others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61c91c935a80cf7023102252/festival-mustikarasa-diikuti-62-ribu-peserta-hingga-cetak-rekor-muri
Provinsi Jawa Barat Sukses mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas sajian terbanyak dari buku resep yang diciptakan oleh Ir Soekarno yaitu buku resep Mustikarasa. Festival ini tercatat menghadirkan sebanyak 62.025 peserta yang termasuk para siswa dan siswi yang di inisiasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar. Jika kamu belum mengetahui apa itu buku mustika ratu, Buku Must
Lapor Hansip
27-12-2021 08:53

Festival Mustikarasa Diikuti 62 Ribu Peserta Hingga Cetak Rekor MURI


Festival Mustikarasa Diikuti 62 Ribu Peserta Hingga Cetak Rekor MURI



Provinsi Jawa Barat Sukses mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas sajian terbanyak dari buku resep yang diciptakan oleh Ir Soekarno yaitu buku resep Mustikarasa. Festival ini tercatat menghadirkan sebanyak 62.025 peserta yang termasuk para siswa dan siswi yang di inisiasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar.

Jika kamu belum mengetahui apa itu buku mustika ratu, Buku Mustika Ratu ialah buku yang berisi kumpulan resep masakan dari sabang sampai merauke yang dibuat dari gagasan Proklamator Republik Indonesia serta Presiden Pertama kita, yaitu Ir Soekarno. Kegiatan ini di laksanakan pada Hari ibu yaitu tanggal 22 Desember 2021.



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dedi Supandi berharap melalui Festival Mustikarasa, siswa dan siswi di Jabar lebih kreatif dan bangga terhadap makanan khas Indonesia. Dedi Supandi mengatakan, pada pemecahan Rekor MURI Festival Mustikarasa, secara virtual peserta dapat memilih menu yang akan dihidangkan berdasarkan 1.221 masakan yang ada di buku resep Mustikarasa. Pihaknya melibatkan praktisi pendidikan tingkat menengah jenjang SMP dan SMA/ SMK maupun guru di Provinsi Jawa Barat.


Dedi Supandi menyebutkan bahwa Festival Mustikarasa ini terinspirasi dari kegiatan rantang siswa yang diadakan pada mei 2021 lalu. Kala itu siswa dan siswi membagikan makanan kepada masyarakat sekitar. sementara itu, untuk peserta yang mengikuti kegiatan dalam petujunjuk teknisnya adalah, peserta adalah tim dengan jumlah 5-10 orang (siswa SMP, SMA, SMK, atau Guru).


Memilih menu masakan yang disediakan dalam aplikasi http://mustikarasaindonesia.com terdiri dari menu utama, lauk pauk, sambal-sambalan, jajanan dan minuman. Menu yang dipilih dalam satu tim bisa berasal dari satu daerah atau paduan dari daerah yang berbeda. Pilihan menu dapat di lihat di buku judul Mustikarasa, yang didokumentasikan oleh Ir Soekarno. Memasak menu yang di pilih dan mengemas hasil olahan masakan.


Selain itu, proses memasak berlangsung dengan menggunakan baju adat sesuai dengan asal daerah menu masakan yang dipilih. Yang kemudian membagikan hasil makanan nya kepada masyarakat sekitar dan orang yang membutuhkan. Setelah itu mendokumentasikan dari proses memasak hingga proses pembagian selama 3-4 menit. Video yang dihasilkan bisa asli atau proses editing. Mengunggah video hasil rekaman melaui koordinator/ operator sekolah tempat peserta berasal.


Kegiatan ini melibatkan siswa SMP (kelas VII, VIII dan IX), SMA/SMK (kelas X, XI dan XII) dan umum (mahasiswa, guru, dan praktisi kuliner). Diintegrasikan dalam mata pelajaran PKWU (keterampilan/ life skill) dan TIK dalam hal pemanaatan teknologi digital ataupun mata pelajaran lain yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

profile-picture
jorgedesinta539 memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
gathering-event-report--bakti-sosial
Gathering, Event Report & Bakti Sosial
71 Anggota • 1K Threads
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia