Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
192
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e0090e08dfbd2cbf744afc/kuliner-mantab-khas-wonosobo--yang-wajib-dicoba
Hay Balik lagi sama Ryan nih, dalam rangka ikut serta memajukan dan mengkampanyekan makanan Khas Wonosobo dimana Ryan berasal dari kota ini, maka Ryan mau kasih Rekomendasi buat kalian apabila kalian sedang berlibur disini, dan dijamin makanan yang Ryan Rekomendasikan bisa melepaskan hasrat para pecinta pariwisata Kuliner, dan dijamin bakal nagih lagi.
Lapor Hansip
13-01-2022 18:12

Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba

Hay Balik lagi sama Ryan nih, dalam rangka ikut serta memajukan dan mengkampanyekan makanan Khas Wonosobo dimana Ryan berasal dari kota ini, maka Ryan mau kasih Rekomendasi buat kalian apabila kalian sedang berlibur disini, dan dijamin makanan yang Ryan Rekomendasikan bisa melepaskan hasrat para pecinta pariwisata Kuliner, dan dijamin bakal nagih lagi.
Makanan Khas Wonosobo kalau dilihat lihat masih jarang ditemukan diluar kota Wonosobo, kalaupun ada paling hanya beberapa kota yang menjual atau menjajakan makanan Khas Wonosobo ini sendiri, kalau ditanya faktor apa kok tidak seperti makanan Khas dari kota lain yang juga eksis di kota lain, Ryan sendiri juga kurang begitu tahu.

Nah bagi kalian yang penasaran apa saja sih makanan khas dari Wonosobo yang banyak dibeli oleh wisatawan saat berkunjung kemari, dan apakah ada makanan khas Wonosobo yang mendunia dan sampai di perjual belikan diluar negri, tentunya pasti ada dan itu menunjukan makanan khas Wonosobo bukanlah makanan yang kaleng kaleng, hehe ya jelas bukan kaleng kaleng lah, kalo kaleng mah bukan makanan hehe

Ok kita langsung mulai saja dari makanan khas Wonosobo yang pertama, yuk disimak bersama sama CCEEKKKIIBBBRROOOTTT

1.     Sego Megono

Sego Megono


Apakah ada diantara kalian yang sudah tahu Sego Megono itu seperti apa, buat yang belum tahu nih ya, Sego adalah Bahasa Jawa yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yang berarti Nasi, nah makanan yang bernama Sego Megono ini adalah sebuah nasi yang dalam penyajiannya dicampur adukan dengan sayuran dan ikan teri, dan beberapa penjual kadang juga ditambah dengan udang udang kecil

Sayuran yang di campurkan dengan nasi itu dipotong sangat kecil kecil hingga saat mencampurnya dengan nasi dan teri akan termudah sekali tercampur, dan saat dimakan maka akan menghasilkan rasa yang gurih hingga menggoyangkan lidah saat menikmati makanan ini.

Sego Megono ini juga memiliki beberapa julukan disekitaran masyarakat Wonosobo, diantaranya adalah

- Sego Reget, buat yang belum tahu Artinya, Sego adalah Nasi dan Reget adalah Kotor, jadi sebutannya adalah Nasi Kotor, hal ini timbul karena tampilan dari Sego Megono ini terlihat begitu kotor dibandingkan dengan Sego atau Nasi normal, hal itu karena percampuran yang tadi dilakukan yang membuat Sego disini menjadi terkesan kotor, namun tetap jangan ragukan kelezatannya

- Sego Tentara, hehe unik ya penamaannya, hal ini disebabkan karena banyak yang mengatakan kalau nasi megono ini memiliki corak seperti seragam tentara maka ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai Sego Tentara.
2.     Tempe Kemul

Tempe Kemul


Bagi yang suka makan gorengan, wajib nih beli gorengan khas Wonosobo yang disebut dengan Tempe Kemul, tempe kemul ini beda dari gorengan yang lain, beda dengan gorengan tempe apa lagi tempe mendoan.

Tempe kemul memiliki ciri khas sendiri, dimana kebanyakan gorengan tempe dan mendoan berwarna coklat keputihan, kalau tempe kemul berwarna kuning kehijauan menurutku.

Tempe Kemul terbuat dari bahan dasar tempe yang diselimuti adonan tepung terigu dan beberapa rempah yang membuat warnanya sedikit kuning, kemudian ditaburi dengan Kucai, nah ini, ciri khas tempe kemul adalah adanya kucai sebagai topingnya hehe.

Biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan jelas pasti lebih enak dibanding setelah dingin, ditambah teksturnya yang renyah dan lezat.

Tempe kemul yang lezat ini sangat enak dimakan bersandingan dengan Sego Megono yang tadi sudah kita bahas, rasa Sego Megono yang lezat di padukan dengan Tempe Kemul yang renyah dijamin lindah akan terus meronta meminta tambah terus hehe

Tempe kemul ini menjadi primadona seluruh masyarakat Wonosobo, dan sudah dipastikan hampir diseluruh penjual makanan dan warung menjual Tempe kemul ini.

Saking populernya, tempe kemul sekarang memiliki beberapa jenis  bentuk. Ada yang berbentuk snack Petos (Tempe Atos) yang artinya tempe keras, dan yang terbaru adalah tempe kemul instan, nah buat kalian yang mau membeli dan membuat sendiri dirumah, bisa nih beli Tempe Kemul Instan.

Petos (Tempe Atos)

Bumbu Tempe Kemul Instan


3.     Carica

Carica


Nah ini, ini pokoknya wajib dibeli waktu dateng ke Wonosobo, dan di daerah lain sudah dipastikan tidak ada makanan ini.

Carica adalah buah yang berbentuk seperti pepaya namun dengan ukuran yang lebih kecil, carica sendiri biasanya diolah menjadi sebuah manisan dan keripik, tapi orang orang biasanya mencari Carica yang diolah menjadi sebuah manisan, karena rasa segar yang diberikan Carica bisa dikatakan tidak bisa dibandingkan dengan buah apapun.

Carica tidak bisa ditemukan ditempat lain, itu disebabkan karena tidak disemua tempat tumbuhan Carica bisa hidup, selain itu juga tidak semua orang bisa mengolah buah Carica menjadi makanan yang enak.

Daging Carica memiliki rasa yang Asam sementara biji Carica itu sendiri memiliki rasa Asam manis. Carica tersedia dalam beberapa kemasan dari yang Wadah Kecil hingga sampai menggunakan botol.

Produk Carica


4.     Mie Ongklok

Mie Ongklok


Udara yang dingin dan tidak jarang dibarengi dengan gerimis, itulah Wonosobo, nah pada saat itu lah waktu yang tepat untuk menikmati lezatnya makanan yang bernama Mie Ongklok, bagaimana tidak, dengan udara yang dingin sedangkan Mie Ongklok disajikan pada saat hangat, wah bakal terobati tuh rasa dingin yang dirasakan, apalagi rasa lezat yang diberikan oleh Mie Ongklok ini tidak ada tandingannya.

Mie Ongklok adalah Mie kuning yang direbus bersamaan dengan Campuran kol dan daun Kucai, Selain itu Mie Ongklok ini juga disajikan dengan kuah kental berwarna coklat dengan rasa sedikit manis yang berasal dari campuran tepung kanji yang disebut Loh.

Mie Ongklok akan tambah nikmat bila dinikmati dengan sate kambing atau sapi, dan ditambah lagi dengan Tempe Kemul, apabila kalian penikmat rasa pedas ya sudah dipastikan harus ditambah sambel dan itu malah akan membuat rasa Mie Ongklok semakin menggoda dan terus menggoyangkan Lidah.

Dan ada yang unik dari cara masak Mie Ongklok, bila mie mie yang lain di ceburkan langsung kedalam air mendidih, beda halnya dengan Mie Ongklok, Mie yang akan direbus dimasukan kedalam tirisan dan juga sekalian dengan Kol dan Kucai tadi dijadikan satu dalam tirisan, setelah itu tirisan yang sudah dimasuki mie, kol dan Kucai direbus bebarengan dengan tirisan yang tetap ikut direbus, dan saat matang langsung tinggal angkat aja deh.

Mie Ongklok karena sangat populer juga sampai dibuat Mie Ongklok Instan, dan yang membanggakan lagi, Mie Ongklok Instan ini sudah mulai Di Eksport ke luar negri seperti Thailand, Hongkong, Cina dll, ini adalah makanan Khas dari Wonosobo yang sudah mendunia ya walau hanya ditingkat ASEAN lah, setidaknya orang luar sudah tahu adanya makanan bernama Mie Ongklok,

Yang mau pesen Mie Ongklok Instan bisa hubungi saya, kebetulan Pendiri Mie Ongklok Instan adalah Temen Ryan, dan Dijamin Harganya lebih murah dari pada beli ditoko hehe.

Mie Ongklok Instan

Varian Mie Ongklok Instan



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah itu dia beberapa Makanan Khas Wonosobo yang wajib kalian beli saat berada atau mengunjungi Wonosobo, Kalian dijamin akan ketagihan

Mungkin cukup sekian dulu trit kali ini, dan jika ada salah informasi mohon dimaafkan, manusia tidak pernah luput dari kesalahan


Jangan lupa kasih cendol dan rate agan agan sekalina, biar Ryan lebih semangat untuk membuat Trit di Kaskus hehe.


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 18:17
emoticon-Pertamax
Tandain dulu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 18:19
Pingin njajal sego megono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 18:43
Ane raunya tempe kemul. Apalagi dimakan pas anget angetnya.. behhhemoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh lapar.bang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 19:35
tempe kemul😂
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 20:26
Sego megono, setau ane kok dari Pekalongan, apa beda ya?

Wakaka... Tempel kemul, emang beda ya gan dg mendoan, kirain cuma beda penyebutan aja.
Lah jadi keinget sama alm temen sekolah dulu yang dari wonosobo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 21:31
Udah pernah nyoba semua, kecuali sega megono.

Di Banjarnegara ada semua tuh. emoticon-Cool


Kalau menurut kakek @kakekane.cell yang asli Wonosobo, gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 21:37
Quote:Original Posted By slametfirmansy4
Pingin njajal sego megono


Jajalen wae oom emoticon-Genit

Quote:Original Posted By lupis.manis
Udah pernah nyoba semua, kecuali sega megono.

Di Banjarnegara ada semua tuh. emoticon-Cool


Kalau menurut kakek @kakekane.cell yang asli Wonosobo, gimana?



Saya sudah prnah makan semua...


Hmm... Trit KULINEAR DAN PARIWISATA nih... emoticon-Embarrassment


HT DONE...!!! emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 22:12
Wes tau tak jajal Kabeh ogh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 22:14
Doain 4 bln lagi ane jadi orang wsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 22:29
yah aku percaya dulu aku punya pembantu dari Daerah Wonosobo .....Jikalau jemput dirumahnya di kampung Wonosobo daerah Barat selalu banyak minuman carica dan mie ongklok aku percaya 100%....tp setelah di rumah ortuku kok masak seringnya kalau tdk mie ongklok pastinya yah Udang dan Cumi Gule....kebanyakan Gule khan logisnya yaitu Kambing ini kok katanya menu hidangan khasan Wonosobo daerah Barat yaitu Udang dan Cumi Gule.....bisa dijelasin gan ?? emoticon-Shakehand2
Diubah oleh golden.baik007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 22:58
Carica nya seger apalagi di minum saat panas dan kehausan.
profile-picture
profile-picture
afryan015 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
13-01-2022 23:17
Sego megono sama tempe kemul nya enak dimakan pas cuaca ujan ya , nikmat
profile-picture
profile-picture
afryan015 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 05:33
Mie ongklok + tempe kemul oh yess baget rasanya... 🤤🤤

Sego megono ane kira cuma ada di pekalongan doang..
profile-picture
profile-picture
afryan015 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 06:58
Pingin nyoba mi ongklok, klw carika pernah ngicipin.
profile-picture
profile-picture
afryan015 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 07:15
Cocok ini Mie Ongklo + Tempe kemul atau klo g Sego Megono + Tempe kemul dan di tutup carica... Makanannya pas masih ada asapnya gitu gan... Luar biasa...
Pas dengan cuaca dan suasana disana gan...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 08:24
makan tempe kemul panas pas turun dari sikunir sambil ngopi. terus pulangnya mampir wonosobo makan mi ongklok. wuenak tenan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 08:59
Nah semua tempat akan selalu punya enu andalan masing2 Jangan hanya mencar menu yang sama. Sayang sekali kalau yang dicari itu-itu saja gans
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 09:04
Panganane enyong samben ndina, ana maning opak ilat enak seka kalibeber. Salam seka kertek gan.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan afryan015 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 09:08
oooh, kirain Kendaraan ST emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kuliner Mantab Khas Wonosobo Yang Wajib Dicoba
14-01-2022 09:32
Laper jadinya emoticon-Mewek
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
nikmatnya-rawon-kuliner-sejak-901-masehi
Selera Nusantara (Indonesian Food)
resep-nuget-dan-cakwe-super-simpel-anti-gagal
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia