Tech
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e2a71160e5d90b861c6a5f/nft-batik-of-indonesia-hadir-lewat-si-bejo-crypto-gaming-dan-tokenin-marketplace
Tulisan ini saya dedikasikan untuk mereka yang berjuang untuk mencari nafkah di tengah pandemi. TLDR; Sektor ekonomi dihantam pandemi, khususnya sektor pariwisata. Crypto gaming Si Bejo dan Tokenin marketplace hadir sebagai harapan baru melalui NFT yang bertemakan khasanah budaya dan wisata bangsa Indonesia. NFT Batik of Indonesia adalah pilot-project NFT khas Indonesia dari crypto gaming Si Bejo
Lapor Hansip
15-01-2022 17:50

NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace

NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace

Tulisan ini saya dedikasikan untuk mereka yang berjuang untuk mencari nafkah di tengah pandemi.

TLDR; Sektor ekonomi dihantam pandemi, khususnya sektor pariwisata. Crypto gaming Si Bejo dan Tokenin marketplace hadir sebagai harapan baru melalui NFT yang bertemakan khasanah budaya dan wisata bangsa Indonesia. NFT Batik of Indonesia adalah pilot-project NFT khas Indonesia dari crypto gaming Si Bejo dengan tujuan memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia dalam dunia normal yang baru post-pandemic.

Tautan-tautan penunjang tulisan saya, adalah sebagai berikut:

1. Video presentasi Si Bejo Genesis
2. Video Konsep Gagasan Tokenin Marketplace
3. NFT Batik of Indonesia di Enjin Marketplace
4. Crypto Gaming Si Bejo Genesis di Google Play (agan mungkin perlu VPN untuk donlod emoticon-Ngacir)
5. Crypto Gaming Si Bejo Mula-Mula di Google Play untuk pasar Indonesia.

Isi tulisan ini terdiri atas beberapa bagian:
1. Alkisah Si Bejo Dalam Crypto Gaming
2. Kenapa Yang Dipilih Adalah Industri Pariwisata
3. Ekosistem NFT Lewat Crypto Gaming dan NFT Marketplace
4. NFT Batik of Indonesia Sebagai Aset Digital Warisan Budaya Bangsa Indonesia
5. Harapan Akan Ekonomi Baru Lewat NFT Marketplace


Yuk gan, kita mulai saja pembahasan gagasan ide NFT yang ada di kepala saya (work-in-progress emoticon-Malu). Saya memulai proyek ini di pertengahan tahun 2020.

1. Alkisah Si Bejo Dalam Crypto Gaming

Dalam permainan crypto gaming ini dikisahkan, Si Bejo, yang merupakan robot blockchain dari masa depan tengah berpetualang di negara kepulauan terbesar yang ada dunia bernama Dwipayana. Dwipayana sangat indah dan kaya akan warisan budaya dan tempat-tempat wisata. Namun sayangnya banyak musuh-musuh dalam permainan yang harus dimusnahkan, karena mereka adalah koruptor dan plagiator yang berusaha memporak-porandakan perekonomian negara tersebut. 

Misi tokoh Si Bejo dalam permainan selain menghancurkan musuh-musuh utama, ia juga dapat mengumpulkan token-token permainan dalam bentuk NFT. NFT ini bertemakan wisata dan keunikan budaya lokal. NFT-NFT yang dikumpulkan oleh para pemain selama bermain dapat dimiliki langsung dan tersimpan secara otomatis ke dalam enjin wallet para pemain. NFT itu juga dapat diperdagangkan oleh para pemain di marketplace.

NFT-NFT wisata dan budaya yang terdapat dalam permainan Si Bejo Crypto Gaming merupakan manifestasi dari keunikan pariwisata dan budaya Bangsa Indonesia ke dalam wujud aset digital yang dibuat menggunakan teknologi blockchain. Segala obyek yang berhubungan dengan budaya dalam industri pariwisata Indonesia merupakan aset-aset bangsa yang tak ternilai. Aset-aset tersebut dapat berupa misalnya, tempat-tempat wisata seperti Borobudur, Kawah Ijen, kesenian tarian, alat musik tradisional, hewan endemik, ataupun batik khas dari Indonesia, dan masih banyak lagi.


2. Kenapa Yang Dipilih Adalah Industri Pariwisata

Apabila kita kilas balik di kuartal kedua di tahun 2020, dimana pemberlakuan PSBB (sekarang mirip PPKM) membawa dampak ekonomi luar biasa yang masih bisa kita rasakan hingga hari ini. Para penggiat atau para pekerja di sektor pariwisata adalah pihak-pihak yang terkena langsung dampaknya. Tempat wisata ditutup, hotel tidak ada pengunjung, Bali sepi turis, para pedagang makanan dan penjaja aksesoris di tempat wisata kehilangan mata pencaharian mereka, dan masih banyak lagi dari mereka yang terdampak akibat pandemi ini. Banyak dari mereka yang banting setir untuk berjuang dalam bertahan hidup. Kondisi tersebut menjadi dasar saya dalam fokus tema utama NFT yang akan diciptakan ke depannya nanti.


3. Ekosistem NFT Lewat Crypto Gaming dan NFT Marketplace

Kehadiran NFT dari teknologi blockchain di Indonesia pada saat itu masih sangat rendah. Pada mulanya konsep NFT yang ada di kepala saya dalam memperkenalkan NFT adalah lewat industri eksisting yang memiliki banyak komunitas anak muda dan lekat dengan teknologi. Maka dari itu saya memilih industri gaming, karena industri ini memiliki nilai proyeksi kapitalisasi pasar yang tinggi di masa depan dan industri ini mulai beralih secara perlahan ke model bisnis permainan pay-to-earn lewat pengumpulan NFT di crypto games. Banyak game developers yang mulai membangun proyek crypto gaming dengan menghadirkan NFT sebagai aset yang dapat dimiliki langsung oleh para pemain secara absolut. Hal inilah yang mendorong saya membangun Si Bejo Mula-Mula untuk pasar Indonesia dan Si Bejo Genesis untuk pasar global. Di sisi lain, saya merasa perlu membangun ekosistem yang utuh dengan menghadirkan tempat dimana NFT itu nantinya diperdagangkan. Oleh karena itu saya membangun Tokenin marketplace menggunakan software Flutter. Tokenin ini nantinya akan menghadirkan fitur pengumpulan KYC yang bekerjasama dengan pihak-pihak sektor budaya dan wisata sebagai basis materi NFT. Misalnya saja para pengrajin batik di Pekalongan bisa dibuatkan NFT dengan gambar motif batik khas Pekalongan, atau petani kopi gayo yang bisa dibuatkan NFT Kopi Gayo sebagai collectible items untuk mempromosikan kopi Indonesia. Komponen-komponen tersebut, yaitu crypto gaming Si Bejo, Tokenin marketplace, NFT wisata dan budaya, merupakan elemen-elemen penting sebagai pondasi utama pemanfaatan NFT sebagai bagian dari ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

4. NFT Batik of Indonesia Sebagai Aset Digital Warisan Budaya Bangsa Indonesia

Batik of Indonesia (BoI) adalah Non Fungible Token pertama di Indonesia yang nantinya bisa anda peroleh saat anda memainkan crypto gaming Si Bejo. Saya memilih untuk membuat aset NFT BoI ini sebagai pilot-project, karena batik sangat berkaitan erat dengan ciri khas budaya Bangsa Indonesia. BoI sendiri diciptakan (minted) menggunakan erc-1155 dari platform Enjin. Ada terdapat 10 minted BoI dan untuk sementara ini BoI tidak untuk diperdagangkan (reserved) sampai suatu saatnya nanti game Si Bejo diluncurkan dengan NFT bernuansa Indonesia dimasukan ke dalam game-nya. Harapan saya kedepannya adalah adanya kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha mikro di sektor pariwisata yang tertarik untuk membuat NFT bertemakan wisata dan budaya yang berasal dari daerah asalnya di Indonesia. Misalnya saja NFT Sasando, NFT Kopi Gayo, NFT Gamelan, NFT Borobudur, dsb. Anda bisa melihat contoh-contoh NFT khas Indonesia dari cuplikan youtube marketing clip Tokenin pada tautan di awal thread ini.

5. Harapan Akan Ekonomi Baru Melalui NFT Di Sektor Pariwisata dan Budaya

Melalui NFT dan ekosistem crypto  gaming, saya yakin kita bisa sama-sama berkontribusi membantu menginventarisir aset budaya dan wisata yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Lebih lanjut, model ekonomi baru yang dapat terjadi adalah pembagian hasil secara persentase dari penjualan NFT di marketplace antara para pemain dengan para penggiat atau para pekerja di sektor wisata yang mendaftarkan dirinya di Tokenin marketplace. Misalnya saja para petani kopi di Indonesia, yang walaupun kesulitan berdagang kopi di pasar karena pandemi tetap bisa mendapatkan rejeki karena sistem bagi hasil NFT yang dikumpulkan dan diperdagangkan oleh gamers di marketplace. Ini merupakan salah satu bentuk gagasan ekonomi baru di tataran normal dunia pada kondisi post-pandemic. 

Sekian penjelasan ide atau gagasan mengenai konsep NFT, crypto gaming dan NFT marketplace dari saya.

Semoga lewat kehadiran NFT yang menggunakan teknologi blockchain semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena sejatinya NFT dengan teknologi blockchain memiliki keunggulan-keunggulan yang terutama adalah immutable, transparent, secured, trustworthy and decentralized sehingga diharapkan para penggiat seni NFT bisa lebih percaya diri dalam berkreasi tanpa takut hasil karyanya dijiplak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pemanfaatan teknologi blockchain ke arah yang positif merupakan tanggung jawab kita bersama bagi Bangsa Indonesia di masa depan.


Over & Out, Cypherpunk!!
NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace
Diubah oleh susudongdot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk untuk memberikan balasan
komunitas-nft-indonesia
Komunitas NFT Indonesia
912 Anggota • 460 Threads
NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace
16-01-2022 01:03
mantep
ane suka cara penyampaian thread lu gan
profile-picture
susudongdot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace
16-01-2022 04:36
Link gplay angus.
profile-picture
susudongdot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
NFT Batik of Indonesia Hadir Lewat Si Bejo Crypto Gaming dan Tokenin Marketplace
16-01-2022 20:22
oke jg
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, Webdeveloper
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia