News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f0d6fa63377f282c513b5d/celaka-lagi---f-35c-jatuh-ke-laut-setelah-menabrak-dek-penerbangan-uss-carl-vinson
Nasib sial kembali menimpa keluarga besar F-35, kali ini giliran F-35C yang mengalami kecelakaan saat hendak mendarat di kapal induk AS. Sebelumnya pada November 2021 F-35B Inggris jatuh ke laut setelah lepas landas dari HMS Queen Elizabeth, pasa awal Januari 2022 giliran F-35A Korsel yang mendarat darurat setelah roda pesawat gagal dikeluarkan. Sementara itu mengutip laporan USNI News sebuah F-3
Lapor Hansip
26-01-2022 12:07

Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nasib sial kembali menimpa keluarga besar F-35, kali ini giliran F-35C yang mengalami kecelakaan saat hendak mendarat di kapal induk AS. Sebelumnya pada November 2021 F-35B Inggris jatuh ke laut setelah lepas landas dari HMS Queen Elizabeth, pasa awal Januari 2022 giliran F-35A Korsel yang mendarat darurat setelah roda pesawat gagal dikeluarkan.

Sementara itu mengutip laporan USNI News sebuah F-35C Lightning II mengalami kecelakaan pendaratan di dek kapal induk USS Carl Vinson (CVN-70) pada hari Senin (24/01/2022), kejadian itu terjadi di Laut China Selatan. Waktu itu F-35C Lightning II yang ditugaskan ke Carrier Air Wing 2 sedang melakukan operasi penerbangan rutin di Laut China Selatan saat kecelakaan itu terjadi. Pilot pesawat itu selamat setelah melontarkan diri dengan kursi lontar.

Sementara itu tujuh pelaut terluka, dengan tiga orang dikirim ke fasilitas medis di Manila, Filipina. Ketiga pelaut itu kini dalam kondisi stabil. Sementara empat pelaut lainnya dirawat di atas kapal Carl Vinson dan tiga di antaranya sudah kembali bertugas. Kecelakaan itu, termasuk penyebabnya, sedang diselidiki. Angkatan Laut AS saat ini tidak memberikan rincian tentang status pesawat. Kecelakaan itu terjadi saat Carl Vinson Carrier Strike Group sedang berlayar di Laut China Selatan dengan Abraham Lincoln Carrier Strike Group.


Quote:
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

F-35C di dek USS Carl Vinson.Foto: US Navy



Kecelakaan baru-baru ini terjadi di tengah peluncuran operasional debut F-35C Angkatan Laut di atas kapal induk Carl Vinson. Selain itu, F-35C Korps Marinir AS saat ini juga sedang dalam penyebaran operasional pertama mereka. Di mana F-35C Korps Marinir AS ditempatkan di kapal induk USS Abraham Lincoln, yang pada saat bersamaan juga beroperasi di Laut Cina Selatan.

Ketika The War Zone menghubungi Angkatan Laut AS, mereka menolak untuk mengkonfirmasi apakah F-35C yang terlibat dalam kecelakaan Senin lalu jatuh ke Laut China Selatan atau tetap berada di atas USS Carl Vinson. Layanan belum memberikan rincian tambahan lainnya tentang insiden tersebut.

"Status pesawat saat ini sedang diselidiki, begitu juga faktor-faktor yang terlibat dalam kecelakaan itu," kata Brenda Way, juru bicara Armada Pasifik AS, kepada The War Zone.


Quote:
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

Foto: US Navy



Sementara itu kabar terbaru yang didapatkan oleh The War Zone pada hari Selasa (25/01/2022) mengatakan jika F-35C sudah dipastikan jatuh ke laut. US Navy sedang berupaya untuk mengevakuasi jet tempur mahal tersebut guna mencegah komponen sensitif dan informasi tentang kemampuan canggih pesawat tidak jatuh ke tangan pesaing Amerika, seperti Rusia atau China.

Armada Ketujuh AS, yang bermarkas di Jepang, mengkonfirmasi bahwa F-35C telah jatuh dari dek Carl Vinson sebagai akibat dari kecelakaan itu dalam sebuah pernyataan pada Selasa pagi.

"Saya dapat memastikan pesawat itu menabrak dek penerbangan saat mendarat dan kemudian jatuh ke air," kata Letnan Angkatan Laut Mark Langford, juru bicara Armada Ketujuh. "Tidak ada informasi tambahan yang tersedia saat ini."

Sementara itu dampak kerusakan pada dek penerbangan tidak terlalu besar, di mana semua peralatan untuk mendukung operasi penerbangan telah beroperasi.


Quote:
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

Foto: US Navy



Kedalaman air di lokasi kecelakaan Angkatan Laut AS ini, serta cuaca dan faktor lingkungan lainnya, semuanya akan menjadi salah satu di antara berbagai elemen yang dapat diperhitungkan oleh layanan saat menentukan apakah operasi pemulihan seperti itu. Jika pesawat tenggelam, hanya menentukan tempat tenggelam terakhirnya bisa menjadi urusan yang rumit. 

Sebagian besar komponen F-35A Jepang yang jatuh ke Samudra Pasifik pada tahun 2019 tidak pernah ditemukan. Pada saat yang sama, pesawat itu menabrak air dengan kecepatan tinggi dan pecah ke tingkat yang tidak signifikan. Sementara F-35C Angkatan Laut AS kali ini terbang dengan kecepatan yang jauh lebih rendah saat mendekati kapal induk untuk mendarat, kemungkinan bahwa F-35C itu jauh lebih utuh dan karena itu akan menuntut operasi pengambilan. Tidak peduli seberapa rumitnya, untuk melindungi rahasia teknologi utama.

Amerika harus segera mencari cara untuk mengevakuasi F-35C, hilangnya pesawat tempur canggih di halaman belakang China akan memancing China dan mungkin juga Rusia untuk mengambil pesawat tersebut. Sampai saat ini Angkatan Laut AS belum mengumumkan cara seperti apa yang dilakukan untuk mengevakuasi pesawat tersebut ?


Sekilas Pandang F-35C


Rencana saat ini adalah untuk membeli F-35 varian angkatan laut mencakup total 420 F-35 untuk Korps Marinir, 353 di antaranya adalah F-35B STOVL dan 67 F-35C untuk operasi di atas kapal induk Angkatan Laut AS, tetapi angka-angka ini dapat berubah. Jangkauan operasional lebih jauh yang disediakan oleh F-35C, serta pergeseran USMC dari operasi amfibi tradisional, dapat membuat jumlah F-35C bertambah. Juga telah dinyatakan pada tingkat tertinggi bahwa pembelian F-35 Korps Marinir secara keseluruhan dapat menurun, yang dapat menyebabkan reformasi campuran F-35B dan C dalam armada mereka. 

Sebenarnya F-35B dan C membawa persenjataan berupa rudal udara-ke-udara yang sama, terdiri dari empat AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM) yang ditempatkan secara internal dan dua Sidewinder AIM-9X pada rel peluncuran yang dipasang di bawah ujung sayap. Namun, ruang senjata model C yang lebih besar juga dapat menampung senjata kelas 2.000 pon seperti GBU-31 Joint Direct Attack Munition (JDAM) secara internal, sedangkan F-35B dibatasi untuk pengangkutan senjata kelas 1.000 pon pada ruang internalnya. 

F-35C membawa keunggulan lain dibandingkan F-35B, di masa depan pesawat ini memiliki kemampuan untuk membawa AGM-88G Advanced Anti-Radiation Guided Missile-Extended Range, atau AARGM-ER. Senjata ini dirancang untuk memungkinkan sayap udara kapal induk beroperasi lebih aman di area yang memiliki jaringan pertahanan udara canggih, fitur lain yang diharapkan dari skenario perang di Asia Pasifik. AARGM-ER juga dioptimalkan untuk pengangkutan di dalam ruang senjata F-35C.


Quote:
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

Sepasang rudal JSOW terpasang di ruang senjata internal F-35C.

Foto: US Navy



Senjata lain yang diharapkan akan diperkenalkan ke F-35C adalah AGM-154E Joint Stand-Off Weapon-Extended Range, atau JSOW-ER. Awalnya dijadwalkan untuk integrasi sebelum akhir 2023, senjata ini digunakan untuk memberikan kemampuan serangan jarak jauh yang kuat dalam menghadapi pertahanan udara terintegrasi yang semakin maju di antara lawan potensial, termasuk China.

Namun, Angkatan Laut AS tahun lalu membatalkan rencananya untuk menurunkan JSOW-ER demi jenis rudal jelajah siluman lainnya, sebuah desain yang terkait dengan AGM-158B Joint Air-to-Surface Standoff Missile-Extend Range, atau JASSM-ER. Harapannya adalah bahwa F-35C akan dapat membawa JSOW-ER secara internal, memungkinkan mereka untuk menggunakan senjata saat terbang dalam konfigurasi paling tersembunyi, sesuatu yang tidak akan dapat mereka lakukan dengan JASSM-ER.

Saat ini F-35C dilengkapi AGM-154C-1 JSOW, yang memungkinkan jet untuk menyerang target maritim yang bergerak, ini direncanakan untuk diangkut pada ruang senjata internal di F-35C, sedangkan F-35B akan dibatasi untuk pengangkutan di bagian eksternal saja. Faktor kapasitas pengangkutan senjata internal ini juga bisa menjadi pendorong dalam reformasi campuran F-35B ke C dalam inventaris USMC di masa depan.

Peperangan elektronik (EW/Electronic Warfare) adalah area lain di mana F-35 menawarkan kemampuan yang berada di luar jangkauan Hornet. Di bawah konsep operasi yang sedang berkembang, baik model F-35B dan C Korps Marinir diharapkan mengambil bagian dari EW, menggunakan suite peperangan elektronik AN/ASQ-239 untuk mendeteksi, menemukan, mengidentifikasi, dan menargetkan penghasil ancaman serta membagikan data ini dengan platform lain.

Radar AN/APG-81 active electronically scaned array (AESA) juga dapat digunakan untuk tujuan serangan elektronik. Jet ini juga memiliki fitur lain untuk misi EW, dan kemampuan penuhnya dalam hal ini masih dirahasiakan.


Kecelakaan dalam debut operasional pertama tentu bukan kabar baik. Lalu, masalah apalagi kali ini yang mendera keluarga "Si Petir" ?




Referensi Tulisan: The War Zone& USNI News
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
feraldi2001 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Masuk untuk memberikan balasan
militer-dan-kepolisian
Militer dan Kepolisian
859 Anggota • 2.1K Threads
Halaman 1 dari 3
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:07
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson

Niatnya mau pamer kekuatan sama China, eh malah nyemplung ke laut emoticon-Hammer2

Hayo lo cepetan dievakuasi, sebelum diambil China atau bahkan Rusia emoticon-Ngacir
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yudha961 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:12
sejak seratus tahun lalu...
mendarat di kapal induk tidak pernah menjadi hal yang mudah emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:23
Dibandingkan 35B yang mampu short takeoff & vertical landing, kayaknya F35C nyerah... Mungkin pilot tekor atau salah perkiraan jadi gagal mendarat.

Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:23
Hmm, di sumber brita yg lain mlh bilang jk kecelakaan tsb gak bikin f35c nya jatuh ke laut, hny bikin luka2 abk kapal induk dan pilot nya tsb.... Lah, trnyata......

Kalo bgitu.....Semoga bs cepat ketemu bangkai nya f35c tsb di LCS, gan.....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:26
Lho ternyata jatuh ke laut? Kalo kaya gini cina bisa ikut memburu jg emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 12:35
celaka pas take-off sudah, landing barusan, kesetrum petir udah emoticon-Big Grin, peluru kanon mbledos udah..

jangan sampe celaka pas bawa bom B-61..emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahngeyel dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 13:19
Dtunggu next accident

Klo jatoh pas take off brarti gk jauh donk dr kapal induk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 13:34
teknologi baru tentunya butuh penyesuaian ...
yg 35b kmaren kalo pilot gagal y ga lebih kayak pespur maenan ...emoticon-Big Grin

britih f35b leak ...emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 14:08
pasukan besi tua sudah dikerahkan, siap angkut perkilo begitu ditemukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 14:56
Ini pesawat perlu diruwat sama mandi kembang 7 rupa untuk buang sial.
Atau ganti nama aja, jangan2 sekarang ini keberatan nama emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arashibirru dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 17:49
Kejadian lagi, tp key nya kesalahan pilot ya. Mungkin pendaratannya kurang pas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 19:17
Quote:Original Posted By mynameisant
sejak seratus tahun lalu...
mendarat di kapal induk tidak pernah menjadi hal yang mudah emoticon-Cool


setuju gan, tapi kalau yang gagal mendarat sekelas F-35 pasti akan selalu menimbulkan pergunjingan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By jlamp
Dibandingkan 35B yang mampu short takeoff & vertical landing, kayaknya F35C nyerah... Mungkin pilot tekor atau salah perkiraan jadi gagal mendarat.

Cmiiw.


ane berpikir insiden ini terkait kesalahan manusia gan, cmiiw


Quote:Original Posted By yoseful
Hmm, di sumber brita yg lain mlh bilang jk kecelakaan tsb gak bikin f35c nya jatuh ke laut, hny bikin luka2 abk kapal induk dan pilot nya tsb.... Lah, trnyata......

Kalo bgitu.....Semoga bs cepat ketemu bangkai nya f35c tsb di LCS, gan.....


kemarin di upadate di situs The Drive, sudah dikonfirmasi sama pangkalan AS di Jepang, pesawatnya jatuh ke laut. pada insiden F-35B Inggris, butuh waktu dua minggu untuk evakuasinya emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By saul.goodman
Lho ternyata jatuh ke laut? Kalo kaya gini cina bisa ikut memburu jg emoticon-Big Grin


bisa jadi gan, mengingat lokasinya nggak jauh dari teritorial yang mereka kalim emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 19:24
Quote:Original Posted By jagotorpedo
celaka pas take-off sudah, landing barusan, kesetrum petir udah emoticon-Big Grin, peluru kanon mbledos udah..

jangan sampe celaka pas bawa bom B-61..emoticon-Takut (S)


wah bahaya kalau jatuh pas bawa bom gan, jangan sampai deh emoticon-Takut (S)


Quote:Original Posted By redemption878
Dtunggu next accident

Klo jatoh pas take off brarti gk jauh donk dr kapal induk


dan mencarinya akan menjadi hal yang rumit gan emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By gepyan
teknologi baru tentunya butuh penyesuaian ...
yg 35b kmaren kalo pilot gagal y ga lebih kayak pespur maenan ...emoticon-Big Grin

britih f35b leak ...emoticon-Bingung (S)


insiden F-35B kesalahan kru darat dan pilot, karena cover air intake tidak dilepas. kalau F-35C kali ini kemungkinan juga karena kesalahan pilot, cmiiw.


Quote:Original Posted By TuanLi
pasukan besi tua sudah dikerahkan, siap angkut perkilo begitu ditemukan


siap memantau gan emoticon-Toast


Quote:Original Posted By black.robo
Ini pesawat perlu diruwat sama mandi kembang 7 rupa untuk buang sial.
Atau ganti nama aja, jangan2 sekarang ini keberatan nama emoticon-Mewek


kualat karena memakai nama petir emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By banditos69
Kejadian lagi, tp key nya kesalahan pilot ya. Mungkin pendaratannya kurang pas.


ane juga sependapat gan, kesalahan manusia bisa jadi faktor utamanya. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black.robo dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
26-01-2022 22:37
Kena kutukan dari naga laut natuna utara pasti tuh emoticon-Leh Uga
profile-picture
banditos69 memberi reputasi
1 0
1
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 02:17
cosplay kapal selam 2x, malah reliable jet gen 5 rusia ma cina keknya emoticon-linux2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 05:18
There goes tax payers money...
0 0
0
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 07:22
Tukang dagangnya pilih kasih sih... Jadi banyak yg ngedoain
0 0
0
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 07:45
Lah jatuh kelaut lagi yah....

Buat misi pengangkatan lagi nihemoticon-Big Grin
profile-picture
black.robo memberi reputasi
1 0
1
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 08:49
Bener2 nunggu dulu 3 dekade baru aman kali ya pake ni pesawat emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Celaka Lagi ! | F-35C Jatuh ke Laut Setelah Menabrak Dek Penerbangan USS Carl Vinson
27-01-2022 18:19
Up...........
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia