News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ec9e6ede16dd4f1161bcd0/honorer-pns-diganti-outsourcing-segini-gaji-yang-diterima
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima! 22 January 2022 15:00 Foto: Cover topik_THR PNS_Cover Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana menghapus tenaga honorer yang ada di Kementerian/Lembaga (K/L) pada 2023 mendatang.  Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, nantinya honorer ini akan diganti pihak ketiga dengan seb
Lapor Hansip
23-01-2022 07:16

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
22 January 2022 15:00

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima! Foto: Cover topik_THR PNS_Cover

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana menghapus tenaga honorer yang ada di Kementerian/Lembaga (K/L) pada 2023 mendatang. 

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, nantinya honorer ini akan diganti pihak ketiga dengan sebutan pekerja outsourcing.

"Diganti outsourcing," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Menurutnya, saat ini tenaga honorer di K/L sudah mulai digantikan dengan pekerja outsourcing. Seperti satpam, supir hingga tenaga administrasi.

"Saat ini rata-rata tenaga pengemudi, satpam, kurir, petugas kebersihan, pramubakti, sekretaris, administrator sudah outsourcing (PPNPN)," jelasnya.

Dengan perubahan ini, maka nantinya pegawai yang ada di K/L hanya akan ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga outsourcing.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memastikan tidak ada lagi tenaga kerja honorer di instansi pemerintah mulai 2023.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Dalam aturan ini, pegawai non-PNS di instansi pemerintah masih tetap melaksanakan tugas paling lama lima tahun saat peraturan tersebut berlaku atau 2023.

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima! Foto: Upacara PNS di Pulau Reklamasi (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!

Lalu berapa ya gajinya?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya telah aturan mengenai besaran gaji para pegawai non PNS yang berada di instansi pemerintah yakni Kementerian/Lembaga (K/L). Ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 60 Tahun 2021 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2022.

Dalam aturan ini, honorarium atau gaji untuk satpam, pengemudi, OB hingga pramubakti ditetapkan berdasarkan provinsi Kementerian/Lembaga (K/L) ia bekerja. Sehingga besaran nilainya berbeda untuk setiap wilayah.

"Honorarium yang diberikan hanya kepada Pegawai Non Aparatur Sipil Negara yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai satpam, pengemudi, petugas kebersihan, dan pramubakti, berdasarkan surat keputusan pejabat yang berwenang/kontrak kerja," tulis PMK tersebut.

Penghasilan satpam dan driver tertinggi ada di wilayah DKI Jakarta. Dimana ditetapkan sebesar Rp 5.344.000 per bulan. Sedangkan, untuk petugas kebersihan dan pramubakti yang berada di DKI diberikan imbalan Rp 4.858.000 juta per bulan.

Kedua tertinggi ada di wilayah Provinsi Papua dengan nilai Rp 4.256.000 per bulan untuk satpam dan driver. Sedangkan untuk petugas kebersihan dan pramubakti ditetapkan Rp 3.869.000 per bulan.

Selanjutnya tertinggi ketiga ada untuk supir dan satpam yang bekerja di instansi pemerintah di daerah Jawa Timur dengan besaran honor Rp 4.135.000 per bulan. Sedangkan untuk petugas kebersihan dan pramubakti Rp 3.759.000 per bulan.

Namun, ini hanya lah gaji pokoknya saja, belum termasuk uang lembur. Untuk uang lembur satpam dan supir ditetapkan sebesar Rp 13.000 per jam dan uang makan lembur sebesar Rp 30.000 per hari.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ang-diterima/2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitecrismon dan 4 lainnya memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630.8K Threads
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 07:19
Anggota DPR dan DPRD juga outsourcing dong ga perlu tunjangan sampe pensiun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lazy.Song dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 07:23
Good.

Yang pakai orang dalem tamatlah kalian.. emoticon-fuck2 jabatan tertera programmer, kerjaan cuman isi-isi SPJ pegawai sambil planga-plongo eh dapet gaji setara kontrak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 07:23
Gimana ya nasib guru honorer emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 07:33
Cuma PNS dan honorer?

Terus P3K posisinya dimana?

Salah mengartikan UU ASN kyknya si jubir BKN ini, mesti pejabat baru ini orang ini di BKN sampe tdk ngerti UU ASN



emoticon-Cape d...
Diubah oleh kuntuldowo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality513 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 07:45
Sudah sudah klean gak perlu ngitung2in rejeki org emoticon-Mademoticon-Mademoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality513 memberi reputasi
2 0
2
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 08:13
mantap ganti aja kalau perlu semua pns pakai komputer dan robot biar lebih efisien dan gak terlalu kkn
Diubah oleh jerryreality513
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 10:17
pres kita kan outsourcing juga.... dia cuma mangut2...
0 0
0
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 10:45
Apakah mreka akan diperbudak seperti honorer? Soalnya tau sendiri kan tipikal mental PNS kita dimana mreka yg udah statusnya permanen tentunya kerja santai.yg kerja bagai kuda ya honorer yg rangkap kerjaan mreka itu demi bisa jd PNS kelak
0 0
0
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 11:17
Kemarin ngobrol sama pns, ane bilang pekerjaan 3 pns bisa ditangani 1 orang swasta

Jawaban pns "sudah kewajiban negara menciptakan lapangan kerja dengan mengambil tenaga kerja sebanyak-banyaknya dgn cara pns walaupun banyak pns yg tdk ada kerjaan"

kuntul sekali tu orang 😂😂😂
profile-picture
pard0 memberi reputasi
1 0
1
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 11:28
Jangan remehkan honorer karna justru banyak titipan orang dalem.

Orang otak pas2an ga bisa ditolong di jalur cpns karna kepentok passing grade, tapi punya kenalan orang dalem yang sakti? Yaa dibantunya lewat jalur honorer.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
23-01-2022 12:26
Pernah lihat di suatu tulisan lama, pada dasarnya honorer itu dipekerjakan karena yang empunya kerja antara lain malas atau tidak kompeten mengerjakan pekerjaan itu, jadilah instansi tersebut mengangkat honorer dari kas-nya masing. GImana cara ngisi kas-nya? Hahaha...yang biasa ngurus-ngurus atau berhubungan dengan instansi pasti taulah.

Tapi...ini hanya katanya sih, gw sendiri cuma ngalamin sekali pas masih awal2 kerja, waktu itu ditunjukkin sama kasie, kalau orang-orang yang ngetik-ngetik administrasi di instansi tersebut dibayar dari uang-uang kas itu....nah pegawai aslinya sendiri kemana??? Makan rujaklah, hahaha....ini cerita di medio 2008-2010.
profile-picture
profile-picture
pard0 dan xneakerz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Honorer PNS Diganti Outsourcing, Segini Gaji yang Diterima!
25-01-2022 15:59
nasib sebagai honorer ya tiap tahun selalu deg degan begini.
engga terlalu berharap lah gimana nantinya, banyak berita antara ini dan itu beda beda. lebih baik sebelum 2023 yang honorer kementerian atau yang lainnya diberitahu sejelas jelasnya soal status mereka, biar ancang ancang sedari dini. jangan dikasih kerjaan aja lalu tiba tiba diputus kerja.
memanusiakan manusia di lingkungan kerja sendiri dulu yang satu gedung sama kalian para pns pns pemangku kebijakan.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia