Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61eb994aca519d7f385faa49/bisnis-nft--bisnis-monyet
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane. :nyepi Beberapa waktu belakangan, heboh seseorang bernama Gozhali yang mendapat durian runtuh senilai milyaran rupiah dari hasilnya menjual foto selfie dirinya. Foto selfie seorang biasa (bukan publik figur) dan berwajah pas - pasan yang secara nalar tak punya nilai in
Lapor Hansip
22-01-2022 12:42

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Beberapa waktu belakangan, heboh seseorang bernama Gozhali yang mendapat durian runtuh senilai milyaran rupiah dari hasilnya menjual foto selfie dirinya. Foto selfie seorang biasa (bukan publik figur) dan berwajah pas - pasan yang secara nalar tak punya nilai ini nyatanya laku hingga milyaran rupiah. Banyak orang kaget dan akhirnya menjadi latah, ikut - ikutan selfie lalu mengunggahnya di platform jual beli NFT, berharap mendapat durian runtuh layaknya yang dialami Gozhali. Tapi mungkinkah?

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Dari kaca mata ane sebagai orang awam, kejadian Gozhali ini layaknya kejadian beberapa tahun ke belakang saat batu akik yang awalnya tak berharga lalu harganya melesat dan akhirnya diburu untuk diperjualbelikan. Begitu juga tanaman janda bolong dan tokek yang awalnya hanyalah tanaman dan hewan biasa hingga akhirnya menjadi primadona. Lalu, ketiganya kembali menjadi komoditas yang tak berharga lagi. Kalau boleh ane analogikan, bisnis semacam ini, termasuk bisnis NFT adalah skema bisnis monyet atau MONKEY BUSINESS.

*****

Alkisah, di sebuah desa terpencil, hiduplah ribuan ekor monyet di hutan liar. Penduduk desa tak tertarik pada monyet, karena bagi mereka monyet adalah hewan yang tidak ada gunanya. Jadi mereka membiarkan monyet-monyet tersebut berkeliaran di tengah hutan. Hingga suatu hari, datanglah seorang pedagang kaya ke desa tersebut. Dia menemui penduduk desa dan berkata, "Kenapa kalian membiarkan monyet-monyet itu berkeliaran bebas di hutan liar? Apa kalian tidak tahu, monyet bisa laku 50 ribu per ekor jika dijual ke kota?"

Penduduk desa tentu saja kaget mendengar info itu. Monyet ada harganya? Wah... baru tahu nih! Maka penduduk pun segera memburu monyet ke dalam hutan. Mereka menangkapinya, lalu dijual ke pedagang kaya, mendapat bayaran 50 ribu per ekornya. Sepekan berlalu, si pedagang kaya datang lagi dan berkata, "Harga monyet sekarang naik menjadi 100 ribu per ekor!" Para penduduk pun makin semangat untuk menangkapi monyet dan menjualnya ke pedagang kaya. Pekan demi pekan pun berlalu. Harga monyet semakin naik. Dari 100 ribu menjadi 500 ribu, naik lagi jadi 1 juta, lalu 2 juta, 3 juta.... hingga akhirnya Rp 4 juta per ekor.

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Para penduduk pun makin bersemangat menangkapi monyet dan menjualnya. Namun lama - kelamaan, akhirnya "stok" monyet di hutan pun habis. Para penduduk jadi kebingungan, terutama karena si pedagang kaya menginformasikan bahwa harga monyet makin mahal hingga menyentuh angkaaRp 5 juta per ekornya.

"Silahkan kalian cari monyet ke hutan lain. Kan lumayan, harganya sekarang 5 juta," ujar si pedagang. "Oh ya, saya besok mau pergi ke luar kota. Nanti kalau saya balik, semoga sudah ada monyet yang bisa saya beli dari kalian. Rp 5 juta per ekor!!" Lalu si pedagang pun pergi. Setelah itu, seorang asistennya mendatangi para penduduk dan berkata, "Saya punya banyak stok monyet nih. Coba kalian beli. Harganya Rp 3 juta per ekor. Nanti kalau bos saya balik ke sini, kalian jual 5 juta. Kan lumayan, untung 2 juta per ekor." Para penduduk sangat tergiur mendengar ucapan itu. Mereka pun ramai-ramai membeli monyet dari si asisten.

Yang punya uang tentu bisa langsung membelinya. Yang tidak punya uang, mereka terpaksa jual tanah, jual kendaraan, bahkan jual rumah, agar bisa membeli monyet-monyet tersebut, berharap dari hasil jualan harta bendanya ini nanti akan mendapat untung lebih banyak. Dalam waktu singkat, monyet-monyet tersebut pun ludes terjual.

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Setelah itu, si asisten pergi, tak pernah kembali lagi. Si pedagang kaya pun tidak pernah kelihatan batang hidungnya. Maka para penduduk pun menangis darah. Sebab, mereka kini memiliki banyak "stok" monyet, tapi tidak bisa di apa- apakan. Mau dijual pun, tidak ada yang beli. Monyet kembali menjadi hewan yang tidak ada harganya, sama seperti sedia kala.

****

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Nah, inilah gambaran untuk bisnis NFT. Ini juga gambaran untuk bisnis batu akik, bisnis pohon janda bolong, dan sebagainya, atau bisnis-bisnis sejenis yang dulu sempat booming, yang sudah ane bahas diawal tadi.

Benda yang sebenarnya "tidak berharga", tapi bisa terjual dengan harga jutaan hingga miliaran. Lha kok bisa? Ya, karena ada "aktor" yang menjalankan strategi "bisnis monyet" ini. Banyak pengamat yang mengatakan bahwa foto-foto selfie Gozhali yang laku sampai miliaran rupiah itu cuman settingan belaka. Tujuannya supaya masyarakat beramai-ramai membeli NFT. Dan tanpa sadar, mereka terjebak pada permainan "bisnis monyet" ini. Mereka berivestasi pada barang yang sebenarnya "tidak ada harganya" hanya karena tergiur oleh keuntungan yang sudah ada di angan - angan.

Sekali lagi, tanpa bermaksud menganggap NFT sebagai sebuah hal yang negatif, tetapi hanya sekedar mengingatkan saja. Bahwa, NFT itu bukan sebagai sebuah investasi yang menjanjikan. Layaknya aset crypto lain yang bisa naik "to the moon", tapi juga bisa juga dalam sekejap terhempas. NFT cocok buat Gansis yang memang punya selera seni yang tinggi, tentu di sertai dengan kantong yang tebal pula.

Thread ini untuk meramaikan
Forum NFT Indonesia


Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Terlampir




Bisnis NFT = Bisnis Monyet?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
exPeRience dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
komunitas-nft-indonesia
Komunitas NFT Indonesia
597 Anggota • 442 Threads
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
04-02-2022 23:47
wih keren threadnya
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
06-02-2022 14:20
Sedikit yang berani terus terang begini
profile-picture
jerryreality850 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
07-02-2022 08:51

Nftart

Bikin grup kumpulan nft abstract dong,LG bangun projek nft sapatau ada yang minat,old building abstract house is now for sale!! With 1/1 edition
Floor price : 0.001 - 0.04 ETH
Market place : Opensea
https://opensea.io/assets/matic/0x2953399124f0cbb46d2cbacd8a89cf0599974963/54485338391895880665046126256976213204811701848869254600630955862173117579265
#NFTCommunity #NFTinvestor #nftindonesia #abstractnft #nftcollector #NFTCollection #opensea #NFT
0 0
0
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
17-06-2022 20:35
sekarang sudah bulan juni 2022 dan pasar nft di opensea masih buka terus kok, lelang nft masih rame aja dan masih banyak ornag modal kamera burem konversin ke nft dapat duit hasil lelang jutaan dollar situ emang ngapain aja selama ini ?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
25-06-2022 18:31
emg klo monyet ga boleh dagang nft???
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
2 0
2
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
27-06-2022 10:58
BETUL bill gates sendiri yg bilang kalo bisnis NFT dan crypto itu bisnis bodoh, investasi kok untuk hal gak berguna, emang yg dibeli dari NFT bisa didayagunakan? begitu juga dgn crypto. kalo investasi tanah, usaha real, bank jelas menguntungkan secara nyata dan bisa di dayagunakan assetnya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
11-07-2022 12:27
yg maen juga bre :iloveindoesia
0 0
0
Bisnis NFT = Bisnis Monyet?
02-08-2022 10:28
ane setuju, bisnis NFT model monkey business dan penuh spekulasi
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia