Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e7bce5413e086e81220f55/mengulik-kasus-kontroversi-di-indonesia-apa-saja-itu
Saat ini kita akan membahas kasus-kasus kontroversi yang ada di Indonesia, kasusnya memang sudah selesai dan pelakunya sudah mendapatkan hukuman. Namun, adakalanya kasus kontroversial ini bisa menjadi pembelajaran kedepannya. Ada beberapa kasus besar di Indonesia, seperti halnya Harun Masiku yang kini beritanya pun menghilang mengikuti jejak Harun yang masih misteri, tapi kasus yang belum
Lapor Hansip
19-01-2022 14:25

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Saat ini kita akan membahas kasus-kasus kontroversi yang ada di Indonesia, kasusnya memang sudah selesai dan pelakunya sudah mendapatkan hukuman. Namun, adakalanya kasus kontroversial ini bisa menjadi pembelajaran kedepannya.

Ada beberapa kasus besar di Indonesia, seperti halnya Harun Masiku yang kini beritanya pun menghilang mengikuti jejak Harun yang masih misteri, tapi kasus yang belum selesai lebih baik tidak usah dibahas. Ada kasus besar yang sudah selesai di Indonesia, yaitu kasus Ahok, kasus Ahmad Dhani dan kasus Jessica.

Kasus Ahok

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Kasus ini cukup besar hingga demo berjilid-jilid, kasus yang menimpa Ahok ini tentang perkara penistaan agama.

Penistaan agama ini terkait dengan pidato dirinya ketika sedang kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 27 September 2016. Kita tahu Ahok itu kalau bicara secara langsung ucapannya terkadang ya begitulah.

Quote:

Ahok menyinggung soal surat Al Maidah ayat 51. Ahok mengatakan,

“Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa saja dalam hati kecil bapak ibu, enggak bisa pilih saya, ya — dibohongin pake surat Al Maidah surat 51 macam-macam gitu lho. Itu hak bapak ibu. Ya. Jadi kalo bapak ibu, perasaan, enggak bisa pilih nih, karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya, enggak apa-apa. Karena ini kan panggilan pribadi bapak ibu. Program ini jalan saja. Ya jadi bapak ibu enggak usah merasa enggak enak, dalam nuraninya enggak bisa pilih Ahok. Enggak suka ama Ahok. Tapi programnya, gue kalo terima, gue enggak enak dong ama dia, gue utang budi. Jangan. Kalo bapak ibu punya perasaan enggak enak, nanti mati pelan-pelan lho kena stroke".




Persoalan pidato Ahok itu menjadi ramai kala pemilik akun Facebook bernama Buni Yani menyebarkan potongan video pidato Ahok sepanjang 31 detik dari durasi asli 1 jam 48 menit pada 6 Oktober 2016. Dalam akunnya, Buni Yani menyematkan sebuah kalimat bersamaan dengan videonya.

“'PENISTAAN TERHADAP AGAMA? 'Bapak Ibu (pemilih muslim).. Dibohongi Surat Almaidah 51 (masuk neraka) juga bapak ibu. Dibodohi'. Kelihatannya akan terjadi suatu yang kurang baik dengan video ini,” tulis akun Buni Yani.


Sumber kutipan https://nasional.tempo.co/read/11541...balik-kasusnya



Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Dari situ akhirnya di demo dan Ahok harus dijatuhi hukuman 2 tahun penjara, oke sekarang kita kulik kasus ini yang disangkut pautkan dengan penistaan agama.

Kata penistaan, mengolok-olok, menghina, menjelekkan, merendahkan ini bisa dibilang kata normatif yang kita tak tahu benar atau salahnya.



Contoh, Ade londok viral gara-gara kata yang kasar, dimana rasa odading diserupakan rasanya dengan rasa hewan berkaki empat.

Sarua jeung Ahok, eta si Ade ge bahasana kumahanya! Kurang sistematis kitulah. Tapi odading tidak merasa terhina, malah dibeli banyak orang yang antri. Karena tidak dimasukkan ke dalam ranah penistaan, bisa dibilang itu bahasa gaul anak-anak seperti biasa umum di masyarakat.

Jadi kalau dilihat ini penistaan atau bukan, sebenarnya tidak dilihat dari teks kata-katanya. Tapi, tergantung motif dan kepada siapa dia berbicara.

Jadi menurut ane pribadi Ahok tidak sedang menistakan agama dalam kasus ini, karena motifnya saat itu dia sedang melakukan kampanye agar memilih dirinya nanti dalam pilkada. Tidak ada motif kebencian, logikanya saja kalau saya pidato ditengah orang yang beda agama dengan saya, lalu saya menghina agama mereka otomatis belum beres pidato dah masuk rumah sakit atau kuburan alias dihakimi massa.

Dari konteks bahasa juga tidak ada niat menghina, karena ada kata "pakai" jadi kata itu punya makna berbeda, coba bila kata pakai itu dihilangkan maka akan berbeda artinya.

Contoh,

"Saya makan pakai sendok"

"Saya makan, sendok"

Lantas bagaimana menurut hakim,

Quote:



Menurut hakim, kasus penodaan agama itu muncul karena Ahok mengucapkan kata-kata yang memiliki konotasi negatif dan berkaitan dengan ayat suci Al Quran, yakni Surat Al Maidah Ayat 51.

"Hal ini terjadi karena terdakwa mengucapkan kata-kata yang kemudian menjadi pokok persoalan, dalam persoalan adalah menjelang Pilkada," ucap hakim.

Majelis hakim menilai Ahok terbukti menodakan agama dengan melanggar Pasal 156a KUHP dan menjatuhkan hukuman dua tahun penjara. Majelis hakim memerintahkan agar Ahok ditahan.

Sumber kutipan https://megapolitan.kompas.com/read/...erkait.pilkada




Oke, dari sini Ahok menjalani hukuman seperti yang sudah diperintahkan hakim. Tapi ini masa lalu dan kita ambil pelajarannya, semoga kasus seperti ini tidak ada lagi.

Kasus Ahmad Dhani

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Akibat kasus Ahok Indonesia semakin memanas, saling melaporkan banyak terjadi. Dan salah satu kasus penghinaan pun menimpa pada diri musikus terkenal yaitu Ahmad Dhani.

Dia pun harus mengikuti jejak Ahok karena ujaran kebencian di twitter,

Quote:

Cuitan pertama berbunyi: 'Yang menistakan agama si Ahok...yang diadili KH Ma'ruf Amin'. Sementara itu pada cuitan kedua Ahmad Dhani menulis: 'Siapa saja dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP'. Sedangkan cuitan ketiga berbunyi 'Kalimat sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur...kalian WARAS??? - ADP'. Sederet cuitan tersebut diakui Dhani diunggahnya sendiri pada 7 Februari dan 6 Maret 2017.

Sumber kutipan https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-umpatan-idiot



Kalau ini cuitannya terpisah sebenarnya tidak jadi masalah karena, tidak ada nama yang disebut hanya penista agama. Tapi ketika ada nama Ahok di salah satu cuitannya lalu dihubungkan dengan ketiga cuitannya ini, maka yang dimaksud adalah Ahok inilah yang membuat mereka melaporkan.

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Tapi memang tahun itu lagi tahun politis, lagi tahun saling serang saling membenci. Tapi kita berfikir logis dengan pendekatan moral, bayangkan ada orang yang mengucapkan kata-kata kasar lalu di penjara satu tahun. Bayangkan satu tahun itu dia jauh dari keluarga, tidak bisa mencari nafkah, dan juga hal lainnya.

Bayangkan kalau hal ini menimpa pada masyarakat umum dengan UU ITE, komentar menghina di media sosial, mau kaskus, youtube, facebook, twitter, ig oleh masyarakat Indonesia ini banyak sekali, kalau semuanya terjerat hukum bagaimana ekonomi mereka mau berjalan? Bisa ramai-ramai masuk penjara, sedangkan kapasitas penjara saja sudah tidak muat.



Jadi baik Ahok ataupun Ahmad Dhani, kalau memang ada yang salah kenapa tidak ditegur dengan keras saja hal ini menandakan kita ini masih mempunyai moral, bukan mempunyai dendam, jangan salah sedikit lapor, wes piye toh lapor kok dikit-dikit. Yang lebih penting daripada hukuman adalah keadilan, apakah adil bila ada orang berbicara kasar, berbicara salah, lalu di bungkam suaranya dengan tidak bisa mencari nafkah, dengan dijauhkan dari keluarganya? Jadi tegur saja dengan keras, agar tidak berbuat hal yang serupa itu menurut ane pribadi.

Bahkan dalam Islam, banyak penista agama yang minta maaf mereka di maafkan.

Quote:

"Tidak ada dalam Alquran atau dalam ajaran otentik Nabi Muhammad SAW yang membenarkan, memberi sanksi, atau melegitimasi pembunuhan orang karena menentang, mengkritik, menghina, atau menunjukkan ketidakhormatan terhadap orang suci, artefak agama, adat istiadat,  dan keyakinan Islam," katanya dilansir dari AboutIslam.net, Selasa (3/11).

"Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh." (Al-a'raf:199).

"Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf." (Asy-Syura:37)

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Menurut Faysal, jika penistaan ​​dapat dihukum mati dalam Islam, maka Nabi akan menjadi orang pertama yang memerintahkan pembunuhan ratusan musuhnya yang kemudian menjadi sahabat terdekatnya.

Kebanyakan orang Mekkah menentangnya, mempermalukannya, mengutuk, menghujat, atau bahkan mencoba membunuhnya. Namun Nabi lebih suka mempraktikkan pengampunan untuk mencari belas kasihan ilahi bagi mereka. Bahkan setelah terluka parah di Taif, dia menolak untuk membalas dendam.

Wanita yang lebih tua yang biasa membuang sampah pada Nabi justru dikunjungi olehnya ketika dia tidak melihatnya membuang sampah lagi untuk mengetahui bahwa dia tidak sehat.

Ketika Suhail bin Amr, seorang penyair yang mengarang puisi yang menghujat Nabi, dibawa sebagai tawanan perang setelah pertempuran Badar, Nabi meminta sahabatnya untuk menunjukkan kebaikan kepadanya.

Ada banyak contoh yang membuktikan bahwa Nabi tidak pernah melakukan kekerasan terhadap orang-orang yang sangat tidak menghormatinya atau Allah Yang Maha Kuasa.

Sumber kutipan https://www.republika.co.id/berita/q...enistaan-agama



Semoga kedepannya hal-hal seperti ini bisa dimaafkan dan saling memperbanyak teman.

Kasus Jessica Kumala Wongso

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Kasus ini berbeda, tidak berkaitan dengan politik. Tapi uniknya kasus ini menyita perhatian publik, bahkan di televisi nasional sampai ada siaran langsung dan dibahas setahun penuh. Menurut ane hal ini sudah tak rasional, sampai-sampai ane pun ikut membahasnya hehehe...

Quote:

Kronologinya adalah, pada 6 Januari 2016, Mirna, Jessica dan seorang teman lain bernama Hani Boon Juwita berjanji untuk bertemu di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Jessica yang tiba di lokasi lebih dulu, memesan tiga minuman. Satu es kopi vietnam untuk Mirna dan dua cocktail untuk dirinya dan Hani.

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Tak lama berselang setelah Mirna datang, ia meminum kopi tersebut yang ternyata mengandung racun mematikan, sianida. Perempuan 27 tahun itu pun langsung kejang-kejang dan tak sadarkan diri. Mulutnya juga mengeluarkan buih.

Mirna meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Sumber kutipan https://megapolitan.kompas.com/read/...ssica?page=all



Kasus ini cukup unik, dimana Jessica dihukum 20 tahun penjara pada 27 Oktober 2016. Namun kasusnya tidak ada bukti konkret, seperti tidak ada saksi mata Jessica yang menaruh, membawa, atau membeli racun, cctv pun tidak melihat hal itu secara langsung. Lalu
alat-alat bukti yang secara langsung menuju pada si pelaku, masih kurang. Jessica pun menolak dakwaan telah meracuni Mirna.

Namun hakim memutuskan Jessica bersalah, karena hakim dapat menggunakan circumstance evidence atau bukti tak langsung.

Quote:



Dalam kasus kematian Mirna ini, Jessica didakwa membunuh Mirna karena dialah orang yang paling lama menguasai atau mengendalikan kopi yang diminum Mirna.

Itu dibuktikan oleh kesaksian semua saksi mata dan rekaman CCTV. Fakta mengenai goodie bag yang diletakkan Jessica di meja juga menjadi bukti tak langsung bahwa Jessica hendak menutup-nutupi perbuatan atau tindakannya. Bahwa saksi mata dan CCTV tidak bisa membuktikan secara langsung adegan Jessica memasukan racun, tidak membantah fakta bahwa Jessica yang memang paling lama menguasai kopi yang diminum Mirna.

Dari sanalah fakta-fakta mengenai masa lalu Jessica di Australia, termasuk relasinya yang kurang baik dengan orang tua, gejala psikis yang dianggap bermasalah dan agresif, menjadi keping-keping puzzle dari circumstansial evidence. Kekecewaan terhadap sikap Mirna yang tidak sesuai dengan harapan Jessica yang sedang dalam situasi sulit dianggap cukup sebagai penyebab timbulnya dendam dan sakit hati.

Bukti bahwa Jessica ada di lokasi, menguasai atau paling dekat dengan kopi dalam waktu yang lama, ditambah rangkaian fakta tentang persoalan psikis Jessica, plus ditemukannya motif dendam dan sakit hati, membuat Majelis Hakim merasa yakin bahwa memang Jessica yang membunuh. Itulah circumstansial evidence, atau bukti tak langsung, yang dimaksud Majelis Hakim.

Sumber kutipan https://tirto.id/ingus-jessica-sebag...-evidence-bYwx





Melihat bukti tak langsung diatas apakah cukup untuk menyatakan Jessica bersalah?

Menurut ane pribadi bukti tak langsung ini masih kurang cukup untuk memasukkan seseorang ke dalam penjara terlebih selama 20 tahun, itu hanya pendapat ane kalau melihat bukti tak langsung yang dijabarkan diatas.

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Karena ditakutkan seperti kisah pemuda 14 tahun George Stinney yang dihukum mati walau bukti tidak cukup, dan benar saja ternyata setelah 70 tahun kematiannya, Stinney dinyatakan tidak bersalah. 

Semoga saja kisah Jessica tidak menjadi kisah George Stinney, dan semoga kasus-kasus ini dapat dijadikan pelajaran dimasa depan. Agar tidak ada lagi kasus serupa kedepannya.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?





profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.3K Anggota • 906.2K Threads
Halaman 1 dari 3
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 14:39
Jangan lupa kasus si Saipul Jamil. Habis bebas malah disambut macam apa aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 14:40
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukmainin dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 15:08
kurang banyak gan,kasus bank century ,gayus tambunan juga heboh bgt waktu itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 15:26
jangan lupakan reynhard sinagaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sledingtekel dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 15:48
Jessica sampai sidang berkali-kali tuh. Tv nyiarin terus sidangnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 16:07
kasus yang paling heboh menurut ane adalah kasus investasi bodong yusuf mansur
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 17:15
Ada yang inget emon?
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 18:09
Jadi baik Ahok ataupun Ahmad Dhani, kalau memang ada yang salah kenapa tidak ditegur dengan keras saja hal ini menandakan kita ini masih mempunyai moral, bukan mempunyai dendam, jangan salah sedikit lapor, wes piye toh lapor kok dikit-dikit. Yang lebih penting daripada hukuman adalah keadilan, apakah adil bila ada orang berbicara kasar, berbicara salah, lalu di bungkam suaranya dengan tidak bisa mencari nafkah, dengan dijauhkan dari keluarganya? Jadi tegur saja dengan keras, agar tidak berbuat hal yang serupa itu menurut ane pribadi.

Opini sendiri juga berasa kasus Ahok lebih lantaran akumulasi kebencian secara personal yang kemudian berujung pada satu tikaman mematikan. tanpa peringatan atau teguran sebelumnya. ditambah iklim politik juga seolah bisa menjegal siapapun yang dianggap berseberangan dan juga dianggap layak dihentikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riko911 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 19:54
bisa dijadikan pembelajaran bagi hidupnya yg penuh kontroversi ...emoticon-Malu

profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 19:58
Sopan = kontroversi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 20:48
No.1 murni politik
No.2 udah jelas
No.3 ada cctv dari awal sampai akhir kejadian sudah kuat, atau apa perlu ada dugaan mahluk halus yang masukin sianida kemulut mirna
No. 4 no coment
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
riodgarp dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 23:33
bnyak kontroversi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 23:44
Kurang ahh
Kasus menguasai NKRI 3 dekade blm ada yg ngalahin

Yg nanggung generasi skrg emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukmainin dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
19-01-2022 23:52
Jesisca yg plg heboh sih, sampe persidangan yg begitu byk sampe di tanyangkan, hahaha

____________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Yang diatas cuma sebagian kecil kegunaan dari brainwave.

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 00:42
gausah heran2 amat lah ahok sm ad tahanan politik.
kalo jessica sih kasusnya emg kriminal tp gak jelas jg sih dia bersalah atau gak.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 01:00
rindu masa2 sidang jesica, kaskus rame tv one sidang isinya
profile-picture
profile-picture
speakerdisco dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 01:18
si ngohak juga kontroversial.
7 tahun biarin bininya selingkuh.
setelah cinlok dengan ajudan bini nya, baru deh cari-cari alasan buat cerai dan kimpoi dengan cewek muda.
wkwkwkwk....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
typicat dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 03:53
Emang kasus jessica yang paling sad, ngk ada bukti kena hukuman 20 tahun. Yg ane ngk habis pikir kok bisa dia di vonis 20 tahun ? sedangkan orang yg biasanya ngebunuh orang lain dengan bukti yang kuat kok cuma di penjara 12 thnan ?
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukmainin dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 04:22
Kasus ahok terpanas di 2017. Tapi jessica lebih booming. Sampe dibikin seriesnya
Diubah oleh Dessabtya
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Mengulik Kasus Kontroversi Di Indonesia, Apa Saja Itu?
20-01-2022 07:53
kalau ngomongin kontroversi di +62 sebetulnya banyak dari dulu juga...
emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia