News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e81058062d757a8b60ca8f/pdip-terancam-ditendang-dari-jawa-barat-gara-gara-arteria
Nama politisi PDIP Arteria Dahlan saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat Tanah Air. Ia mendesak Jaksa Agung memecat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang berbicara bahasa Sunda saat rapat. Desakan itu disampaikan Arteria kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin, saat Komisi III DPR RI melakukan rapat kerja bersama Kejaksaan Agung (Kejagung), di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks DPR/MPR,
Lapor Hansip
19-01-2022 20:21

PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria

Past Hot Thread

PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria

Nama politisi PDIP Arteria Dahlan saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat Tanah Air.

Ia mendesak Jaksa Agung memecat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang berbicara bahasa Sunda saat rapat.

Desakan itu disampaikan Arteria kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin, saat Komisi III DPR RI melakukan rapat kerja bersama Kejaksaan Agung (Kejagung), di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Awalnya politisi asal Sumatera Barat itu meminta agar jajaran Kejaksaan Agung bersikap profesional dalam bekerja.

Arteria kemudian menyinggung ada seorang Kajati yang berbicara memakai bahasa Sunda saat rapat.

"Saya minta betul kita profesional, saya sama Pak JA ini luar biasa sayangnya, Pak," ujar Arteria.

Dia bahkan secara lantang meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin memecat Kajati tersebut.

"Ada kritik sedikit Pak JA, ada Kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti Pak itu," tegasnya.


Pria berkaca mata yang beberapa waktu lalu sempat terlibat keributan di bandara ini menyayangkan sikap Kajati yang menggunakan bahasa Sunda saat rapat.

Menurut dia, seharusnya Kajati itu menggunakan bahasa Indonesia.

"Kita ini Indonesia pak, jadi orang takut kalau ngomong pakai bahasa Sunda nanti orang takut ngomong apa dan sebagainya," kata Arteria.

Kami mohon sekali yang seperti ini dilakukan penindakan tegas," pungkasnya.

tingkah Arteria ternyata berimbas ka PDIP. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu jadi bulan-bulanan warganet.

Berdasarkan pantauan Galamedia melalui Twitter, publik khususnya masyarakat sunda ikut menyeret PDIP dalam kasus Arteria.

Tak sedikit yang meminta agar PDIP diblacklist dari Jawa Barat atau tanah Sunda.

"Pecat si manusia congkak ini.. Atau PDIP tdk punya suara lagi di Jawa Barat," komentar @BgawanKusuma.

"Orang Sunda nu masih milih pdip di 2024 gobl*g na ges level internasional Ulah di baturan berarti baladna si Aretria," komentar @abah_mukhtar.

"Yg akan kulihat nanti di pileg dan pilkada 2024, akankah PDIP bisa menang lagi di Sunda (Jabar)??" komentar @siagiansulben.

"Tenggelamkan PDIP di tanah Sunda !!!," komentar @evalez_fr

"manusia koplok,klu tdk di pecat jngn harap ada spdanduk pdip di tanah sunda," @veraagustian_

"Mun urang sunda ngalarti, tong d pilih tah nungarana pdip," komentar hajar_fw.

Menanggapi komentar miring warganet, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono, menegaskan partai politik tempat bernaung sangat menghormati keberadaan Jawa Barat, keberadaan suku Sunda, termasuk bahasanya.

Pernyataan tersebut dia katakan melalui video yang diunggah di akun Instagram miliknya, @ono_surono.

"Kepada Bapak Jaksa Agung, tolong permintaan saudara Arteria Dahlan itu tidak dipenuhi. Tidak perlu Pak Asep diganti hanya gara-gara memakai bahasa Sunda, dan PDI Perjuangan sangat menghormati betul keberadaan Jawa Barat, keberadaan orang-orang Sunda, termasuk bahasanya," tutur Ono.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak di Indonesia, sekaligus salah satu lumbung suara pada Pemilu.

Ono meminta agar warga Jawa Barat tetap solid dan fokus pada pembangunan dan kemajuan yang jauh lebih baik.

"Sehingga mohon kepada masyarakat Jawa Barat untuk tentunya selalu kompak, selalu solid, bagaimana kita sama-sama melalui Jawa Barat kita bangun Indonesia yang jauh lebih baik lagi, terima kasih, Hatur Nuhun," ujar dia.

Kembali Ono meminta jaksa agung tidak memenuhi permintaan Dahlan itu.

"Kepada Bapak Jaksa Agung, tolong permintaan Saudara Arteria Dahlan untuk tidak dipenuhi, tidak perlu Pak Asep diganti hanya gara-gara memakai bahasa Sunda," tandasnya

https://galamedia.pikiran-rakyat.com...ti-orang-sunda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630K Threads
Halaman 1 dari 3
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:25
kritiknya Arteria Dahlan itu udah tepat . dia meminta kejaksaan copot pejabat daerah yg ngomong bahasa daerah waktu rapat .
jgn sampe nanti rapat d level pemerintahan daerah masing2 pke bahasa daerah masing2...
ujung2nya bikin repot rekrut penerjemah

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:34
Udah bener itu si Arteria, ada UU yg mengatur emoticon-Cool


Cuma ya jangan pake suruh pecat segala emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:36
Udah bener tapi ga usah lebay minta pecat...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyuka.anak2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:37
bahasa Indonesia . bahasa persatuan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:40
Quote:"Kita ini Indonesia pak, jadi orang takut kalau ngomong pakai bahasa Sunda nanti orang takut ngomong apa dan sebagainya," kata Arteria.

Berkoar-koar "Kebhinekaan" tapi "takut" mendengar urang Sunda berbahasa Sunda
Rasis...!!! emoticon-Leh Uga

Update
Arteria sudah minta maaf berarti dia sadar memang salah (takut Pedeipeueeehh kehilangan suara di Jabar keles) emoticon-Cool
Diubah oleh harakiri02
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calmlet2mg dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:46
emang basisnye kerdun disonoemoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:53
omongannya udah bener tapi pake lebay banget ampe minta dipecat..
bodohnya disitu aja sih,
sunda jauh lebih luas dibanding jatim/jateng lho... kalau sampai gak dapat suara dri jabar, bisa merosot pdip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 20:55
Mang pemilu 2019 pdip menang di jabar? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:02
Goblok
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:07
Kita harus cinta bahasa daerah bro
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:14
Harusnya pakai bahasa cina,

Cinailah bahasa bahasa indonesah. .emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decoyps2149 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:18
Sampurasun,

urang minangka warga Jawa Kulon (Sunda) hayang basa indung nu urang jadi basa lulugu, jadi official language in tatar Sunda ambeh basa indung anu urang teh teu kawas ciak leungit indung kotok (nya sacopelna teu lastari)

miang kamamana di kota Bandung teh loba pisan jelema boh kolot boh ngora nyariosna basa lndonesia wae tibatan basa Sunda

warga Bandung anu osok nyarios Sunda ge aya keneh, nanging nyariosna direumbeuy basa lndonesia. loba pisan kecap basa Sundana anu kaganti ku basa lndonesia (jiga "lumur" kapahili jadi "gelas", "jinis" kaganti jadi "modal", dst)

mending, ari kecap basa Sunda kawas lumur kaganti ku kecap gelas di basa lndonesia.
Cilakana, di basa Sunda teh loba pisan babaran kecap anu saliwat kawas kecap basa lndonesia tapi hartina patukang tonggong. loba ku urang Sunda osok eta kecap dikompetdaunkeun, jiga:

1. Bangga, basa Sunda = hese.
2. Berak, basa Sunda = pupuk.
3. Lastari, basa Sunda = paeh.
4. Punah, basa Sunda = geus euweuh utang

punten, ulah lepat sangka
lain urang cua lain oge urang teu beuki ka basa lndonesia, urang hayang basa lndonesia tong kabeh asup ka sakumna widang.
cing pemkot Bandung bere hiji tempat minangka suaka basa Sunda atawa para siswa sakola dibere tugas baca buku Sunda ambeh minat baca jadi onjoy
cing punten beri atuh omber ka basa Sunda ambeh basa Sunda onjoy

nuhun.
Sampurasun,
mugia rahayu sagung dumadi
Diubah oleh cacarakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:31
Kemungkinan arteria yg di tendang pdi-p klw di jabar jeblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyuka.anak2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:44
Damn boi
Sesekali black campaign nya ga rasis bisa ga sih tod
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
1 0
1
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:49
ane yang bedomisili di Jabar ya pengen tau aja kronologis & duduk perkara nya gimana

Kalau memang menggunakan bahasa daerah secara keseluruhan ya secara etika ya nggak dibenarkan lah, soalnya udah konteks nasional dan peserta rapat / audiens nya pasti belom tentu paham juga

Kecuali mayoritas audiens nya orang jawa barat dan memang atas kesepakatan, walaupun ya secara aturan mungkin nggak dibenarkan juga

Tapi kalau hanya di beberapa bagian yang sifat nya refleks yang dalam artian refleks atau nggak sengaja diucapkan ya wajar lah

Mungkin aja untuk ice breaking, da orang sunda mah resepna hereuy (suka becanda) supaya suasana nggak tegang (mungkin yah)

Aksen nggak mungkin dihilangkan, sepatah dua patah kata nggak sengaja terucap ya manusiawi lah
apalagi dalam grammar dan vocabularies nya orang sunda kan banyak banget

Ane juga kalo lagi maen ke jakarta atau luar daerah, apalagi kalimantan sama sulawesi yah kebiasaan dan aksen udah jadi ciri khas

Kalo bahas politik sih males ah
Moal aya beresna & piributeun wae emoticon-Cool

Rek saha nu meunang pemilu atawa rek saha oge nu meunang pilpres da hirup mah kudu usaha ku nyalira
artinya : mau siap yang menang pemilu ato presiden ya hidup harus berusaha sendiri
profile-picture
profile-picture
calmlet2mg dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:49
Orang Inggris lagi rapat saja kesulitan memahami bahasa inggris logat skotlandia.



Bahasa Indonesia itu mudah, mau logat sunda, logat betawi, logat batak, logat malaysia, semua bisa saling memahami.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 21:56
Halah lebay amat drun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 22:04
Terlalu dipolitisir untuk menyerang PDIP
Semua seniman sundal langsung bikin konten menyerang arteria

Padahal hanya masalah sepele tapi dibesar2an oleh oposisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
budak.game dan 9 lainnya memberi reputasi
5 5
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
PDIP Terancam 'Ditendang' dari Jawa Barat Gara-gara Arteria
19-01-2022 22:20
apa yg dilakukan AD sudah tepat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calmlet2mg dan 8 lainnya memberi reputasi
2 7
-5
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia