News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
279
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f210136199ef602839aee3/duduk-perkara-warga-padang-gugat-jokowi-berawal-dari-utang-rp-80300-tahun-1950
Seorang warga Padang, Sumatera Barat, Hardjanto Tutik menggugat Presiden Joko Widodo terkait utang Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 1950. Selain Presiden Joko Widodo, Hardjanto juga menggugat Menteri Keuangan dan DPR RI ke Pengadilan Negeri Padang.
Lapor Hansip
27-01-2022 10:22

Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...

Past Hot Thread
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 hingga Ditagih Rp 60 M

Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...

PADANG, KOMPAS.com-Seorang warga Padang, Sumatera Barat, Hardjanto Tutik menggugat Presiden Joko Widodo terkait utang Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 1950.

Selain Presiden Joko Widodo, Hardjanto juga menggugat Menteri Keuangan dan DPR RI ke Pengadilan Negeri Padang.

Hardjanto merupakan anak kandung dari Lim Tjiang Poan, yang merupakan pengusaha rempah yang meminjamkan uang kepada Pemerintah Republik Indonesia tahun 1950 lalu.

Berawal dari krisis negara

Kuasa hukum Hardjanto, Amiziduhu Mendrofa mengatakan proses utang piutang berawal dikeluarkannya undang-undang darurat RI No. 13 tahun 1950 tentang pinjaman darurat, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 18 Maret 1950 dan ditanda tangani Presiden RI, Soekarno.

"Dengan adanya Undang-Undang itu dan negara sedang dalam kesulitan maka saat itu Lim Tjiang Poan meminjamkan uangnya kepada Pemerintah RI," kata Mendrofa kepada Kompas.com, Jumat (21/1/2022) di Padang.

Lim sendiri pada saat itu merupakan seorang pengusaha rempah yang cukup kaya sehingga ikut membantu negara dengan meminjamkan uangnya ke pemerintah.

Utang Rp 80.300 tahun 1950

Menurut Mendrofa, berdasarkan bukti penerimaan uang pinjaman oleh tergugat yang ditanda tangani oleh Sjafruddin Prawiranegara selaku Menteri Keuangan tahun 1950 sebesar Rp 80.300, dengan bunga sebesar 3 persen per satu tahun, berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Bunga pinjaman 3 persen per satu tahun dari pokok pinjaman Rp 80.300, bunga satu tahun Rp 2.409 dan bunga pinjaman pokok konversikan pada emas murni, maka dapat emas seberat 0,603 kilogram per satu tahun.

Pinjaman Pemerintah Indonesia, terhitung dari tanggal 1 April 1950 sampai 2021 sudah 71 tahun X bunga dikonversikan dengan emas 0,633 kg adalah sebanyak 42,813 kg emas murni.

"Jika diuangkan sekarang mencapai Rp 60 miliar," kata Mendrofa.

Belum pernah diambil

Mendrofa mengatakan setelah proses peminjaman dilakukan, Lim belum sempat mengambil bunga maupun pinjaman pokoknya.

"Awalnya Lim belum mengambil bunga atau pinjaman pokoknya karena peduli dengan kondisi pemerintah yang kesulitan keuangan," kata Mendrofa.

Hingga tahun 1975, Lim mulai sakit-sakitan dan kemudian tahun 2011 meninggal dunia.

Setelah meninggal, warisan Lim dilimpahkan ke anaknya sehingga anaknya Hardjanto baru mengetahui tentang keberadaan surat utang negara itu.

Menurut Mendrofa, kliennya sempat meminta uang itu ke negara, namun ditolak dengan alasan sudah kadaluarsa.

Harusnya dapat penghargaan

Menurut Mendrofa, kliennya merupakan seorang warga negara yang sudah berjasa memberikan bantuan pinjaman saat Pemerintah Indonesia sedang kesulitan keuangan.

"Klien saya ini seharusnya mendapatkan penghargaan karena sudah membantu negara dalam kesulitan," kata Mendrofa.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah tidak mempersulit proses pengembalian piutang kliennya.

Mediasi gagal

Mediasi antara warga Padang, Sumatera Barat, Hardjanto Tutik dengan Presiden Joko Widodo terkait gugatan utang pemerintah sejak tahun 1950 yang digelar di Pengadilan Negeri Padang, Rabu (26/1/2022) gagal.

Mediasi yang difasilitasi hakim Reza Himawan Pratama itu tidak menemui kesepakatan antara penggugat dengan tergugat.

Tergugat Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan dan ikut tergugat DPR RI tidak bersedia membayar utang tersebut.

Quote:Dalam jawaban tertulis tergugat Menteri Keuangan yang diwakili 12 orang pengacara itu disebutkan berdasarkan ketentuan Pasal 6 Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 466a/1978 diatur surat obligasi yang telah lewat waktu lima tahun sejak tanggal ditetapkannya keputusan pelunasan tanggal 28 November 1978, namun jika tidak diuangkan maka akan kadaluarsa.

"Berdasarkan hal tersebut di atas oleh karena surat obligasi yang diklaim oleh penggugat sebagai mana mestinya tidak dimintakan/ditagihkan pelunasannya paling lambat lima tahun sejak KMK tersebut, maka surat obligasi tersebut jadi daluarsa sehingga proposal permohonan penggugat tidak dapat kami penuhi," tulis Didik Hariyanto dan kawan-kawan di jawaban tertulisnya.


Dianggap melanggar Undang-undang

Kuasa hukum penggugat Amiziduhu Mendrofa mengaku kecewa dengan jawaban tergugat.

"Ini jawaban Presiden dan Menteri Keuangan tidak mau membayar. Saya sangat kecewa. Harusnya, klien saya mendapat penghargaan karena berjasa membantu negara, sekarang uangnya belum dikembalikan," kata Mendrofa usai mediasi.

Mendrofa mengatakan sangat aneh alasan tidak mau membayar utang karena alasan kadaluarsa seperti KMK tersebut.

Padahal kata Mendrofa, KMK itu mengangkangi Undang-Undang nomor 24 tahun 2002, tentang surat hutang negara (obligasi) tahun 1950, menyebutkan program rekapitalisasi bank umum, pinjaman luar negeri dalam bentuk surat hutang, pinjaman dalam negeri dalam bentuk surat hutang, pembiayaan kredit progam, yang dinyatakan sah dan tetap berlaku sampai surat jatuh tempo.

"Dalam undang-undang sudah dinyatakan sah, kenapa di KMK bisa disebut kadaluarsa. Aneh, utang kok bisa kadaluarsa," jelas Mendrofa.

Mendrofa mengatakan UU jelas lebih tinggi tingkatannya dari KMK yang belum terdaftar dalam lembaran negara Republik Indonesia.

Sumur:
kompas.com

Waduh klo cair lumayan tuh
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.7K Anggota • 629.7K Threads
Halaman 1 dari 7
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:24
Jokowi haters be like: Jokowi tukang ngutang. Bayarin tuh utang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:25
Hardjanto merupakan anak kandung dari Lim Tjiang Poan, yang merupakan pengusaha rempah yang meminjamkan uang kepada Pemerintah Republik Indonesia tahun 1950 lalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paraniod dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:26
salah tempat gugat tuh, harusnya ke pengadilan arbitrase di singapur, kalau menang di sana, aset negara di luar, seperti uang negara yg diparkir di sana bisa disita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:27
Kenapa ga minta pas zaman Mba Harso sih? emoticon-Bingung

Quote:Hingga tahun 1975, Lim mulai sakit-sakitan dan kemudian tahun 2011meninggal dunia.

Setelah meninggal, warisan Lim dilimpahkan ke anaknya sehingga anaknya Hardjanto baru mengetahui tentang keberadaan surat utang negara itu.


Atau pas zaman si kebo lah maksimal.

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:32
Ga mau bayar utang di dunia.. ?!

Bisa dibayar di akhirat nanti..
Karena disana ga ada matauang, bayarnya pake amal pahala yg ngutang
Kalo itu tidak cukup.. dosa2 pemberi pinjaman akan dialihkan kepada orang yg ngutang


emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:35
obligasi negara kan ada jatuh temponya
enak aja lu asal hitung utang dari dulu sampe hari ini
negara sudah berterima kasih dengan pinjaman orang tua anda dengan memberikan bunga selama masa obligasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:35
Uang hibah 2 triliun mana kabarnya ya kok ilang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Benyamin90 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:35
Jokowi lahir juga belum

Keyword : PADANG

harap maklum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fuckinghandsome dan 37 lainnya memberi reputasi
10 28
-18
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:39
surat utang itu berlaku sampai utang dibayar. masa yang berutang buat aturan kalau nggak di-klaim dalam sekian waktu dianggap lunas & nggak bisa ditagih lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onta890 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:39
Maklum saja...kalo liat wilayahnya emoticon-Big Grin

Btw....bunga 3%...ga haram tuh?? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siriuzent dan 17 lainnya memberi reputasi
7 11
-4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:49
sm kek penari jaman sukarno, sering pentas di istana, dibayar pake emas, sampai puluhan tahun kena korban fitnah pki, gajinya ga dibayar, nuntut dibayar emas pake harga jaman skrng, ya ga dikabulkan gugatannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
puja992 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 10:56
Kalo ga pake konversi emas cm rp 654.875 yg harus dibayar tuh.
Bayar aja sejuta masih lebih banyak tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsenalkufc dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:02
Presiden udah ganti 8 kali, baru ditagih sekarang, pas dicek lokasi = Padang.....

Pantesan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 25 lainnya memberi reputasi
15 11
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:07
napa gak di konversi ke crypto sekalian ?????
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:09
80 ribu tahun 1950..
Dan ujung ujungnya pake sistem riba juga nagih utangnya.
emoticon-Leh Uga

Enak kan nagih utang pakai sistem riba?
Diubah oleh daddydaddydoo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 14 lainnya memberi reputasi
12 3
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:12
Tergugat Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan dan ikut tergugat DPR RI tidak bersedia membayar utang tersebut.

pertanyaan nih... ada apa, kok tidak mau? ada permasalahan apa?
profile-picture
profile-picture
politon21 dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:12
Waduh itu yang kasi emas dan perhiasan pas zaman perang gimane ya dibayarnya, ga ada surat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Benyamin90 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:15
kuncinya ini

Pasal 6 Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 466a/1978 diatur surat obligasi yang telah lewat waktu lima tahun sejak tanggal ditetapkannya keputusan pelunasan tanggal 28 November 1978, namun jika tidak diuangkan maka akan kadaluarsa.

ada kelalaian dari si pemberi pinjaman/kalo sekarang SUN ya namanya, udh relakan saja, anggap saja sumbangsih bagi negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:16
Mendrofa mengatakan setelah proses peminjaman dilakukan, Lim belum sempat mengambil bunga maupun pinjaman pokoknya.

"Awalnya Lim belum mengambil bunga atau pinjaman pokoknya karena peduli dengan kondisi pemerintah yang kesulitan keuangan," kata Mendrofa.

Hingga tahun 1975, Lim mulai sakit-sakitan dan kemudian tahun 2011 meninggal dunia.

Setelah meninggal, warisan Lim dilimpahkan ke anaknya sehingga anaknya Hardjanto baru mengetahui tentang keberadaan surat utang negara itu.


timeline nya aneh... nih orang ga mo ambil bunga utang dan pinjaman pokok setelah proses utang piutang ....

trus sakit2an dr thn 1975 - meninggal tahun 2011 belum jg mempermasalahkan perihal utang piutang ...

knp nagihnya br sekarang ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banmbang dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Duduk Perkara Warga Padang Gugat Jokowi, Berawal dari Utang Rp 80.300 tahun 1950 ...
27-01-2022 11:24
Warisan aja di perebutin.
Padahal bukan hasil jerih payah pribadi.

Hutang juga sama. Bukan dari kantong pribadi. Tapi ngejarnya sampe segitunya.

Orang laen berkorban jiwa raga bahkan nyawa demi Republik.

Baru kemaren baca Elias Daniel Mogot (Daan Mogot).
Meninggal usia 18 tahun dengan pangkat terakhir mayor. Demi Repulik Indonesia.

Eh ini ada yang kayak beginian.


Hak dia juga sih nuntut.

Tapi coba dibalik. Seandainya ada hutang orangtua atau kakeknya dibebanin balik gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siriuzent dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia