Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f0aee8704ce374506f7d60/sisi-lain-tentang-manunggaling-kawula-gusti
Membahas hal ini dijamin akan panjang, karena akan banyak sisi-sisi yang akan kita kulik, terlebih pembahasan ini sering dikaitkan dengan kesesatan, kekafiran, dan banyak hal lainnya. Terkadang bisa dituduh sebagai orang gila kalau ternyata benar-benar meresapi apa yang diajarkan dalam mencari ilmu dari Manunggaling Kawula Gusti. Sebelumnya kita harus melihat sejarah di masa lampau di masa ulama b
Lapor Hansip
26-01-2022 09:16

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

icon-verified-thread


Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Membahas hal ini dijamin akan panjang, karena akan banyak sisi-sisi yang akan kita kulik, terlebih pembahasan ini sering dikaitkan dengan kesesatan, kekafiran, dan banyak hal lainnya.

Terkadang bisa dituduh sebagai orang gila kalau ternyata benar-benar meresapi apa yang diajarkan dalam mencari ilmu dari Manunggaling Kawula Gusti.

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Sebelumnya kita harus melihat sejarah di masa lampau di masa ulama besar dari basra, Irak Hasan al-Basri tinggal. Saat itu banyak golongan bawah terjadi perpecahan dan menjadi beberapa kelompok, seperti sunni, syiah, murjiah, dan lainnya, sedangkan disisi lain pemerintahnya hidup foya-foya, bergelimang harta, yang kaya hidup terlalu kaya dan sebaliknya.

Sebelum Sultan Umar bin Abdul Aziz, masa awal dan pertengahan dinasti ummayah itu melarang orang untuk berdakwah. Tentu hal itu membuat kecewa banyak orang, terlebih dimasa Hasan al-Basri kecil yang masih di pegang kepemimpinan Islam oleh Umar bin Khattab, seorang pemimpin yang kaya raya namun hidupnya penuh kesederhanaan. Berbeda ketika ia sudah dewasa dimana pemimpin negara dipegang oleh dinasti Ummayah. Maka bisa dibilang peradaban Islam saat itu sangat maju dan unggul namun akhlaknya sudah tidak baik lagi.

Maka Hasan al-Basri hanya bisa merenung dan menangis, lambat laun fiqihnya tidak menjadi prioritas, lebih banyak berfatwa tentang spiritual, disini ia pun beralih dari ahli fiqih menjadi ahli zahid karena pada waktu itu belum ada tasawuf namanya masih zahid.

Setelah Hasan al-Basri wafat, gerakan tasawuf menjadi lebih radikal. Pelopornya adalah muridnya rabiah al adawiyah, syair-syairnya memberi pemahaman baru tentang spiritual. Walau tidak ada surga dan neraka, tetap harus berbuat baik sesuai yang diajarkan Tuhan. Kalau hanya bermotif surga dan neraka maka itu orang yang salah dalam ber aqidah.

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Semenjak pemikiran Rabiah itu, kita anggap saja itu tassawuf, maka terpecah menjadi dua. Ada tassawuf bijak yang di gagas oleh Al Muhasibi dan ada tasawuf gila/mabuk pelopornya adalah Abu Yazid al bustami / Bayazid.

Kalau Al Muhasibi, tasawuf boleh saja berkembang tetapi jangan sampai lepas dari syari'at. Namun kalau Abu Yazid/ Bayazid, pernah karena cintanya pada Allah hingga akhirnya berdzikir dengan lafad "SUBHANI" yang artinya maha suci aku, tentu ini secara harfiah dirinya adalah Tuhan.

Jadi sebenarnya hal ini dilakukan secara tidak sadar, karena ketika ia sadar beliau sangat memegang teguh syariat.

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Kondisi seperti inilah yang dinamakan syatahat ( perkataan aneh ketika di tengah mabuknya kepada Tuhan), bahkan pemikirannya bisa melampui orang normal pada umumnya hingga tercipta pengalaman "menyatu" dengan Tuhan.

Tentu kondisi seperti ini dianggap gila, berlebihan, ghuluw tapi itulah yang terjadi pada mereka, bahkan kalau mereka sedang sadar minta tolong dipenggal bila mengucapkan kata yang aneh tersebut. Jadi pada dasarnya mereka tak bisa mengendalikan dirinya ketika sedang mabuk cinta seperti itu, hal ini juga yang menjangkiti syekh Siti Jenar.

Dan hal itu juga dibenarkan oleh tokoh Sufi yang namanya Al Junaidi Al Baghdadi, namun ia beranggapan agar orang seperti ini harus belajar kembali menjadi manusia, dan mengembalikan nilai Tuhan kepada kehidupan nyata. Namun ucapan Al Junaidi tidak diikuti oleh muridnya yang bernama Al Halaj.

Beliau bernama Abu Mughits Abdillah al-Husain bin Mansur al-Hallaj, namun dianggap kontroversial karena dakwah bersatu dengan Allah, dan dituduh menyebarkan ideologi inkarnasionisme. 

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Quote:

 Al-Hallaj mengucapkan kalimat yang menurut orang-orang, nyeleneh dan ngawur;


“ان معبودكم تحت قدمي”.

“wahai manusia!, sesungguhnya apa yang kalian sembah itu ada dibawah telapak kakiku”

Seketika orang-orang bertanya-tanya, “Apa yang anda ucapkan?”, tapi, tanpa memedulikannya, Al-Hallaj mengulangi lagi ucapan yang sama terus menerus.

Setelah kejadian tersebut, sebagian orang melaporkan Al-Hallaj kepada Raja masa itu. Sang Raja, setelah bermusyawarah dengan pembesar lain, yang sebetulnya sama-sama belum paham maksud ucapan Al-Hallaj memutuskan untuk menghukum mati di hari itu juga.

Kejadian ini lah yang akhirnya membuat orang-orang mulai paham apa maksud Al-Hallaj, bahwa mereka terlalu sibuk dengan harta dan urusan duniawi, yang membuat mereka lupa menyibukkan diri untuk menyembah Sang Maha Kuasa.

Sumber kutipan https://pecihitam.org/mansur-al-hall...di-hukum-mati/



Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Jadi itulah kisah Manunggaling Kawula Gusti dimasa lampau. Lalu ini juga yang menjadikan syekh Siti Jenar seperti sekarang ini.

Seperti ketika para wali sedang berkumpul, beliau mengatakan

Quote:

“Menyembah Allah dengan bersujud beserta ruku'-nya, pada dasarnya sama dengan Allah, baik yang menyembah maupun yang disembah. Dengan demikian, hambalah yang berkuasa, dan yang menghukum pun hamba juga." (Ngabei Ranggasutrasna, dkk., Centhini: Tambangraras-Amongraga, Jilid I, 1991:120-123).

Beberapa wali memperingatkan bahwa pemikiran Syekh Siti Jenar itu bisa berdampak hukuman mati karena melenceng dari Islam (Achmad Chodjim, Syekh Siti Jenar: Makrifat dan Makna Kehidupan, 2007:11).

Pandangan Syekh Siti Jenar dianggap mengancam proses tumbuh-kembang Islam yang sedang subur-suburnya di Jawa selepas runtuhnya Majapahit itu. Apalagi Syekh Siti Jenar punya banyak murid dan pengikut yang beberapa di antaranya cukup berpengaruh.

Sosok sufi yang memantik kontroversi di kalangan Walisongo dan kaum ulama serta tokoh-tokoh penting dalam pusaran kekuasaan di pusat peradaban Jawa itulah yang juga dikenal dengan nama Syekh Siti Jenar.

Sumber kutipan https://tirto.id/jalan-setapak-syekh...iti-jenar-cAMA




Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Maka Syekh Siti Jenar, nasibnya seperti Al Halaj yang dihukum mati. Ditakutkan pemikirannya ini belum sanggup dicerna oleh banyak orang dimasa itu, tentu akan cukup berbahaya dan bisa menjadi masalah kedepannya.

Kalau ada penambahan lain monggo, karena para filsuf seperti Al Farabi, Ibnu Sina, Al Ghazali, Ibnu Rusyd, Ibnu Farabi mereka juga mempelajari hal ini dan banyak mengeluarkan buku yang cukup rumit kalau dipelajari orang awam.

Quote:

Dan pada akhirnya dalam bukunya munqid addalal al gazhali menyampaikan bahwa,

"Orang - orang yang masih sangat lemah imannya (awam) jangan pernah dikasih tahu tentang gagasan ini ( filsafat, kalam, tasawuf)". Makanya al ghazali membuat dua buku yang kedua - duanya bertentangan yaitu ihya ulumudin untuk kalangan awam sangat terkenal di indonesia dan sangat tebal. Dan untuk kalangan terbatas adalah miskat al anwar tafsir surat annur dan sangat tipis tapi pecah sekali bagi kalangan tasawuf falsafi.

Sumber kutipan https://www.kompasiana.com/nelivera9...&page_images=1



Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

Itulah uniknya khasanah dari para orang yang berilmu, setidaknya jadikan hal ini sebagai bagian dari ilmu. Inti dari semua ilmu tujuannya adalah berbuat baik, bila ada ilmu yang digunakan untuk sebaliknya maka yang datang kehancuran.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti






Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
opicke dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 2
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 09:42
Ndak paham ....

emoticon-Bingung

Yg penting pertamax
emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 10:50
kusut pala gw emoticon-Hammer2
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:20
Up......
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:32
Salah satu pemikir konsep manunggaling rasa ini menurut ane justru sosok Donal Bali yang sempat diciduk dengan tuduhan penistaan agama.

Meskipun konsepnya dia itu masih mentah dan kasar, tapi pondasi berpikirnya menarik untuk dicermati.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:32
yang kaya gini gak usahlah dijadikan trit, soalnya banyak gak paham dan gak sampai pemikirannya.
ibarat kata maqom nya belum sampai kesana.
cukup para praktisi tarikat dan tasawuf yang mengamalkan ilmu ini.
karena ilmu ini (ma'rifat) lebih dalam daripada syariat.

namun tarikat yang benar (haq) tetap harus berpijak teguh pada syariat.
Diubah oleh nipta1179
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pranks dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:34
kaji tinggi ini.

minimal paham dulu sifat 20. baru lanjut ke situ. kalau tidak, nanti bisa salah paham. bisa dituduh gila, sesat, khurafat, dll.

padahal itu sangat penting. bagian terpenting bagi seorang muslim dan mu'min. tapi karena begitu beratnya untuk memahaminya, alhasil bagi yang tak cocok itu dituduh sesat, bid'ah, bisa bikin orang jadi gila. sehingga tak ada yang mau mempelajari dan mengamalkannya.

itu untuk membentuk pribadi sejati yang hakiki.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:37
ga bisa buru buru baca thread macam gini cuy....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 11:52
Thread bagus
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 12:33
Pada akhirnya semua adalah tentang Cinta
Karena pada awalnya semuapun tentang Cinta, begitu kata temanku mengawali percakapan.

Loh bukannya semua adalah tentang Agama?, jawabku menimpali.

Hahaha, temankupun tertawa.

Semua Agama itupun sejatinya adalah tentang Cinta, jawab temanku melanjutkan.

Kok bisa gitu bagaimana penjelasannya untuk semua itu?, tanyaku minta dijelaskan.

Lalu bagaimana aku dapat menjelaskan tentang semua itu kepada kamu, bila kamu sendiri tidak pernah dapat mengetahui siapa sebenarnya yang harus benar benar dapat kamu cintai dalam hidup kamu sendiri (dalam agama kamu sendiri).

Tapi bila memang kamu benar benar dapat mengetahui dan benar benar dapat mencintai siapa yang seharusnya kamu cintai dalam hidup kamu sendiri (dalam agama kamu sendiri), maka semua itu akan dapat menjadi jelas dengan sendirinya.

Karena Cinta itu hanya akan dapat menjadi jelas
Bila kita benar benar dapat mencintainya, jawab temanku menjelaskan.

Hmm,.....begitu yah, jawabku coba untuk dapat memahami.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 12:33
"Syariat tanpa tasawuf hati akan menjadi keras, Tasawuf tanpa syariat akan menjadi zindiq"
profile-picture
profile-picture
nipta1179 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 13:04
kalo paham ni .,mampu berpisah dari ruang dan waktu ato masuk ke gerbang multiverse ...
bahaya bre ...
...gerbang tanpa batas ,yg ternyata kekuatan darksides jg sangat besar ...
...para pendahulu ga sedikit jg yg masuk kesana dari pemahaman semula yg untuk mencegah kalo ada serangan dari darksides tapi malah jadi memanfaatkan kekuatan tersebut ...
syeh sitijenar ,mirip ini jg ancient one ... emoticon-Big Grin

Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
profile-picture
profile-picture
songosongo dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 13:13
ninggalin jejak dulu, nanti bacanya abis pulang kerja
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 13:23
Sangkan paraning dumadi, manunggaling kawula Gusti emoticon-Jempol
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 14:32
Sebatas ngobrol aja sih kalo soal ini, yg ane ingat tentang tasawuf dan makrifat
Katanya kalo dah menguasai ilmunya, orang gak perlu sholat
dulu ada temen yg bilang, sholat kalo blm sampe derajat makrifat, sholatnya gak di terima. jadi percuma sholat kalo blm smp makrifat
Tau deh bener ato kagak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 15:32
Ane pernah dengar kata-kata
"Jika surga dan neraka tak pernah ada, Apakah engkau masih memujaNYA"

Harusnya semua hukum/petunjuk itu diamalkan untuk mempermudah, Bukan untuk buat pusing kepala.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 18:06
Baru tercerahkan ane gan 😯
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 21:13
Ustadz dan kiyai... Mau sepintar dan sealim apapun mereka... Harusnya kalok berbicara harus dg di ikuti penjelasan yg detail cz mereka itu panutan.. Kalok g detail namti pengikutx bisa salah paham dan sesat..
Jadi g usah sok2an nganggep sebagai orang yg ilmunya tinggi dan ucapannya g bsa d artikan secara mentah... Bulshit... Mereka itu panutan ya harusx ngejelaskn sejelas2x bukan sok2an pakek kosakata kelas tinggi macam tai
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan caurboy memberi reputasi
2 0
2
Sisi Lain Tentang Manunggaling Kawula Gusti
26-01-2022 22:25
Bahasan yang keren banget ...lanjut gan👍🙏
Diubah oleh faprilia0408726
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia