News
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b0e342f868b8309d10e3d3/detikcom-do-your-magic-mobil-terperosok-kontraktor-sumur-resapan-ngaku-salah
Jakarta - Sumur resapan di Lebak Bulus sempat membuat mobil terperosok tadi siang. Warga menilai kontraktor lalai karena tidak memberi tanda pada proyek yang belum jadi itu. Kontraktor mengaku salah. Lokasi proyek sumur resapan, atau lebih tepatnya kolam resapan modular yang membuat mobil terperosok ini ada di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. "Kelalaian
Lapor Hansip
08-12-2021 23:54

detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah

detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah

Jakarta - Sumur resapan di Lebak Bulus sempat membuat mobil terperosok tadi siang. Warga menilai kontraktor lalai karena tidak memberi tanda pada proyek yang belum jadi itu. Kontraktor mengaku salah.
Lokasi proyek sumur resapan, atau lebih tepatnya kolam resapan modular yang membuat mobil terperosok ini ada di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Kelalaian dari pihak penyedia untuk memasang markah. Apa sih susahnya memasang markah?" kata warga setempat bernama Arnold Mamesah saat ditemui detikcom, Rabu (8/12/2021).

Seharusnya, proyek yang belum siap untuk dilalui kendaraan butuh diberi markah atau pita proyek supaya tidak dilewati kendaraan. Namun tadi, kata Arnold, markah jalan tidak terpasang di lokasi. Terperosoklah satu mobil warga yang melintas, meski kondisi warga yang mengendarainya baik-baik saja dan mobil bisa keluar dari lubang sumur resapan.

"Saya dari Masyarakat Infrastruktur Indonesia, jadi saya paham sekali masalah infrastruktur. Kebetulan di DKI ini jadi suatu model ya dalam hal ini, vertical drainage itu solusi tepat," ujarnya.

detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah

Kontraktor mengaku salah
Kontraktor proyek sumur resapan di sini berasal dari Arvirotech Group. Project Manager, Dedi Charles, menjelaskan kepada detikcom di lokasi bahwa pihaknya memang salah karena tidak memasang tanda di proyek sehingga dilewati oleh mobil.

"Pagar itu kan sudah kita singkirin. Sementara di pihak kami memang mengakui salah, karena nggak ada pelang imbauan," kata Dedi Charles di lokasi.

Proyek ini memang bagian dari sumur resapan namun secara spesifik berjenis kolam resapan modular.
Lubang-lubang yang nampak dari permukaan itu sesungguhnya bukan sumur melainkan bak kontrol, karena di bagian bawahnya ada kolam.

Saat dilintasi mobil, beton 'sumur resapan' itu masih berusia sekitar tiga hingga empat hari alias belum kuat betul.

"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.

Di Perumahan Taman Bona Indah, pihaknya mengerjakan kolam resapan modular sebanyak 13 titik. Titik yang menjadi lokasi mobil terperosok adalah di titik 7 dan 3.
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah

https://news.detik.com/berita/d-5846...an-ngaku-salahdetikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salahdetikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah

saya biasa memecahkan masalah...emoticon-Cool

Tentu dengan banyak lagi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
08-12-2021 23:57
Akhir tahun, proyek sumurnya masiv.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
08-12-2021 23:58
Sudah memakan korban, sepertinya si pemuja setan ini mencari tumbal nyawa untuk dipersembahkan ke sesembahannya.... Supaya pasukan setan bisa membantunya dalam mengambil alih negara...

Semakin banyak yang tertumpah semakin bahagia dia, entah melalui kerusuhan, melalui terror, atau melalui kecelakaan yang ia fasilitasi...

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
08-12-2021 23:59
Kita pake teori cocokmology yah
Ini pertanda Gubernurnya akan terperosok lagi kah??
Diubah oleh dewars12yo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 00:03
Gubernur goblok Sunatullah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 00:07
Dilihat dari besinya ga yakin kuat sama truck???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 00:29
Akibat semua minta harga murah jadinya byk pekerjaan asal2an sesuai harga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 00:32
Ga ada sanksi dan hukuman berat, ya besoknya bakal diulangin lagi.....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 00:53
Yg penting serapan anggaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:00
ini namanya proyek abadi penyerap anggaran... alias black hole....

gw dah pernah bikin beginian di rumah.. kendalanya ntar lama2 ada sedimentasi... mau ga mau harus di keruk...

jadi kira2 beberapa tahun ke depan kalo blom ambrol tu lobang pasti harus di bongkar lagi untuk di keruk sedimentasinya...


eaaaa.... bener2 dah kegoblokan yang hakiki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:09
Yg gw tau daerah bona indah jalannya bagus.
Berarti sekarang anis sudah bekerja🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:14
Yg ngasih ide kira2 ninta maaf jg kg ya emoticon-Bingung
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
1 0
1
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:29
Gw kebetulan kerja di bidang konstruksi. Sekilas dari warna beton itu bukan beton yg 1-5 hari kering, putih kayak di gambar kurleb 8-20 hari. Ya jelas jebol wong tulangan pake besi 8 banci. Yg bisa jadi pemeriksaan tanya kenapa downspek ekstrem kayak gitu apa kah ad yg minta jatah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:35
yg penting kan udah ngaku salah emoticon-Big Grin

2024 ab presiden yaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:39
menyelesaikan masalah dengan masalah baru

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:43
tu besi apa kawat mbah
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 01:54
gubernur tydac salah, yang salah kontraktornya...

2024 aman... emoticon-Ngacir



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 02:12
itu besi apa kawat gantungan baju tipis amat emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan vegasigitp memberi reputasi
2 0
2
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 02:23
Udahlah wan.
Hentikanlah kekonyolan ini.

Walau beton sumur resapan speknya bagus kalau di tanem di badan jalan jakarta tetaplah tidak aman..

Fibrasi dan beban jalan di jakarta , variatif setip detikinya dan tak pernah berhenti loh wan. :

nanem modular resapan penampung aer di badan jalan. sama aja antum nanem pengaduk lumpur di situ.

Apalagi sumur resapan yg bentuknya bulat itu.
gak perlu waktu lama untuk ambles. beban perawatan jalan jg bakal jadi bengkak, struktur tanah penguat kalan jadi labil. Kalau tiba2 amblong bisa membahayakan.

Beton jalan yg desain bagus spek tinggi ikatan kuat , pemadatan bagus aja bisa ambles dan retak. apalgi modular beromgga cem itu (yg bentuk kecil, hanya terikat oleh tanah lempung basah udah gitu terisi aer lagi) emoticon-Ngakak (S)


Diubah oleh kopaser
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1nd0w3bst3r dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 02:33
ngaku salah doang ...
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
1 0
1
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
09-12-2021 02:40
kayak bikin resapan di rumah ya kayaknya? pantes ambrol, kalo buat rumah pribadi gak setiap hari dilewatin mobil, lha ini di jalan raya mobil kadang truk bukannya wara wiri 24 jam, ya ambrol..
profile-picture
BrickLesnar memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia