Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e09e63e9b502393e09de3c/asli-baru-tahu-inilah-rahasia-dibalik-quick-count-pemilu
Gak kalah dari Bandung Bondowoso yang bikin candi dalam semalam, lembaga survei juga bisa ngitung hasil pemilu dengan super-super cepat. Tapi kalau bandung bondowoso minta bantuan makhluk halus, apakah lembaga survei minta tolong manusia super kayak flash? nggak-nggak! nggak perlu bantuan makhluk halus atau manusia super. Faktanya lembaga survei pakai sihir yang bernama ilmu statistika.
Lapor Hansip
14-01-2022 04:49

Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
Gak kalah dari Bandung Bondowoso yang bikin candi dalam semalam, lembaga survei juga bisa ngitung hasil pemilu dengan super-super cepat. Tapi kalau bandung bondowoso minta bantuan makhluk halus, apakah lembaga survei minta tolong manusia super kayak flash? nggak-nggak! nggak perlu bantuan makhluk halus atau manusia super. Faktanya lembaga survei pakai sihir yang bernama ilmu statistika.

Metode penghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei pada pemilu 2019 dilakukan semata-mata untuk membantu dan juga mengawal penghitungan manual yang dilakukan KPU. Kalau kita ingat 2004 bukan hanya menjadi hari yang bersejarah dimana pemilu dilakukan atau dipilih langsung begitu untuk memilih presiden dan wakil presiden. Tetapi pada tahun 2004 juga untuk pertama kalinya diselenggarakan quick count atau penghitungan cepat.

Quote:Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu


Saat itu diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial atau LP3ES yang bekerja sama dengan National Democratic Institut atau NDI dari Amerika serikat. Dan kita akan lihat hasil pemilu, dari pemilu ke pemilu 2009, kemudian 2014 dan 2019 oleh berbagai survei. Kita lihat di pemilu 2009 saat itu ada survei dari LSI untuk SBY dan Boediono angkanya adalah 60,15%. Mega dan Prabowo 27, 36 % sementara JK dan Wiranto 12,49.

Kalau kita melihat hasil dari survei LSI atau hasil quick count dari LSI dan KPU ini tidak berbeda jauh angkanya dan di 2014 juga sama ketika LSI juga mengumkan hasil quick count nya.

Quote:Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu


Gampangnya mereka itu ngambil sampel hasil pemilu di beberapa tempat aja buat memprediksi hasil di seluruh indonesia, dan hebatnya cara ini bisa cepat dan akurat tanpa harus ngitungin semua suara. Oke gimana caranya? biar gampang ini contohnya ada abang bakso yang nyicipin sesendok kuah bakso buat nyari tahu rasa kuali-kuali se-indonesia.

Nah dari jumlah yang sangat banyak yaitu para lembaga survei nanti akan memilih secara acak kuali-kuali mana yang akan bakal dijadikan sampel buat prediksi rasa yang tepat. Semakin banyak dan tersebar kuah dicicip maka semakin besar juga kemungkinan tepatnya.

Quote:Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu


Meski mustahil bisa sama persis, secara matematis hitung cepat itu bisa dipercaya asal ngambil sampelnya gak ngawur dan gak dibumbuin kepentingan politik. Quick count alias hitung cepat jadi cara yang paling ngebut buat nyari tahu hasil akhir pemilu. Buktinya pemilu 2014 banyak lembaga survei yang berhasil prediksi skor akhirnya dan cuma meleset berapa persen aja.

Oke quick count emang bisa ngitung cepet, tapi kalau masih bingung ada KPU sebagai penyelenggara pemilu yang pasti bakal ngeluarin hasil paling akurat sebulan setelah pencoblosan. Sekarang duduk manis aja karena pastinya satu suara kita bakal terhitung di hasil akhir nantinya.

Segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mogul kahn dan 22 lainnya memberi reputasi
15
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.3K Anggota • 906.1K Threads
Halaman 1 dari 2
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
14-01-2022 05:25
Quick count tujuannya bukan untuk hasil sementara pemilu ya gan
profile-picture
profile-picture
daniadi123 dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
14-01-2022 05:26
Tapi sebagai pembanding dan data cadangan kalau2 data penghasilan KPU wadididaw
profile-picture
profile-picture
NandoKazama dan bang.toyip memberi reputasi
2 0
2
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
14-01-2022 07:24
Jd ingat Charta Politika... Yg memenangkan ahok jarot... Geli2 gimana gt... ketika hasilnya malah anis yg menang... hahaha

Padahal lembaga survey yg lain memenangkan anis... Dia beda sendiri... ente kira2 sendiri lah ada apa dg mereka...
Diubah oleh red.mind
profile-picture
profile-picture
profile-picture
basejr dan 10 lainnya memberi reputasi
2 9
-7
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
14-01-2022 11:24
TS nya ketagihan bgt ya copas dr chanel youtube kok bisa



beberapa.trit ts yg lain juga sama








apakah ts ada hubungan ama pemilik chanel.utube kok bisa atau memang pure cuma kang copas ???


NB
buat para pengunjung dimari.
coba play video yg ane share di atas. smbil baca trit TS.

kata2 di vidio sama persis ama trit TS.
Diubah oleh leonard21
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mogul kahn dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
14-01-2022 18:47
Atas ane detectif emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan leonard21 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
15-01-2022 04:22
Asli [url=Ane kaget baget setelah membacanya]https://shopee.co.id/kursipijat[/url]
Diubah oleh dewareke
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:31
pernah 2x dulu di telepon oleh semacam survey. wis buang2 waktu dan ga menarik. saya tutup saja. heran, mereka dapat nomor kontak kita darimana ya ?
profile-picture
.bindexee. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:32
Ya proses nya emang gitu. Kadang bisa beda" quick count ya tergantung relawan di lapangan
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:33
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:36
Pernah ikut jadi team quick count, mayan loh gan bayarannya. Cuma duduk, nunggu hasil di tps kelar. Input ke sistem emoticon-Embarrassment
profile-picture
erwin102361 memberi reputasi
1 0
1
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:42
Harusnya TVONE dihukum atau dibubarin karena nyebar HOAX atau hasil survey abal2, prabowo menang pemilu, sampe sembah sujud syukur.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
bukan.bomat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 07:47
Puskaptis yang menangin Prabowo apa kabarnya bre? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 08:17
Pernah ikut dan ditempatkan di tps yang jauh emoticon-Ngakak
Tapi asik juga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh canisfamiliar1s
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 08:25
Karena KPU ngambil hasilnya secara keseluruhan. Jadi lebih akurat.
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 08:28
Quote:Meski mustahil bisa sama persis, secara matematis hitung cepat itu bisa dipercaya asal ngambil sampelnya gak ngawur dan gak dibumbuin kepentingan politik.


Jadi inget hasil quick count yang jika dijumlahkan hasilnya lebih dari 100%
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 08:42
dengan kotak suara kardus yang digembok emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 08:45
utk tahu golongan darah juga cukup ambil setitik darah ga perlu semua darah diambil
emoticon-thumbsup
Diubah oleh eghy
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 09:00
gitu ye gan
nice sharenya dah
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 09:07
Data sampel tsb diambil dari mana, gan?
Kan pemilih menentukan pilihannya, trus masukin ke kotak pemilu.
0 0
0
Asli Baru Tahu! Inilah Rahasia Dibalik Quick Count Pemilu
18-01-2022 09:10
ada quick count yg beneran

ada juga yg pesenan bre emoticon-Cool
profile-picture
c2tama memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia