Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e65618b4b608488b25b0b5/haruskah-mengikuti-opini-mayoritas
Walaupun sudah merasa berpendapat yang benar, namun pendapat yang benar itu dianggap sesuatu yang bodoh atau hal yang menggangu menurut pendapat sekelompok orang.
Lapor Hansip
18-01-2022 12:54

Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?

SAHABATKASKUS - Terkadang opini yang ada pada sekelompok orang bertentangan dengan opini pribadi,

Walaupun sudah merasa berpendapat yang benar, namun pendapat yang benar itu dianggap sesuatu yang bodoh atau hal yang menggangu menurut pendapat sekelompok orang.

Pada kondisi seperti itulah muncul pemikiran haruskah mengikuti pendapat sekelompok orang, agar bisa diterima dikelompok tersebut serta tidak dipandang sebagai pribadi yang aneh.

Melalui thread ini ane mengajak agan dan sista sekalian mempelajari dan menanggapi beberapa kisah yang pernah ane alami. Cikedot kita mulai dari yang pertamax.

1

Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
Pernah suatu ketika teman ane bicara mengenai apa yang terjadi pada dirinya hari itu.
Dia bercerita didepan ane dan beberapa teman lainnya, kalau dia hendak naik dari bahu jalan (kondisi bahu jalan sangat rendah dibanding jalan) ke jalan, lalu dia dikejutkan oleh klakson kendaraan yang berada diatas jalan (sedang melaju lurus pada jalur), teman tersebut merasa kalau dari bahu jalan naik ke jalan tidak perlu perhatikan pengendara yang diatas jalan.
Kemudian ane tanyakan pada teman tersebut, apa yang menjadi dasar bahwa pendapat dia benar, teman tersebut berpendapat bahwasanya seharusnya yang mau naik kejalan (dari bahu jalan) harusnya didahulukan, dengan dasar bahwa kalau mau naik kejalan tersebut lebih sulit, sementara yang berada dijalan kan tidak sulit, dia berpendapat seperti itu.
Lalu ane berikan pendapat seharusnya yang berada dijalanlah yang didahulukan sebab mereka dalam keadaan fokus pada kecepatannya dan justru kalau ada gangguan tiba tiba dari arah badan jalan maka itu berpotensi menimbulkan kecelakaan.
Namun pada akhirnya seluruh yang mendengar cerita tersebut tidak setuju dengan pendapat ane, kebanyakan dari mereka berpendapat yang dari bahu jalan lebih sulit naik kejalan kalau yang dijalan kan enak apalagi mobil.
Dalam hal ini bagaimana pendapat dari agan dan sista ?

2

Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
Kejadian ini ane alami saat berada di persimpangan empat, sebelumnya ane cerita dulu soal persimpangan tersebut.
Persimpangan tersebut pada jam jam tertentu sering terjadi kemacetan, hal itu disebabkan oleh karena tidak adanya rambu rambu berupa lampu lalulintas di persimpangan tersebut.
Setiap ane liwat dipersimpangan tersebut, selalu merasa ini persimpangan harus diberi lampu lalulintas sebab persimpangan itu adalah pertemuan dari 3 jalur utama, sehingga pada waktu tertentu menjadi macet dikarenakan masing masing merasa berhak didahulukan.
Singkat cerita, akhirnya persimpangan tersebut dipasang lampu lalulintas.
Wah bakal lancar nih persimpangan dan sudah sewajarnya lah itu dipasang menurut pendapat ane.
Ternyata pendapat itu salah, saat lampu merah ane berhenti, langsung aja pengendara dibelakang pada ribut dan bunyiin klakson, teriak agar jalan.
Sempat ane balas teriakan mereka dengan berkata bahwa sedang menyala lampu merah.
Justru pada berkata kalau ane bodoh dari dulu tidak ada lampu lalulintas, dan dianggap kalau sudah mengganggu jalan mereka.
Akhirnya ane mengalah menerobos lampu lalulintas tersebut.
Dan uniknya tak berapa lama setelah kejadian tersebut si lampu lalulintas pun mengalah, sampai hari ini sang lampu lalulintas sudah tak menyala lagi.
Dalam hal ini bagaimana pendapat agan dan sista ?

3

Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?

Ada teman ane yang hobby otomotif, dia bercerita didepan ane dan teman teman kalau di jaman dulu (sekitar tahun 1980) di indonesia sudah ada yang namanya mesin twin (dua piston), dan dia pernah lihat kepunyaan kerabatnya dengan merk yamahmud rx125 twin.
Karena ane tak tau diam aja, tapi buka gugle dan setelah mencari ternyata emang ada yamahmud rx125 twin tersebut.
Namun reaksi teman lainnya justru beda, mereka berpendapat sesuai yg mereka ketahui soal yamahmud RX.
Akhirnya pada debat tuh, walau seperti biasa yang sendirian bakal diserang habis habisan, dan benar saja akhirnya teman itu diam seribu bahasa.
Ane berpikir ternyata apabila seorang yang mengetahui sesuatu berada pada tempat mayoritas orang yang tak tau, maka seorang yang mengetahui itu justru dianggap sibodoh yang mengada ada.
Bagaimana pendapat agan dan sista dalam hal ini ?

Begitu banyak hal hal yang kita anggap sudah sesuai dengan keadaan ataupun aturan yang benar namun dianggap salah oleh kebanyakan orang, bagikan juga pengalaman agan dan sista serta komentarnya atas 3 kisah yang saya alami.

Bukan untuk menyebutkan bahwa diri pribadi lebih benar, tapi sebagai tolak ukur bagaimana cara pandang orang orang kebanyakan yang berada diluar lingkungan hidup ane.
Mungkin orang orang dilingkungan ane yang emang sedikit aneh, atau ane yang aneh.
emoticon-Ngakak


Terimakasih atas kunjungannya dan komentar serta pengalaman yang dibagikan di kolom komentar.
emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung

Berdasarkan opini/pengalaman pribadi
pic:gugle
profile-picture
profile-picture
profile-picture
savetyff dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.2K Anggota • 906K Threads
Halaman 1 dari 2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
18-01-2022 13:21
situasi
kondisi
toleransi
pandangan
jangkauan
Diubah oleh .Vandisk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
18-01-2022 13:31
Ya ngga harus ngikuti opini mayoritas lah gan, tetaplah untuk berpikir kritis (critical thinking) emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BoyfromOkinawa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
18-01-2022 13:43
kebenaran tetaplah kebenaran walaupun tidak ada yang melakukan, salah tetap salah walaupun banyak yang melakukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Post ini telah dihapus
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
18-01-2022 16:15
Memang ga harus selalu mengikuti mayoritas.

Tapi ada baiknya untuk menelaah pendapat si mayoritas kenapa mereka bisa mengeluarkan pendapat yang sama.

Yang sulit kalau ternyata pendapat mayoritas itu salah. Cara membungkamnya ya cuma lewat pembuktian, susah kalau cuma lewat teori.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BoyfromOkinawa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
18-01-2022 22:17
Jangan berdebat bikin haus, tensi naik, gak dibayar lagi.
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
20-01-2022 23:19
yang jelas jgn nipu diri ente sendiri gan

____________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Yang diatas cuma beberapa contoh kegunaan dari brainwaven, kalau agan mau tau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
20-01-2022 23:19
Satu lagi dari Mayora...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 00:04
Tidak, setiap orang wajib punya based opini masing2, harus berpikir kritis. Jangan jadi NPC

Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 00:06
beropini bebas yg penting tidak mengadung kadrun saja 👌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 00:16
Kalau punya otot yang kekar sekekar2nya dan ente bisa tinju satu kampung tanpa ngos2an sampe kampungnya bubar...monggo ga usah ikut mayoritas, selain itu nurut aja yo....emoticon-Ngakak


Pilihan selain nurut adalah diam atau kabur, itu semua ga bisa ya ente suek, dah itu aja emoticon-Traveller
Diubah oleh hhendryz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 00:20
Yg nomer 2 ane juga da
Per3an dulunya ga ada lampu, semerawut, dipasang lampu sama aja. Lampu merah ane berhenti. Bukan karena taat, tapi juga menghargai hak jalan orang lain. Orang maen klakson, marah2 bodo amat. Aturannya belok kiri ikuti lampu atau rambu. Karna pengendara sekarang suka motong, atau beloknya melebar. Agak trauma ane, pernah hampir ditabrak.

Ane tidak mengikuti opini, kecuali yg bedasarkan kebenaran. Atau pertimbangan baik-buruknya.
Diubah oleh AirFie
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 01:31
Kalo ane sih blg aja sekali kalo masih ngeyel ya udah ngalah/diem aja
Ngaapain kita yg repot? Emang kita gurunya? emoticon-Betty

Beda kalo ceritanya kyk lampu merah ya. Kan patuh aturan ya urusan masing2. Kalo merah ya stop. Kalo ada yg mau jalan ya udah silahkan aja kita kasi jalan tapi kitanya ga usah ikut terobos.
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 01:37
Yg lampu merah mah cuekin ajh gan

Gw juga pernah posisi gw naek motor di lajur kanan karna gw mau belom kanan..
Nah lampu yg lurus udah ijo tapi yg belom kanan masih merah..
Belakang gw mobil brisik banget tat tot tat tot klakson mulu gw cuekin ajh toh gw udah nyalain sen kanan juga sambil gw tengok ke belakang gw gk ngomong cuma ngasih isarat tangan gw nunjuk ke lampu yg masih nyala merah eh dia malu sendiri idem deh..
Sapa suruh mau lurus ada di lajur kanan..
Punya mobil gk punya otak..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 02:24
Perspektif
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan ariemail memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 03:57
Beranilah beda emoticon-Ngakak
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 05:11
Kita (Pria) harus punya prinsip dan pendirian tegas emoticon-Army (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 05:32
Ah udeh biasalah. Tidak usah mendengarkan apa kata orang. Terobosan aja dah
profile-picture
profile-picture
sutanjuga dan kabalisme memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 05:41
Mungkin opsi nya ada 2 mau jadi leader atau follower.... Seorang leader biasanya teguh memegang suatu prinsip... Semua terserah kita emoticon-Traveller
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Mengikuti Opini Mayoritas ?
21-01-2022 06:32
itu pertanda banyak orang2 goblok
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia