Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ea1f72483c801f0b4fd6d2/5-band-indonesia-era-2000an-yang-justru-makin-terkenal-setelah-ganti-vokalis
Sejenak kita kembali melihat kejayaan band Indonesia di era 2000an di mana saat itu industri musik Indonesia masih menggeliat dengan banyaknya album yang dirilis dan tidak seperti sekarang yang marak cover lagu seolah tak mampu membuat karya sendiri. Kala itu bermunculan band dari berbagai genre namun pada akhirnya pop melayu lah yang mendominasi.
Lapor Hansip
21-01-2022 09:50

5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis

Sejenak kita kembali melihat kejayaan band Indonesia di era 2000an di mana saat itu industri musik Indonesia masih menggeliat dengan banyaknya album yang dirilis dan tidak seperti sekarang yang marak cover lagu seolah tak mampu membuat karya sendiri.

Kala itu bermunculan band dari berbagai genre namun pada akhirnya pop melayu lah yang mendominasi.

Akan tetapi, berbicara tentang band tentu erat kaitannya dengan vokalis. Peran vokalis sangat penting dalam sebuah band, dialah front man dan juga wajah dari band itu sendiri. Ganti gitaris atau basis mungkin tidak terlalu berpengaruh. Tapi ganti vokalis tentunya adalah hal yang krusial.

Beberapa band malah langsung redup setelah ganti vokalis. Mereka adalah Drive, ST12, Kerispatih, dll. Ada juga band yang ganti vokalis tapi kemudian memutuskan vokalis lama seperti yang dilakukan Jamrud dan Kangen Band.

Hanya segelintir band yang ganti vokalis tapi mampu menjaga eksistensinya bahkan lebih terkenal. Berikut ini adalah pembahasannya.


Ada Band

5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis

Ada Band didirikan pada 1996 dan yang menjadi vokalisnya saat itu adalah Ibrahim Imran atau yang kita kenal sebagai Baim. Pamor Ada Band ketika vokalisnya masih Baim terbilang cukup sukses. Namun pada 2001, Baim mengundurkan diri. Pada 2002 posisinya digantikan oleh Donnie Sibarani. Menariknya, justru popularitas Ada Band kian menanjak. Ada Band melahirkan single hits seperti Manusia Bodoh, Surga Cinta, Karena Wanita, dan masih banyak lagi.

Donnie sendiri keluar dari Ada Band pada 2017 dan digantikan oleh Indra Sinaga 2020.


Dewa 19
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
Band yang paling sukses setelah ganti vokalis tentu saja adalah Dewa 19 yang digawangi oleh Ahmad Dhani. Didirikan pada 1986 dan masuk rekaman pada 1992, Dewa 19 meraih popularitas yang cukup di era 90an bersama Ari Lasso sebagai vokalis. Sayangnya, Ari kecanduan Narkoba dan memutuskan untuk keluar dari band untuk.berfokus pada melepaskan dirinya dari adiktif obat terlarang.

Dhani menemukan Once sebagai vokalis baru. Alih-alih redup, Dewa 19 justru berevolusi besar-besaran dan semakin terkenal berkat perubahan warna musiknya.

Seventeen

5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis

Band yang terkena musibah tsunami saat manggung pada 2018 lalu ini berdiri pada 1999 dan sudah berkali-kali berganti vokalis. Sebelum Ifan bergabung, yang menjadi vokalisnya adalah Yohan Doni Saputro dari 2001 hingga 2006 dan menelurkan dua album.

Barulah pada 2008, saat Ifan didaulat menjadi vokalis dan merilis album Lelaki Hebat, Seventeen langsung booming dan menghasilkan berbagai hits.

Pada 2018, musibah tsunami selat sunda membuat ketiga personel Seventeen meninggal. Mereka adalah Bani (bassis), Herman (gitaris), dan Windu Andi Darmawan (drumer).

Five Minutes

5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis

Band yang digawangi oleh Ricky Tjahyadi ini berdiri pada 1991 dengan Sanny sebagai vokalis. Di era 90an, Five Minutes dikenal sebagai band sarung karena para personilnya pakai sarung saat tampil. Popularitasnya pun cukup dikenal oleh sebagian pecinta musik tanah air.

Pada 2006 Sanny keluar dari band ini. Richie Setiawan menggantikannya dan merilis album Rockmantic pada 2007. Setelahnya, justru Five Minutes semakin terkenal ditambah lagi dengan Richie yang goodlooking membuat Five Minutes digandrungi gadis-gadis abg.


Kotak
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
Kotak terbentuk lewat aja The Dream Band di TV7 (sekarang Trans 7) pada 2004. Vokalisnya saat itu adalah Pare dan sempat merilis album dan hits berjudul Terbang. Pada 2008, posisi Pare digantikan oleh Tantri. Dengan power suara yang lebih kuat dan ngerock, Tantri berhasil melejit bersama Kotak dan diakui sebagai salah satu vokalis wanita bergenre rock terbaik di tanah air.


Nah, gan ada band yang lainnya enggak nih? emoticon-Big Grin

Quote:Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kotak_(grup_musik)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.1K Anggota • 905.9K Threads
Halaman 1 dari 4
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 10:03
ah Pare suaranya lebih unik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Amarsuki dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 10:56
Grup band Om Palapa juga gan, gonta ganti vokalis tetep moncer itu grup emoticon-Ngakak (S)

Kotak, ganti vokalis, genre musiknya juga ganti kayanya lebih catchy tanpa mengurangi unsur rocknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 11:07
ini semua kok udah jarang nongol di tipi ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 11:22
Kalo Dewa 19 fifty fifty gan antara jaman nya Ari Lasso atau Once

Baladewa punya pendapat nya sendiri
Masing masing vokalis punya ciri khas & memorable song nya sendiri
Tapi kalo crossover juga nggak sebagus si vokalis original nya

Contoh Kangen kalo dinyanyiin Once malah B aja, tapi kalo Arjuna dinyanyiin Ari Lasso nggak nyampe tone nya (pendapat ane ini ya)

Memang sih harus diakui juga Ahmad Dhani selain jenius dalam menciptakan lagu dia juga bisa nge set lagu sesuai dengan karakter suara vokalis nya

Kecuali kalau tolak ukur penjualan album ya jaman nya Once menang lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 11:31
dewa 19

terlepas dari sisi lain ahmad dhani sebagai manusia biasa, soal musik dia salah satu maestro emoticon-thumbsup

flashback pas launching album bintang lima, bela²in antre di toko kaset emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 13:24
vokalis yang lama dan barunya sama2 keren dengan karakter suaranya masing2...tetap enak dinikmati lagu2nya..ntapss
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 14:05
untuk dewa sendiri dengan vokalis Once cuma 1 album ( bintang 5 ) yg menurut saya kualitasnya setara dengan Dewa waktu vokalisnya masih Ari Laso. Selebihnya ngga lebih baik. Apalagi semenjak dhani kenal sama mulan... awokawok... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 14:39
kotak band kesukaan ibu ane emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 15:38
Edane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valex88 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 15:52
Ada band donnie
Mantap
Ada band mulai redup sejak keyboardisnya keluar ,


Dewa once beri warna yg beda
Emang nya suara mantep si


Yg lain ga ikutin
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
BlueJupieZ dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 16:50
Slank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 18:09
Ungu juga tuh ganti vokalis pasha jadi tambah terkenal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 18:21
kotak the best gan, kasian seventeen emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 18:28
UNGU nggk ada??? Bdw : ungu vokalis awalnya bukanlah PASHA... yg kita kenal sprti sekarang lho emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 18:31
Quote:Original Posted By wahgila
Edane.


saya malah taunya EKI LAMOH sbg VOKALIS.. setelah dia keluar??? Malah sama sekali nggk ngikutin emoticon-Big Grin







#kenangan wktu SMP (zaman kaset pita) emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
Diubah oleh kakekane.cell
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 19:49
ane baru tau kalo band" itu vokalis nya sebagai pengganti , kecuali Dewa 19
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 21:19
Obi mesak gan.. paporit ibu2 jaman 1985 an..
profile-picture
profile-picture
jiresh dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 21:55
kalau dewa19 dr awal sudah jadi band rock papan atas..pergntian Ary ke Once memang ad bbrp warna musik beda..tapi masalah terkenal,dewa19 gak prnh ada surut sampe sekarang
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan yoseful memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 22:02
Yang lagi hot...
Kata wan abud,
Suaranya merdu ,tdk sumbang,
Vokalis nidji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Band Indonesia Era 2000an yang Justru Makin Terkenal Setelah Ganti Vokalis
21-01-2022 22:21
Dari list itu yang ane beli kasetnya dewa ama ada band....jadi ingat dulu ampe ke medan plaza....bela belain beli kaset oriemoticon-Hammer2
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia