Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea80b482147f0d9951c4ee/cerita-pilu-di-balik-keindahan-hawaii
Dalam film, biasanya hawaii identik dengan sosok perempuan yang menari tarian hula. Kepulauan yang berada di kawasan Oseania ini baru menjadi negara bagian Amerika Serikat pada 21 Agustus 1959, dan menjadi satu-satunya negara bagian yang terpisah dari benua Amerika.
Lapor Hansip
21-01-2022 16:45

Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii

Past Hot Thread
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii

Dalam film, biasanya hawaii identik dengan sosok perempuan yang menari tarian hula.
Kepulauan yang berada di kawasan Oseania ini baru menjadi negara bagian Amerika Serikat pada 21 Agustus 1959, dan menjadi satu-satunya negara bagian yang terpisah dari benua Amerika.
Adapun penduduk asli di sana adalah suku Hawai'i, keturunan pelaut Polinesia. Kemudian, pada 10 Januari 1778, untuk pertama kalinya penduduk Hawaii berkontak langsung dengan pendatang Eropa, James Cook, seorang penjelajah Inggris, yang gemar melakukan ekspedisi ke berbagai belahan dunia.

Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
Kerajaan Hawaii

Di akhir abad ke-18, terjadi perang antar kepala suku yang disebabkan oleh ambisi untuk memperebutkan kekuasaan kerajaan. Kala itu, kepala suku yang menanglah yang berhak menjadi penguasa Hawaii.

Setelah melewati masa perang, terpilih satu kepala suku yang akan menjadi penguasa Hawaii, yang kini dikenal sebagai Raja Kamehameha Agung, pendiri Dinasti Kamehameha di tahun 1795.

Kala itu, untuk mendirikan Kerajaan Hawaii, Raja Kamehameha bersama beberapa pelaut Inggris seperti Alexander Adams dan John Young, mendapat persenjataan modern khas negara barat.

Di masa kekuasaannya, gula menjadi komoditas yang paling makmur. Pada 1810 ia juga berhasil menyatukan suku-suku di Kepulauan Hawaii, mengembangkan persahabatan dengan berbagai kekuatan besar di Samudera Pasifik, mempertahankan kemerdekaan, serta memelihara kemakmuran dan perdamaian di Hawaii.

Memasuki 1887, banyak orang Amerika yang berdatangan, dan secara perlahan menggeser sistem kerajaan menjadi sistem monarki konstitusional yang menguntungkan pengusaha liberal.

UU Tarif

Di samping itu, pada tahun 1890, kemakmuran Hawaii juga mulai terganggu lantaran adanya Undang-Undang Tarif McKinley, yang memberlakukan tarif tinggi pada setiap gula impor yang masuk ke Amerika. Hal ini bertujuan untuk menghentikan impor gula dari luar agar penjualan gula lokal tidak menurun.

Sekelompok ekspatriat Amerika Serikat pun memiliki ide licik untuk menggabungkan kepulauan Hawaii dengan Amerika Serikat. Oleh karenanya mereka mengatur strategi untuk menggulingkan kekuasaan kerajaan.

Tiga tahun berselang, tepatnya pada 17 Januari 1893, angan-angan mereka terealisasi. Warga asing yang menetap di Honolulu, yang mayoritas adalah warga Amerika Serikat, melakukan kudeta terhadap Ratu Liliuokalan ke pulau Oahu.

Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
Ratu Liluonakalani, raja terakhir Hawaii


Para warga bersama armada Angkatan Laut Amerika USS Boston, Marinir Amerika, dan kapal swasta lainnya. Ratu Liliuokalani, berusaha keras dengan berbagai upayanya untuk mengembalikan eksistensi Hawaii.

Kudeta

Namun pada akhirnya sekelompok orang Amerika Serikat itu berhasil menggulingkan kekuasaannya. Lantas mereka langsung mendirikan Pemerintahan Sementara Hawaii yang kemudian berubah menjadi Republik Hawaii.

Angan-angan ini terwujud di tahun 1898. Di tahun itulah Hawaii mulai menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-50, dengan Sanford Dole sebagai gubernur Amerika pertama.
Nasib pilu Ratu Liliuokalani. Bahkan hingga tahun 1917, menjelang kematiannya, ia terus berupaya mencari dukungan demi mengembalikan eksistensi kerajaannya. Namun hal itu terasa sia-sia.

Setelah menjadi bagian Amerika Serikat di tahun 1898, Ratu Liliuokalani membuat sebuah lagu “perpisahan” berjudul Aloha ‘Oe. Versi lainnya mengatakan bahwa lagu ini pernah dinyanyikan sang ratu ketika mengunjungi Amerika di tahun 1877 – 1878.

Ia sengaja menulis lagu ini ketika melihat sepasang kekasih saling berucap selamat tinggal di bawah temaran cahaya bulan.

Akhirnya, pada 21 Agustus 1959, barulah Hawaii resmi menjadi negara bagian Amerika Serikat ke-50.

Sumber Disini gan !!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 2
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
21-01-2022 17:01
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
22-01-2022 00:15
Jadi Negara bagian ke-50emoticon-Recommended Seller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
22-01-2022 00:41
Hampir sama ceritanya dengan perjuangan gerakan daerah di era londo, di sana baru menerima keterbukaan dengan bangsa luar sehabis pergolakan panjang antar suku, akan tetapi sayang karena ambisi AS yang ane belum tahu semenjak pemberlakuan pajak impor gula sehingga akhirnya malah mencaplok daerah yang menjadi cikal bakal negara bagian mereka dan pertanyaan kenapa alasan mereka terutama AS untuk mengambil alih kemudian malah hampir seluruh rakyatnya tidak mau menuntut untuk merdeka walau pergerakan bawah tanah masih ada perlawanan buat pihak paman sam?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan bam09 memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
22-01-2022 18:28
Raja GOKU Kamehameha
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 05:36
Oh ini referensi Kamehameha yang selama ini gw pake
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 05:54
Salah satu negara bagian dgn living cost termahal di US emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 05:56
org2 eropa yg akhirnya bikin negara USA ternyata licik2 y di era segitu emoticon-Mad
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:16
Dan James Cook tewas dibunuh di Hawaii
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:21
Namun semuanya berubah saat negara amrik menyerangemoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:23
Aquaman menjadi perwakilan Hawaii di marvel
nama lengkapnya Joseph Jason Namakaeha Momoa

Diubah oleh ushirota
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:35
Terus sekarang kenapa rakyat hawaii gak minta referendum seperti di papua
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:44
Jason Momoa & The Rock orang Hawaii ya?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 06:57
Honollulu
0 0
0
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:17
paerl harbour itu juga d hawaii kah?
profile-picture
bam09 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:35
Kurang pilu sepertinya
0 0
0
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:46
profile-picture
Namikazemaru memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:47
dunia politik begitu banget ya?emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:48
Licik juga caranya, tuh pendatang juga ga tahu diri, udah datang malah kudeta si ratuemoticon-Ngakak,

Btw si ratu komuknya mirip the rock Dwayne Johnsonemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bam09 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Pilu di Balik Keindahan Hawaii
25-01-2022 07:56
pendatang ga tau diri. di wakanda juga gitu emoticon-Leh Uga
profile-picture
rubah007 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia