News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ecf7fdbc5f094090024142/manfaat-olahraga-untuk-kesehatan
WHO tahun 1975 yang berbunyi; sehat adalah suatu kondisi yang bebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, dan social. Seseorang yang sehat dinamis tentu sehat statis, namun tidak demikian sebaliknya seseorang yang sehat statis belum tentu sehat dinamis. Manfaat nya tersebut antara lain; (1) menguatkan jantung, (2) menurunkan tekanan darah, (3) menyembuhkan diabetes melitus, (4) menyeimba
Lapor Hansip
23-01-2022 13:38

MANFAAT OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN


WHO tahun 1975 yang berbunyi; sehat adalah suatu kondisi yang bebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, dan social. Seseorang yang sehat dinamis tentu sehat statis, namun tidak demikian sebaliknya seseorang yang sehat statis belum tentu sehat dinamis.

Manfaat nya tersebut antara lain; (1) menguatkan jantung, (2) menurunkan tekanan darah, (3) menyembuhkan diabetes melitus, (4) menyeimbangkan darah, (5) mencegah osteoporosis.
MANFAAT OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN


1. Olahraga dapat menguatkan jantung, Olahraga dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih lebar, bahkan bila terjadi penyumbatan pembuluh darah, maka dengan olahraga dalam waktu lama dapat memacu pertumbuhan pembulu darah kapiler baru di sekitar pembuluh darah yang tersumbat tersebut. Aliran pembuluh darah baru tersebut menyebabkan jantung tetap mendapat pasokan oksigen, dengan berolahraga juga dapat membuat cardiac output jantung lebih baik dari orang yang tidak berolahraga.

2. Olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi,Orang yang terkena tekanan darah tinggi, jantung akan bekerja lebih berat dan dapat berakibat terjadinya pembesaran jantung. Olahraga dapat merangsang pertumbuhan pembuluh darah kapiler, sehingga dapat memperlancar peredaran darah dan kahirnya tekanan darah menjadi berkurang. Olahraga dapat membantu mengeluarkan garam dan air sehingga volume darah menurun dan tekanan darah menjadi normal

3. Olahraga dapat menyembuhkan diabetes melitus,Olahraga yang terukur dapat menyembuhkan diabetes melitus tidak tergantung insulin, karena olahraga dengan intensitas tertentu dapat membakar lemak dalam darah. Berkurangnya kadar lemak darah akan menambah kepekaan tubuh terhadap insulin dan akhirnya gula darahnya juga semakin menurun.

4. Olahraga dapat menyeimbangkan darah,Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan kolestrol. Kolestrol terdiri atas HLD (High density lipoproteins) dan DLD (low density lipoproteins). Dalam darah HDL berfungsi melapisi bagian dalam dari dinding ateri, dan jika terjadi penumpukan lemak, akan membantu melarutkan. LDL dapat dengan cepat membentuk penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

5. Olahraga dapat mencegah osteoporosis,olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang dapat meningkatkan kandungan mineral tulang pada orang tua. Penelitian menujukkan bahwa kandungan mineral tulang pada usia 50-72 tahun yang aktif berolahraga lari lebih besar dari pada kelompok orang yang tidak berolahraga lari. Pengeroposan tulang terjadi sebesar 4% setiap 2 tahun sekali bagi orang yang aktif beolahraga, dan 6-7% setiap 2 tahun bagi orang yang tidak berolahraga lari.
untuk selengakpnya mengenai pembahasan manfaat dari olahraga klik sini


0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.2K Anggota • 16.1K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia