Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e2c6f24b282839ea17de7e/mengenal-seifuku-seragam-sekolah-yang-menjadi-ikon-mode-di-jepang
Bagi GanSis yang suka anime atau suka dengan yang berbau Jepang pasti gak asing dengan pakaian sekolah anak-anak Jepang yang modis dan beda dengan seragam sekolah di negara lain. Namun GanSis tahu tidak bahwa Seragam ini bernama Seifuku, Seifuku ini bahkan menjadi Ikon Mode di Jepang baik di dunia nyata maupun anime-anime Jepang.
Lapor Hansip
15-01-2022 20:06

Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
Sumber Gambar

Hei GanSis selamat akhir pekan semoga GanSis dalam keadaan sehat dan selalu dilimpahkan rizki ya amiinn... GanSis kali ini TS mau bawain info dari negeri sakura Jepang. Bagi GanSis yang suka anime atau suka dengan yang berbau Jepang pasti gak asing dengan pakaian sekolah anak-anak Jepang yang modis dan beda dengan seragam sekolah di negara lain. Namun GanSis tahu tidak bahwa Seragam ini bernama Seifuku, Seifuku ini bahkan menjadi Ikon Mode di Jepang baik di dunia nyata maupun anime-anime Jepang.

Namun GanSis Seifuku ini ada perjalanannya sendiri hingga akhirnya menjadi mode di Jepang loh GanSis. Awalnya bermula di sistem pendidikan di Era Meiji. Berakhirnya Perang Boshin pada tahun 1868 membawa modernisasi bagi Jepang di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Sekolah-sekola dengan gaya pendidikan barat mulai dibuka di Era Meiji, baik siswa maupun siswi diwajibkan untuk memakai kimono atau hakama sebagai seragam sekolah mereka. Para siswi sempat menggunakan pakaian ala barat sebagai seragam mereka, namun karena harus memakai korset yang cukup menyiksa, seorang akademisi wanita yakni Shimoda Utako akhirnya memodifikasi hakama agar nyaman dipakai oleh siswi dalam beraktivitas.

Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
Contoh seragam Gakuran bagi pria. Sumber Gambar

Beralihnya Jepang menjadi negara militerisme membuat mereka juga mengadopsi seragam bergaya militer pada era 1920an. Untuk siswa mereka akan memakai seragam yang disebut "Gakuran", yang diadopsi dari seragam pasukan Prussia, Waffenrock. Gakuran ini juga diwajibkan pada siswa di wilayah pendudukan Jepang di Asia Timur seperti Korea dan Tiongkok sementara untuk siswi saat itu menggunakan seragam yang bernama "Sarafuku" atau sailor furu yang terinspirasi dari seragam angkatan laut inggris. Hingga kini, kedua seragam ini tetap menjadi ikon budaya pop dari Jepang setelah mengalami perubahan di tiap jamannya. Umumnya di masa modern kedua seragam ini dipakai oleh murid SMP dan sebagian SMA.

Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
Seifuku pada seragam AKB48. Sumber Gambar

Setelah Jepang kalah perang, perlahan mereka mengalami banyak perubahan sosial. Seragam sekolah lama mereka dianggap sebagai simbol otoritarian dan menurunnya angka kelahiran di Jepang membuat sekolah-sekolah mulai sepi. Akhirnya demi menarik kembali para murid, banyak sekolah yang memperkenalkan seragam yang lebih modis lengkap dengan blazer serta dasi atau scarf bagi wanita. Hal ini kemudian banyak menarik para siswa yang ingin menggunakan seragam sekolah yang sangat keren dan stylish ini. Sehingga seragam model ini mulai muncul pada tahun 1984 atas rancangan Makoto Yasuhara.

Seifuku adalah seragam yang dirancang oleh Makoto Yasuhara berubah menjadi simbol pemberontakan anak muda pada periode 1970an. Ketika muncul tren dimana anak-anak muda mulai memodifikasi seragam mereka. Para wanita biasa memendekan seragam dan memanjangkan rok mereka hingga hampir menyentuh mata kaki yang disebut sebagai "Sukeban", sementara para pria biasa membentuk rambut mereka ala yakuza dan memodifikasi kerah baju. Mereka se-intimidatif mungkin yang disebut sebagai "tsuppari". Kedua kelompok ini dianggap intimidatif namun terlihat keren namun sayang penampilan mereka tidak diikuti oleh sifat mereka yang sering terlibat kekerasan dan berurusan dengan polisi. Kedua kelompok ini kemudian banyak diangkat dalam anime maupun manga.

Seifuku modern yang dikenakan para remaja putri kemudian menjadi ikon pop busana pada masa 1990an ketika budaya fashion yang dinamakan sebagai "kogyaru" mulai bermunculan. Para remaja putri saat itu memakai rok yang amat pendek dan kaus kaki "gombrong". Budaya kogyaru diperkenalkan oleh penyanyi Amuro Namie yang kerap berpenampilan seperti itu dalam pertunjukkan livenya. Setelah itulah, gaya Seifuku Kogyaru menjadi gaya paling populer dan banyak diangkat pada anime atau manga di Jepang. Namun lambat lain ditinggalkan menyusul budaya kawaii pada tahun 2000an.

Kini bagi anak-anak SMA di Jepang, seifuku bukan hanya sekedar formalitas bagi mereka, seifuku bahkan sudah menjadi simbol mode remaja Jepang. Identitas mereka sebagai anak SMA dan yang paling terpenting adalah simbol semangat masa muda (seishun) yang berapi-api dan energik. Tak jarang bahkan ketika sedang tidak sekolah atau ke sekolah para remaja terutama remaja putri masih menggunakan seifuku hanya untuk nongkrong ataupun sekedar berkumpul santai. Citra modis bagi seifuku serta imut bagi serafuku dan macho bagi gakuran di mata orang-orang luar Jepang membuat seragam sekolah Jepang ini sebagi identitas Remaja Jepang.

Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
Potret Seifuku dan Gakuran pada anime detektif conan. Sumber Gambar

Tentu saja dalam anime dan manga sangat berperan besar menjadikan seifuku ini salah satu ikon budaya. Banyak diantara anime dan manga yang mengambil latar sekolah SMA di anime atau manga Jepang contohnya Sailor Moon, Crow Zero bahakan Detective Conan menjadi satu yang paling ikonik dalam mempopulerkan seragam Serafuku serta gakuran pada dunia. Selain itu juga ada beberapa anime atau manga lainnya berperan mempopulerkan Seifuku seperti kelompok idol AKB 48 juga kerap manggung menggunakan kostum Seifuku. Bahkan di Jepang sendiri memiliki ajang tahunan yakni "Japan Seifuku Award" untuk memilih siswa dan siswi paling "Good looking" dengan seifuku.

Nah GanSis itu dia sedikit tentang Seifuku yang mungkin GanSis pecinta anime atau wibu tahu mengenai info ini tapi bagi orang awam semoga menjadi wawasan ya buat kita khususnya sih buat TS sendiri. Mungkin jika ada waktu TS juga bakal ngejelasin mengenai budaya kawaii dan harajuku yang terkenal dan menjadi ikon Jepang saat ini ya. Baiklah sekian penjalasan dari TS kali ini semoga GanSis dan yang baca thread TS bisa menambah wawasan dan pengetahuan ya

TS mau ucapin Terimakasih, Thank You, Danke....

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Sumber dan Referensi


Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang

profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.1K Anggota • 905.9K Threads
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
15-01-2022 20:18
untung ormas sono toleran
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 04:56
Bahas budaya kawaiinya dong kan relate bgt
0 0
0
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 05:20
Pengen creampie AKB48
profile-picture
yfel memberi reputasi
1 0
1
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 08:07
Disana ada yang menentang seragan sekolah gak ya?

Hmm, disini udah banyan yang menentang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 13:54
Harganya berapa tuh? ada infonya? mahal gak emoticon-Takut
0 0
0
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 20:19
keren nih
0 0
0
Mengenal Seifuku, Seragam Sekolah yang Menjadi Ikon Mode Di Jepang
16-01-2022 20:40
Dan murid-murid di sekolah tertentu bangga memakai seifuku sekolah mereka karena prestasi sekolah mereka atau karena sekolah mereka terkenal di bidang tertentu seperti sepak bola, baseball, basket, science, dll. Tak jarang sewaktu lulus, seifuku mereka terkadang diturunkan ke adik atau sepupu mereka yang masuk ke sekolah yang sama emoticon-Big Grin

Satu lagi, sewaktu kelulusan, biasanya anak perempuan bakal minta kancing kedua seifuku laki-laki yang mereka sukai sebagai kenang-kenangan. Hal ini dikarenakan kancing kedua itu dekat dengan hati alias dengan kata lain, mereka para siswi ini meminta hati dan perhatian si siswa laki-laki emoticon-Big Grin. Semakin terkenal ente, jangan harap kancing ente ada yg selamat, karena meski ente menolak memberikan kancing kedua, mereka tetap bakal minta kancing yg lain seperti kancing pertama, ketiga atau kancing yg ada di lengan emoticon-Big Grin. Oh iya, satu lagi, si siswa laki-laki juga boleh memberikan kancing keduanya kepada siswi yg ia sukai sebagai pertanda si siswi itu adalah orang yg special buat dirinya emoticon-Big Grin
Diubah oleh TieriaErde
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia