Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea91ac2106045cb856ee8a/bahayanya-sampah-makanan-untuk-kehidupan
Kembali lagi dengan thread sederhana, dengan pembahasan yang sederhana dan seperti biasa tidak sebooming thread yang memberikan pengetahuan tentang dada dan paha wanita dewasa.
Lapor Hansip
21-01-2022 17:57

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Kembali lagi dengan thread sederhana, dengan pembahasan yang sederhana dan seperti biasa tidak sebooming thread yang memberikan pengetahuan tentang dada dan paha wanita dewasa.

Kali ini kita akan membicarakan tentang sampah makanan, atau makanan sisa yang agan tidak habiskan. Biasanya hal ini sering terjadi di restoran atau di undangan massal, banyak sekali makanan sisa yang terbuang karena kita mengambilnya terlalu banyak.

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Atau memang porsi makan kita sedikit karena sedang diet, tapi membahas hal ini akan menarik karena bukan saja mubazir namun berdampak pada hal yang lebih luas lagi. Apakah itu?

Makanan sisa yang tiap hari kita buang, itu menyebabkan 1,5 juta bayi diseluruh dunia meninggal akibat kurang gizi dan kelaparan. Dan hal itu tidak kita sadari, padahal virus yang saat ini menjadi pandemi, hingga memiskinkan banyak orang dan memperkaya sebagian yang lain lebih ditakuti dan diwaspadai.

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Kenapa seperti itu?

Pertama adalah masalah kemanusiaan, menurut data Menteri lingkungan hidup.

Quote:

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2020 menyebutkan bahwa sampah makanan merupakan jenis sampah terbanyak yang timbul, yaitu 39,8 persen dari seluruh jenis sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia.

Sumber kutipan https://www.kompas.com/food/read/202...rius-?page=all



Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Jadi sekitar 300kg/orang pertahun. Jadi itu bila dikalkulasikan dari semua jumlah penduduk bisa lebih berat 5x lipat daripada monas.

Untuk Jakarta saja 7.500 ton/hari sampah makanan yang dibuang. Sedangkan kita tahu Indonesia bukan negara dengan ekonominya yang maju, masih banyak saudara di tempat lain dan tetangga yang kekurangan dana untuk membeli makanan.

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Bahkan di berita awal tahun 2022, sudah diberikan angka kelaparan yang cukup membuat kita geleng-geleng kepala.

Bahkan jumlah anak yang mengalami stunting atau kurang gizi juga cukup besar di Indonesia, bahlan estimasi UNICEF, ada 31,8 persen anak stunting di Indonesia, sehingga di tahun 2021 meraih predikat very high (sangat tinggi).

Uniknya 1,3 juta ton per tahun sampah makanan yang dibuang itu, kalau dirupiahkan menghasilkan Rp 27 triliun. Bayangkan Indonesia yang rakyatnya masih ada yang miskin, tapi tanpa sadar membuang Rp 27 trilliun setiap tahunnya. Sedangkan setelah itu negara disuruh berhutang untuk menstabilkan harga dengan impor bahan pangan.

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Lalu yang kedua masalah lingkungan hidup, karena menimbulkan gas metana yang menimbulkan efek rumah kaca yang lebih tinggi. Maka akan berdampak pada pemanasan global di seluruh dunia, bayangkan di Indonesia saja sudah banyak seperti itu apalagi di negara lain dengan populasi yang juga cukup banyak, seperti Cina dan India. Maka efek pemanasan global menjadi lebih cepat, hingga terjadi perubahan iklim.

Belum lagi masalah dimana bisa terjadinya ledakan gas metana itu tentu bisa mengakibatkan korban jiwa, bahkan air lindi atau air hujan yang mengenai sampah makanan bila masuk ke area sungai akan merusak ekosistem mahluk hidup dan akan ada banyak hewan yang punah lebih cepat.



Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Menariknya Indonesia yang bukan negara maju ternyata menjadi negara terbesar kedua dalam menghasilkan sampah di dunia, dimana yang pertama adalah Arab Saudi, yang ketiga Amerika dan keempat adalah Uni Emirat Arab.

Anehkan? Indonesia bersanding dengan negara kaya, padahal faktanya kaya hutang, kaya korupsi, hingga merusak segala sisi baik sisi kemanusiaan maupun lingkungan hidup.

Untuk itu bijaklah dalam mengkonsumsi makanan, karena disaat kamu membuang makanan disisi lain ada banyak manusia yang merintih perih karena perutnya tak terisi.

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk untuk memberikan balasan
green-lifestyle
Green Lifestyle
655 Anggota • 2.5K Threads
Halaman 1 dari 3
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
21-01-2022 18:28
Ada dua jenis sampah kali yak..

-Sampah bahan makanan (raw)
-Sampah makanan jadi

Kalo bahan makanan mungkin infrastruktur kita sering buruk, pengiriman terhambat... maka sayuran atau buah jadi basi/rusak.

Kalo makanan jadi... mungkin kita ini negara yang makanannya macem macem contohlah sayur asem... Yang kebuang banyak.. kayak melinjo, daunnya gak dimakan kadang asem pun nggak dimakan.. emoticon-Big Grin

Tapi namanya kelaparan itu hubungannya kemiskinan... Mau diurus kayak apa juga tetep ada.

Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
2pic dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
21-01-2022 22:42
trus langkah pencegahannya atau mengatasinya food waste gmn gan cap?

makanan sisa dikasi jadi donasi pun, ga efektif.

masyarakat di edukasi buat ngabisin makanan tanpa sisa juga ga ngefek, kalo makanan tsb ga bisa di makan / sebaiknya tidak dimakan akhirnya dibuang jadi sampah. kue uda di gigit, ga enak, ga mungkin juga di kasi ke orang/ dijual lagi

soal gas metan,

di olah jadi pakan ternak, tapi tetap aja, peternakan juga sumber gas metan. peternakan ini katanya penghasil gas metan terbesar.
Diubah oleh double.jump
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
21-01-2022 22:43
Ga semua makanan yang dibuang itu layak konsumsi yah gan, jadi hitungan 27 trilyunnya menurut gua ga mempertimbangkan kondisi makanan sebelum dibuang, asumsinya semua layak konsumsi, di mana realitanya ga begitu, masa mau samain tomat busuk sama tomat segar abis dipetik soal harga?....emoticon-Nohope

Tapi ya walaupun benar menyia2kan makanan itu sebisa mungkin dihindari, jangan lupa kalau badan sama kesehatan lo lebih berharga ketimbang bela2 konsumsi makanan hampir expired atau maksa habisin makanan sisa kemaren atas nama penghematan dan nyelamatin bumi emoticon-Ngacir

Diubah oleh hhendryz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
22-01-2022 04:55
beginilah kehidupan, yg banyak duit buang2 makanan
yg missqueen kekurangan makanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
22-01-2022 10:34
Jadi solusinya gmana gan?
Kalau sisa makanan disumbangkan ke org lain juga mereka g mau gan, dikasih ke hewan terlantat sepertinya bisa ya, atau didaur ulg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
22-01-2022 20:41
Makanan sisa padahal bisa buat kasih makan ternak B2, tp susah lah di negeri ini. Jadikan pupuk aja.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:07
Di daerah saya ada orang yang datang ngambilin sisa makanan bekas hotel buat ternaknya. Win2 solution deh, hotel ga pusing lagi buang limbah...
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:18
anak2 afrika menangis melihat ini
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:19
Omg..... di RI jd pnghasil sampah makanan no 1 sedunia, kok bs sih, gan.......knp mlh ada budaya spt itu ya disini......
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:30
Yuk dimulai dengan mengganti pola pikir
Mari menjadi manusia yang "Makan untuk hidup" dan berhentilah menjadi manusia yang "Hidup untuk makan".
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:47
indonesia bisa bersanding dgn negara kaya dalam membuang sampah makananemoticon-Leh Uga

sementara itu...di africa banyak busung lapar emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 07:53
Makasiih infonya gan.. Ternyata sebahaya itu efek dari sampah makanan.. Mulai sekarang kita harus benar2 bijak dalam mengkonsumsi makanan agar bisa meminimalisir sampah makanan..
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:02
alhamdulillah ane kalo makan sesuai-in sama porsi n keinginan ane, jadi jarang ada sampah makanan sisa gitu di tempat sampah, paling bungkusan plastiknya yang numpuk emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:03
Makan semampunya perut ente, ambil berlebihan akhirnya toh dibuang karna udah kenyang. Gak kasihan ama yg kelaparan diluar sono?emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
jlamp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:09
Sampah makanan paling banyak itu kalo lagi ada acara nikahan.. liat aja itu tamu2 ambil makanan aebanyaknya lah yg dimakan dikit banyakan jadi sampah.. apa gak bisa ya ambil makanan seauai porsi perut aja biar gak mubazir jasi sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:23
Makanya saya kadang protes kalau makan pada gak habis.....sudah susah mencari makan eh dapat makan malah dibuang. kan sayang banget. banyak orang yang belum bisa makan .....masih susah. jadi kita harus juga bijak dalam mengelola makanan kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:35
hilangnya empahti dn simpati
semoga makin peka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Bahayanya Sampah Makanan Untuk Kehidupan!
25-01-2022 08:46
Petani kl panen dan harga anjlok suka buang sayur juga.

Di Supermarket, kalau buah/sayurnya udah jelek dibuang. Tapi indonesia lebih mending dari US. Coba di amerika ceker ayam pasti dibuang, di kita dimakan.
Pernah juga nonton film food inc, di amerika bahkan sayur buah yang masih bagus aja suka dibuang. Karena penduduk kita banyak aja, jadi kelihatan food waste-nya banyak.

Bisa jadi kita banyak sampah organik karena semua bahan makanan dimakan. Contoh, bayam, kangkung, biasanya kan gagang/batangnya suka dibuang. Orang luar mana ada yg makan begituan. Jadi mereka nggak buang batang sayur karena memang nggak makan.
Diubah oleh matcha.tea.1402
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia