Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
104
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e58accbfa944179e2ac7a0/perlu-mental-baja-untuk-naik-bus-di-wilayah-tapal-kuda-dan-cirebon
Bagi TS naik bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) merupakan sebuah rutinitas yang harus dijalani setelah mendapatkan pekerjaan di luar kota, karena domosili TS di jalur selatan Jawa Timur, maka Sumber Group dan Mira adalah tunggangan langganan. TS tak pernah pilah-pilih, kalau yang datang Sumber ya naik, kalau yang datang Mira pasti ikut naik juga.
Lapor Hansip
17-01-2022 22:27

Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagi TS naik bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) merupakan sebuah rutinitas yang harus dijalani setelah mendapatkan pekerjaan di luar kota, karena domosili TS di jalur selatan Jawa Timur, maka Sumber Group dan Mira adalah tunggangan langganan. TS tak pernah pilah-pilih, kalau yang datang Sumber ya naik, kalau yang datang Mira pasti ikut naik juga.

Bus yang TS biasa naiki adalah kelas Ekonomi, karena ongkosnya yang lebih bersahabat dengan dompet. Kalau ada rejeki lebih ya naik bus Patas, itu pun sebenarnya jarang-jarang gan sist. Bus Patas selalu ada di daftar ke-2 kalau TS hendak melakukan perjalanan di sekitar Jatim, Jateng dan Jogja. Beruntung operator bus di wilayah TS menerapkan tarif kawasan, jadi tarif tersebut dihitung berdasarkan jarak tempuh dari satu kota ke kota yang lain.

Misalnya TS pergi dari Solo ke Maospati, maka tarifnya Rp 27 ribu. Jika pergi dari Maospati ke Madiun tarifnya Rp sekitar Rp 15 ribu. Jika jarak dekat tarifnya tentu akan murah, jika jaraknya jauh tarifnya akan bertambah sesuai jarak tempuh bus. Dan itu pun hitungannya masih murah. Tapi tidak semua bus menerapkan tarif kawasan, masih ada beberapa bus yang masih menerapkan tarif seenaknya sendiri. Entah karena memang peraturan dari manajemen atau dari krunya yang "nakal."

Berikut ini adalah dua daerah di pulau Jawa yang wajib membutuhkan "nyali tinggi dan mental baja", terutama ketika kita memutuskan untuk naik bus di wilayah tersebut. Semoga sedikit saran dan pengalaman dari TS ini semoga bisa dijadikan referensi bagi yang mau naik bus di beberapa wilayah tersebut. Kita mulai dari daerah sebelah timur di Jawa Timur emoticon-Cendol (S)


Quote:
1. Daerah Tapal Kuda (Jember, Lumajang, Situbondo dan sekitarnya)

Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon

Terminal Tawang Alun di kota Jember.

Foto: beritalima.com



Jika kalian pergi ke daerah Tapal Kuda dan memilih naik bus, gan sist patut waspada. Pasalnya di jalur ini tarif busnya tergolong sadis, dan tak jarang jika bus yang kita naiki sepi penumpang, maka akan ada kemungkinan kita akan dioper ke bus lain. Jika kalian mau pergi ke Jember misalnya atau daerah lain di Tapal Kuda, TS sarankan untuk mencari bus bernama AKAS, Restu, Rosalia Indah Sugeng Rahayu dan Tentrem.

Bus-bus yang TS sebut di atas setidaknya sudah punya tarif tetap. Artinya tarif tersebut memang sudah disesuaikan dengan aturan yang berlaku, untuk bus selain yang TS sebut harus agan hindari. Karena bus yang tidak disebutkan memakai sistem setoran, jadi kondektur bisa seenaknya mematok tarif. Kalau gan sist punya nyali lebih dan jago berdebat, kalian bisa nego harga karcisnya supaya sesuai dengan isi dompet.

Namun, rata-rata kondektur bus tersebut jarang ada yang mau dinego tarifnya. Jadi pilihan realistis naik bus yang sudah jelas tarifnya gan sist, biasanya bus yang TS rekomendasikan di atas melayani kelas Patas; kecuali Rosalia Indah (Rosin). Yang unik dari Rosin adalah kita bisa naik bus Eksekutif/Eksekutif Plus ke Surabaya. Namun, dengan tarif parsial. Tarif ini berkisar Rp 75 sampai Rp 100 ribu, tergantung bus yang akan kita naiki.

Sebenarnya untuk tarif bus ke arah Tapal Kuda memang terkenal bermasalah, terutama tarif dari PO yang jarang terdengar namanya, jadi kita harus pintar-pintar dalam menawar. Jika pergi ke ujung Jawa Timur seperti ke Banyuwangi atau Situbondo memakai bus, lebih aman memang naik Akas atau Mila Sejahtera. TS bukan promosi gan sist, tapi hal ini berdasarkan pengalaman dan fakta di lapangan. Ya harapannya semua bus di Tapal Kuda bisa menerapkan tarif kawasan seperti bus di jalur Sby-Jogja, TS rasa tarif ini lebih adil untuk semua penumpang.


Quote:
2. Cirebon, Kuningan & Sekitarnya

Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon

Terminal Harjamukti di kota Cirebon.

Foto: jabartribunnews.com


Kita geser ke sebelah barat, persisnya di jalur utara Jawa Barat. Di wilayah Kuningan dan Cirebon memang sudah dari dulu dikenal dengan tarif bus yang berubah-ubah, bahkan penumpang dalam satu bus yang sama dengan tujuan sama memiliki harga karcis yang berbeda. Sama seperti beberapa bus di wilayah Tapal Kuda, di wilayah Cirebon dan Kuningan rata-rata memang menganut sistem setoran. Jadi harga karcis bus ditentukan oleh kondektur, bukan oleh manajemen bus.

TS masih cukup bernyali untuk naik bus Sumber Group atau Mira, tapi jika harus disuruh naik bus Cirebonan, jujur saja nyali TS akan ciut. Beberapa teman menyarankan jika naik bus Cirebonan kita harus nego tarif dulu dengan kondektur di luar, nego dilakukan sebelum bus berangkat. Hal ini dilakukan agar saat sudah naik bus kita tidak digetok harga. Tetapi terkadang proses negosiasi tidak sesuai rencana, ketika bus berangkat kondektur tetap memasang tarif sesuai mood-nya. Hal itu terkadang membuat para penumpang jadi gundah gulana.

Memang di jalur utara Jawa Barat tidak banyak pilihan bus dengan tarif yang wajar, mungkin si putih Primajasa atau Sinar Jaya bisa menjadi pilihan jika pergi ke Cirebon dan sekitarnya. Selain itu beberapa bus pribumi seperti Luragung Group mungkin saat ini bisa jadi pilihan, di mana mereka mulai menerapkan sistem agen untuk penumpang jurusan Jakarta dan sekitarnya. Hal ini setidaknya akan memberi calon penumpang rasa aman.

Selain masalah tarif, tradisi oper mengoper penumpang juga masih jadi tradisi di beberapa bus Cirebonan. Di mana bus yang membawa sedikit penumpang akan mengoper penumpang tersebut ke bus lain yang penumpangnya lebih banyak. Ditambah masih ada bus yang melayani trayek tidak sesuai tujuan, menjadikan bus di jalur ini punya ciri khas tersendiri. Kenyamanan adalah hal yang dicari orang ketika naik bus, saat sudah duduk di bangku penumpang, mereka hanya ingin pulang dengan selamat, nyaman dan tenang. Tanpa perlu memikirkan tarif yang mahal atau diturunkan di tengah jalan.



Sistem Setoran yang Masih Jadi Masalah Transportasi Bus di Indonesia


Sistem setoran memang menjadi masalah tersendiri bagi transportasi bus di Indonesia saat ini, sebenarnya sistem ini bisa diterapkan dengan baik, dengan catatan kru yang bertugas menerapkan tarif yang masuk akal bagi para penumpang. Tapi terkadang kru di lapangan justru mematok tarif sesuai keinginan mereka, inilah yang membuat bus dengan sistem setoran identik dengan citra negarif.

Sebenarnya ada bus dengan sistem setoran yang masih memasang tarif wajar, misalnya bus gunung rute Solo-Tawangmangu atau bus Rela jalur Solo-Purwodadi. Meski memakai sistem setoran, tapi kedua bus ini masih memasang tarif yang wajar. Sebenarnya untuk jalur Cirebon-Jakarta ini jaraknya setara dengan Surabaya-Jogja. Jadi TS rasa memasang tarif normal tidak jadi soal, pasalnya hampir setiap hari pasti ada penumpang di jalur tersebut, jadi kebutuhan setoran bisa dipenuhi oleh kru. (cmiiw, opini TS).

Bisnis jasa transportasi di era sekarang sudah semakin ketat persaingannya, apalagi dengan adanya media sosial, maka para penumpang jadi bisa memilih bus sesuai dengan keinginan mereka. Penumpang juga bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan sebuah bus dari media sosial. Jadi untuk bus yang masih "nakal", TS rasa kini mereka tinggal menunggu waktu saja. Jika tidak segera berbenah, mereka akan tenggelam dan ditinggalkan.

Itu dia beberapa tempat yang harus diwaspadai saat kita hendak naik bus, khususnya di Pulau Jawa. TS sebenarnya ingin memsaukkan Merak-Jakarta, tapi rute ini sepertinya sudah semakin baik dari segi tarif dan armadanya. Dan tidak banyak orang memberi komentar negatif akan pelayanan bus di rute tersebut. Lalu, apakah agan dan sista juga punya pengalaman kurang menyenangkan saat naik bus ? Silakan nanti berkomentar di bawah emoticon-Angkat Beer


---------



Sumber Tulisan: pengalaman teman dan pengalaman pribadi
Sumber Foto: sudah tertera
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jintuang dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 4
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
17-01-2022 22:27
Tips buat perjalanan di tapal kuda:

Quote:Original Posted By chimax andi
Tapal Kuda memang bedaaa..

Kalau dr surabaya ke banyuwangi mending naik PATAS aja langsung, PATAS Ladju jam nya kalau pagi, jam 7, 8, 9, 10 pagi. Kalau malam lupa saya, cuma dua kayakanya kalau malam. Tarifnya 170rb.
Jangan ketukar sama PATAS Ladju yg cuma sampai jember ya..

Krn yg mengkhawatirkan itu justru dr jember ke banyuwangi nya..



Quote:Original Posted By jintuang
Ane dulu awal keluar dari rumah kemana mana naik bus. Di surabaya sendiri untuk bus AKAP biasanya yang tarif gak wajar gan. Apalagi kalau H- lebaran. Ane sering lihat keluarga yang dipaksa naik bus tertentu. Bahkan sampai dipukul sama kondekturnya karena enggak mau naik. Kalau sekarang mah bisa viral model kayak gitu.

Dan untuk yang biasa ane naekin memang sumber kencono (sugeng rahayu) itu pelopor untuk ketepatan waktu. Dulu jaman bus lain ngetem (anjir ini ngetem bisa lebih sejam bahkan 2jam, ada orang bus distarter di gas gas. Begitu naik dimatikan lagi) doi cuma nurunin penumpang kalau di terminal gan. Walau busnya jelek dan sopir sering masuk berita, tapi bus itu jadi favorit pekerja karena ontime dan tarif normal. Bahkan banyak yang skip bus lain buat nunggu sumber kencono tp kecewa karena doi cuma numpang lewat karena penuh. Gak lama mira ikutan dan jadi satu satunya pesaing dengan bus yang lebih baik dan tarif malah lebih murah 1000 rupiah emoticon-Ngakak

Jadilah mereka duo bus yang paling ditunggu pekerja yang suka PP. Waktu lebaran juga gak naik banyak kayak bus lain. Pokoknya paling manusiawilah soal tarif dan pelayanan. Tapi jaman dulu ane ngerinya kalau pas bus kosong anjir ngebutnya kayak mau menjemput kematian bahkan sampai body naik setengah ke trotoar. Tapi hasilnya mereka jadi pelopor bus ATB hahaha padahal dulu harjay sama restu paling terkenal duluan. Oh iya kalau rute tapal kuda dulu ane cuma pake AKAS gan hehe.




Quote:Original Posted By 10mountainflat
Ane dari 2015 sampai 2019 langganan AKAS / MILA utk rute kertosono-jombang-mojokerto-pasuruan-probolinggo-lumajang-jember-banyuwangi, dua armada tsb, sudah dijamin punya kode etik pantang main oper penumpang, kalaupun oper itu sangat jarang, dan hanya disaat ada kerusakan teknis di bisnya, bahkan setelah di oper, gak ditarik ongkos tambahan, selain itu, bis.nya juga tergolong cepat, jadi sudah pasti gak kelamaan dijalan, soal tarif dijamin fix dan fair, kisaran 65rb - 70rb dari kertosono - banyuwangi, soal copet, ane rasa hampir gak ada kasus, setahu ane, utk armada lain yg pernah ane coba makek, masih kalah pelayanannya ketimbang AKAS/MILA, opini pribadi sih... Cuma yg harus sangat diwaspadai, ketika masuk terminal tawang alun di jember, di situ terkenal kasus copet, bahkanudah ada komplotan dan punya markas di terminal, ada kemungkinan klw awak bis itu sekongkol sama para pencopetnya, pernah tas ane di obrak abrik ditinggal di belakang bis, untung laptop sm hardisk ane masih utuh, sumpah, bisa gak nafsu makan klw sampe kecopetan


Quote:Original Posted By bogalbogel28
Bus Tapal Kuda yang rese ekonominya, kalo Patas harganya paten ga bisa dinego, kecuali bus awu-awu yg tiap bulan bisa ganti nama tinggal ganti stiker skotlet hahaha


Quote:Original Posted By evonext555
Tapal Kuda Paling ngeri bis ekonominya, Kalo di grup Busmania biasanya ngasih info/trip report di daerah ini sebisa mungkin hindari naik yg ekonomi lebih baik naik AKAS Group/MILA karena kebanyakan orang luar daerah yg naik bus di sini Pasti kena tembak tarif trip kusut + bonus copet



Tips naik bus Cirebonan:

Quote:Original Posted By a.dirnt
Klo bus Cirebon rate 120-150k tujuan jabodetabek (kecuali garuda mas 180k krn plus makan mlm). G prnh lbh dr itu sih. Cmn ga enak nya satu, di jam2 tertentu rute menyesuaikan mayoritas penumpang. Misal dr Cirebon-Jabodetabek bnyk yg dr Majalengka, dia akan kluar masuk tol buat cr penumpang di Majalengka. Atau sebaliknya klo bnyk yg tujuan Kuningan,yg turun Cirebon hrus tau tmpat terbaik buat turun emoticon-Leh Uga

Dan satu lgi, bis malam Cirebon, yg kbnyakan dr kuningan. Atau yg dri pool Cirebon Garudamas atau Damri tujuan Jabodetabek. Sekalipun kdg g kluar masuk tol, tpi Bis ini g akan sperti yg d bayangkan bakal berhenti dgn nyaman di terminal, so siap2 pilih tempat terbaik buat turun jgn klewatan atau kejauhan. emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By 22indrag
semenjak ada primajasa makin sepi tuh penumpang luragung dkk, sukurin dah lagian ngasih tarif seenak jidat. masa iya cirebon cikampek tarif nya hampir sama kayak ke jawa timur.


Quote:Original Posted By putupiji
ane setuju dengan TS utk bis cerbon. ane dikit paham dengan per bis an di wilayah cerbon. skrg sih mulai membaik, tapi dikit. apalagi bis mulai kalah dg shuttle yg ngarah ke plat D, plat H dan plat B yg lewat cipali. banyak youtuber yg mereview bis cerbon, kalo dinilai yaa...antara 2-3 bintang dr 5 bintang. saran ane klo naik bis ke plat D dr cerbon, mending naik darmi dr ciperna atau N3tara utk non ekonomi. Klo ekonomi tungguin eko aja. Klo ke plat H, bisa naik N3tara atau sumbar/eko. Mau ke plat B naik primarasa atau coba cegat bis jawaan dr pintu tol kanci.


Quote:Original Posted By maestro32
Kl mau ke atau dari Cirebon, emang bener harus nawar bray.
Tapi ada beberapa bus yang emang di sebut bus artis yang pernah ane naikin gak perlu nawar tapi harga murah, biasanya bus ini paling penuh dari bus lainnya.
Dan lumayan joss buat ngejar waktu.
Kl bus yang agak kurang terkenal julukanya kadang2 di oper karna penumpang kurang minat.
Untuk primajasa dan sinar Jaya sedikit merubah, kondisi bus AKAP lainnya.
Mulai pembenahan armada yang lebih baik juga tarif sedikit lebih bisa goyang.



Tips perjalanan ke Merak:

Quote:Original Posted By agfdgs
Belom pernah ke daerah² yang dimaksud TS, boleh share pengalaman ga enak donk emoticon-Leh Uga kebetulan ane ngalamin di trayek Jakarta - Merak ataupun sebaliknya, suatu hari ane mau balik ke rumah mertua di Banten lama (efek ldr ama bini), otw dah ane ke terminal Kp. Rambutan, nyampe sono sekitar 21.30an, jam² segitu Prima jasa, Arimbi, Bima Suci & Murni Jaya udah sepi banget yang keluar dari terminal. Yaudah daripada kemaleman nyampe, ane naik aja yang ada di exit terminal & dapetnya Laju Prima. Ternyata eh ternyata ngetemnya kaya bekicot, dari 21.30 ampe 23.00an baru jalan. Udah gitu yang bawa & kondekturnya tembakan plus teler juga emoticon-Marah harga main getok aja, biasanya 30k mintanya 45k. Untung aja ga celaka di jalan.
Pengalaman kedua sama lagi PO nya,posisi ke Jakarta dari Cilegon. udah yang bawa teler, mesin mogok di Cikupa, keluar tol buat dibenerin malah lama banget. Setelah beres bis jalan lagi donk, eh ga lama jalan malah makin parah, mesin ngebul banget. Mau ga mau turun semua, untung ada bis jurusan Merak - Garut, kalo kaga ada ya bakalan lebih lama stay di tol, mana paginya harus kerja.
Pokoknya kalo agan² yang mau ke Merak dari jabodetabek, mending yang pasti² aja bisnya macem Primajasa, Arimbi, Bima Suci, Murni.



Komentar lainnya:


Quote:Original Posted By madjezzt
Asli kapok naik bis bre, waktu itu pernah mobil mogok di solo trus naik bis mau balik ke jkt
Gegara udah malem jam 12an akhirnya pake calo trus dioper ke cirebon dari cirebon ke jkt sampe jam 5 sore
Kalo dipikir mendingan nginep naik kereta dah lebih jelas


Quote:Original Posted By jlamp
Kemarin liwat Terminal Harjamukti..
Sedang di revitalisasi... Semoga pelayanan membaik.

Kalo mau ke Kuningan atau wilayah 3 Cirebon saran saya naik yang sudah jelas kayak Primajasa.

Pilihan lain Luragung atau Sahabat.. cuma ya gitu kadang nego harga.

Cmiiw udah lama gak naik bis... Semenjak Cipali ada.


Quote:Original Posted By uwiwi
Kalo turun di terminal cirebon jaman dulu jgn sampe turun di dlm terminal apalg kalo malem..isinya kriminal semua


Quote:Original Posted By Ultramen.T
Suka tidak suka memang masalah setoran ini ada enak dan tidaknya gans, bagi yang memang buru2 asik tapi bagi yang jantungan bisa bikin cepet sembuh


Quote:Original Posted By dieq41
Klo ga bs bahasa daerah setempat biasanya susah buat nego emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By robotomax
baca ginian jadi kangen dulu jaman sd sering bgt naik langsung jaya / rukun sayur ke tawangmangu emoticon-No Hope


Quote:Original Posted By B.Dog.God
Sialnya bus ini banyak yg dipake sama kaum menengah ke bawah, udah sulit ekonomi, dapet pelayanannya amburadul dan terkesan bikin susah


Quote:Original Posted By lapar.bang
Bener kata ts. Ane pernah naik bus dari banyuwangi mau pulang ke sby.

Emang bener bener ngejar waktu karena besoknya harus gawe, jadi naik bus apa aja yang penting ke arah sby. Eh pas sampe Jember malah di oper ke bus lain. Okelah. Ikut. Jalan beberapa jam pas sampe Probolinggo di oper lagi kuwontol emang. Pas masuk ke bus baru tersebut malah busnya ke arah malang. Ane gak tau nama bus nya, lupa.

Akhirnya ane turun di tengah jalan tapi tarif dari bwi ke sby ttep gak dikembaliin. Dari tengah jalan tsb ane nyari bus lagi jurusam mlg-sbyemoticon-Cape d...

Bener bener kapok kalo naik bus ke daerah timur, sekarang ane kalo main ke timur selalu pake kereta.

Biasanya naik bus ke daerah yang emang gak ada jalur keretanya. Kayak ke wonosobo, dieng, temanggung.
Kalo ada jalur kereta ane lebih milih naik kereta.


Quote:Original Posted By jagotorpedo
Sekitar 2010an naik Luragung dari Jakarta - Cirebon.. penumpangnya dijejelin sampe padetemoticon-Hammer (S).
Lumayan cape berdiri 5 jam (blom ada Cipali).

itu juga masi ditambah asongan, tukang donat, tahu sumedang, dll..emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By gajah.nakal
Klo udah sering wira wiri.. udah apal strategi naik bus nya... tanpa oper2...


Jember - Blitar


Quote:Original Posted By bogalbogel28
Bus Tapal Kuda yang rese ekonominya, kalo Patas harganya paten ga bisa dinego, kecuali bus awu-awu yg tiap bulan bisa ganti nama tinggal ganti stiker skotlet hahaha


Quote:Original Posted By ekoprast25
Eka udah jadi fav ane sihh,senyaman itu jalur mgl-sby


Quote:Original Posted By penyukabiru
Males naik.bus. mendingan kereta.


Quote:Original Posted By .online.online
Klo gw sih mending naik kereta, karena gw tipikal orang yg suka jalan2, ke gerbong makan sambil beli makan, minum, snack dll

Kalo naik bus kan harus duduk terus berjam2, paling jalan ke toilet (klo ada), gak mungkin kan berdiri di koridor terus, paling cuma klo pas berhenti istirahat doang


Quote:Original Posted By onEnterFrame

hmm,, bagi gw pribadi yg jga sering kluar kota, PO Bus paling bagus di indo cuman ada 4

1. SINAR JAYA
2. PRIMAJASA
3. HANDOYO
4. KARUNIA BAKTI

selain ke 4 itu, gw klo kluar kota ga mau naik, ngeri,,



Quote:Original Posted By wonxintinxxx
Bus tapal kuda emang kebanyakan kek tai semua. .emoticon-fuck, seenaknya nurunin penumpang, bis kebanyakan bumel lagi. .,


Quote:Original Posted By cowoknyadarin
Naik bus ke ke kuningan dari cirebon kek rollercoaster jalannya dan tarifnyaemoticon-Hammer2 tapi semua itu kulakukan demi tang tercinta tapi sayang gegara coped 19 dia pergi selama lamanyaemoticon-Turut Berduka


Quote:Original Posted By night.fury95
Info yang sangat bermanfaat, jarang sih keluar kota naik bus

Kayaknya lebih enak naik kereta


Quote:Original Posted By pinal
Duh, ane ga pernah naek bus-bus itu..
Ane cuman pernah naek Bus, Gunung Harta, Primajasa, Arimbi, Lorena dan ALS aja...!!!


Quote:Original Posted By Udinjack
banyak preman² nye juga kalo naek bus cirebon, kapok ane sekali nya nyobain


Quote:Original Posted By blezzernet
harus berjaga jaga selalu ya bre emoticon-Bingung
ngeri juga dah kayak bis PATAS dan METROMINI ibukota zaman 90an emoticon-Takut


Quote:Original Posted By sukaakhilaf
hati2 juga ama calo
gw penah kena di Solo,
jangan naek dulu kalo bus masih kosong banget
bisa ddeketin calo terus minta duit tiket yg ga sesuai harga normal


Quote:Original Posted By sandygituloh
gw dah lama beralih ke kereta semenjak pelayanannya makin yahud dgn harga yg lbh kompetitif.
minusnya jadwalnya gk fleksibel dan perjalanan harus terplaning. klo dadakan kmungkinannya gk dpt tiket.


Quote:Original Posted By spidcom_2000
Jaman ane dulu bus akas yang paling mendominasi wilayah tapal kuda, biasanya penumpang di oper itu di terminal probolinggo. Lebih baik kalau beli tiket itu sampai di probolinggo saja, kemudian turun dan pindah ke bus lain, karena biasanya di proling itu ngetime nya lama.


Quote:Original Posted By reno00
naik bus bawaan nya gak tenang.
yang pertama kalo ketiduran takut kebablasan.
yang ke2 takut kecopetan/barang tertinggal
yang ke3 tarif gak ngotak
yang ke4 sopir ugal2,an

berbagi emoticon-Cendol (S) gan
Diubah oleh deni.ka
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 02:03
Asli kapok naik bis bre, waktu itu pernah mobil mogok di solo trus naik bis mau balik ke jkt
Gegara udah malem jam 12an akhirnya pake calo trus dioper ke cirebon dari cirebon ke jkt sampe jam 5 sore
Kalo dipikir mendingan nginep naik kereta dah lebih jelas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abram1234567890 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 04:14
profile-picture
profile-picture
profile-picture
catatan1946 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 06:48
Kredit motor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 07:45
Kemarin liwat Terminal Harjamukti..
Sedang di revitalisasi... Semoga pelayanan membaik.

Kalo mau ke Kuningan atau wilayah 3 Cirebon saran saya naik yang sudah jelas kayak Primajasa.

Pilihan lain Luragung atau Sahabat.. cuma ya gitu kadang nego harga.

Cmiiw udah lama gak naik bis... Semenjak Cipali ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 07:59
Sedia kantong plastik emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 08:31
Kalo turun di terminal cirebon jaman dulu jgn sampe turun di dlm terminal apalg kalo malem..isinya kriminal semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 09:24
Suka tidak suka memang masalah setoran ini ada enak dan tidaknya gans, bagi yang memang buru2 asik tapi bagi yang jantungan bisa bikin cepet sembuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 09:30
ane ga berani, ane mending jalan kaki aja emoticon-Takut emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 10:33
Klo ga bs bahasa daerah setempat biasanya susah buat nego emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 10:57
baca ginian jadi kangen dulu jaman sd sering bgt naik langsung jaya / rukun sayur ke tawangmangu emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:02
Tapal kuda bise kusut, opar-oper seenak udel kru
Semarang ngulon tarife larang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:05
Mira , Eka, Sumber emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:05
Sialnya bus ini banyak yg dipake sama kaum menengah ke bawah, udah sulit ekonomi, dapet pelayanannya amburadul dan terkesan bikin susah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:05
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingmenangis. dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:12
Udah jarang naik bus, kereta skrg bnyak yg lbih murah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:13

Perjuangan Hidup

Sudah kenyang pengalaman naik busASU antar propinsi


Kakean copet di terminal
Sekali copet masuk bus si kenek dan sopir pada diem
Takut keba resiko kah dipangkalan



Buadjingan semua.




Terminal = KAU YG MEMBENTUKKU UNTUK JADI PEMBENCIMU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:15
Saya lihat para YouTuber trip di tapal kuda rata-rata berakhir kusut pollemoticon-Leh Uga IMT aja tobat-tobat katanya lebih parah dari Saridon

PO madjoe group sebaiknya dihindari, rata-rata kusut parah
Diubah oleh mr.kevin95
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:18
Bener kata ts. Ane pernah naik bus dari banyuwangi mau pulang ke sby.

Emang bener bener ngejar waktu karena besoknya harus gawe, jadi naik bus apa aja yang penting ke arah sby. Eh pas sampe Jember malah di oper ke bus lain. Okelah. Ikut. Jalan beberapa jam pas sampe Probolinggo di oper lagi kuwontol emang. Pas masuk ke bus baru tersebut malah busnya ke arah malang. Ane gak tau nama bus nya, lupa.

Akhirnya ane turun di tengah jalan tapi tarif dari bwi ke sby ttep gak dikembaliin. Dari tengah jalan tsb ane nyari bus lagi jurusam mlg-sbyemoticon-Cape d...

Bener bener kapok kalo naik bus ke daerah timur, sekarang ane kalo main ke timur selalu pake kereta.

Biasanya naik bus ke daerah yang emang gak ada jalur keretanya. Kayak ke wonosobo, dieng, temanggung.
Kalo ada jalur kereta ane lebih milih naik kereta.
Diubah oleh lapar.bang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Perlu Mental Baja Untuk Naik Bus di Wilayah Tapal Kuda dan Cirebon
18-01-2022 20:20
Sekitar 2010an naik Luragung dari Jakarta - Cirebon.. penumpangnya dijejelin sampe padetemoticon-Hammer (S).
Lumayan cape berdiri 5 jam (blom ada Cipali).

itu juga masi ditambah asongan, tukang donat, tahu sumedang, dll..emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deni.ka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia