News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ed63a0bf09eb75b24b2810/pentingnya-literasi-data-teknologi-dan-manusia-bagi-guru-sekolah-dasar-di-abad-ke-21
    Perubahan zaman terjadi begitu cepat, hal ini mengharuskan guru untuk dapat  menangkap dan merespon bentuk perubahan serta perkembangan. Guru menjadi fondasi dalam revolusi pendidikan di sekolah pada abad 21. Berbagai kemampuan serta inovasi dibutuhkan untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Dunia pendidikan tentunya sangat melekat dengan istilah literasi yakni yang terdiri dari membaca,
Lapor Hansip
23-01-2022 21:18

Pentingnya Literasi Data, Teknologi dan Manusia Bagi Guru Sekolah Dasar di Abad ke-21


    Perubahan zaman terjadi begitu cepat, hal ini mengharuskan guru untuk dapat  menangkap dan merespon bentuk perubahan serta perkembangan. Guru menjadi fondasi dalam revolusi pendidikan di sekolah pada abad 21. Berbagai kemampuan serta inovasi dibutuhkan untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Dunia pendidikan tentunya sangat melekat dengan istilah literasi yakni yang terdiri dari membaca, menulis, dan berhitung. Namun dengan adanya perubahan zaman dimana memasuki era revolusi industri 4.0, literasi lebih ditekankan pada literasi data, literasi teknologi, dan literasi humanisme.

    Perubahan pada literasi lama kedalam literasi baru tentunya membutuhkan kesiapan dari pelaku pendidikan. Alternatif revitalisasi yang dapat dilakukan di Sekolah Dasar  agar mampu bersaing di era revolusi dengan berorientasi pada kualitas, peningkatan lulusan, peningkatan manajemen pengelolaan, peningkatan kemampuan guru, dan peningkatan sarana prasarana pendidikan. Revitalisasi kurikulum dibutuhkan untuk dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0, yang mengacu pada ketahanan, adaptivitas, integritas, kompetensi, dan perbaikan berkelanjutan. Revitalisasi tentunya juga mencakup sistem pembelajaran, satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

    Reorientasi pendidikan perlu dilakukan guna tetap memiliki relevansi dalam era revolusi industri 4.0. Guru harus mampu mengintegrasikan capaian pembelajaran tiga bidang secara terpadu, yakni literasi lama, literasi baru, dan literasi keilmuan. Guru memegang peran penting untuk menjadi agen perububahan bagi siswa. Selain itu guru juga harus “melek TIK” agar mampu membawa dan menyukseskan pembelajaran dengan capaian pembelajaran yang kreatif, berpikir kritis, komunikatif, serta kolaboratif. Praktik guru yang dapat ditempuh guna mengajarkan literasi baru pada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pendekatan. Pertama, literasi data pada siswa melalui pembelajaran, pemahaman terkait data kualitatif, kuantitatif, dan informasi lainnya yang sesuai dengan usia dan ranah siswa.  Kedua, literasi teknologi, dimana adanya inovasi pembelajaran yang memanfaatkan TIK. Ketiga, literasi humanisme lebih menekankan pada komunikasi yang harus dikuasai siswa, tanpa menghilangkan bahasa ibu sebagai bahasa nasionalisme.

    Implementasi literasi data, teknologi, dan humanisme di Sekolah Dasar belum berjalan secara optimal. Hal ini terjadi karena belum mewadainya guru literasi dan sarana prasarana yang mendukung. Guru-guru yang belum paham akan penggunaan komputer, pemanfaatan internet, dan masih rendahnya motivasi untuk mempelajari literasi baru. Selain itu sarana dan prasarana pendukung yang belum tersedia, misalnya saja komputer dan jaringan internet yang stabil. Hal tersebut tentunya akan menghambat penyebaran terkait literasi baru kepada siswa.


0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.2K Anggota • 16.1K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia