Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
219
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61df82ae1c7cfc30ff3e3426/orang-indonesia-dahulu-tidak-suka-menulis-efeknya-sejarah-nusantara-menjadi-bias
Menceritakan sejarah tentu harus ada yang namanya bukti tulisan agar bisa dipahami keadaan hari itu seperti apa? Namun sayang sekali sejarah nusantara sangat tersembunyi karena miskin literasi, bukti yang ada pun lebih banyak diteliti di masa Hindia Belanda. Bahkan saat ini juga terbukti menulis bukan karakter bangsa ini, terlebih lagi tulisan itu hadir untuk dibaca, namun banyak tulisan yang
Lapor Hansip
13-01-2022 08:38

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Menceritakan sejarah tentu harus ada yang namanya bukti tulisan agar bisa dipahami keadaan hari itu seperti apa? Namun sayang sekali sejarah nusantara sangat tersembunyi karena miskin literasi, bukti yang ada pun lebih banyak diteliti di masa Hindia Belanda.

Bahkan saat ini juga terbukti menulis bukan karakter bangsa ini, terlebih lagi tulisan itu hadir untuk dibaca, namun banyak tulisan yang teronggok di tempat sampah. Terlebih sesudah adanya youtube, anak-anak zaman sekarang lebih senang mendengar dan menonton apa yang disampaikan dibandingkan dengan membaca.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Proffesor zaman sekarang, lebih senang bercerita dengan video dan tentunya hal yang disampaikan lebih mudah diterima.

Maka hasilnya negara Majapahit yang kejayaannya sungguh luar biasa hanya tertulis di 2 kitab saja dan itupun penuh mitos, lebih banyak catatan dari negara lain seperti Cina. Maka kalau mau jujur sejarah nusantara akhirnya menjadi tersembunyi, tidak diketahui pasti kebenarannya.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Contoh, Kerajaan Kutai di abad 4-5 masehi, tidak diketahui pasti kapan berdiri, namun ditemukan catatan dengan jenis hurufnya yang pranagri dan berasal dari India Selatan, serta ditemukannya tujuh buah Yupa (prasasti berupa tiang batu) yang ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta yang berasal dari India yang sudah mengenal Hindu. Jadi Kutai lahir kemungkinan besar akibat jalur perdagangan dari India dan Cina! Apakah benar demikian?

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Faktanya Cina sebelum dinasti Sung, tidak pernah berlayar ke lautan luas. Mereka hanya berlayar di sungai-sungai dengan kapal alakadarnya.

Lalu untuk India, ada Teori Brahmana menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke nusantara dibawa oleh golongan Brahmana yang diundang para penguasa di nusantara. Teori ini dikemukakan oleh orientalis J.C. Van Leur.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Faktanya, Teori Brahmana menjadi lemah karena di agama Hindu ada sebuah aturan yang melarang kaum Brahmana untuk menyeberangi lautan.

Quote:

Jadi kalau Cina dan India bukan negara maritim yang kuat, lantas bagaimana orang nusantara bisa berinteraksi dengan mereka? Ini yang tidak pernah dibahas, seakan sejarah maritim kita hilang dan tersembunyi.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Maka saya kutip pernyataan dari Budi Wiyana, arkeolog lahan basah yang juga Kepala Balai Arkeologi (Balar) Sumatera Selatan.

Dijelaskan Budi, Bangsa Indonesia atau Asia Tenggara yang kali pertama menguasai jalur maritim di Asia. Ini dibuktikan dari sejarah perkapalan. Kapal atau perahu di Indonesia usianya jauh lebih tua dibandingkan di Tiongkok.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Sebelum Kerajaan Sriwijaya atau Sebelum Masehi, masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Nusantara, juga telah melakukan pelayaran ke berbagai wilayah di dunia.

Bukti lainnya, sejak awal masehi Kekaisaran di Tiongkok tidak mampu menaklukan kerajaan di Nusantara. Ini dikarenakan armada laut mereka yang jauh lebih lemah dibandingkan milik kerajaan di Nusantara.

Dijelaskan Budi, Bangsa Indonesia atau Asia Tenggara yang kali pertama menguasai jalur maritim di Asia. Ini dibuktikan dari sejarah perkapalan. Kapal atau perahu di Indonesia usianya jauh lebih tua dibandingkan di Tiongkok.

Sebelum Kerajaan Sriwijaya atau Sebelum Masehi, masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Nusantara, juga telah melakukan pelayaran ke berbagai wilayah di dunia.

Bukti lainnya, sejak awal masehi Kekaisaran di Tiongkok tidak mampu menaklukan kerajaan di Nusantara. Ini dikarenakan armada laut mereka yang jauh lebih lemah dibandingkan milik kerajaan di Nusantara.

Nakhoda yang berarti juragan atau pemilik kapal, komando kapal atau kapten kapal, mendapatkan posisi penting di sisi raja, seperti terbaca pada Prasasti Telaga Batu. Dalam prasasti tersebut seorang nakhoda diminta setia kepada raja.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Sementara perahu di Tiongkok berkembang dari abad ke-13 hingga 16 Masehi, dengan ciri pembuatannya menggunakan teknik pasak dan paku besi. Perahu kuno ini ditemukan di Quanzhou-Fujian, Buntuan Mindanau, Bukit Jakas-Pulau Bintan di Riau, Ko Kadrat di Pattaya dan Ko Si Chang III.

Kapal-kapal ini yang digunakan Cheng-Ho untuk melakukan perjalanan samudera ke berbagai negeri di dunia. 

Sumber kutipan https://www.mongabay.co.id/2016/12/3...asia-benarkah/



Jadi kalau ada yang mengatakan orang India dan Cina berdagang ke nusantara, berarti maritim mereka lebih hebat! Faktanya maritim nusantara yang menghubungkan mereka dalam jalur perdagangan.

Jauh sebelum orang eropa menemukan banyak benua, orang nusantara sudah lebih dahulu menjelajah hingga ke banyak benua. Ini yang harus kita balik, karena inferior dunia terhadap ras eropa memang sangat tinggi maka banyak sejarah yang kiblatnya hanya di seputaran eropa.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Kalau mau jujur lagi saya akan kutip pernyataan dari seorang Etnografer asal Inggris James Hornell,

Quote:

James Hornell mengatakan “Orang Austronesia (Nusantara) sudah berkeliaran dan membangun koloni di Srilangka dan India 500 tahun sebelum Masehi. Jejak-jejak mereka ditemukan dalam bentuk lukisan-lukisan kapal bercadik dan kepercayaan orang-orang Srilangka tentang keberadaan suku naga di masa lampau. Pun ahli sejarah Arab Goerge F. Hourani dalam bukunya Arab Seafaring menulis “Orang Arab sudah mengarungi lautan-lautan di sekitar India sejak sebelum masehi. Tetapi keberadaan mereka di sana terlambat jika dibanding para pelayar dari Nusantara yang memiliki kapal dan sistem navigasi yang lebih baik.” Lebih jauh lagi ia berpendapat bahwa bentuk kapal layar Nusantara sangat mempengaruhi bentuk-bentuk kapal di seluruh dunia.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Wan Chan dalam buku Kunlun and Kunlun Slaves as Buddhists in the Eyes of Tang chinese mencatatkan Tentang kapal dagang berukuran besar dari Nusantara yang berlabuh di China dengan empat layar sudah ditulis oleh para Sarjana sejak dinasti Han (206 SM – 220 M). Orang-orang China menyebutnya Kunlun Po “ Kapal dari orang Kunlun berkulit gelap. Kapal-kapal itu juga biasanya digunakan peziarah Budha untuk melakukan perjalanan pulang pergi China-India-Srilangka.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Robert Dick-Read dalam bukunya Perjalanan Bahari, menuliskan bahwa saat dia ke Madagaskar dia mendapati banyak kesamaaan bahasa Madagaskar dan bahasa-bahasa di Indonesia, tak Cuma itu alat musik (kolintang), rumah di sana yang mirip rumah joglo dan Kuliner. Lalau Dick mengadakan serangkain wawancara dengan penduduk setempat apakah mereka mengetahui tentang indonesia? Mereka menjawab bahwa mereka keturunan Nusantara. Dan mereka merantau ke sana pada zaman kerajaan Sriwijaya. Lebih lanjut lagi disampaikan bahwa pelayar nusantara tak hanya ke Madagaskar tapi juga ke seluruh dunia. Ia berhipotesa bahwa Hawaii ditemukan oleh orang Jawa, mengacu penamaan pulau eksotik tersebut sebagai Jawa kecil di mana pengejaan Spanyol hurup J sering dilafalkan sebagai H misalnya Julio dibaca Hulio, jadi Hawaii adalah Jawa II.

Sumber kutipan

https://jakartasatu.com/2020/06/12/h...i-itulah-kita/



Begitu hebatnya nusantara di masa lampau kemungkinan besar sudah berada di Amerika Selatan, maka ada bentuk candi yang serupa antara Candi Sukuh, yang bangunannya mirip dengan piramida Suku Maya di Meksiko.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Lantas kemana mereka saat ini? Sisa kejayaan maritim di nusantara ada di Makassar, dimana pada tahun 1700an pelaut Bugis ini berlayar ke Australia dan mereka berniaga dengan suku Aborigin, mereka mencari Tripang untuk dijual di nusantara. Hal ini dibuktikan dengan adanya karya seni orang Aborigin berupa lukisan orang Makassar di perahu dan familiarnya kata Makassan sebagai bangsa Suku Makassar, namun hubungan ini retak ketika tahun 1900-an Australia diduduki Inggris, karena setiap kapal orang Makassar yang ingin berlabuh dimintai pajak.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Tragis memang maritim nusantara ternyata sudah menjelajah dunia, namun yang terkenal hanya Colombus dan Vasco da Gama, padahal sebelum itu orang nusantara sudah berlayar jauh menembus samudra.

Untuk itu jangan lupa untuk terus mencatat, menulis dan membaca kalau saja terjadi perang besar dunia ketiga dengan nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya dikhawatirkan internet, listrik, akan punah dan yang dijadikan pedoman sejarah hanyalah catatan yang ditulis. Bukan catatan yang diceritakan, hingga akhirnya menjadi mitos atau dongeng.

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!


Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blinyoman88 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.5K Anggota • 906.3K Threads
Halaman 1 dari 6
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 09:04
Ane sukak menulis dan membaca...
emoticon-Ultah
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 09:24
Nenek moyang kita berkelana untuk mengenal bukan untuk dikenal emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 09:48
apakah Going Merry Go dan Thousand Sunny Go juga dulunya kapal nusantara?

apakah nusantara adalah tempat disimpannya harta Gol D Roger?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 09:49
Sayang banget ya pelaut indonesia kurang dikenal emoticon-Mewek
Mungkin kalo diketahui bisa aja bersanding sama columbus soal ketenaranemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bond_tomy2002 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 10:06
Banyak kok tulisan2 di lembaran lontar, emas dan prasasti2, namun kebanyakan sudah diangkut oleh belanda & inggris waktu menjajah indonesia, jangan heran mahasiswa S2 atau S3 sampe harus ke eropa buat literasi studi yang dibuatnya karena banyak artefak indonesia di sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 10:21
gambar-gambar ya yang banyak ditemukan?
mungkin menulis di daun lontar gan, daun lontarnya kemakan rayap
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 10:30
sukanya mahat di batu yahhh... malah lebih susah kan ya??

emoticon-Bingung
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 10:53
Kurang setuju ama Gan TS ....

Jaman dulu kan belum ada Indonesia? Gmn bisa ngomong orang Indonesia jaman dahulu? Lahirnya aja baru2 aja kok. Kalok dulu tuh adanya Orang Jawa, Orang Makassar, dst.

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mancitybest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 11:19
nenek moyang kita tidak berambisi dengan 3G emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 11:25
Orang indo mah sukanya nge-ghibahemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 11:25
Inilah mengapa ceramah, pengajian dan majelis taklim selalu dipenuhi orang apalagi dng penceramah yg sudah masuk TV. Masyarakat kita terbiasa dicekoki bukan mencari informasi. Literasi masih menjadi urusan terakhir, urusan perut lebih utama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 11:41
Menulis nya pakai lontar, mudah lapuk karena bencana alam.
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 12:14
di-iyain aja deh biar seneng dan bisa berandai andai...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 12:23
sesudah adanya youtube, anak-anak zaman sekarang lebih senang mendengar dan menonton apa yang disampaikan dibandingkan dengan membaca.

kalo begitu bisakah sejarah kita disampaikan dengan cara yang enak lewat Youtube? jadi anak-anak bisa ngerti juga, ada gambaran, nggak cuma penjelasan tertulis lewat buku yang minim foto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 12:46
orang dulu gak suka ngevlog kali ya, atau blom punya power bank ... jd raiso ngecharge
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 12:58
itu arie untung gan? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 13:16
Boro2 tulisan sejarah gan, tulisan jaman now aja kurang.

Kalo ane merasakannya literasi di keilmuan ane yg masih ngambil dari luar negeri. Jarang yg menerjemahkan ataupun bikin buku sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaguarxj220 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Orang Indonesia Dahulu, Tidak Suka Menulis, Efeknya Sejarah Nusantara Menjadi Bias!
13-01-2022 13:18
menarik untuk disimak..

rahasia sejarah ini tertutup oleh waktu.. (sayang emoticon-Nohope )
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia