Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
69
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e4f0e3c41831192e1fa5de/biaya-sertifikasi-halal-umk-biasanya-rp-4-juta-sekarang-rp-650-ribu
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag secara resmi menerima pemasukan atas sertifikasi halal mulai 1 Desember 2021. Belum genap dua bulan, total penerimaan dari pendaftaran sertifikasi halal mencapai Rp 150 juta. Kepala BPJPH Kemenag Muhammad Aqil Irham menuturkan, pada akhirnya mereka menerima pendapatan sebagai BLU untuk pertama kalinya.
Lapor Hansip
17-01-2022 11:30

Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu

Past Hot Thread
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu

JawaPos.com–Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag secara resmi menerima pemasukan atas sertifikasi halal mulai 1 Desember 2021. Belum genap dua bulan, total penerimaan dari pendaftaran sertifikasi halal mencapai Rp 150 juta.

Kepala BPJPH Kemenag Muhammad Aqil Irham menuturkan, pada akhirnya mereka menerima pendapatan sebagai BLU untuk pertama kalinya. Penerimaan itu diperoleh dari tarif layanan sertifikasi halal.
Dia mengatakan ada beberapa ketentuan tarif sertifikasi halal. Di antaranya adalah untuk usaha mikro dan kecil (UMK) berlaku tarif Rp 0 melalui mekanisme self declare atau deklarasi halal secara mandiri.

Sementara itu, biaya sertifikasi halal reguler untuk UMK dipatok Rp 650 ribu. Perinciannya, Rp 300 ribu untuk pendaftaran dan penetapan kehalalan produk. Kemudian Rp 350 ribu untuk pemeriksaan kehalalan produk oleh LPH.
’’Tarif baru ini jauh lebih murah,’’ kata Muhammad Aqil Irham.
Sebelum ada ketentuan tarif itu, biayanya cukup besar. Informasi yang diterima, instansi pusat maupun daerah biasanya mengalokasikan anggaran untuk fasilitasi sertifikasi halal untuk pelaku UMK sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta rupiah.

Menurut dia, penurunan biaya itu bagian dari komitmen afirmasi yang dilakukan pemerintah untuk pelaku UMK. Tujuannya untuk stimulasi, khususnya pada masa pandemi seperti sekarang.


Dia mengatakan, pemberlakuan peraturan tarif ini lebih meringankan pelaku usaha serta mendorong akselerasi sertifikasi halal. ’’Dengan begitu target 10 juta sertifikasi halal dapat kita capai,’’ papar Muhammad Aqil Irham.
Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Kemenag Mastuki menambahkan, saat ini mereka berstatus sebagai Badan Layanan Umum (BLU) Kemenag. ”Jumlah (uang pendaftaran halal) yang masuk baru Rp 150 juta. Masih ada kendala sistem,’’ kata Mastuki pada Minggu (16/1).

Mastuki mengatakan, kendala itu di antaranya masih perlunya penyempurnaan sistem single payment. Sistem itu diterapkan karena pembayaran yang masuk ke BPJPH Kemenag harus didistribusikan untuk kepentingan sertifikasi halal.
”Yaitu didistribusikan untuk biaya audit di Lembaga Pemeriksa Halal (LBH). Kemudian untuk biaya sidang fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai penerbitan sertifikasi halal,” terang Mastuki.
”Saat ini masih proses konsolidasi data dengan sistem di LPH,” tambah dia.

Sumber



Meskipun ane sendiri tidak pernah sepakat dengan UU JPH (Jaminan Produk Halal), tapi karena sudah terlanjur di sahkan, prsetasi ini layak diapresiasi.. jangan sampai uang sebanyak ini masuk ormas pelindung Terorisme dan Yamanisme.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangmansyur dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
19.1K Anggota • 633.9K Threads
Halaman 1 dari 3
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
24-01-2022 10:11
Berkuranglah cuanemoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
19-01-2022 08:22
Emang sudah seharusnya label halal di tangani sama Kemenag, bukan sama MUI
0 0
0
Post ini telah dihapus
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
18-01-2022 10:23
oh sampai 4 jeti 😏 pantesan mulai dari kulkas sampai selembar kain jilbab pun dikejar sertifikasi halal-nya
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 21:26
Pantesan MUI "nyandung" terus. Ternyata ada potensi bisnis yg besar dari pada "tjap halal"...

Dan dari dulu ngk pernah diaudit kayaknya...
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 21:22
Lebih gampang ngasih label non halal kayanya, apalagi disini mayoritas muslim
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 21:11
emoticon-Ultah Harga turun karena MUI
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 18:56
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu


ada yg tahu tarifnya berapa nih? 😁
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 18:51
Rejim jolim, togut, pekai, antek cino. Itu jatah "ulama" kenapa d serobot? "Ulama" jg butuh Alphard buat transportasi, liburan ke LN buat refreshing,ikat pinggang LV biar kg ketinggalan mode, apartemen buat simpenan,belum lagi nafkah istri2 emoticon-Ngamuk
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 18:36
Yang penting bisa diaudit.....beres.
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 18:10
biaya sidang?
turun harga...lagi promo gaesss....kas butuh banyak dana

emoticon-Wakaka
0 0
0
Post ini telah dihapus
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 16:25
Wuihhhhh, 4juta broh kelas UKM dpt label halal selama iniiih. Mmg bener2 dah ya. Alhamdulillah MUI dipreteli kewenangan dan sumber income-nya.
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 16:24
kalo gak salah dulu ada 2 stempel, satu dari MUI satu lagii dari mana gitu.
apakah sekarang jadi 3?
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 16:14
itu kan biaya resminya...tau sendiri indonesia... kalo yg resmi pake lama... bisa jadi ga diurus2 in karna alesan wfh lah..pandemi lah.. dll... ujung2 nya?? hehehhehehe
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 15:23
Haha lucu ya, cuma di negara ini urusan haram bisa jadi halal asalkan ada sertifikat. Besok coba ah jualan siomay babi pakai sertifikat halal.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 14:46
dikira semua umat hobi lebih bayar kyk wan gabut
0 0
0
Biaya Sertifikasi Halal UMK Biasanya Rp 4 Juta, Sekarang Rp 650 Ribu
17-01-2022 14:37
Oi, ini harusnya gratis ga sih? Mafia banget ga sih ini?

Gw makan bakso ga pernah butuh ngeliat ada tulisan sertifikasi halal di warungnya. Cukup dengan kata2 abangnya aja kalo itu halal, gw udah percaya. Kalo pun si abang bohong, ada tidaknya sertifikasi itu juga sama sekali ga ngaruh apapun.

Dan jangan sampe juga kalo warung yg ga pake sertifikat terus diintimidasi dipaksa suruh ikut, atau dikucilkan.

Apakah karena intimidasi ini makanya banyak yg ngantri bela2in bayar 600rb buat stiker doang?

Itu sekarang ya, gw ga bayangin dulu yg masih 4 juta.

Itupun gw yakin yg disetor juga ga 4 juta, pasti ada lebihannya.
profile-picture
xjessyx memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia