News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e6c1941f2e6f1b3633be50/wagub-sebut-uu-soal-kekhususan-dki-jakarta-akan-segera-direvisi
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia nantinya akan direvisi. Revisi ini dilakukan karena pemerintah dan DPR sepakat memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur dan mengesahkan Rancangan UU Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU
Lapor Hansip
18-01-2022 20:33

Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi

Past Hot Thread
https://amp.kompas.com/megapolitan/read/2022/01/18/17552271/wagub-sebut-uu-soal-kekhususan-dki-jakarta-akan-segera-direvisi

Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi


Quote:Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi

Kompas.com, 18 Januari 2022, 17:55 WIB



Penulis: Sania Mashabi
 | 
Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia nantinya akan direvisi.

Revisi ini dilakukan karena pemerintah dan DPR sepakat memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur dan mengesahkan Rancangan UU Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU.

"Iya tentu nanti setelah disahkan IKN tahapan berikutnya kita pasti akan merevisi UU Keistimewaaan DKI Jakarta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/1/2022).


Riza berharap nantinya Jakarta bisa tetap mendapatkan sebutan daerah istimewa yang memiliki kekhususan tertentu. Terkait kekhususan tertentu nanti akan dibahas lebih lanjut bersama pemerintah.

"Kita berharap DKI Jakarta tetap bisa menjadi derah istimewa sekalipun bukan ibu kota nanti akan ada keputusan khusus di Jakarta," ujar dia.

"Kita terus konsultasikan dengan Kemendagri dengan DPR, Bappenas dan tentu dengan presiden," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, RUU IKN resmi disahkan DPR menjadi UU.

Hal itu terjadi setelah DPR menyetujui RUU itu dalam rapat paripurna ke-13 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (18/1/2022).

"Kami menanyakan apakah RUU Ibu Kota Negara ini dapat disetujui menjadi undang-undang?" kata Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat.

"Setuju," ucap peserta sidang paripurna.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa DKI Jakarta tetap akan memiliki sematan daerah khusus. Hal itu dikatakan meskipun, ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan Timur nantinya.

"Kami juga kemarin dari awal juga sempat menyinggung ya soal status Jakarta setelah pemindahan ini. Semua hampir sepakat bahwa kita juga harus tetap memberikan kekhususan kepada Jakarta," kata Doli ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022). Doli mengatakan bahwa pihaknya akan membahas mengenai julukan yang akan diberikan pada Jakarta setelah tak lagi menjadi ibu kota.

"Khususnya, nanti kita cari," tambah dia. Menurut Doli, Jakarta tetap harus diberikan sematan daerah khusus lantaran memiliki sejarah kontribusi pada perkembangan bangsa Indonesia selama ratusan tahun. Selain itu, ia mengungkapkan bahwa infrastruktur di Jakarta juga dinilai sudah memadai.

Kalau ibukota pindah, tentu Jakarta tidak lagi bisa disebut "Daerah Khusus Ibukota" Jakarta.


Kira-kira bakal jadi apa ya?
Daerah Istimewa Jakarta (DIJ)?

*tapi istimewa model gimana kah? apakah dengan pemberlakuan syariah (seperti Aceh), dipimpin gubernur seumur hidup turun temurun (seperti Yogyakarta), atau kepala daerahnya harus Orang Asli Jakarta (seperti Papua), atau...?


Atau mau mempertahankan sebutan "DKI Jakarta"? Kepanjangan DKI-nya jadi apa?

Ayo kita bahas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nitefly dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630.7K Threads
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 20:39
Daerah Kadrun Intoleran. emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 20:44
Saran ane.. Jakarta d jadikan daerah khusus dg label "kota suci" atau "kota haram" kaya mekah.. emoticon-Malu (S)

Tentu karena sebagai tempat bersejarah berkumpul nya jutaan umat d monas yg bahkan mengalahkan wukuf arafah.. sekaligus satu2nya kota yg mengharamkan memandikan jenazah.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 20:56
Kenapa nggak Daerah Bekas Ibukota, saja? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madL99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 20:56
Apakah dengan ga jadi ibukota, APBD jakarta akan tetap 80T... Atau malah turun banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 21:02
Daerah khusus pisang tegang
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 21:11
DKI
Dono Kasino Indro
emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 21:14
daerah khusus Istimewa jakarta aja, singkatannya gak berubah bray tetap DKI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mblong88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 21:20
Jakarta di kenal sebelum nya sebagai " Kota perDagangan " / (jaman saat ini kita sebut sebagai kota bisnis) dengan pelabuhan "Sunda Kelapa" pada jaman dahulu nya

Dengan hilang nya DKI pada nama depan Jakarta seyogya mengembalikan Jakarta sebagai "Kota Perdagangan" dengan sungai sungai nya dahulu di lewati perahu perahu yang membawa hasil bumi dari hulu ke hilir juga sebalik nya!

Commerce Zone JAKARTA.

CZ JAKARTA.


Commerce Region JAKARTA.

CR JAKARTA.

Diubah oleh SunDaimond
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 21:41
Hargai sejarah panjang jakarta jdi mank harus ada kekhususannyaemoticon-Cool

emoticon-Cool
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 22:53
Daerah Khusus Underwater
0 0
0
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 22:59
Sebentar lagi gw jadi orang kampung!
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
1 0
1
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 23:03
kira kira TKD pns pemda dki bakal kena pangkas ga nich ?

khan udah bukan ibukota.

tau sendiri PNS PEMDA DKI paling gede tunjangannya

emoticon-Big Grin

berbanding terbalik sama PNS DOSEN PENELITI kampus SATKER cuma dapet gaji pokok + uang makan. Untuk Serdos rebutan sama swasta.

IRONI NKRI

dosen peneliti disini kuliah tinggi tp ga dihargai.

2007 - 2022 tunjangan kagak naek naek, menteri dan presidennya sama aja ga perduli sama riset.

emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
belibeli69 dan jerryreality513 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
18-01-2022 23:38
kalau sudah bukan ibukota, apa masih layak menyandang status khusus kah? masih layak dapat porsi terbesar dari anggaran negara kah?
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
1 0
1
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
19-01-2022 01:54
Nggak usah sok ngurusin deh pak wagub. Udah mau berhenti ini. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan antiketek memberi reputasi
2 0
2
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
19-01-2022 03:09
Jadi kotamadya....gabung ke banten ..........emoticon-Mad
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
19-01-2022 16:00
DKB Jakarta > Daerah Khusus Bisnis Jakarta
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
1 0
1
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
19-01-2022 22:17
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi

Istimewa atau ngga bukan suka-suka siapalah , semua ada sejarah , kronologi dan kontribusinya ke NKRI, kita tunggu aja karangan dan oralisa manusia yang keukeuh mengistimewakan Jakarta. emoticon-Wink

Singkat kata, sama lah statusnya dengan provinsi lain tanpa keistimewaan.

Lagipula manfaatnya apa untuk warga Jakarta? Kalau PBB bisa diskon 75 persen , jual beli rumah affordable/bisa dijangkau , transparansi pengelolaan pemerintahan Jakarta Super Hebat? Demo nasbung 0%, macet 0%, banjir 0%? kentut lah lah ini kan ga jelas, paling janji sorga.

Kalo diberlakukan syariah ala Negara Aceh ya gua pindah lah..jual aset pindah kemana kek, liat kadrun songong aja udah gerah, apalagi kadrun berkuasa/difasilitasi...

Jakarta itu besar dan sudah lengkap infrastrukturnya, tetep jadi rebutan politikus dan pedagang walau tetap puyeng kalo direcoki demo nasi bungkus.

Makanya sebaiknya DKI Jakarta jadi DKBK Jakarta aja...Daerah Khusus Bebas Kadrun....sekalian sensus kadrun teroris biar terdata dan gampang dibuang ke laut. emoticon-Traveller


Salam.
Diubah oleh Jazed
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
1 0
1
Wagub Sebut UU Soal Kekhususan DKI Jakarta Akan Segera Direvisi
19-01-2022 22:56
DRB Jakarta = Daerah Rawan Banjir Jakarta

DMI Jakarta = Daerah Mantan Ibukota Jakarta
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia