News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f1fa85678ac15eda038516/salim-said-jokowi-terang2an-kkn-anaknya-cuma-pengalaman-jual-martabak-jadi-wali-kota
Salim Said, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) menyatakan kondisi partai politik di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bukan sebuah konsolidasi demokrasi. Saat ini, dikatakan hampir 82 persen partai yang berada dalam parlemen merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi, bukan sebagai oposisi.
Lapor Hansip
27-01-2022 08:51

Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota

Past Hot Thread
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota

Salim Said, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) menyatakan kondisi partai politik di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bukan sebuah konsolidasi demokrasi.

Saat ini, dikatakan hampir 82 persen partai yang berada dalam parlemen merupakan bagian dari pemerintahan Jokowi, bukan sebagai oposisi.

Melihat fenomena tersebut, Salim Said mengatakan penggabungan para partai hingga menjadi gemuk ini merupakan konsolidasi kekuatan Jokowi.

Dia menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut makin kuat, dan hal ini terbukti dengan terpilihnya keluarga Jokowi sebagai pemimpin daerah.

Di antaranya Gibran Rakabuming Raka yang kini menjadi Wali Kota Solo, serta menantunya yang menjadi Wali Kota Medan.

Menurut Salim Said, semua perolehan kursi kepala daerah tersebut tidak mungkin dapat diraih jika bukan karena posisi Jokowi yang kuat.

"Dan itu kan risikonya berat, apakah Jokowi bisa bertahan mempertahankan kekuatannya setelah dia mundur, selesai menjadi presiden?" ujarnya.

"Untuk proses politik Indonesia, menurut saya, itu bukan konsolidasi demokrasi, itu lebih merupakan konsolidasi kekuatan Jokowi," katanya.

Dia mengatakan anak dan menantu Jokowi dapat menjadi Wali Kota Solo dan Medan disebabkan adanya dukungan dari partai-partai kekuatan politik.

Intelektual politik militer ini menyatakan ini bukan contoh yang baik bagi demokrasi di Indonesia.

Pasalnya, seperti tercatat dalam sejarah, Indonesia baru saja melakukan sidang MPR dengan keputusan melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Lah kok kita punya presiden (yang) KKN-nya terang-terangan. Anaknya yang cuma punya pengalaman jual martabak jadi wali kota," tuturnya, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored.

Selain itu, kabar karier politik menantu Jokowi yang mengisi jabatan sebagai Wali Kota Medan pun tidak pernah terdengar.

"Itu bagi pendidikan politik Indonesia, konsolidasi seperti itu sangat melukai perjalanan demokrasi di Indonesia," tutur Salim Said.

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/na...jadi-wali-kota

Sehat selalu prof.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pard0 dan 10 lainnya memberi reputasi
7
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.7K Anggota • 629.7K Threads
Halaman 1 dari 4
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:54
Kalo ditunjuk mungkin kkn, ini dipilih langsung gimana bisa?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
potepote dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:54



Oooooo aja ya kannn

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:55
even simpatisannya Jokowi sendiri juga kecewa kok saat anak dan mantunya nyalonin pas bapaknya masih berkuasa.

tali oligarki KKN di daerah ternyata belum bisa diputus di saat ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daveventra710 dan 17 lainnya memberi reputasi
10 8
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:56
Coba cek anak pejabat satu2, mana sih yang ga kkn emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:57
kpk udah jadi pns, jadi cecunguk rejim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 11 lainnya memberi reputasi
2 10
-8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:57
tepatnya nepotisme untuk menjadi bakal calon walkot dulu.

namanya bakal calon ya nggak akan naik kalo nggak dipilih rakyat solo.

kadrun mah kalo njeplak nggak pake akal.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tendou_26 dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:57
kalo tukang mebel jd walikota apakah kkn juga? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:58
Menang Pilkada lawannya tukang jahit


Jadi Kalo gak di pilih partai ya mana bisa dipilih rakyat, mana bisa nyalon walau ada calon sebagus apapun
profile-picture
profile-picture
Org.sembarangaN dan pilotugal2an541 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:58
secara etika harusnya jangan mencalonkan karena rawan konflik kepentingan
tapai kalau menuduh KKN harus ada buktinya juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:58
Quote:Original Posted By seher.kena

"Lah kok kita punya presiden (yang) KKN-nya terang-terangan. Anaknya yang cuma punya pengalaman jual martabak jadi wali kota," tuturnya, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored.





ada yg punya pengalaman jadi mayor doang pengen jadi gubernur/presiden
knp gak kepilih juga tuh ? emoticon-Big Grin

salahkan yg milih juga dong prof emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 08:59
Siapa lagi ini...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:00
Apa sih? emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:03
Pemilihan langsung itu, bukan penunjukan.

Aneh2 aja orang pintar kalau udah masuk politik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:04
Apapun dijadikan bahan gorenganlah..
Demi secuil perhatian umum , malah berharap mendapatkan perhatian dan tempat di PEMERINTAHAN!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:05
ini yang dinamakan priviledge bahwa GR itu anaknya presiden jadi bisa nyingkirin kader lama jadi calon walikota.

tapi KKN mah mau siapa presidennya selagi buapaknya presiden, menteri, bahkan sekelas lurah aja pada nepotisme kok.

modal dekat, modal jadi timses.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:06
KKN dimana tod ?? buktikan. toh gibran dan boby ikutan pilkada.
cuma jual martabak ?? udah tua koq nyinyir gak tobat loe kira bisnis gibran cuma martabak doang ?? lah katering yang ngidupin banyak orang gak loe lihat ??? guru besar koq ngeliat orang kek gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
potepote dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:06
Teriak2 suharto kkn. Eh para bedebah sukses menunggangi dan merusak reformasi dan balikin keadaan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:06
dipilih oleh rakyat dibilang KKN...
isi bacotannya cuma buat selevel kadrun.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
potepote dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:07
lah, yg milih kan rakyat sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Salim Said: Jokowi Terang2an KKN Anaknya Cuma Pengalaman Jual Martabak Jadi Wali Kota
27-01-2022 09:09
Kalau mnrt sya dblg kkn kurang tepat, krna ini pilkada.
Tp kalau jualan nya kepopuleran dan pengaruh ya mmg iya.
So ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia