Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e9364851cef37f6955ee0a/yajuj-dan-majuj-masih-misteri-hingga-kini-part-1
Entah sudah ribuan artikel yang membahas tentang Ya'juj Ma'juj, namun semuanya masih bersifat hipotesis yang mentah. Hingga banyak pendapat atau Multirepresentasi tentang hal itu, semua orang masih bingung untuk menentukan kebenaran. Bahkan tidak ada kesepakatan apakah Ya'juj Ma'juj ini mahluk atau karakter, kalau bersifat mahluk kapan datang dan wujudnya seperti apa, semua tidak ada kejelasan
Lapor Hansip
20-01-2022 17:15

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Entah sudah ribuan artikel yang membahas tentang Ya'juj Ma'juj, namun semuanya masih bersifat hipotesis yang mentah. Hingga banyak pendapat atau Multirepresentasi tentang hal itu, semua orang masih bingung untuk menentukan kebenaran.

Bahkan tidak ada kesepakatan apakah Ya'juj Ma'juj ini mahluk atau karakter, kalau bersifat mahluk kapan datang dan wujudnya seperti apa, semua tidak ada kejelasan.

Bahkan banyak pendapat memberikan teori cocoklogi dengan kejadian-kejadian yang sudah terjadi, hal ini semakin sulit dimengerti dan merupakan misteri yang belum ada titik terang karena banyaknya perbedaaan pendapat yang beredar.

Maka disini saya ingin kembali mendongeng, dengan mengambil sudut pandang dalam kisah Islam.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Kita ambil kisah khalifah Al-Watsiq tentang telah lepasnya Ya’juj dan Ma’juj dalam mimpinya, dari catatan Ibnu Khurradadhbih. Kisahnya telah dibukukan dengan judul Kitab al-Masalik w’al Mamalik yang diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan judul Book of Routes and Kingdom).

Pada tahun 843 Masehi, ada seorang khilafah di masa Abbasiyah, bangun dari tidurnya dalam keadaan terengah-engah dan ketakutan, keringat pun membasahi wajahnya. Ternyata Khalifah Al-Watsiq Billah sudah bermimpi, bahwa benteng Ya’juj dan Ma’juj yang dibuat oleh Dzulqarnain telah terbuka. Ya’juj dan Ma’juj menyerang dengan kekuatan yang luar biasa.

Terganggu dengan hal itu, ia lalu memanggil para pembesarnya. Apa yang harus dilakukan dengan mimpinya!

Lalu salah seorang pembesar tunjuk tangan, "Pak Khalifah saya punya teman orang Turki, namanya Sallam al Tardjuman. Bagaimana kalau kita menyuruh orang itu saja untuk menyelidiki bahwa tembok Ya’juj dan Ma’juj itu memang benar-benar telah jebol?"

"oke, saya setuju! Berikan juga ia bayaran yang pantas"

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Khalifah Al-Watsiq Billah akhirnya memberikan 5000 dinar dan 10.000 dirham kepada Sallam, dengan dijaga penjaga Kopasus khilfah Abbasiyah sebanyak 50 orang, bahkan perlengkapan dan peralatan yang dibawa sangat banyak hingga 200 kekedai disiapkan untuk membawanya, semua itu dilakukan untuk melakukan ekspedisi mencari tembok Dzulqarnain dan memastikannya tetap berdiri kokoh, tidak ada Ya’juj dan Ma’juj yang keluar, dan menyerang Abbasiyah.

Pesan Khalifah pun ditanggapi Sallam, dengan segala hormat ia berangkat dengan tekat yang kuat.

****
Oke kita rehat sejenak, cerita tentang Ya'juj Dan Ma'juj sebenarnya juga ada di dalam alkitab disebut Gog dan Magog. Di perjanjian lama ada di Kejadian 10 dan Yehezkiel 38. Di perjanjian baru ada didalam Wahyu.

Quote:

Magog adalah cucu dari nabi Nuh (Kejadian 10:2). Keturunan Magog berdiam jauh di utara Israel, kemungkinan di Eropa dan Asia Utara (Yehezkiel 38:2). Magog terlihat sebagai rujukan kepada "kaum barbar utara" pada umumnya, tetapi juga berhubungan dengan Magog secara pribadi. Keturunan Magog digambarkan sebagai pendekar yang terampil (Yehezkiel 38:15, 39:3-9).

Sumber kutipan https://www.gotquestions.org/Indones...Gog-Magog.html



Tetapi teks kuno tersebut tidak ada satupun yang menceritakan bahwa Ya'juj Dan Ma'juj bertemu Dzulkarnain, lalu dibentuklah benteng.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Cerita tentang benteng itu, ada dalam dua teks tertua. Yang pertama Romans Alexander versi Suryani atau bahasa Suriah di sebelah timur. Sebenarnya Romans Alexander ini dibuat dalam versi aslinya dalam bahasa Yunani sekitar tahun 300an masehi. Karena wilayah bekas jajahan Alexander itu sangat luas maka cerita ini juga tersebar, lalu diceritakan dalam banyak bahasa dan dicocoklogikan dengan kondisi dan budaya masing-masing.

Teks Suryani ini dibuat sekitar tahun 629 sampai tahun 630 masehi. Tetapi ada teks yang lebih awal dari teks tersebut yaitu Al Qur'an, didalam Surah Al Kahfi dan Al Anbiya itu ada penjelasan tentang penjelasan bertemunya Ya'juj Dan Ma'juj dengan Dzulkarnain dan mendirikan dinding yang kokoh.

Quote:

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Al Qur'an hanya dua kali menyebutkan kata "Yajuj dan Majuj". Pertama, di surat Al Kahfi ayat 94, yang berbunyi: "Mereka berkata: Hai Dzulqarnain, sesungguhnya Yajuj dan Majuj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya membuat dinding antara kami dan mereka?"

Kedua, surat Al Anbiya ayat 96–97, berbunyi: "Hingga apabila dibukakan (tembok) Yajuj dan Majuj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh penjuru yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari Kiamat)... ."

Sumber kutipan https://www.bantentribun.com/jendela...njelang-kiamat



Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Jadi hipotesisnya teks versi Suryani ini mengambil cerita dari Al Qur'an yang lebih dulu ada.

****

Oke, kita lanjut lagi ke cerita. Jadi saat itu Sallam al Tardjuman berangkat dari Ibukota Abbasiyah, yaitu Samarra jadi bukan di Baghdad yang merupakan kota terbesar Mesopotamia, mereka berjalan menuju ke arah Armenia. Sallam bertemu dengan pejabat disana dan minta ditunjukkan tempat yang sesuai dengan penjabaran yang dijelaskan oleh Al Qur'an.

Menurut catatan al-Idrisi, sampai 16 bulan Sallam baru menemukan satu tempat yang tandus dan tanahnya hitam, dan bercampur dengan air yang juga hitam. Dan airnya juga berbau busuk.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Quote:

QS. Al-Kahfi Ayat 86

Hingga ketika dia telah sampai di tempat matahari terbenam, dia melihatnya (matahari) terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan di sana ditemukannya suatu kaum (tidak beragama). Kami berfirman, “Wahai Zulkarnain! Engkau boleh menghukum atau berbuat kebaikan (mengajak beriman) kepada mereka.”


"Hingga ketika dia sampai di antara dua gunung, didapatinya di belakang (kedua gunung itu) suatu kaum yang hampir tidak memahami pembicaraan."

(QS. Al-Kahf 18: Ayat 93)




Disitu juga ada kota yang hancur, sepertinya di tinggalkan oleh penghuninya, mirip kota hantu yang tak berpenghuni. Lalu Pak Sallam pun kembali berjalan dan menemui perkampungan lalu ia bertanya, "apa yang sedang terjadi disini?"

Orang-orang kampung itu ternyata tidak bisa berbahasa dengan baik, sampai Sallam mencari penerjemah juga kebingungan tidak ada yang bisa mengetahui artinya.

Quote:

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Di sekitar Pegunungan Kaukakus terdapat satu bahasa yang terisolir dari daerah lainnya, yakni bahasa Georgia. Diduga, bahasa Georgia masuk dalam rumpun bahasa pra-Indo-Eropa, dan terisolir selama kurang-lebih 5000 tahun.

Sumber kutipan https://artikula.id/sirajuddin/ident...sein-bagian-2/



Lalu dengan bahasa tubuh satu dua kalimat bisa terjelaskan, orang kampung tersebut memberitahukan ada sebuah dinding, diantara dua bukit besar.

Sallam pun datang kesana dan ditemukan dua bukit, yang ditengahnya ada satu dinding. Lebarnya lembah tersebut sekitar 150 meter, dengan daun pintu yang terbuat dari besi dengan lebar sekitar 50 meter.

Sallam pun berfikir, jangan-jangan inilah dinding yang dibuat oleh Dzulqarnain, lalu bertanya kepada orang kampung tersebut.

"Apakah ada yang melihat sesuatu dibalik gunung itu?"

"Ya, kami sering melihat. Terkadang di puncak gunung itu ada orang-orang berlarian, mereka sangat kecil dan bar-bar. Terkadang ketika di gedor pintu tersebut ada raungan dari balik dinding itu"

Maka, Sallam al Tardjuman menyimpulkan orang-orang itulah yang dimaksud Ya'juj dan Ma'juj. Beliau pun mencek dinding tersebut. Dinding tersebut ternyata sudah retak, bolong-bolong ada banyak bagian yang terkelupas. Lalu retakannya itu dicungkil pakai pisau oleh Sallam untuk dibawa pulang ke Samarra untuk diperlihatkan kepada Khalifah al-Watsiq. (Untuk yang ingin tahu detailnya, bisa membaca Nuzhat al-Musytaq fi Ikhtiraq al-Afaq, karya al-Syarif al-Idrisi, hal. 934 -938).



Celah Ngarai Darial

"Pak Khalifah saya berhasil menemukan dinding Ya'juj dan Ma'juj, disana saya juga menemukan sosok mereka namun belum keluar, tapi kayaknya nih sebentar lagi akan keluar, karena dindingnya sudah mulai rapuh, retak dan bolong-bolong"

Tentu saja mendengar hal itu, Khalifah al-Watsiq pun kaget dan ketakutan. Lalu dalam beberapa bulan kemudian al-Watsiq wafat dalam usia muda, yaitu 32 tahun. 

60 tahun kemudian Khalifah Abbasiyah ke-18, al-Muqtadir juga mengirimkan ekspedisi ke wilayah yang sama, tetapi untuk mengirimkan bantuan untuk Kerajaan Bulgar di daerah Volga (sekarang masuk wilayah Rusia).

Maka dikirimlah Ahmad Ibnu Fadlan pada tahun 921 M, dengan bala tentara yang cukup besar. Kisah Ibnu Fadlan juga populer dibarat hingga dibuat novel Eaters of the Dead yang kemudian difilmkan menjadi The 13th Warrior yang dibintangi oleh Antonio Banderas.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

Yang menarik dia bertemu dengan salah seorang Ya'juj dan Ma'juj di sekitaran Volga. Dengan ukuran yang tinggi dan besar setinggi pohon korma, warga sekitar bilang itu adalah Ya'juj dan Ma'juj.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

*****

Cerita lain, Ibnu Battutah juga pernah berkunjung ke sebuah wilayah yang di klaim wilayah ya"juj wa ma"juj. Beliau menyebut bahwa wilayah itu ada sekitar 6 hari perjalanan dari Cina, kemudian dalam naskah yang lain ditemukan tahun 1500an, diantara India dan Uzbekistan, serta Afhanistan ada suatu daerah yang dinamakan Termez. Disitu ada sebuah benteng diantara dua bukit, dan daerah itu dikasih nama "Dinding Besi" itu juga di klaim sebagai benteng Ya'juj dan ma'juj yang dibuat oleh Alexander Agung.

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

*****

Oke, dari 4 kesaksian cerita diatas apakah itu yang dimaksud Ya"juj dan Ma"juj. Ini yang kita bicarakan diawal, bahwa hal ini membingungkan.

Berhubung sudah panjang pembahasan ini akan ane lanjut di kesempatan mendatang.

Bersambung ke Part 2

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1







Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ibenk28 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.4K Anggota • 906.2K Threads
Halaman 1 dari 2
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 17:34
Trit keren ini...emoticon-Cool

@adolfsbasthian

@phyu.03

@nasgorbasi

@fa.uz

@feraldi2001

tolong ramein yaak biar sama2 kenyang informasiemoticon-Cool
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 18:00
Antonio bendera, magog.
emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 18:11
Harusnya tempat itu sudah ditemukan saat ini dngn kemajuan teknologi, tp ini misteri yg menarik emoticon-thumbsup
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 19:15
itu cuma dongeng

kayak nyi roro kidul
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 19:39
Gw suka sama orang2 skeptis kek di atas gw ini
Diubah oleh drainama
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan c4punk1950... memberi reputasi
1 1
0
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 19:55
Ketika sebuah trit dikunjungi oleh 2 pria tampan bernama @adolfsbasthian dan @samsol..., niscaya dalam waktu yang ndak lama, trit entuh akan HT... Percayalah...
emoticon-Cool

Btw, Ane sukak sejarah...
emoticon-Ultah
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 20:16
Di City of London

Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
Diubah oleh sibuk.nyaleg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sposolo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
20-01-2022 23:19
Doyan bgt gw cerita kek gini...
Dilanjut,om...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 02:29
jaman dulu sih kalo ada yang menyerupai tembok trs orang2 bilang dibaliknya ada monster pada percaya sih. kalo sekarang? tinggal pake google maps aja liat ke sebelahnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mantapsiip dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 10:36
trit yang menarik untuk dibaca ini
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 10:41
Segala sesuatu ttg kiamat dan ciri2 nya.. akan datang tiba2.. Dan tdk bs diprediksi...
Walau nabi saw sudah memberi tahukan tanda2 akhir jaman... tetap akan mengejutkan ketika ia datang2 mendadak dan beruntun..
Tak bisa diprediksi apalagi di antisipasi...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 11:09
Another trit keren dari gancap. otw ke part II tapi jumatan dulu emoticon-Salaman
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 13:16
Tinggalin jejak di Thread Bermutu.
profile-picture
profile-picture
ushirota dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 14:50
Iskandar Zulkarnain apakah sama dengan Alexander The Great?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 15:10
Allohuallam bisshawab...
profile-picture
profile-picture
True.s4m1ns dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 16:00
kita wajib mengetahui ceritanya, walaupun banyak versi
dan semua masih menjadi misteri
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 16:34
emang mau apa kalau pun tahu lokasi mereka dimana ? mau diserang ? emang sanggup ?

benahi batin masing-masing saja. itu urusanNya.

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
21-01-2022 17:56
Mantau part 2 om capunk
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ya'juj Dan Ma'juj, Masih Misteri Hingga Kini. PART 1
22-01-2022 15:16
Ane kok baru tau yak ada kisah Ya'juj Dan Ma'juj emoticon-Leh Uga
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia