota yg saling berjauhan dan infrastruktur belum memadai. Penebalan pasukan di satu titik biasanya akan menjadikan titik yg lainnya agak terbuka.

Mungkin nanti ada yg menanyakan, kenapa ga dikirim alutsista sebanyak banyaknya kesana? Kirim Tank, heli rudal dll. Ane jawab, tank ga cocok menghadapi konsep gerilya begini yg membutuhkan kecepat gerak di hutan2 lebat, heli lebih cocok untuk serang, dorlok dan evak medic. Dan tentunya strategi apa, alutsista apa yg dikirim kesana ga semua bisa di gembar gemborkan di media apalagi strategi yg akan dilaksanakan disana.

Ada satu contoh gimana pola serangan separatisme di lancarkan. Ada satu kejadian penghadangan konvoi pasukan yg baru tiba di sana, konvoi hadang di tebing jurang yg jalanannya sempit dengan batang pohon yg ditumbangkan. Ketika pasukan turun untuk memeriksa, terjadi tembakan satu dua dari pinggir tebing, rupanya banyak KKB yg bersembunyi disana. Setelah nembak, hanya berbekalkan pelepah kelapa mereka meluncur ke tebing melarikan diri. Biasanya KKB hanya berbekal senjata, tas noken telanjang kaki dan bergerak lincah, sulit untuk dikejar oleh anggota yg memakai perlengkapan lengkap, belum lagi ranselnya.

Anggota juga dilapangan terikat dengan aturan dan HAM ga bisa langsung main babat aja, ga bersenjata ga mungkin ditembak bahkan jika bersenjatapun ga bisa langsung sikat aja. Gimana membedakan masyarakat dengan separatisme jika mereka membaur? Sedangkan mereka juga berpindah pindah. Kita deteksi satu hari ini eh begitu mau dilakukan penyergapan besoknya udah ga ada.

Terus bagaimana caranya melawan mereka? Pasti ada cara dan solusinya dan itu pasti sudah dipikirkan oleh satuan atas disana. Kita yg hanya mengikuti berita kejadian dari jauh ane harap jangannlah berkomentar yg ngga ngga, ingat ga ada 1 pun prajurit yg mau sukarela setor nyawa disana, mending kita doakan para prajurit di garis depan sana dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan kembali ke satuan asal dan keluarga dengan utuh tanpa kurang satupun. Semoga dengan kedatangan Panglima ke sana hari ini bisa sedikit banyak merubah keadaan.

Operasi tempur memang harus namun tidak utama, operasi teritorial akan dikedepankan lagi, membangun infrastruktur, mencerdaskan OAP, termasuk menyembuhkan luka luka akibat operasi keamanan.

Menutup coment ini, ane mengutip Prinsip Prinsip Dasar Menghancurkan Insurjensi "Menghilangkan Satu Nyawa Tak Berdosa Sama Dengan Menciptakan 1000 musuh"

RIP Soldier
Diubah oleh samuel.tirta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630K Threads
Halaman 1 dari 2
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:06
maju ke garis depan dong Ndan
kasih support moral, masak dari kemarin tentara yg dikirim kesana cuma seperti mengantar nyawa saja emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:10
Krn kasus edy lg rame aye coba komen begini:

Klo TNI smart coba minta bantuan Pasukan Merah di Kalimantan

Gak sampai seminggu aye yakin habis itu teroris semua tewas di fenggal emoticon-Takut
profile-picture
amekachi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:12
alhamdulillah kini pasukan yg bertugas disana sedikit2 sudah "upgrade" teknologi, meskipun belum mil spec ya setidaknya sangat membantu, utamanya tim pemburu nya yg sering jadi "guru" yg bertugas "menyekolahkan" mereka dari jauh supaya pinter di dalam kubur emoticon-Ngakak (S)

Sudah beberapa kali lihat tim2 kecil berbekal drone (meski belum mil spec) buat membuntuti dan mencari posisi KKB d kejauhan untuk mengintai, dah ketemu baru 1-0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soulo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:23
berarti strategi 'merangkul' OAP sudah benar donk
sekaligus menjauhkan dan memisahkan mereka dari gerombolan opm

tapi kadrun udah koar2 di medsos, teroris koq dirangkul emoticon-Big Grin

padahal operasi sosial, budaya, dan ekonomi bisa memenangkan pertempuran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangmansyur dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:24
kata gua ini sekalian buat ngembangin ilmu perang hutan
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:27
si Dudung(u) mana?

takut merangkul nigga2 itu? takut ditembak sewaktu merangkul. giliran anak buah disuruh setor nyawa, dia ngumpet di markas.
kimak Dung(u)

emoticon-Ngakak
Diubah oleh must.cod.ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:29
Turut Berduka atas gugur nya "Satgas Kodim YR 408/Sbh"
dan semoga selamat buat para Satgas yang sedang bertugas

demi NKRI emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
kutil75 memberi reputasi
1 0
1
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:30
Itu sodara sendiri, mesti dipeluk dan dirangkul, silahturahmi, kedepankan persuasi dan dialog emoticon-Big Grin


Udah kelar semuanya pake damai2an di medan perang emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:31
Turut berduka atas gugurnya para pahlawan NKRI emoticon-Berduka (S)

Itu OPM dapat pasokan senjata dari mana sih?
Kok kayaknya ga habis2.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:50
Napalm dan carpet bombing emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:53
Dirangkul pak


emoticon-Matabelo



Semoga yg ada di sana dilindungi oleh -Nya.
Diubah oleh norlandtio
0 0
0
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:53
ayo rangkul Dung !!! itu juga kalo gak kena tembak duluan emoticon-Ngakak
profile-picture
pamansengkuni memberi reputasi
1 0
1
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 14:58
di dirangkul dh kaga mempan...dh di pacari aja..klo ga di ajak merit
profile-picture
zelfrizk memberi reputasi
1 0
1
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 15:02
bener kata TS nya susah emank kondisi disana. harus dipikirkan strategi yg baik ini.
0 0
0
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 15:14
Solusinya dekati parlemen australia dan amerika.. mohon supaya ga ngerecoki papua lagi
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan rajkapoor memberi reputasi
2 0
2
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 15:15
Dulu GAM juga kalah klo nggak ada tsunami mana selesai itu perang. Jadi nggak heran Dan jangan nyalahin Ham indon jaman harto gak pernah peduli Ham aja kagak menang menang. Lagipula di Mata Dunia Indon kagak peduli Ham dilihat kasus Intoleransi dimana-mana bahkan masalah PKI yang sudah hampir seabad aja kagak mau dibuka mana ada negara begitu dibilang peduli Ham sama kayak ngomong Kim jong UN peduli Ham atau Saudi peduli Ham
Diubah oleh slider88
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
KKB Serang Pos, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Bertolak Ke Papua
27-01-2022 15:43
mau ngerangkul
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia