News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61f0325e1e3f43413813fcde/tifatul-sembiring-minta-maaf-usai-bela-edy-mulyadi-soal-jin-buang-anak
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring, mengklarifikasi pernyataannya seputar polemik Edy Mulyadi dan Kalimantan yang disebut sebagai tempat 'jin buang anak'. Tifatul meminta maaf bila pernyataannya tersebut telah disalahpahami.
Lapor Hansip
26-01-2022 00:24

Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak

Past Hot Thread
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak

Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring, mengklarifikasi pernyataannya seputar polemik Edy Mulyadi dan Kalimantan yang disebut sebagai tempat 'jin buang anak'. Tifatul meminta maaf bila pernyataannya tersebut telah disalahpahami.

"Kalau pernyataan saya tersebut disalahpahami, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya," kata Tifatul dalam keterangan tertulisnya yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (25/1).

Awalnya, ia menerangkan, salah seorang wartawan bertanya terkait sikap PKS yang menolak Rancangan Undang-undang (RUU) IKN disahkan menjadi UU.

Tifatul menjelaskan, pemindahan IKN terkesan terburu-buru ya. Menurutnya, hal-hal pokok yang prioritas ditangani saat ini adalah mengatasi dampak pandemi Covid-19. Dia berkata, pemindahan IKN tidak mendesak dan bisa ditunda lebih dulu, mengingat biaya pemindahan IKN besar.

"Banyak masalah-masalah ekonomi, ada penyakit menular dan tidak menular yang sudah akut, PHK yang banyak terjadi dan seterusnya," kata Tifatul. Setelah itu, lanjutnya, wartawan bertanya apakah sosok aktivis yang menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang anak, Edy Mulyadi, merupakan kader PKS.

Tifatul menjawab bahwa Edy memang pernah menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari PKS. Namun, menurutnya, Edy sudah tidak aktif sebagai kader atau pengurus di PKS saat ini.

Ia pun menyampaikan, Edy sudah meminta maaf dan menerangkan bahwa pernyataan tersebut tidak bermaksud menghina atau melecehkan masyarakat Kaltim. Tifatul kemudian mengaku meminta agar Edy dimaafkan.

"Edy Mulyadi, yang bersangkutan betul pernah jadi caleg PKS, akan tetapi beliau sekarang tidak aktif, sebagai kader dan bukan pengurus di struktur PKS. Maka semua pernyataan yang bersangkutan, adalah bersifat pernyataan pribadi, tidak bisa mewakili PKS," ucap Tifatul.

"Tapi Edy kan sudah minta maaf, tidak ada maksud menghina atau melecehkan masyarakat Kaltim. Sebaiknya dimaafkan, ya sudahlah," sambungnya.

Lalu, Tifatul mengaku ditanya pandangannya terkait pernyataan Edy yang menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang anak.

Dia berkata, istilah tersebut sering digunakan oleh orang-orang Jakarta ya. Berdasarkan penjelasan sejumlah tokoh Betawi, menurutnya, kiasan kalimat 'tempat jin buang anak' artinya tempat sepi, seram ,dan jauh dari keramaian.

Eks Menkominfo itu menyampaikan bahwa konotasi kalimat itu bukan untuk merendahkan atau menghina.

"Saya pun dulu, waktu mau pindah ke Depok dari Tanah Abang, teman-teman bilang, 'Eh lu mau pindah ke tempat jin buang anak?'. Dulu Depok memang masih sepi," katanya.

Setelah itu, Tifatul dimintai pandangan tentang ketersinggungan etnis yang terjadi belakangan ini.

Ia pun menerangkan, jumlah penduduk Indonesia 276 juta jiwa yang terdiri dari 1.340 suku, lebih dari 800 bahasa, 17.508 pulau, serta berbagai macam adat dan budaya.

Menurutnya, segenap elemen bangsa harus kerja sama dan berinteraksi satu sama lain untuk membangun Indonesia. Dia berkata, masyarakat jangan mudah salah paham dan tersinggung.

"Misalnya orang Medan kalau ingin meyakinkan orang lain, nada bicaranya agak tinggi. Itu bukan menghardik, tapi sekedar menekankan. Kalau dikit-dikit tersinggung, baper, kapan nikahnya kita," kata Tifatul.

"Sudahlah kita saling memahami dan saling memaafkan dalam hidup multietnis begini," imbuhnya.

Lebih lanjut Tifatul menggarisbawahi, dalam wawancara itu dirinya tidak mengomentari masyarakat Kaltim sama sekali. Dia menegaskan, titik tekan poin pernyataannya adalah menjelaskan, bahwa konotasi kalimat tempat jin buang anak bukan menghina, melainkan tempat sepi, seram, dan jauh.

"Lalu keluarlah judul berita, "Tifatul Bela Edy Mulyadi", lalu dibumbui masyarakat jangan baper dan sebagainya. Ini sudah dipelintir dari poin pokok pernyataan asli saya. Lalu digoreng di medsos, hingga makin jauh pengertiannya," ujar Tifatul.

Sebagai informasi, Forum Pemuda Lintas Agama Kalimantan Timur melaporkan Edy ke polisi karena pernyataannya diduga menghina Kalimantan. Kelompok tersebut mendatangi Polresta Samarinda, Minggu (23/1).

Kendati demikian, Edy sudah meminta maaf dan mengatakan terjadi perbedaan pemahaman maksud dari ungkapan tersebut.

"Saya mohon maaf telah menyebabkan teman-teman di Kalimantan tersinggung dan marah," ujar Edy dalam keterangan resmi, Senin (24/1).

Baca artikel CNN Indonesia "Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasiona...jin-buang-anak.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/



profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630.6K Threads
Halaman 1 dari 3
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 00:32
gampang bener ya
Coba kalau ada yg marah2 waktu diminta supaya toa nya jangan pake yg cempreng, trus dibilang jangan baper. Bisa2 diusir keluar dari kampung emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 00:36
ngga bisa hasut2 di kaltim.

ikn emang keren.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 00:37
Disalahpahami? Itu bukan salah paham drun, melainkan reaksi yg sdh sgt wajar anda terima, dimana dari awal otak pola pikir anda itu sudah berlawanan dgn warga Kalimantan, maka reaksi yg anda terima pun akan berlawanan dgn yg anda harapkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 00:42
Ikn ada bagusnya, ada jeleknya
Klw gw sh terserah pengambil kebijakan aj.

Biar bagaimanapun pemerintah punya info2 yg kita tidak ketahui, hingga mereka ambil keputusan spt itu.
Berhusnudzon saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 01:00
Internet cepat buat apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 01:13
Mesir adalah negara pertama pedukung Indonesia wkt menyatakan kemerdekaan. Skrg mesir jg berkata bhw partai itu adalah teroris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 01:18
Buat cepat internet apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 01:41
ada berita isinya dibilang : JANGAN BAPER.
jd bukan sekedar membahas arti jin buang anak.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 01:45
serem langsung di ghost protocol bukan kader pks
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Post ini telah dihapus
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 02:19
kok bisa ya orang kayak gini jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

otakku konslet.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 03:03
Sampah...

_______emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemukapemuja dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 03:48
Kalimat jin buang anak kalo ada yg tersinggung ya ga bs salahin Lah.
Gue sih ga tersinggung cm harus ngerti kalo kalimat itu akan punya potensi buat org tersinggung





emoticon-Traveller

Udah sana datangin pulau kalimantan jelasin kalo merasa benar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 05:36
pks itu neo pki, lom pada nyadar ya? 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 05:48
Hilangkan pks dari kalimantan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galbadia dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 05:56
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 05:59
Yah jiper emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 06:03
kaum bencana alam semesta bacotnya emang sebangke tampilannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 06:05
Padahal kemaren dengan entengnya ngatain orang kalimantan baperanemoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tifatul Sembiring Minta Maaf Usai Bela Edy Mulyadi soal Jin Buang Anak
26-01-2022 06:17
yang dulu mulai ribut tuh partai kalean
pakai politik identitas
makan tuh politik identitas
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia