News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e0391c7c78b415e13c70da/mengapa-ottoman-menyerang-konstantinopel-sehingga-membuat-indonesia-terjajah
Hai GanSis! Kita belajar tipis-tipis tentang sejarah yuk. Kali ini tentang Turki Usmani. Sebuah Dinasti Islam yang lokasinya sebenarnya jauh dari Nusantara kala itu. Namun ternyata tindak-tanduk mereka mempengaruhi kehidupan di Tanah Air.
Lapor Hansip
13-01-2022 21:37

Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah

Past Hot Thread
Quote:Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
Foto oleh YEŞ dari Pexels


Hai GanSis! Kita belajar tipis-tipis tentang sejarah yuk. Kali ini tentang Turki Usmani. Sebuah Dinasti Islam yang lokasinya sebenarnya jauh dari Nusantara kala itu. Namun ternyata tindak-tanduk mereka mempengaruhi kehidupan di Tanah Air.

Harus diakui perjuangan Turki Usmani meruntuhkan Konstantinopel merupakan aksi yang sangat heroik. Hingga akhirnya saya tahu bahwa keruntuhan Kekaisaran Bizantium itulah yang menghantar bangsa Eropa menjajah bangsa Indonesia.

Rasanya itu ada bangga dan sedih. Tapi bagaimanapun ini semua bagian dari sejarah peradaban manusia. Tentunya harus kita jadikan pelajaran di masa sekarang.

Saya pernah berandai, andai semua (diatas) tadi tidak pernah terjadi. Indonesia barangkali tidak pernah dijajah dan apa jadinya sekarang dengan negeri ini?

Awalnya saya juga bertanya-tanya. Mengapa Ottoman merebut Konstantinopel? Kenapa kota itu diperebutkan?

Penelusuran dimulai dengan bertanya ke Google, yang nantinya sumbernya disertakan di akhir postingan ini. (Beginilah kehidupan netizen yg sumber pengetahuannya bergantung pada Google 😔)

Mengapa Konstantinopel diperebutkan?

Jelas diperebutkan. Karena kota tersebut sangat strategis bagi perdagangan Asia-Eropa. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Singkatnya ini sama halnya kita lagi bahas mengapa Nusantara diperebutkan bangsa Eropa hingga Jepang? Nah itu, paham kan. Wilayah tersebut primadona banget lah intinya.

Mengapa Turki Usmani merebut Konstantinopel?

Andai saya diberi kuasa menghubungi Sultan Mehmed II pada zamannya, saya ingin sampaikan agar beliau berpikir dua kali rencana serangan ke kekaisaran Byzantium tersebut. Agar mempertimbangkan juga dampaknya ke Nusantara.

Hehehe.. tapi gak mungkin juga ya. Karena Turki Usmani juga punya alasan kuat untuk memperebutkan wilayah yang kini bernama Istanbul itu. Fans Liverpool pasti sangat menyukai tempat tersebut hehehe...

Oke, alasan Turki Usmani ingin menguasai wilayah Konstantinopel, sebagai berikut:

Dinasti Utsmani ingin menguasai kegiatan perdagangan internasional di kawasan Konstantinopel

Muhammad Al Fatih ingin meruntuhkan dominasi Byzantium Romawi Timur di kawasan Timur Tengah

Menegaskan kekuatan pengaruh Islam di dunia Internasional


Tekad pasukan Ottoman sudah jelas. Mereka ingin memperkuat dan memperluas pengaruh kerajaannya di segala lini. Singkat cerita mereka berhasil meraih apa yang mereka inginkan.

Dampak pasca keruntuhan Konstantinopel tersebut. Penjelajah Eropa mengarungi Samudra mencari jalur perdagangan baru, hingga tibalah ke Nusantara.

Quote:Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia TerjajahEkspedisi pertama Belanda di bawah Cornelis de Houtman tiba di Banten pada 23 Juni 1596. Foto: Tropenmuseum.


Tentunya mereka (Eropa) ke Nusantara juga bukan tanpa alasan melakukan penjelajahan ke timur, dikira enak apa ngitarin benua Afrika untuk ke Asia. Pasca ibukota Romawi Timur tersebut runtuh membuat kesulitan bangsa Eropa, sebab:

1. Kedudukan perdagangan bangsa Italia di Konstantinopel dihancurkan

2. Daerah Konstantinopel tertutup untuk perdagangan

3. Konstantinopel tidak boleh dijadikan sebagai lintas barang dagangan dari Asia. Kebijakan pemerintah Turki Usmani ini mengancam kehidupan ekonomi bangsa Eropa Barat dan Eropa Timur seperti saat perpindahan bangsa di Eropa akibat serangan pasukan Islam.



Disini timbul pertanyaanku kembali, pasca Konstantinopel sudah dikuasai Ottoman. Lantas mengapa jalur perdagangan Asia-Eropa tidak tetap dibuka? *Ini cuma nanya lho*

Oke GanSis, saya paham pembahasan ini sebenarnya cukup sensitif. Karena mungkin sekali dapat ditarik-tarik ke soal perang Salib, Israel-Palestina hingga Turki yang Sekuler. 

Tapi ya terserah mau dibawa kemana. Yang jelas saya masih berpikir jika Konstantinopel sudah dikuasai Ottoman, kenapa sampai menutup jalur perdagangan? Sehingga semuanya tetap damai. Dimana kala itu Kerajaan Majapahit sudah sangat nyaman menguasai perdagangan di Asia Tenggara.

Dan Turki, selaku yang menguasai wilayah sekarang yang dulunya milik Kekaisaran Bizantium dan Ottoman (yang nyaris menguasai satu dunia). Mengapa Turki kini tidak bisa memanfaatkan kestrategisan wilayahnya seperti layaknya penguasa di masa lalu?


Quote:Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
Foto oleh Arefin Shamsul dari Pexels


Andai-andai yang saya sebutkan diatas tadi disebut juga telaah kontrafaktual sejarah. Telaah histori semacam ini disebut sebagai upaya memproyeksikan sekian kemungkinan yang tidak pernah terjadi, atau seharusnya terjadi, untuk memahami lebih utuh sebuah peristiwa atau sejarah.

Kesannya memang asyik membayangkan Indonesia tidak pernah dijajah. Tapi disatu sisi saya juga yakin, seumpama Konstantinopel tidak runtuh, orang-orang Eropa juga bakal datang ke Nusantara, hanya saja waktu kedatangannya yang berbeda.

Rianda Prayoga
Salam dari Binjai, 13 Januari 2022


Diubah oleh riandyoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 23 lainnya memberi reputasi
20
Masuk untuk memberikan balasan
sejarah--xenology
Sejarah & Xenology
2.7K Anggota • 5.4K Threads
Halaman 1 dari 4
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
13-01-2022 23:09
kala itu bangsa eropa berlayar sambil mencari daratan baru, nyasar di nusantara juga sebuah kebetulan, maklum peta dunia belum seakurat sekarang.

hmmm...
kalo tidak dijajah belanda mungkin kita sibuk perang saudara, selepas runtuhnya majapahit muncul kerajaan2 kecil yang sibuk memperluas wilayah.
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SaveTheForest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
14-01-2022 14:19
toh akhirnya Ottoman kena karmanya akibat kepelitannya terhadap Konstantinopel
Kekaisaran Ottoman runtuh & diganti jadi republik oleh Mustafa Kemal Attaturk

sebaliknya, British, Porto, Spanyol, Belanda, Inggris tetep exist meskipun kehilangan negara2 jajahannya

ngomong2 Kosovo, Albania, Bosnia itu mestiso-nya Ottoman lho, negara jajahan punya agama yg sama dgn penjajahnya

sementara negara2 cem Yunani, Kroasia, Yugoslavia, Serbia, Montenegro, Austria, Bulgaria, Armenia, Georgia tetep Kristen meskipun dijajah Muslim Ottoman
Diubah oleh dragonroar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yournewgod dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
14-01-2022 16:28
jd gtu critanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yourab. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
15-01-2022 06:26
Jaman itu.. klo ga menyerang ya diserang... simple aja...
Apalagi posisi konstantinople berada ditengah2 wilayah ottoman.. artinya bs jd duri dlm daging.

Konstantinopel di kuasai atau ngga.. akan tiba waktu nya indo dijajah Klo ga belanda maka negara eropa lain siap menjajah.
Siapa yg ga sange... indo yg kaya rempah tp pasukan nya lemah...ketika eropa sudah pake senjata api.. kerajaan di indo masih modal pedang dan keris...
Diubah oleh red.mind
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
16-01-2022 15:45
Andaikan alasan2 itu masih begitu mudahnya dipakai oleh negara2 kuat utk merebut sebuah wilayah,niscaya singapura saat ini bakal jd medan perang antara china,rusia dan USA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
16-01-2022 21:21
Indonesia bebas politik
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
17-01-2022 15:59
eh..... ini ga tepat sebenarnya.

mari kita bahas satu per satu. tapi sebelumnya ada peta ini yang harus diperhatikan

Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah

1. Dinasti Utsmani ingin menguasai kegiatan perdagangan internasional di kawasan Konstantinopel

oke, ini betul. jalur dagang di laut aegea dan balkan dikuasai oleh Venesia dan Genoa, dan keduanya punya basis operasi di Konstantinopel


2. Muhammad Al Fatih ingin meruntuhkan dominasi Byzantium Romawi Timur di kawasan Timur Tengah.

nope. Romawi Timur di 1450-an hanya punya kendali atas konstantinopel dan wilayah sekitar konstantinopel. selain itu, di era Murad II (ayah Mehmed II), romawi timur secara de facto sudah jadi vassal state ottoman. setelah jatuhnya dinasti Komnenos, romawi timur praktis tidak punya pengaruh sama sekali di timur tengah.

3. Menegaskan kekuatan pengaruh Islam di dunia Internasional
maybe? we dont know. terlepas dari alasan pribadi Mehmed II, dinasti dinasti muslim sudah menguasai Mediterania selatan sampai Persia selama 800 tahun pada 1450. pada 1450 Islam juga sudah tersebar sampai nusantara, dengan dinasti muslim berserakan di seantero samudera Hindia, dari Mughal di India sampai ke Aceh, belum lagi dinasti dinasti muslim di afrika misalnya.

pada 1450, pengaruh islam "tidak perlu" ditegakkan, Islam sudah memiliki pengaruh di setengah Dunia.
Diubah oleh khiekhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aryal13 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
17-01-2022 16:10
Disini timbul pertanyaanku kembali, pasca Konstantinopel sudah dikuasai Ottoman. Lantas mengapa jalur perdagangan Asia-Eropa tidak tetap dibuka? *Ini cuma nanya lho*


well, Jalur Asia-Eropa TIDAK PERNAH DITUTUP oleh ottoman. kenapa? karena jalur dagangnya tidak hanya lewat konstantinopel.

Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
bisa dilihat disana bahwa walaupun jalur dari laut Hitam dikendalikan oleh konstantinopel, pedagang venesia dan genoa masih punya akses di afrika utara, bahkan setelah ottoman menguasai mesir dan maghreb, hanya saja karena dasarnya hubungan ga baik, ya mahal. selain itu, bahkan sebelum ottoman menguasai konstantinopel portugal sudah mulai melakukan eksplorasi ke arah afrika dari barat sebagai usaha melewati monopoli jalur dagang timur tengah, dan fokus ke jalur dagang afrika sebagai alternatif

Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
jadi sebenarnya bukan karena konstantiopel jatuh lalu perdagangan berhenti dan kemudia terpaksa cari jalur dangan alternatif. usaha pembukaan dan eksplorasi jalur baru sudah dimulai dari abad 14 seiring dengan perkembangan teknologi perkapalan di eropa
Diubah oleh khiekhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
19-01-2022 05:35
Yg jawab yg senang sejarah....

Lebih baik daripada mendengarkan cerita sejarah dari pendakwah agama macam felix siauw


emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:19
Jalur dagangnya kaga DITUTUP.

Tapi pedagang yg harus lewat disono lebih dipersulit. Mungkin kesti bayar uang jalan lebih mahal dll
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:32
Yah namanya jg tarik kesimpulan dr gugel🤣🤣, klo di balik wahai paus alexander andai dirimu gak buat kebijakan gols glory gospel gara2 berantem spanyol ama portugis ga akan nusantara di jajah
profile-picture
profile-picture
azzamizzulhaq dan riandyoga memberi reputasi
1 1
0
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:35
ottoman kan memang penjajah. gak kalah kejam sama penjajah lain. fanboys ottoman di sini tahunya ottoman khalifah islam dan sangat mereka banggakan. buta sejarah. gak cuma membantai orang armenia dan yunani, mereka juga membantai arab, mesir, albania, dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:46
Ini kota letaknya strategis

Berhubung jaman dulu kagak dijual, maka pengennya lgsg direbut emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:48
Ottoman: Mulai skarang, ente gak boleh bula lapak & jualan dimari..!!

Eropa: Oke fine..!! Ane bakal cari di tempat lain yang lebih mantul..!!!

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 05:56
Kalaupun konstatinopel tidak diruntuhkan, Eropa tetap akan datang ke indonesia. Penjelajahan dunia baru (ke amerika, ke asia), itu dipicu oleh sains dan kepentingan ekonomi.

Di satu sisi ingin membuktikan bumi bulat lewat peta kuno dan cerita pedagang, di sisi lain eropa butuh sumber uang untuk menutupi biaya perang. Perlu diingat, kalaupun dulu nggak ada perang salib, eropa sedang sibuk berperang juga antar mereka sendiri. Eropa juga miskin sumber daya alam. Waktu itu mereka berpikir kalau perdagangan akan lebih menguntungkan buat mereka kalau bisa membeli langsung dari sumbernya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 06:13
Seandainya orang-orang Eropah tidak ke Konstantinopel bla bla bla bla bla bla
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 06:44
Wah bisa jadi peramal jga ya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Ottoman Menyerang Konstantinopel? Sehingga Membuat Indonesia Terjajah
22-01-2022 06:45
sama kayak filem DUNE

nyarik rempah alasannya emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan riandyoga memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia