Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea8d079bfdeb56dc44fc50/bagaimana-introvert-bisa-menjadi-pembicara-publik-yang-percaya-diri
Berbicara di depan umum sering tampak seolah-olah berjalan seiring dengan ekstroversi karena ekstrovert jauh lebih betah di tengah keramaian. Faktanya, banyak definisi mengatakan bahwa ekstrovert mendapatkan energi dari berada di sekitar orang lain, sementara introvert kehilangannya. Memang benar bahwa ekstrovert memiliki kelebihan alami, tetapi bukan berarti introvert juga tidak bisa menjadi pemb
Lapor Hansip
21-01-2022 17:37

Bagaimana Introvert Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Percaya Diri

Bagaimana Introvert Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Percaya Diri



Berbicara di depan umum sering tampak seolah-olah berjalan seiring dengan ekstroversi karena ekstrovert jauh lebih betah di tengah keramaian. Faktanya, banyak definisi mengatakan bahwa ekstrovert mendapatkan energi dari berada di sekitar orang lain, sementara introvert kehilangannya.

Memang benar bahwa ekstrovert memiliki kelebihan alami, tetapi bukan berarti introvert juga tidak bisa menjadi pembicara publik yang percaya diri. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa CEO paling sukses adalah introvert.

Jadi tidak ada apa-apa tentang menjadi seorang introvert yang secara inheren berarti Anda tidak bisa menjadi pembicara publik yang baik. Ini hanya kasus mempelajari apa yang Anda bisa untuk berada dalam posisi yang lebih baik untuk menyampaikan pembicaraan Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui jika Anda seorang introvert yang ingin menjadi pembicara publik yang lebih baik.

Quote:Kunjungi : jasa video company profile, jasa video animasi, jasa digital marketing



Bagaimana Introvert Bisa Menjadi Pembicara Publik yang Percaya Diri


1. Latihan, latihan, latihan

Latihan benar-benar membuat sempurna, dan ada juga beberapa kebenaran dari pepatah, "apa yang tidak membunuh kita membuat kita lebih kuat". Sebagai introvert, berbicara di depan umum dapat menjadi pengalaman yang menakutkan pada awalnya, tetapi setiap kali kita melakukannya dan keluar dari sisi lain, itu membuatnya sedikit lebih mudah untuk melakukannya di lain waktu.

Berlatih sebelum keterlibatan berbicara Anda akan membantu memberi Anda kepercayaan diri ekstra ketika Anda akhirnya naik ke panggung, tetapi tidak ada yang cukup untuk berbicara di depan audiensi langsung. Sebisa mungkin Anda tidak menginginkannya, Anda harus mencoba memanfaatkan setiap kesempatan yang Anda miliki untuk berbicara di depan sekelompok orang sehingga Anda mulai merasa lebih betah dengannya.

2. Rangkullah kegugupan Anda

Ini mungkin terdengar gila, tetapi orang lebih berhubungan dengan orang yang menunjukkan kelemahan dan kegugupan. Banyak orang membenci gagasan berbicara di depan umum, bahkan berbicara di depan umum telah diklaim sebagai fobia paling umum di dunia.

Cobalah untuk tidak khawatir kegugupan Anda terlihat, karena meskipun demikian, itu hanya menunjukkan bahwa Anda manusia dan bukan robot. Pembicaraan Anda akan terlihat lebih tulus, dan itu akan memberi Anda keunggulan yang dapat membantu membuat pembicaraan Anda lebih berkesan.

3. Fokus pada hasil

Apa yang akan diambil audiens dari pidato Anda adalah hasil yang paling penting, jadi Anda harus fokus untuk tetap berada di jalurnya sebanyak mungkin. Ingatlah hal itu selama presentasi Anda, dan jika Anda mulai merasa gugup di atas panggung, ingatkan diri Anda tentang apa yang ingin Anda capai.

Anda harus mengidentifikasi hasil yang ingin Anda capai dengan baik sebelumnya karena itu akan memungkinkan Anda untuk menyusun presentasi Anda di sekitar pesan yang ingin Anda sampaikan. Dan itu membawa kita dengan baik ke poin berikutnya.

4. Lakukan banyak persiapan

Persiapan adalah kunci keberhasilan presentasi apa pun, tetapi para introvert, khususnya, dapat mengambil manfaat dari beberapa waktu persiapan karena itu adalah sesuatu yang dapat mereka lakukan sendiri daripada harus bekerja sebagai bagian dari kelompok.

Namun, ingatlah bahwa mungkin juga untuk mempersiapkan secara berlebihan, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu dalam tahap persiapan dan perencanaan tanpa pernah benar-benar membangun dek slide atau mengasah presentasi Anda. Anda juga ingin meninggalkan ruang gerak sehingga Anda dapat melakukan adlib atau mengubah presentasi dengan cepat.

5. Fokus pada penonton

Salah satu tantangan menjadi seorang introvert sebagai pembicara publik adalah mudah tersesat karena terlalu fokus pada diri sendiri daripada memikirkan audiens. Ketika Anda melakukan itu, Anda bisa terjebak dalam spiral pikiran dan serangan panik.

Tetapi Anda juga perlu ingat bahwa meskipun Anda yang ada di atas panggung, itu sebenarnya bukan tentang Anda. Ini sebenarnya tentang audiens, orang-orang yang Anda ajak bicara. Dengan berfokus pada mereka alih-alih melihat secara internal dan mengkritik diri sendiri atau khawatir tentang bagaimana Anda datang, Anda dapat lebih baik menyampaikan informasi yang Anda ada di sana untuk disampaikan.

6. Kembalikan energi dengan waktu sendirian

Mengingat bahwa introvert didefinisikan sebagai orang yang mendapatkan energi dari kesendirian, dibandingkan dengan bersama orang lain, wajar jika Anda merasa lelah setelah berbicara di depan umum. Jangan takut untuk mematikan ponsel Anda dan menghabiskan waktu sendirian setelah pembicaraan selesai, meskipun itu berarti hanya duduk di kamar hotel dengan buku yang bagus.

Kebanyakan pembicara publik terlalu fokus pada penyampaian, dan jika mereka memikirkan hal lain, itu adalah perencanaan dan persiapan. Mereka lupa bahwa bagian pasca-presentasi sama pentingnya, terutama jika Anda berencana untuk sering berbicara. Anda perlu menghargai diri sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik dengan memberi energi kembali dengan waktu sendiri sehingga ketika Anda memikirkan kembali keterlibatan berbicara Anda, Anda memiliki kenangan yang menyenangkan untuk dilihat kembali.

7. Berpura-puralah sampai Anda berhasil

Ini mungkin terdengar seolah-olah kami meminta Anda untuk menjadi seseorang yang bukan Anda, tetapi kenyataannya, ini lebih seperti cara presenter TV dan YouTuber sering menonjolkan aspek tertentu dari kepribadian mereka untuk membuat konten mereka lebih menarik.

Idenya di sini adalah agar Anda berpura-pura bahwa Anda seorang ekstrovert dan pada dasarnya menonjolkan bagian-bagian kepribadian Anda yang sebenarnya sangat suka berada di sekitar orang. Anda tidak dapat melakukan ini selamanya atau Anda akan kehabisan tenaga, tetapi ini dapat bekerja dengan cukup baik dalam jangka pendek untuk membantu Anda memulai atau membantu Anda melalui presentasi besar.



Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa tips utama kami tentang bagaimana introvert dapat menjadi pembicara publik yang lebih percaya diri, terserah Anda agar Anda dapat mempraktikkan apa yang telah kita bicarakan hari ini. Anda mungkin terkejut dengan betapa efektifnya mereka — tetapi lakukan dengan mudah!

Sekarang, kami ingin menyerahkannya kepada Anda, sehingga Anda dapat berbagi pengalaman Anda sebagai pembicara publik yang introvert. Apa yang Anda temukan bekerja untuk Anda? Pastikan untuk memberi tahu kami di komentar sehingga kami dapat melanjutkan diskusi.


0
Masuk untuk memberikan balasan
education
Education
3.3K Anggota • 16.5K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia