Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
165
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e8f59d6d3f5a6be77e0502/perbedaan-acara-tv-jaman-dulu-dengan-jaman-sekarang
Hay Para Juragan, pada kali ini kita akan kembali bernostalgia dengan pembahasan tentang Acara TV pada jaman dulu dan sekarang, jika kita tengok kebelakang terutama bagi anak yang lahir pada tahun 80 – 90an pasti merasakan kualitas penayangan televisi yang sangat berbeda dari jaman dulu saat masih kecil, bagi orang tua pun pasti juga merasakan perbedaan yang terjadi pada dunia pertelevisian
Lapor Hansip
20-01-2022 12:39

Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarangemoticon-HaiHay Para Juragan, pada kali ini kita akan kembali bernostalgia dengan pembahasan tentang Acara TV pada jaman dulu dan sekarang, jika kita tengok kebelakang terutama bagi anak yang lahir pada tahun 80 – 90an pasti merasakan kualitas penayangan televisi yang sangat berbeda dari jaman dulu saat masih kecil, bagi orang tua pun pasti juga merasakan perbedaan yang terjadi pada dunia pertelevisian di Indonesia ini.


Bagi anak jaman sekarang pasti beranggapan acara TV pada jaman sekarang tidak jauh beda dengan acara TV pada jaman dulu, atau malah berfikiran Acara TV dijaman sekarang cenderung lebih baik dari pada jaman dulu, nah di trit kali ini kita bisa saling membandingkan mana yang lebih baik.


Tapi tujuan dari trit ini bukan untuk menjelekan pihak atau apapun itu ya, jika dirasa ada kemunduran dalam pertelevisian di Indonesia yang di bahas dari trit ini harusnya malah bisa digunakan sebagai bahan untuk perbaikan pertelevisian di Indonesia kedepannya.


Dan bisa dirasakan saja anak jaman sekarang malah cenderung tidak menyukai acara televisi jaman sekarang, dan lebih memilih menonton tontonan di Internet yang parahnya mereka mengakses tontonan mereka menggunakan gadget jadi tidak bisa semua orang tua mengontrol tontonan yang sedang ditonton oleh anak anaknya.


Nah dari hal itu sudah jelas kenapa dunia pertelevisian di Indonesia mulai di tinggalkan, salah satunya adalah karena adanya Gadget dan karena ada faktor kemunduran dari dunia pertelevisian di Indonesia.


Ok mungkin untuk lebih jelasnya kita akan mulai membahas hal apa saja sih yang membuat dunia pertelevisian di Indonesia ini sangat berbeda dari jaman dulu dengan jaman sekarang, langsung aja kita mulai dari Nomer 1, CCCEEKKIIIBBBRRROOOOTTemoticon-Jempol


1.     Waktu Penayangan Acara


Jadwal Acara TV


Waktu Penayangan ini terbagi jadi beberapa golongan, kita akan kupas satu persatu.

-         Penayangan Sinetron

Sinetron Jaman Dulu


Penayangan Sinetron di jaman dulu lebih teratur waktunya dan tidak maraton seperti saat ini, biasanya Per Judul Sinetron akan ditayangkan seminggu satu kali atau maksimal dua atau tuga kali dalam seminggu, untuk waktu penayangannya pun standar mentok satu jam.


Dan jika dibandingkan dengan saat ini, hampir setiap waktu akan diisi dengan tontonan sinetron, dan kebanyakan kurang bermutu (Maaf Sekalian Mengkritik, karena banyak tontonan yang tidak patut untuk anak anak)

-         Penayanagan Acara Anak Anak

Acara Anak Minggu


Penayangan acara anak anak ini biasanya dikhususkan pada hari minggu, dimulai dari jam 5 pagi hingga sampai 12 siang, dan acara yang disajikan pun sangat beraneka ragam, dari kartun (Doraemon, Ninja Hatori, P-man, Tamiya dll), Live Action (Power Ranger, Ultraman dll)


Selain dihari minggu juga ada tontonan anak anak pada hari biasa, dipagi hari sebelum berangkat sekolah, di beberapa contoh Chanel TV akan menayangkan tontonan kartun spesial untuk menemanin sarapan anak anak sebelum berangkat sekolah, Chanel yang biasa menemani anak sebelum sekolah ada ANTV (scooby Doo, Woody Woodpecker, dll), Global TV (Dora the explorer, Spongebob, dll) dan ada beberapa Chanel lain yang juga menayangkan tontonan pagi hari.


Tak hanya di pagi hari, disiang hari pun anak anak juga mendapat tontonan dibeberapa Chanel seperti, Teletubies, Thomas and Friend, kemudian ada Muppet, dan acara lainnya yang diambil dari acara luar negri untuk anak anak.


Kemudian di sore juga masih mendapat tontonan seperti Beetle Borgs, kemudian kadang ada Doraemon, Carita De Angel, dan berbagai macam tontonan anak anak hingga selepas maghrib.


Bisa dibayangkan kan, tontonan anak jaman dulu hampir ada disetiap waktu, dan banyak anak mengidolakan tokoh yang menjadi inspirasi untuk menjadi lebih hebat dalam hidupnya, ya walau kaadang tersendat dihari minggu karena adanya pertandingan tinju yang disukai sama bapak bapak sih hehe


Namun setidaknya tontonan bagi anak jaman dulu lebih beragan dan lebih banyak porsinya dibandingkan pada jaman sekarang.


-         Penayangan Film Box Office


Jadwal FIlm


Penayangan Film Box Office jaman dulu bisa kita tunggu sesuai jadwal yang sudah tertera pada Surat Kabar atau Koran, dan biasanya setiap hari akan ada Film yang diputar di televisi, dan bagusnya tidak seperti jaman sekarang, kenapa demikian, karena penayangan film Box Office jaman dulu sangat minim dengan Sensor, kenapa demikian? Ya karena jam tayangnya seusai dan diperuntukan untuk usia yang sesuai jadi tidak perlu membuang adegan yang tidak pantas dipertontonkan pada usia yang tidak seharusnya, penayangannya biasanya setelah jam anak telah tertidur, jadi film yang disajikan pun hampir bisa dikatakan full film dan hanya ada sedikit potongan potongan dalam film tapi tidak menghancurkan jalan ceritanya.

-         Penayangan Acara Remaja

Acara Remaja


Penayangan Acara Remaja juga dulu rutin dan tetap ada jadwalnya, nah bagi anak yang baru baru aja pasti tidak asing dengan acara musik sperti Dahsyat, Inbox dll, namun acara Musik yang itu tayang hampir setiap hari tidak seperti di jaman dulu, yang tayang di hari hari atau jam jam tertentu seperti, MTv Ampung, Planet Remaja dll.

2.     Iklan

Iklan Jaman Dulu


Penayangan acara di Televisi tidak pernah terlepas dengan yang namanya iklan, namun iklan di jaman dulu tidak semarak seperti di jaman sekarang, loh bagaimana tidak, dunia pertelevisian jaman dulu sepertinya lebih mementingkan penayangan acaranya untuk mendapatkan uang dengan membuat acara yang bermutu, jadi iklan yang ditayangkanpun hanya sedikit karena pendapatan sudah tertutup dengan banyaknya penonton yang menonton acara acara yang bermutu itu.


Dan saat acara sedang berlangsung tidak ada satupun iklan yang diselipkan atau malah mendominasi dilayar TV saat kita sedang enak enak menonton acara tv yang kita sukai, jadi kita lebih leluasa menonton acaranya tidak terganggu dengan iklan yang tiba tiba muncul saat kita sedang nonton.


Dan dibandingkan dengan jaman sekarang, semua televisi isinya Cuma iklan, bahkan ada yang rela menyewa jam tayang seluruh chanel untuk mengiklankan jasa mereka, dan setiap diganti chanel apapun yang keluar hanya iklan jasa itu, apa lagi kalau bukan iklan RUANG GURU, acara yang sangat menjengkelkan saat ingin nonton TV tapi semua Chanel nayangin RUANG GURU,

3.     Acara Berita

Acara Berita


Penayangan Berita pada jaman dulu disajikan tepat dengan jam tayangnya dan selalu memberikan berita dengan cara yang formal dan memberitakan berita yang memang benar benar terjadi, bukan berarti TS mengatakan penayangan Berita jaman sekarang mengada ada ya, tapi beberapa televisi dan penayangan berita banyak isu yang menyebutkan mereka ditunggai oleh partai politik, yang membuat isi berita yang disampaikan sulit untuk dipercaya untuk semua kalangan, atau bisa dikatakan siaran berita yang harusnya netral malah berpihak disalah satu sisi, #Ini_Opini_Saja.


Berita jaman dulu, Jam tayan selalu sesuai dengan waktu dimana orang ingin bersantai dengan mendengarkan berita terkini, seperti saat pagi hari, sekitar jam 6 waktunya untuk makan pagi dan bersantai mendengarkan berita sebelum berangkat berita, orang jaman dulu selalu ditemani dengan berita mulai jam 6 seperti, Fokus Pagi, Liputan 6 dll.


Sedangkan jaman sekarang, Berita disajikan lebih awal dengan gaya santai, dan ketika saat akan bersantai dan menikmati makanan pagi dengan membaca berita sekitar jam 6 sudah disuguhkan berita gosip, yang sangat tidak diperlukan untuk orang yang akan berangkat kerja. Kan tidak mungkin bapak bapak berangkat kantor, sampai disana malah ngegosip.

4.     Talkshow dan Sketsa Komedi

Talkshow


-         Talkshow acara Talkshow jaman dulu terlihat lebih baik dari jaman sekarang, dimana Talkshow jaman dulu perfokus dengan percakapan, mengulik informasi dan lain sebagainya. Namun Talkshow jaman sekarang didominasi dengan menggosip dan melakukan reka adekan yang penuh sandiwara yang malah terkesan acara ini semakin ecek ecek dan tidak penting untuk ditonton.

-         Sketsa Komedi

Sketsa Komedi


Sketsa Komedi dijaman dulu ya selayaknya humor, mereka akan menyajikan lawakan lawakan dengan gaya khas dari para tokohnya, dan memang benar benar membuat para penonton terhibur dan dapat tertawa terbahak bahak tanpa menyakiti hati siapapun.


Namun Sketsa Komedi jaman sekarang, banyak hal yang seharunya tidak perlu ditampilkan, dilain banyak gimmick yang dipertontonkan disana, guyonan yang disajikanpun kurang sehat dan malah cenderung banyak melakukan adegan tidak senonoh, banyak sketsa komedi dijaman saat ini ditegur oleh KPI namun masih saja melakukan hal hal yang ditegur tersebut, namun KPI juga sama saja, sudah sering kali ditergur dan tidak ada perubahan, tapi Chanel tersebut tidak diberi sangsi keras

5.     Acara Pendidikan dan Kuis

Acara Pendidikan


Pada Jaman Dulu acara pendidikan hampir disetiap Chanel memiliki acara ini, dan yang menjadi peserta adalah berbagai siswa sekolah diseluruh Indonesia, Mulai dari Tingkat SD SMP dan SMA, hadiah yang diberikanpun cukup besar bagi para pemenangnya.


Ada acara Galileo ada juga beberapa acara pendidikan Di TVRI dan beberapa Chanel yang mengajarkan ilmu disekolah mulai dari Fisika, Biologi, Matematika dll dan di sajikan dengan sangat apik karena akan sangat mudah dipahami dengan simulasi simulasi yang diberikan.


Nah untuk acara pendidikan sendiri untuk jaman sekarang sudah bisa dikatakan tidak ada sama sekali, televisi hanya berfokus pada duit duit dan duit, tidak ada sama sekali niat mencerdaskan kehidupan bangsa.


Kemudian kita bahas tentang Kuis, kuis di jaman duku sangat susah susah untuk ditebak tidak seperti jaman sekarang yang sangat mudah untuk di tebak dan bahkan tidak perlu berfikir.


Contoh acara kuis jaman dulu ada lah Who Wants to be a Millioner, kemudian ada kuis jari jari, family 100 dll, kuis kuis itu memerlukan otak untuk berfikir, tidak seperti dijaman sekarang yang sudah sangat jarang kita jumpai acara kuis yang berbobot.


_______________________________________________________________________


 Nah mungkin itu saja pembahasan kita di trit saat ini, kita bisa melihat banyak sekali perbedaan tayangan dari acara tv jaman dulu dan sekarang, dan kita bisa menilai acara mana yang lebih baik.


TS sendiri berharap andai saja pertelevisian di Indonesia bisa kembali seperti dulu lagi, kemungkinan generasi penerus akan lebih pandai lagi,


Ok cukup sekian dari TS, jika ada salah infromasi atau penulisan TS mengucapkan mohon maaf, karena TS juga manusia yang tak luput dari kesalahan.


Jangan lupa kasih Cendol dan Ratenya kalau bisa juga di follow sih hehe biar makin semangat update tritnya,dan untuk trit horornya kita lanjutkan besok jumat ya hehe
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andi.3301 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.4K Threads
Halaman 1 dari 5
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 12:44
emoticon-PertamaxPertamax hanya untuk gw emoticon-Cool
Diubah oleh slametfirmansy4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 12:44
Ga ada unyil² usro ya...
Album minggu kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 12:44
Kangen kartun doank...😀
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 13:40
Jawabannya sederhana. Semakin tidak bermutu dan tidak menghibur.

Stasiun TV nasional yang saya izinkan ditonton di rumah saya hanya tersisa Kompas TV, Net TV dan RTV (karena mayoritas acaranya tontonan anak-anak).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 13:40
Dulu sinetron paling malem jam 20.00 (itu untuk sinetron rating tinggi di prime time), tayang paling banyak 2 kali seminggu sehingga kualitasnya lebih terjaga.

Kalo udah di atas jam 21.30 (selepas Dunia Dalam Berita) itu biasanya acara-acara film Hollywood / kungfu Hongkong.

Kalo sekarang ajegile, sinetron tayang bisa jam 21.30, kelarnya sampe jam 23.00, udah gitu tayangnya tiap hari lagi. Kalo kejar tayang gitu ya pasti kualitas acaranya amburadul.

Sebenernya jaman dulu pun kualitas sinetron kita udah ancur (kecuali beberapa sinetron kayak Si Doel, Keluarga Cemara). Tapi kalo dibandingin sama sinetron sekarang, sinetron dulu malah masih kelihatan lebih beradab dan bermartabat.

Ane inget dulu waktu SMP-SMA, nonton sinetron Lupus Millennia di Indosiar itu agak-agak males karena ngerasa lebay dan terlalu diskenario banget.

Tapi... pas ane nonton ulang lagi di YT, tuh sinetron malah jadi asik, seru buat nostalgia, dan sama sekali lebih menarik dibanding sinetron SMA jaman now
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 13:52
nonton tipi cuman pas ada bola aja gan haha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 13:57
satu hal, turn off your tv, play xbox and ps4 ! jgn himbau acara tv, himbaulah masyarakat untuk tidak menontonnya hahaha , syg listrik dan otak jd tercemar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 14:03
Aslinya sama aja, cuman dulu kita tidak punya pembanding yang sesuai. Kalau sekarang ada youtube dan tik tok yang banyak jugaa materi videona
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 14:03
Oh jadul nye key begitu ya ...ht dah yah
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 14:13
nonton ini lebih bermanfaat bray..


enrfnnf
profile-picture
profile-picture
knoopy dan bam09 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 14:33
intinya jaman dlu ada semut tempur jaman sekarang dvd macet .. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 14:51
dulu masih ada TPI lumyaan sih acaranya, ada khusus anak-anak dan pengetahuan
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 15:12
Tentu saja kartunnya
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 15:19
makin ke sini makin tak bermutu acaranya emoticon-Cape d...
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 15:49
jaman segitu nungguin dunia dalam berita abis serasa satu abademoticon-Ngakak
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 15:59
Ane kangen kuis KATA BERKAIT, PIRAMIDA, APA ENIH APA ENTUH...
emoticon-Mewek

Sama kompetisi video klip, VIDEO MUSIK INDONESIA...
emoticon-Wow
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 16:43
kalau ane paling suka dulu nonton serial silat mandarin. sama layar emas.
friends sama helen jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 16:44
Masih ngalemin kalo ud subuh acaranya ga ada, cuma kayak apa tuh barcode tapi warna warni suaranya "tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit" kurang lebih gitu lah, nanti kalo ud pagi baru ada siaran lagi.
profile-picture
afryan015 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perbedaan Acara TV Jaman Dulu Dengan Jaman Sekarang
20-01-2022 16:53
Mohon maaf, saya sudah tidak pernah nonton saluran TV lokal sejak invasi sinetron semakin merajalela.
Kecuali buat nonton Bola atau acara spesial aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia