News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e426d896a997224740cf99/hadfana-pria-yang-tendang-sesajen-semeru-minta-maaf-budiman-sudjatmiko-singgung
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung Semburan Dusta Pria yang tendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru, Hadfana Firdaus, meminta maaf atas perbuatannya. Pihak-pihak lain seperti MUI Jatim dan Rektor UIN Yogyakarta juga mendesak polisi berhenti memproses kasus tersebut.
Lapor Hansip
16-01-2022 21:08

Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..

Past Hot Thread
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung Semburan Dusta

Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..


ISU BOGOR - Pria yang tendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru, Hadfana Firdaus, meminta maaf atas perbuatannya. Pihak-pihak lain seperti MUI Jatim dan Rektor UIN Yogyakarta juga mendesak polisi berhenti memproses kasus tersebut.

Hadfana melontarkan kata maaf usai ia diringkus oleh pihak kepolisian ke Polda Jatim Jumat pagi, 14 Januari 2022.

Menanggapi hal itu, politisi PDIP Budiman Sudjatmiko menyinggung soal semburan dusta.


Semburan dusta yang dimaksud Budiman Sudjatmiko yakni perbuatan mengulang-ulang pelecehan pada suatu objek tertentu lalu minta maaf di akhir.

Hal itulah yang Budiman lihat dari kasus Hadfana yang menendang sesajen di Semeru, lalu akhirnya meminta maaf setelah ditangkap polisi.

"Pernah kuiingatkan 2019, cara #SemburanDusta adalah berulang2 menyerang melecehkan & minta maaf. Targetnya?
1. Menyerang berulang2 untuk mengurung obyek2 kebencian 2. Minta maaf untuk lari dr tanggungawab. Obyek kebenciannya sdh dikenali," kata Budiman dikutip Isu Bogor dari cuitan akun Twitter-nya, Jumat, 14 Januari 2022.

"Krn obyek2 kebencian sudah dikenali, maka akan muncul penyerang2 baru yg bekerja dgn cara sama. Obyek kebencian kian rentan jd sasaran serangan shg jatuh nilai sosialnya. Pelaku2nya? Bebas donk (kan sdh minta maaf dgn materai). Gitu cara main mereka," cuitnya.

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan bahwa semburan dusta adalah salah satu bentuk perang gerilya psikologi di era media sosial.

"#SemburanDusta adalah salah 1 bentuk perang gerilya psikologis di era media sosial," tutur dia.

"Hanya terjadi dalam.kondisi: 1. Tiap orang punya akses medsos 2. Negara hukum dengan penyelesaian di luar pengadilan 3. Ideologi mayoritarianisme (mayoritas itu istimewa)," katanya.

"Mayoritarianisme bukan berdasar mayoritas dalam sistem politik liberal (berdasar voting) atau mayoritas dlm sistem.kapitalisme (buruh & petani menengah ke bawah) tp mayoritas dalam kerangka primordial, baik karena asuhan (agama) atau keturunan (ras)", lanjutnya.

"Mayoritarianisme ini paling ramah mengakomodasi otak manusia yg paling primitif u/ survive & curiga pada yg beda. Mereka manfaatkan demokrasi u/ bawa aspirasi2 pra demokrasi & pra kapitalisme industri, yakni dari era 0pertanian menetap (feodal atau perbudakan)," tuturny lagi.

"Karena itu perilaku mereka di lapangan atau media sosial mirip perilaku orang berebut tanah. Tanah & simbol2 agama itu sama2 magis dalam kesadaran mereka. Pun relasi kuasa antarmanusia yg TAK setara dianggap magis: pemilik budak/tanah dgn budak/tani penggarap," lanjutnya.

"Slogan "Bumi milik Allah" ditafsirkan secara kasar bahwa di bumi hanya boleh ada 1 Tuan, tak boleh ada Tuan-Tuan lain.. Cara manusia melihat kuasa itu spt saat mereka melihat Tuhan, Tuan Tanah & pria kepala keluarga (kepala unit dasar hak milik pribadi)"

"Saat ideologi mayoritarianisme ini bertemu buah2 revolusi industri & revolusi demokrasi, mereka akan teruskan spirit ekspansi penguasaan tanah. Lihatlah konflik2 agama ribuan tahun yg gak selesai2 itu sumbernya TANAH & TUHAN yg boleh ada di tanah itu," kata Budiman.

"Pertanyaan menggelitiknya: saat media sosial terus berevolusi hingga sekarang berbasis ruang (#Metasemesta atau Metaverse), apa konsep ruang tanah digital juga akan diinvasi spt mereka menginvasi tanah analog? Apa cuma boleh ada 1 Tuhan di #Metasemesta?"

"Apa di #Metasemesta yg tertib sosialnya berbasis blockhain (demokratisasi data u/ mendeteksi dusta) & NFT (penghargaan pd keunikan manusia & barang yg artinya penghargaan pd keanekaragaman), masih ada #SemburanDusta u/ menyeragamkan manusia? Kita lihat aja...," pungkas Budiman.

Sebelumnya, Hadfana, penendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hardfana diamankan lantaran ia dinilai telah melecehkan suatu tradisi, yaitu sesajen, yang berada di kawasan Gunung Semeru.***

"Seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai, kiranya apa yang kami lakukan dalam video itu dapat menyinggung perasaan saudara, kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya," ujar Hadfana di Mapolda Jatim.***

https://isubogor.pikiran-rakyat.com/...xVc1R5eDhDeg..
Diubah oleh anus.baswedan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 629.9K Threads
Halaman 1 dari 4
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:10
Maaf diterima, proses hukum tetap berlanjut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:11
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:13
Mewek nih

Kemana sikap garang lo kemaren yg pas nendang?

Hayo dong garang lagi, yah ciut, skrg minta maaf, kata ny agama lo plg damai, kok damai kyk begini ya? Petentang petenteng kayak preman pasar, gitu ditangkep malah ciut kyk hello kitty, mending lo sama gerombolan nya si @anti.suap minggat deh k suriah, daripada rusuh mulu dimari! Pengen liat gw, segarang pas nendang sesajen, apa malahan terkencing2 di celana! 🖕🖕🖕
Diubah oleh pertapa.gila77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:18
Muslim lagi...

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:19
Berarti ngaku salah dunk? emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:19
"MUI Jatim dan Rektor UIN Yogyakarta juga mendesak polisi berhenti memproses kasus tersebut."

ckckck... jelas jelas bobrok, kok dilindungi... berarti segerombolan

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:23
ternyata lemah iman emoticon-EEK!
harusnya berpegang teguh pada kebenaran agamanya dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:27
Anarkis,minta maaf,materai damai, selesai... berulang trus smpe indonesia jadi kayak suriah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:27
Hikmah dari kasus ini jadi pelajaran untuk kita kaum muslim agar tidak ikut membuat sesajen meskipun itu tradisi ataupun adat budaya karena itu berasal dari upacara agama lain yaitu hindu.
Jelas itu perbuatan syirik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 17 lainnya memberi reputasi
4 14
-10
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:43
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:53
Awalnya ciat ciat ciat...
Akhirnya ciut ciut ciut...
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Dimaafkan, tapi proses hukum tetap jalan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:58
Terlanjur pecah, pecahlah Indonesia ini..udah susah di pertahankan..dgn bawa mayoritas, aman semua tindakan para bajingan itu apalagi di back up ormas paling kuat di negara ini, bahkan KONSTITUSI DAN HUKUM negara saja TUNDUK pada ormas ini....ALL HAIL HYDRA..EH MUI emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stee318ml dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 21:59
maaf diterima.
proses hukum kudu lanjut sampe tuntas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:02
Yaaaa gitu doang ?

Udah gelar tiker, pesen kopi, eh minta maaf.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:09
Jagad medsos yang gak bisa mereka tembus hanya Kaskus
Apakah akan muncul kaskus perjuangan..who knows
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:10
seperti kata habib brisik minta maaf diterima tuntutan hukum harus terus dilanjutkan dengan berjilid jilid lamanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:12
Quote:Original Posted By anus.baswedan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung Semburan Dusta

Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..


ISU BOGOR - Pria yang tendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru, Hadfana Firdaus, meminta maaf atas perbuatannya. Pihak-pihak lain seperti MUI Jatim dan Rektor UIN Yogyakarta juga mendesak polisi berhenti memproses kasus tersebut.

Hadfana melontarkan kata maaf usai ia diringkus oleh pihak kepolisian ke Polda Jatim Jumat pagi, 14 Januari 2022.

Menanggapi hal itu, politisi PDIP Budiman Sudjatmiko menyinggung soal semburan dusta.


Semburan dusta yang dimaksud Budiman Sudjatmiko yakni perbuatan mengulang-ulang pelecehan pada suatu objek tertentu lalu minta maaf di akhir.

Hal itulah yang Budiman lihat dari kasus Hadfana yang menendang sesajen di Semeru, lalu akhirnya meminta maaf setelah ditangkap polisi.

"Pernah kuiingatkan 2019, cara #SemburanDusta adalah berulang2 menyerang melecehkan & minta maaf. Targetnya?
1. Menyerang berulang2 untuk mengurung obyek2 kebencian 2. Minta maaf untuk lari dr tanggungawab. Obyek kebenciannya sdh dikenali," kata Budiman dikutip Isu Bogor dari cuitan akun Twitter-nya, Jumat, 14 Januari 2022.

"Krn obyek2 kebencian sudah dikenali, maka akan muncul penyerang2 baru yg bekerja dgn cara sama. Obyek kebencian kian rentan jd sasaran serangan shg jatuh nilai sosialnya. Pelaku2nya? Bebas donk (kan sdh minta maaf dgn materai). Gitu cara main mereka," cuitnya.

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan bahwa semburan dusta adalah salah satu bentuk perang gerilya psikologi di era media sosial.

"#SemburanDusta adalah salah 1 bentuk perang gerilya psikologis di era media sosial," tutur dia.

"Hanya terjadi dalam.kondisi: 1. Tiap orang punya akses medsos 2. Negara hukum dengan penyelesaian di luar pengadilan 3. Ideologi mayoritarianisme (mayoritas itu istimewa)," katanya.

"Mayoritarianisme bukan berdasar mayoritas dalam sistem politik liberal (berdasar voting) atau mayoritas dlm sistem.kapitalisme (buruh & petani menengah ke bawah) tp mayoritas dalam kerangka primordial, baik karena asuhan (agama) atau keturunan (ras)", lanjutnya.

"Mayoritarianisme ini paling ramah mengakomodasi otak manusia yg paling primitif u/ survive & curiga pada yg beda. Mereka manfaatkan demokrasi u/ bawa aspirasi2 pra demokrasi & pra kapitalisme industri, yakni dari era 0pertanian menetap (feodal atau perbudakan)," tuturny lagi.

"Karena itu perilaku mereka di lapangan atau media sosial mirip perilaku orang berebut tanah. Tanah & simbol2 agama itu sama2 magis dalam kesadaran mereka. Pun relasi kuasa antarmanusia yg TAK setara dianggap magis: pemilik budak/tanah dgn budak/tani penggarap," lanjutnya.

"Slogan "Bumi milik Allah" ditafsirkan secara kasar bahwa di bumi hanya boleh ada 1 Tuan, tak boleh ada Tuan-Tuan lain.. Cara manusia melihat kuasa itu spt saat mereka melihat Tuhan, Tuan Tanah & pria kepala keluarga (kepala unit dasar hak milik pribadi)"

"Saat ideologi mayoritarianisme ini bertemu buah2 revolusi industri & revolusi demokrasi, mereka akan teruskan spirit ekspansi penguasaan tanah. Lihatlah konflik2 agama ribuan tahun yg gak selesai2 itu sumbernya TANAH & TUHAN yg boleh ada di tanah itu," kata Budiman.

"Pertanyaan menggelitiknya: saat media sosial terus berevolusi hingga sekarang berbasis ruang (#Metasemesta atau Metaverse), apa konsep ruang tanah digital juga akan diinvasi spt mereka menginvasi tanah analog? Apa cuma boleh ada 1 Tuhan di #Metasemesta?"

"Apa di #Metasemesta yg tertib sosialnya berbasis blockhain (demokratisasi data u/ mendeteksi dusta) & NFT (penghargaan pd keunikan manusia & barang yg artinya penghargaan pd keanekaragaman), masih ada #SemburanDusta u/ menyeragamkan manusia? Kita lihat aja...," pungkas Budiman.

Sebelumnya, Hadfana, penendang sesajen di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hardfana diamankan lantaran ia dinilai telah melecehkan suatu tradisi, yaitu sesajen, yang berada di kawasan Gunung Semeru.***

"Seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai, kiranya apa yang kami lakukan dalam video itu dapat menyinggung perasaan saudara, kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya," ujar Hadfana di Mapolda Jatim.***

https://isubogor.pikiran-rakyat.com/...xVc1R5eDhDeg..


Lho..lho ...kok minta mahap???....Bukankah tindakannya itu dibilang sesuai keyakinannya??? Kalok sampai minta mahap berarti apa yang diyakini oleh doi salah donk.....emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:15
apakah gempa di banten krn sajen juga ?

@wiskey31
@kabalisme
@sambel.apel
@salbugen



gunung tonga meletus lalu jadi tsunami

padahal katanya sudah ada gunung2 yg kokoh supaya bumi (tidak) goncang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:17
hikmah dari peristiwa ini.

sesuatu yang kamu anggap sesat.
bisa jadi adalah sakral buat orang lain.

sebaliknya...

sesuatu yang kamu anggap sakral,
bisa jadi menurut orang lain sesat.


saling menghormati dan jangan memaksakan agama kepercayaanmu pada orang lain.
bukankah kamu juga gak mau dipaksa menerima keyakinan orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Hadfana, Pria yang Tendang Sesajen Semeru Minta Maaf, Budiman Sudjatmiko Singgung..
16-01-2022 22:22
yahh ga konsisten sama keyakinannya nih. kalau merasa bener knp minta maaf? minta maaf ya sama aja ngaku salah.... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hudazone dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia