Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
168
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ec696232a834408d227fa3/kecelakaan-maut-truk-di-balikpapan-reaksi-sopir-dipertanyakan
Kecelakaan mengerikan di turunan wilayah Muara Rampak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. disebabkan karena rem blong sebuah truk tronton yang sarat muatan. Pakar keselamatan berkendara menyoroti kompetensi sopir yang membawa kendaraan besar tersebut, seperti kutipan berikut dari sumber sebuah kanal pemberitaan:
Lapor Hansip
23-01-2022 03:30

KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN

Past Hot Thread
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
Gambar kecelakaan truk | sumber

SAHABATKASKUS- Kecelakaan mengerikan di turunan wilayah Muara Rampak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. disebabkan karena rem blong sebuah truk tronton yang sarat muatan. Pakar keselamatan berkendara menyoroti kompetensi sopir yang membawa kendaraan besar tersebut, seperti kutipan berikut dari sumber sebuah kanal pemberitaan:

Quote:
"Nggak semua pengemudi memiliki kompetensi yang benar. Kompetensi tidak hanya pada saat aman tapi juga bagaimana sikap, tindakan dan keputusan dia benar saat darurat," ujar Pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Sumana.

Lebih lanjut saat sopir dihadapkan dalam kondisi darurat, seharusnya memilih opsi yang bisa meminimalisir risiko. Apalagi keputusan itu diburu dengan waktu dalam hitungan detik.

"Saat darurat dia harus bisa melihat dan mengambil keputusan benar dalam hitungan detik, melalui pencegahan tindakan operasional. Masalah rem, engine stall, ban pecah slip dan lain-lain, apa rumusnya. Harus paham," terang Sony.

Detik-detik terjadinya kecelakaan terekam kamera CCTV di sekitar kejadian. Terlihat truk tronton berkelir coklat tiba-tiba melaju cepat di jalan menurun, lalu menghantam sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah dari arah belakang.

Sony menambahkan sopir truk tronton itu dihadapkan pada opsi untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah. Tetapi malah memilih untuk lurus di mana mengakibatkan korban jiwa berjatuhan. Hal ini erat kaitannya dengan kompetensi mengemudi.

"Lurus ketemu kendaraan kecil yang tidak fatal buat dia, tapi fatal untuk orang lain," kata Sony.

"Banting steer ke kiri, ketemu pohon, fatal buat dia tapi kecil resiko buat orang lain. Banting steer kanan ketemu kendaraan lain yang berlawanan arah, fatal buat dia," sambung Sony.

Sony mengatakan kompetensi pengemudi kendaraan besar perlu menjadi perhatian. Sebab tanggung jawab tak hanya menyangkut barang bawaan, tetapi juga besar resikonya pada keselamatan orang lain. Menurut Sony, memiliki Surat Izin Mengemudi saja tidak cukup.

"Akal sehat mengalahkan tanggung jawab dia terhadap keselamatan orang lain. Ini karena tidak kompeten dan punya SIM belum tentu kompeten," tambah Sony.

Beberapa waktu yang lalu, menurut Ahmad Wildan selaku Senior Investigator KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), Indonesia perlu menerapkan sertifikasi bagi pengendara kendaraan besar. Hal ini agar tidak ada lagi sopir sembarangan atau membawa truk secara ugal-ugalan di jalan.

"Jadi kita harus mengacu pada sejumlah negara lain yang mewajibkan adanya sertifikasi pengendara kendaraan besar. Untuk sekarang ini di Indonesia kan katanya cuman punya SIM saja sudah cukup, padahal itu berbahaya," kata Ahmad Wildan.

Sebagai contoh di Amerika Serikat, seluruh sopir truk wajib memiliki lisensi khusus yang bersertifikat. Untuk bisa mendapatkannya, seseorang wajib mengikuti pelatihan lisensi khusus membawa kendaraan komersil atau Commercial Driver License (CDL).

Lisensi CDL dapat diperoleh melalui setiap agensi kendaraan bermotor di seluruh negara bagian AS. Setelah mendapatkannya, setiap pengendara akan langsung diawasi oleh badan pengawas angkutan kendaraan atau Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA).

Nah, FMCSA ini akan mengawasi seluruh pengangkutan truk di 50 negara bagian AS. Pihaknya juga mengatur jam kerja pengemudi, kondisi kerja, batasan peralatan hingga persyaratan lisensi khusus.


KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
Gambar pasca kecelakaan | Sumber

Kalau pendapat Ane sendiri setelah lihat video kejadiannya, sepertinya sang supir kurang cepat menyadari bila ada permasalahan pada rem truk yang dikendarainya, sesaat sang supir menyadari rem truk tersebut mengalami kendala, dia sudah sangat dekat dengan pengendara lainnya, membuat sang supir panik dan justru seperti tidak melakukan apapun kemungkinan sang supir shock jadi pikirannya kosong. Jadi pendapat ane hampir sama dengan pendapat para ahli dalam kutipan diatas, bahwa kemampuan dan reaksi supir pada saat/kondisi darurat sangat minim.



Jadi pendapat agan dan sista sendiri, bila melihat video tabrakan maut di Balikpapan tersebut bagaimana ?


emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.3K Anggota • 906.2K Threads
Halaman 1 dari 5
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 03:54
sang supir menyadari rem truk tersebut mengalami kendala, dia sudah sangat dekat dengan pengendara lainnya,

Pasrah emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 08:23
Sopirnya jg masih mau idup
Banting ke kiri, dia doang yg modar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 10:55
Kalau liat videonya, dia sempat ambil kiri. Tapi di depannya motor2. Akhirnya dia balik lagi ke kanan, mungkin harapan sopirnya, mobil lebih bisa menahan (ya kali tronton segede itu).

Kalau dia banting setir ke kiri, nabrak pohon & truknya oleng + jatuh, tetap saja akan meluncur ke bawah.

Angel iki angel...
Diubah oleh matcha.tea.1402
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 13:49
sudah naas bagi korban, sopir tetap salah karena lalai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 13:57
bandingin sistem us sama wakanda. ya jelas jauh bre.
ane aja bisa dapet sim tanpa megang kemudi emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
23-01-2022 20:59
Sebentar juga udah lupa kasus enih.

Tinggal tunggu kejadian lain, baru rame lagi dengan sejuta teori.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:06
Kok bisa ya truk angkut begitu lewat dalam kota?
Apa ga ada jalur lain?
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan sutanjuga memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:08
Ada konsekuensi di setiap pilihan.. Mau kanan atau mau kiri.. Pertimbangan nya adalah banyaknya korban.. Kalau bisa seminimal mungkin
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan AssasinsKiller memberi reputasi
2 0
2
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:12
Masih aja SIM dijadiin patokan kompeten apa nggaknya orang berkendara. SIM itu bukan tolak ukur orang mengerti berkendara, tapi untuk menghindari tilang di jalan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 25 lainnya memberi reputasi
25 1
24
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:15
Belokin ke kiri tetep kena bbrp motor sih

Nabrak pohon, klo mobil oleng ke kiri ga ada korban tambahan

Klo olengnya ke kanan tetap kena motor jg
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:17
klo sudah kondisi darurat gitu kadang belajar teori bertahun2 pun bisa blank dalam sekejap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:19
Mungkin abis minum krating daeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitawskidd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:25
Kalau saran ane, adain simulasi menghadapi keadaan genting untuk sopir kendaraan berat, mirip simulasi menghadapi keadaan darurat seperti yang dilakukan calon pilot. Namun banyak faktor juga sih saat di lapangan. Mungkin sopirnya teringat anak istri, jadi yang dipikiran dia saat itu adalah survival instinct mengalahkan moralitasnya sebagai manusia. Ya sudah, hadapi konsekuensi atas keputusanmu sebagai org yang bertanggung jawab bikin beberapa anak menjadi yatim. emoticon-Cape d...
Diubah oleh paman.goberrrrr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:25
Si baik ini jgn smpai lepas emoticon-Smilie
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:27
Turut berduka cita atas para korban tewas dlm kecelakaan yg maut itu, gan.....emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh yoseful
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:29
Katanya kiri ada SPBU
Ini sih sama2 kombo mau kiri kanan lurus
Kalo udah mau kejadian bisanya cuman pasrah
Ke depan biar ga keulang semua truk musti dicek fisik pas mau jalan, pihak perusahaan ama berwajib musti cek sampe teliti sampe bisa kasih ijin jalan tuh truk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:32
Versi unsensor di forum DP

Rem Truck Blong di Balikpapan Jumat Pagi, 21 Januari 2022
https://kask.us/iLwDg
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ashardwiastanto dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:48
Lah gua pernah liat dengan mata kepala sendiri supir tronton umurnya kayak masih 25an
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan sutanjuga memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:53
Dikira volvo kali...
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
KECELAKAAN MAUT TRUK DI BALIKPAPAN, REAKSI SOPIR DIPERTANYAKAN
24-01-2022 06:54
Perawatan kendaraan minim
KIRnya ngawur (konsumen sm produsen)
Kelebihan muatan
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arbiel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia