News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61eaa132ed444b508d03a673/kompolnas-jangan-beri-jalan-mobil-berpelat-rf-dan-pelat-hitam-meski-gunakan-rotator
JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Pudji Hartanto menjelaskan soal aturan penggunaan rotator, sirine atau lampu strobo pada kendaraan. Dia menegaskan hanya kendaraan-kendaraan tertentu yang berhak menggunakan perangkat-perangkat tersebut dan harus didahulukan. Sementara untuk kendaraan dengan nomor pelat hitam yang menggunakan rotator, lampu strobo atau men
Lapor Hansip
21-01-2022 19:04

Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator

Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Pudji Hartanto menjelaskan soal aturan penggunaan rotator, sirine atau lampu strobo pada kendaraan.

Dia menegaskan hanya kendaraan-kendaraan tertentu yang berhak menggunakan perangkat-perangkat tersebut dan harus didahulukan.
Sementara untuk kendaraan dengan nomor pelat hitam yang menggunakan rotator, lampu strobo atau menyalakan sirine, tidak perlu didahulukan oleh masyarakat.
“Saya mengimbau, apabila ada bunyi-bunyi, dan dia tidak menggunakan pelat nomor dinas, masyarakat bisa untuk ikut menghalangi. Bukan memberikan jalan,” ujar Pudji Hartanto saat menjadi narasumber program Sapa Indonesia Malam, di Kompas TV, Kamis (20/1/2022).

Pudji menyampaikan ini karena menurutnya, Kompolnas menerima banyak pengaduan dari masyarakat soal penggunaan rotator atau sirine yang membingungkan.
Menurut Pudji masyarakat kerap ragu soal aturan penggunaan rotator, dan khawatir menghalangi kendaraan pejabat.
Padahal, kata Puji, tidak semua kendaraan milik pejabat perlu didahulukan.
Misalnya kendaraan berpelat hitam dengan kode huruf RF (Rahasia Fasilitas), tidak perlu didahulukan.

“Semua pelat hitam sama di mata hukum,” tegas Pudji yang juga mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri pada 2012-2014.
Karena sama di mata hukum, maka kendaraan berkode RF tidak memiliki keistimewaan untuk didahulukan meski dengan lampu rotator dan tidak memiliki keistimewaan di jalur ganjil genap.

“Tidak ada prioritas dibanding pengguna jalan lainnya,” papar Mantan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini.

Lantas kendaraan apa yang harus didahulukan di jalan?

Pudji menjelaskan jenis kendaraan yang harus didahulukan antara lain ambulans, pemadam kebakaran, kendaraan dinas polisi, juga kendaraan dengan pengawalan atau VIP.
Adapun kendaraan berkode RF hanya menandakan kekhususan untuk instansi pemerintahan, tetapi tidak memiliki keistimewaan dibanding kendaraan lain di jalan raya.   
“Tidak sama sekali membedakan dengan pengguna jalan lain. Sama di mata hukum,” ujarnya lagi.

sumber berita

Awak dan si Udin selalu beri jalan karena awak takut digebukin emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
go.gone dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.7K Anggota • 629.3K Threads
Halaman 1 dari 2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:11
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:12
aduhh...kalo di tol mrk lagunya ky yg lbh dr presiden aja, emoticon-Cape d... (S)
yg urusannya maha penting emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
go.gone dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:17
halah pret.. emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:18
Ah malas ribut kl gw sih ksh aja jalan drpd diladenin buang waktu dan berisik dengerin toanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
go.gone dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:19
masalahnya 'ra minggir ketabrak'

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

dihalangi, diserempet

emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah

terus kluarin senjata

emoticon-Malu

repot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:27
Emang tai lah
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:27
lah kalo dihalangin bisa keluar pistol nya😅
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:28
Daripada spion pecah, kasi jalan ae. Dash cam kan ga ngerekam 360 derajat, tar dibawa perkara malah kita yg dihajar karna nda punya barbuk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:29
Yang boneng?
Kalo di gebukin apa spion patah mau kompolnas ganti??
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan Adit.m.n memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:30
Daripada ribet mending ngalah, mau benar atau salah pasti urusannya panjang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:38
Car anti Teloris!

Seandainya modif bigfood bebas di jalan raya!

Tak tiban iku yang "kemlinti" di jalanan tol tadi! emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik

Sayang-e ndak bole! emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 19:39
Quote:Original Posted By masseey
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator


“Saya mengimbau, apabila ada bunyi-bunyi, dan dia tidak menggunakan pelat nomor dinas, masyarakat bisa untuk ikut menghalangi. Bukan memberikan jalan,” ujar Pudji Hartanto saat menjadi narasumber program Sapa Indonesia Malam, di Kompas TV emoticon-Smilie


Knp harus masyarakat.. ☹️☹️

Suruh petugas menertibkan plat mobil rf pakai stroboemoticon-Ngakak


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 20:14
Trs kau terbitkan rf buat apa skrgemoticon-Ngakak tinggal kau hilangkan aj rf .gk usah pusing kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 20:36
Jamin bebas arogan sama pengrusakan ga pak ? secara yang punya Bushmen semua
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 20:52
Harusnya jangan masyarakat yang disuruh pak. Pelayan kami lah yang harus bertindak untuk hal itu.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 21:02
secara kenyataan, saya lebih baiknya mengalah dengan alasan kaga punya superhuman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 21:09
Klo plat ijo gmn
profile-picture
caseopia memberi reputasi
1 0
1
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 22:02
Oh, saya kira RF kebal hukum
0 0
0
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 22:04
Gia sih emang gK pernah kasih jalan buat yg begituan
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Kompolnas: Jangan Beri Jalan Mobil Berpelat RF dan Pelat Hitam Meski Gunakan Rotator
21-01-2022 22:57
Ga kasih jalan tuh rotator bikin silau mata.
Dan sudah bukan rahasia umum lagi mobil2 pribadi yang ada rotator itu kebanyakan punya aparat / pejabat / pengusaha yang punya backing.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia