others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61c8597c35aa617f6b26df00/8-makanan-korea-yang-bisa-kalian-buat-di-rumah
Buat para pecinta drakor pasti ngak asing nih dengan makanan-makanan korea yang bergam dan memiliki warna yang mengugah selera, di jamin auto lapar dehh. Quote:Beli di restoran Korea harganya lumayan menguras dompet, belum lagi harus tau itu restoran halal atau ngak trus tempatnya belum tentu dekat dengan rumah.  
Lapor Hansip
26-12-2021 19:01

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Buat para pecinta drakor pasti ngak asing nih dengan makanan-makanan korea yang bergam dan memiliki warna yang mengugah selera, di jamin auto lapar dehh.

Quote:
Beli di restoran Korea harganya lumayan menguras dompet, belum lagi harus tau itu restoran halal atau ngak trus tempatnya belum tentu dekat dengan rumah.


 

Eitss jangan khawatir gan, kalian bisa buat sendiri di rumah kok, di jamin ngak bakal nguras dompet kalian dehh.

Quote:
"Cara buatnya susah, ribet, bahanya mahal, susah di cari"


Tenang gan kalian bisa pakek bahan-bahan yang ada di kulkas kalian kok, dan cara buatnya gampang kok, ngak percaya nihh ane kasih resepnya.


Quote:1. Teokbokki


8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Makanan yang satu ini sering muncul nih drakor dan di reality show korea, di Korea teokbokki merupakan makan cemilan yang terbuat dari tepung beras dan di masak dengan saus gochucang. 

Sekarang ini sudah banyak orang yang menjual makanan yang satu ini dan kalian juga bisa membeli teokbokki instan di supermarket loh, tapi untuk membuat makan yang satu ini ternyata ngak susah kok.


Bahan Goguchang

- Cabai merah keriting

- 2 siung bawang putih 

- Saus sambal

- Saus tiram

- Kecap asin

- Gula

Bahan teokbokki

- 8 sendok tepung beras

- 2 sendok tepung terigu

- 2 sendok tepung sagu

- Air mendidih 

Pertama kita buat teokbokki ya, campur tepung beras, tepung terigu, dan tepung sagu beri sejumput garam lalu beri air mendidih sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa di bentuk. 

Setelah adonan kalis kalian tinggal pulung adonan memanjang, kalian juga bisa mengisi bagian dalam teokbokki dengan keju mozarela loh. Setelah itu kalian kukus adona selama kurang lebih 15 menit sampai matang.

Sambil menunggu teokbokki nya matang kita buat saus goguchan nya. 

Haluskan bawang putih dan cabai, jika kalian ingin sausnya pedas kalian bisa tambahkan cabai rawit atau kalian bisa juga tambahkan cabai bubuk.

Tumis cabai yang telah di haluskan sampai harum lalu tambahkan satu sendok saus tiram, beri air setengah gelas kecil dan tunggu sampai mendidih, tambahkan 1 sendok  kecap asin, 3 sendok saus sambal aduk sampai sampai agak mengental, setelah itu tambahka 2 sendok gula dan 1 sendok madu jika ada, aduk rata dan tambahkan garam jika kurang asing, beri 1 sendok maizena yang sudah di beri air dan masak sampai mengental,  lalu kalian taru di wadah dan kalian bisa simpan di kulkas.

Buat kalian yang ngak mau ribet kalian bisa nih beli  saus goguchan di supermarket atau di supermarket yang khusus menjual bumbu- bumbu korea.

Setelah semuanya siap kalian potong teokbokki sesuai selera kalian, lalu tumis bawang bombai sampai layu dan tambahkan  satu gelas air, lalu  masukan dua sendok saus goguchang/ sesuai selera kalian, tunggu sampai mendidih masukan teokbokki dan daun bawang, masak sampai agak mengental  dan siap di sajika, kalian juga bisa tambahkan potongan bakso atau aneka bakso seafood dan telur rebus.



Quote:2. Ramyeon


8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah


Makanan yang satu ini merupakan makana paling favorit sih, dan paling enak makanya sambil nonton drakor atau pas cuaca dingin, cara buatnya pun sangat gampang.

bahan :

- Mie ramyeon korea/ mie kuah pedas instan

- Daun bawang

- Telur

- Irisan ayam atau daging untuk toping

Sebenarnya membuat ramyeon hampir mirip dengan membuat indomie kok, bedanya ramyeon di tambahkan dengan kimci dan cabe halus tapi tenang gan sekarang ini sudah banyak ramyeon instan yang di jual di supermarket dekat rumah kalian kok., jadi tinggal kalian beli aja sesuai selera kalian.

Pertama rebus air sampai mendidih lalu masukan mie instan, setelah mie setengah matang masukan bumbu dan telur (untuk telur kalian bisa pakai telur rebus) lalu  masukan daun bawang  dan masak sampai matang, setelah matang tutup mie dengan tutup panci selama satu menitan supaya mie lebih kenyal dan bumbunya meresap, lalu masukan /susun toping (ayam /daging) di atas mie dan tambahkan serutan timun di atasnya.

Untuk  membuat ramyeon kalian wajib pakek panci yang kecil yaa, jadi kalian ngak usah pindahin mie kalian ke mangkok, dan biar ala-ala koreanya lebih terasa.



Quote:3. Bulgogi

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Makanan khas Korea ini paling enak di makan dengan nasi nihh, dan ternyata cara membuatnya cukup mudah lohh 

Bahan
- 300 grm daging iris tipis
- 1/2 sendok kecap asin
- 1 buah bawang bombai
- 1 ruas jahe iris tipis
- 2 sendok saus tiram
- 1/4 sendok garam
- 2 sendok gula
- 2 siung bawang putih cincang
- daun bawang cincang
- 1/2 sendok minyak wijen
- biji wijen
- 1/4sendok lada hitam/ lada putih
- 100 ml air


Bumbui daging dengan saus tiram, kecap manis, dan kecap asin, aduk hingga daging terlumur rata dengan saus. Simpan daging dalam kulkas selama 20 menit.



Tumis bawang putih, bombay, dan jahe hingga harum.Masukkan lada bubuk dan lada hitam. Tumis kembali sebentar. Masukkan daging lalu aduk hingga berubah warna. Tuang air lalu aduk dan masak hingga air sedikit menyusut.



Tuang minyak wijen dan masukkan garam. Aduk rata lalu angkat.Siap disajikan dengan taburan biji wijen.

sumber



Quote:4.  Bibimbab

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah


Makanan yang satu ini ngak boleh kelewatan nih gan, bibimbab atau nasi campur ini sering menjadi makanan alternatif bagi warga Korea yang sudah kehabisan lauk utaman nih. Biasanya mereka mencampur lauk pelengkap seperti kimci, bayam rebus, salad taoge kedalam nasi, tambahkan minyak wijen dan juga saus  gochujang lalu aduk dan tambahkan telur ceplok.

Kita juga bisa kok membuat bibimbab ala rumahan, yang perlu kalian siapkan adalah
- wortel serut memanjang
- toge 
- bayam
- telur ceplok
- timun serut memanjang
- daging bulgogi
- saus  gochujang
- minyak wijen

Tumis toge, timun dan wortel secara terpisah dan tambahkan kadu bubuk sebagai perasa, rebus bayam dan tambahkan sejumput garam, taru nasi di mangkok lalu susun semua sayuran dan daging bulgogi degan rapi, lalu tambahkan sesendok saus goguchan dan minyak wijen secukupnya dan letakan telur ceplok
.

Kalian juga bisa menambahkan lauk yang ada di rumah kalian seperti tumis toge, tumis kangkung, tumis jamur dll dan jika kalian tidak punya saus gochujang kalian bisa memakai saus sambal ulek kemasan.  



Quote:5. Japchae

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Makanan yang satu ini wajib ada di saat perayaan nih seperti ulang tahun, pesta dll, dan termasuk dalam makanan yang cukup mewah.

kalo di lihat sekilas japchae itu mirip dengan bihun goreng kan, tapi cara pengolahnya sedikit berbeda loh.

bahan 
- 4 ons Dangmyeon / bihun, rebus dan tiriskan
- 100 gram daging iris tipis memanjang
- 2 siung bawang putih cincang
- 4 buah  jamur shitake/jamur kancing yang besar
- 1 telur orak arik
- 1 cup bayam rebus
- 1wortel serut memanjang
- 1 bawang bombai iris tipis
- 1/2 paprika iris memajang
-  daun bawang
- 2 sendok minyak wijen
- 2 sendok kecap asin
- gula secukupnya
- garam/kaldu bubuk secukupnya

Bumbui dangyeon dengan minyak wijen, kecap asin, dan garam sekucupnya, lalu diamkan beberapa menit.

Tumis wortel sampai agak layu masukan bawang bombai, bawang putih, jamur dan p,arika tumis sampai harum kemudian masukan daging dan beri garam secukupnya. 

Tumis sampai daging setengah matang lalu masukan dangyeon aduk sampai semuanya matang  lalu tambahan bayam rebus aduk rata,  setelah matang beri taburan daun bawang dan telur orek.


sumber



Quote:6. Popcron Chiken Ala Korea

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Makanan yang satu ini enak di buat camilan maupun menjadi pendamping nasi.  Ayam nya yang kriuk dan bumbunya yang pedas manis di jamin bikin nagih deh.


Bahan :
- daging ayam fillet, potong dadu 250 gr.
- Garam, gula, merica bubuk .
- Bawang putih parut .
- Jahe parut 1 sdt.
- kanji (2 sdm untuk bahan basah dan 2 sdm untuk bahan kering) 4 sdm.
- tepung untuk bahan kering dan 2 sdm untuk bahan basah 125 gr.
- gochujang 2 sdm (bisa pakek resep goguchan yg ada di topokki).
- saos tomat 1 sdm.
- air perasan jeruk nipis 1 sdm.
- madu 2,5 sdm.
- kecap asin 1 sdt.


Marinase daging ayam dengan garam, merica bubuk dan bawang putih diamkan selama 15 menit.

Bahan basah : campurkan tepung kanji, tepun terigug, 3-4 sdm air. Aduk rata.
Bahan kering : campurkan tepung terigu, garam, merica bubuk, aduk rata dan cek rasa.

Celupkan ayam pada bahan basah dan gulingkan pada bahan kering, goreng dengan api kecil sampai kecokelatan.

Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan gochujang, saos tomat, gula, kecap asin, merica bubuk, air perasan jeruk nipis, madu, aduk rata. Masukkan ayam goreng, aduk rata. Angkat, taburi wijen.

kalian juga bisa menganti ayam goreng dengan potongan sayap atau paha bagian bawah, dan untuk sausnya kalian bisa membuatnya lebih pedas dengan menambahkan bubuk cabai/abon cabai.

sumber


Quote:7. Mini Kimbab 

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Makanan yang satu ini sering di bawa saat warga korea piknik atau berpergian nih, biasanya mereka akan membuat kimbab yang berukuran besar dan memotonya menyerupai sushi, bedanya kimbab berisi sayuran sedangkan sushi  berisi ikan.

Tapi kalian ngak perlu membuat kimbab yang berukuran besar kok, kalian bisa membuat versi mininya.

bahan : 

- 2 buah wortel iris tipis memanjang

- 1 buah timun jepang/timun biasa potong memanjang 


- 1 ikat bayam


- 1 mangkuk nasi hangat


- 1 sdt minyak wijen


- Secukupnya garam


- Secukupnya biji wijen utk taburan (boleh di skip)


- 2 bungkus nori mini Mama Suka


Rebus sayuran sampai matang lalu tiriskan, campur nasi degan minyak wijen dan sedikit garam, letakkan nasi di atas nori dan ratakan lalu letakkan sayuran di atasnya dan gulung,  mini kimbab siap di sajikan.



Quote:8. Bungeoppang

8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah

Cemilan yang berbentuk ikan ini ternyata ngak sulit loh untuk membuatnya, kalian cuman perlu membeli cetakan berbentuk ikan saja dan kalo ngak punya kalian bisa memakai cetakan untuk kueh cubit kok.

bahan 
- 250 gr terigu pro rendah (kunci biru)
- 2 btr telur
- 230 ml susu
- 40 ml sirup mapple
- 1 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm vanili pasta
- Selai kacang / coklat (untuk isian)



Campur semua bahan jadi satu, aduk rata  tapi jangan overmixed. Siapkan cetakan bungeoppang/cetakan kueh cubit, panaskan dan olesi dengan minyak/mentega, tuangkan secukupnya adonan ke dalam cetakan, tambahkan isian di bagian tengah adonan. Tutup lagi dengan adonan.


Tutup cetakan, diamkan sesaat hingga kira-kira satu sisi matang, balik cetakan, dan tunggu hingga matang. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.


sumber


Sumber gambar : 
0
Masuk untuk memberikan balasan
kekoreaan
Kekoreaan
300 Anggota • 10.5K Threads
8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah
27-12-2021 15:59
jadii pengen gann,tapi males bikinn wkwk
0 0
0
8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah
27-12-2021 17:01
Otw bikin ini mah kalo udah dapet referensi kaya gini
0 0
0
8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah
28-12-2021 08:39
Pernah beli salah satu dari makanan tersebut tapi ternyata gak sesuai dengan ekspektasi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah
30-12-2021 22:56
Makanannya so colourful
0 0
0
8 Makanan Korea yang Bisa Kalian Buat di Rumah
31-12-2021 04:09
pernah dulu makan nasi campur korea

ternyata rasanya mirip nasi megono
0 0
0
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia