Story
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e257ca4f94a1154f33c81c/true-story-terjerat-penghuni-gunung-argopuro
Hallo, Gansist ..., tidak terasa sudah setahun ane enggak ngetrit. Apa kabar, nih, penghuni Kaskus yang kocak dan sangar? Hkhkhk ???? Semoga semuanya sehat dan baik-baik saja, ya. Okay, untuk memulainya, ane akan mengawali tahun ini dengan cerita menarik yang berdasarkan kisah nyata pendaki gunung. Gansist tentu tahu, dong, setiap pendaki pasti punya cerita atau kisah yang bikin
Lapor Hansip
15-01-2022 12:12

[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
Sumber Gambar


Hallo, Gansist ..., tidak terasa sudah setahun ane enggak ngetrit. Apa kabar, nih, penghuni Kaskus yang kocak dan sangar? Hkhkhk 😄 Semoga semuanya sehat dan baik-baik saja, ya.

Okay, untuk memulainya, ane akan mengawali tahun ini dengan cerita menarik yang berdasarkan kisah nyata pendaki gunung. Gansist tentu tahu, dong, setiap pendaki pasti punya cerita atau kisah yang bikin penasaran juga menyeramkan yang dialami ketika menyatu dengan alam.

Bay the way, Cerita ini dialami oleh beberapa orang. Namun, ane akan menjadi salah satu tokoh untuk kisah tersebut, agar ceritanya lebih menyenangkan dan mudah gansist baca dan cerna.

Sekitar tiga tahun lalu, kisah seram kami alami. Berawal dari rencana membuat kenang-kenangan bersama setelah menyelesaikan kuliah. Sebenarnya, aku tidak asing lagi dengan mendaki gunung. Karena memang, mendaki merupakan salah satu hobiku. Begitu juga dengan teman kuliahku, Indy, dan Revi. Sementara Erin, iya tidak diperbolehkan naik gunung oleh bapaknya. Tetapi kali ini, ia memaksa.

Berhubung kami adalah perempuan, Erin mengajak pacarnya untuk mendaki bareng. Sebut saja namanya Bryan. Laki-laki yang tiga tahun lebih tua dari kami. Ia merupakan anggota mapala yang juga sudah terbiasa dengan suasana pegunungan. Bryan membawa satu teman laki-laki. Namanya Vino. Ia seangkatan dengan Bryan.

*****

Argopuro, gunung terpanjang di pulau jawa. Gunung ini mengelilingi kota Lumajang, Situbondo, Probolinggo dan Jember. Puncaknya adalah Rengganis. Ya, gunung panjang inilah yang akan kami daki.

Erin sendri bisa disebut sebagai orang yang paling dekat dengan gunung Argopuro. Rumahnya bahkan dekat dengan salah satu jalur menuju gunung tersebut, yaitu jalur Baderan di Situbondo.

Biasanya, pendaki gunung Argopuro akan start ke jalur Baderan, kemudian turun ke Bremi Probolinggo. Namun, aku dan teman-teman memilih jalur terbalik dikarenakan takut ketahuan bapaknya Erin. Secara, Erin diwanti-wanti untuk tidak pernah naik gunung oleh bapaknya.

[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
Gambar: Kiriman WhatsApp

Setelah semuanya siap, kami berenam menuju basecamp di Bremi. Sampai di sana, Erin mulai bertingkah aneh. Ia tampak lebih senang dari sebelumnya. Seolah-olah ia akan bertemu seseoang yang sangat dirindukan.

"Kamu kenapa, sih? Kok, senang banget, udah kayak mau ketemu--"

"Sstt!"

Indy menyenggol bahuku, mengisyaratkan untuk tidak becanda yang aneh-aneh.

"Abisnya dia aneh, sih!" kataku sedikit manyun.

"Kayak nggak tahu ajah, sih, Yu. Erin, kan, baru kali ini naik gunung. Anggap ajah dia senang karena itu," sahut Revi yang berada di belakangku.

"Cepat dikit, guys. Kayaknya mendung, nih," seru Mas Bryan.

Seperti kebanyakan pendaki, kami berjalan sambil bersenang-senang hingga akhirnya menuju Danau Taman Hidup. Jujur saja, aku paling takut berada di danau ini. Ya, meski di pagi hari suasananya terlibang menabjubkan. Namun, saat malam tiba, sudah pasti menyeramkan. Terlebih lagi dengan cerita mistisnya.

[True Story] Terjerat Penghuni Gunung ArgopuroSumber Gambar

"Kita pasang tenda di sini, ya?" tanyaku pada semua.

"Em, bentar, biar mas carikan tempat yang bagus," ujar Mas Bryan.

Aku, Indy dan Revi asyik mengambil gambar. Tahu sendirilah, seperti apa perempuan ketika mendaki gunung. Sementara Erin, sudah berada di dekat danau sambil tertawa sendiri. Kami yang melihat dia bertingkah aneh, mulai mendekati dan mengajaknya menjauh dari danau. Di waktu yang bersamaan, Mas Vino berteriak,

"Bryan! Hey! Ngapain kamu!"

Serentak kami mengarah ke Mas Vino yang sedang berlari menuju Mas Bryan. Ditepuk dan ditariknya tangan Mas Bryan, lalu menuntunnya keluar dari danau.

"Loh, kok, celana aku basah?"

Mas Bryan tampak bingung. Rupanya ia masuk danau secara tak sadar. Hal itu membuat kami seketika merinding, ditambah lagi Erin memaksa ingin mandi di danau tersebut.

Langit menjadi sangat mendung. Rintik gerimis mulai turun. Kami membatalkan niat membangun tenda, membujuk Erin agar tidak mandi, dan akhirnya menuju Hutan Lumut.

Konon, Hutan Lumut ini disebut-sebut sebagai pasarnya jin maupun setan. Segala jenis makhluk gaib ada di Hutan Lumut. Akan tetapi, lagi-lagi Erin merasa bahagia. Seolah sedang berada di rumah sendiri.

"Kamu kenapa, sih, Dek?" Mas Bryan tampak kesal.

"Nggak apa-apa, kayak rumah sendiri ajah," jawab Erin santai.

Mendengar jawaban Erin, kami semua terkejut sambil menatap satu sama lain. Suasana mulai hening. Tak ada yang bicara. Hanya Erin saja yang bersuara. Ketawa nggak jelas dan nyanyi-nyanyi.

"Dek, bisa, gak, sih, gak berisik?" seru Mas Bryan lagi.

"Kenapa? Di sini, kan, menyenangkan. Bagaimana menurutmu?" Erin menatapku sambil cengar-cengir.

"Duh, gawat, jangan-jangan ...."

"Sstt! Jangan sembarangan! Abaikan saja dia," potong Revi yang membuat Indy tak melanjutkan kalimatnya.

Hujan mulai reda. Kami memutuskan untuk istirahat sejenak tanpa mendirikan tenda. Kami mengisi perut untuk mengembalikan tenaga, lalu kembali berjalan. Kali ini menuju Kali Putih. Sampai di sana, kami mendirikan tenda. Hari sudah sangat sore. Jadi, memutuskan untuk istirahat dan tidur.

Kami pun bertemu malam. Dua tenda sudah berdiri. Di tenda satu, ada aku, Erin, Indy, dan Revi. Tenda satunya Mas Bryan dan Vino. Bukan hal baru, saat malam hari, panggilan alam tidak bisa ditunda. Aku yang masih terjaga melihat Indy bangun.

"Mau ke mana?" tanyaku.

"Mau pipis," jawabnya singkat.

"Aku anterin?"

"Nggak usah, pipis di sebelah tenda saja," tolaknya dan keluar dari tenda.

Aku merasakan langkah kaki di samping kiri tenda. Tak lama kemudian, aku tertawa dan berseru,

"Haha, kesandung, ya? Nggak bawa senter, sih!"

Tali tenda yang dipatokkin ke tanah masih bergerak. Namun, tak ada siapa pun yang menyahut. Tapi tiba-tiba resleting tenda dibuka.

"Eh, kok ngebiarin temannya sendirian di luar? Kenapa nggak ditemanin?" Mas Bryan ngegas dengan kepala melongok ke tenda kami. Erin dan Revi pun terbangun.

"Tadi dia mau pipis katanya, terus gak mau dianterin karena cuma pipis di samping tenda. Kayaknya dia mau buru-buru jadi kesandung tali tenda," jawabku santai.

"Maksudmu Indy, kan, Yu?" tanya Mas Bryan lagi.

Aku mengangguk.

"Aku dan Vino juga abis keluar buat buang air. Balik-balik malah liat Indy nari-nari di samping tenda kami, njirr!" jelas Mas Bryan dengan nada rendah namun tegas.

Seketika kami bangkit dan keluar dari tenda. Indy sudah berada di depan api unggun. Aku menepuk pundaknya dan bertanya,

"Abis dari mana?"

"Eh, Ayu, udah sampe?"

Aku kaget. Entah apa yang dibicarakan Indy. Apanya yang sudah sampe? Emang aku abis dari mana? Malam itu kami diam di tenda. Tidak bercerita apa pun. Sampai akhirnya muncul empat orang pendaki lain. Mereka mengajak untuk menuju Sicentor.

"Kami capek, Bang. Jadi mau istirahat di sini," kata Mas Bryan.

"Diriin tendanya di Sicentor ajah," saran mereka.

Dengan kejadian barusan, kami pun setuju. Jalan menuju Sicentor cukup melelahkan. Ditambah lagi malam hari. Suasananya terbilang menyeramkan. Sampai Sicentor entah pukul berapa. Saking capek dan kantuknya, kami segera mendirikan tenda di sana.



Bersambung ...

Nantikan kelanjutannya, ya, Gansist. Terima kasih sudah mampir dan membaca. Jangan lupa share, rate, and cendolin, ya. Bye, baye ... emoticon-Big Kiss


Penulis: @darmawati040
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 79 lainnya memberi reputasi
78
Masuk untuk memberikan balasan
stories-from-the-heart
Stories from the Heart
18.3K Anggota • 28.1K Threads
Halaman 1 dari 5
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 12:13
Diubah oleh darmawati040
profile-picture
profile-picture
profile-picture
londhoXX dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 12:13
spoiler 2
0 0
0
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 13:11
Keren om
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 14:24
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh andrerain5
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 15:48
Wajib lanjut nehhhh...👍
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 15:50
Bermi - Baderan

Bermi - hutan karet - alas gendeng - danau taman hidup - hutan lumut - kali putih - cemoro limo - puncak hyang - puncak argopuro - puncak rengganis - sabana loceng - rawa embik - cisentor - cikasur - sabana besar - sabana kecil (dari sabana lonceng sampe sabana kecil kita ngelewatin 14 sabana) - mata air 2 - mata air 1 - batas makadam - plaza hyang - Baderan

Kalo maps yang di ilustrasi ts itu maps lama, jalurnya muter cuma dapet puncak rengganis doangan, kalo sekarang pendaki rata rata tabrak 3 puncak.
Diubah oleh lapar.bang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ocukampau dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 16:11
rasanya sangat kentang wahai adinda, mohon kiranya cerita ini lekas dilanjutkan agar hati ini tenang jadinya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 18:02
Quote:Original Posted By andrerain5
emoticon-2 Jempol

thank's gan
Quote:Original Posted By redrices
Wajib lanjut nehhhh...👍

okay gan, tunggu ya
Quote:Original Posted By lapar.bang
Bermi - Baderan

Bermi - hutan karet - alas gendeng - danau taman hidup - hutan lumut - kali putih - cemoro limo - puncak hyang - puncak argopuro - puncak rengganis - sabana loceng - rawa embik - cisentor - cikasur - sabana besar - sabana kecil (dari sabana lonceng sampe sabana kecil kita ngelewatin 14 sabana) - mata air 2 - mata air 1 - batas makadam - plaza hyang - Baderan

Kalo maps yang di ilustrasi ts itu maps lama, jalurnya muter cuma dapet puncak rengganis doangan, kalo sekarang pendaki rata rata tabrak 3 puncak.

okay, terima kasih gan, ini memang ceritanya sudah lama sih.
Quote:Original Posted By titstutsntots
rasanya sangat kentang wahai adinda, mohon kiranya cerita ini lekas dilanjutkan agar hati ini tenang jadinya

hahaha ... okay gan, tolong ditunggu ya
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan andrerain5 memberi reputasi
2 0
2
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 21:44
Wahhhh keren, wajib ninggalin sendal nih
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 22:28
apa betul ada adegan ena ena mas bryan dgn dik indy??
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
15-01-2022 23:12
Klo tau msh bersambung mending baca pas udah kelar td jd ga kentang emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 02:10
Enak banget ya bacanya begitu mengalir tau tau udah nyampe tulisan bersambung ...

Coba giliran gue yang nulis bikin cerita kayak gitu yang ada malah gak karu karuan... 🤣🤣

Gunung argopuronya saya gak tau gan tapi kalau kota dikaki gunungnya saya tau. Situbondo sama probolinggo.. 😁
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 07:43
Quote:Original Posted By martell-VSOP
Wahhhh keren, wajib ninggalin sendal nih

jangan sendalgan. Kalau bisa mah, hatinya ajah emoticon-Goyang
Quote:Original Posted By lapakbelakang2
apa betul ada adegan ena ena mas bryan dgn dik indy??

gak ada wee emoticon-nyantai
Quote:Original Posted By dieq41f
Klo tau msh bersambung mending baca pas udah kelar td jd ga kentang emoticon-Big Grin

hahaha ... nanti lanjutannya dibaca juga ya gan
Quote:Original Posted By mangdodog
Enak banget ya bacanya begitu mengalir tau tau udah nyampe tulisan bersambung ...

Coba giliran gue yang nulis bikin cerita kayak gitu yang ada malah gak karu karuan... 🤣🤣

Gunung argopuronya saya gak tau gan tapi kalau kota dikaki gunungnya saya tau. Situbondo sama probolinggo.. 😁


wkwkwkw emoticon-Ngakak jadi agan orang Sitobondo ya? tapi gk pernah naik guning Argo gitu?
0 0
0
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 08:53
jejak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 08:56
menunggu part 2
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 14:41
Kaya pernah baca nih cerita
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 14:41
Woi mana ni lanjutannya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 15:54
Quote:Original Posted By mbahramil
Kaya pernah baca nih cerita

ini pertama kali nulis kok. belom pernah dipost di mana pun
Quote:Original Posted By adhiantowahyu
Woi mana ni lanjutannya


hahaha tunggu gan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[True Story] Terjerat Penghuni Gunung Argopuro
16-01-2022 15:55
Quote:Original Posted By Yaag
jejak


Quote:Original Posted By freakk
menunggu part 2


nanti mampir lagi ya agan agan
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
ada-kisah-di-tanah-papua
Stories from the Heart
Stories from the Heart
cerita-cupu-yang-lucu
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia