Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
102
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61af51d0b195d32ae46e9b0e/ketahui-mengapa-pelecehan-seksual-di-kampus-sering-terjadi
Lingkungan kampus sebenarnya merupakan lingkungan tempat orang-orang terdidik berinteraksi baik dosen, tenaga kependidikan, tenaga administrasi maupun mahasiswa, semuanya adalah orang-orang yang banyak terpapar dengan ilmu pengetahuan. Selain mereka telah mengenyam pendidikan mulai dari Bangku SD, SMP, serta SMA, mereka juga paling tidak banyak telah menerima sejumlah p
Lapor Hansip
07-12-2021 19:21

Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Bisa Terjadi?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
Sumber gambar: qubisa.com

Lingkungan kampus sebenarnya merupakan lingkungan tempat orang-orang terdidik berinteraksi baik dosen, tenaga kependidikan, tenaga administrasi maupun mahasiswa, semuanya adalah orang-orang yang banyak terpapar dengan ilmu pengetahuan. Selain mereka telah mengenyam pendidikan mulai dari Bangku SD, SMP, serta SMA, mereka juga paling tidak banyak telah menerima sejumlah pengetahuan dari berbagai sumber yang informal.

Interaksi di dalam kampus adalah interaksi yang saling membutuhkan antara satu orang dengan orang yang lain, Dosen membutuhkan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan pengajarannya, Mahasiswa membutuhan dosen untuk memenuhi kebutuhan belajarnya, mendapatkan nilai, menyelesaikan karya ilmiahnya, serta mahasiswa membutuhkan tenaga kependidikan untuk memenuhi kebutuhan administrasi belajarnya.

Idealnya interaksi antara civitas akademika di lingkungan kampus terjadi dalam suasana akademik atmosfer yang kondusif dan terfasilitasi oleh manajemen kampus dengan baik, apalagi dengan adanya peraturan akademik, kode etik perilaku akademik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Namun sayangnya tidak semua civitas akademika menjunjung tinggi nilai dan norma akademik yang telah tertuang dalam peraturan dan kode etik perilaku akademik. Hal ini karena manusia memiliki sifat dan karakter serta latar belakang yang berbeda-beda setiap orang. Sehingga pelanggaran norma dan etik yang kadang terjadi dilingkungan kampus seperti perilaku pelecehan seksual dapat saja terjadi.

Beberapa hal yang mendukung hal tersebut antara lain:

Pertama, dosen memiliki hak prerogatif untuk memberikan nilai kepada mahasiswa untuk menyatakan seorang mahasiswa lulus atau tidak dalam suatu mata kuliah atau bisa tidaknya mahasiswa ujian skripsi. Hal ini menyebabkan mahasiswa memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi pada dosen dan ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh oknum dosen yang memiliki kecenderungan perilaku yang menyimpang dalam melakukan tindakan yang melanggar norma dan kode etik, sebut saja kejadian oknum dosen yang meminta dibawakan bunga pada saat akan mengikuti bimbingan skripsi, dll.

Kedua, setiap dosen berdasarkan penilaian akreditasi mengenai kecukupan sarana dan prasarana, harus disediakan ruang dosen. Dosen yang diberi amanah sebagai pejabat misalnya Dekan, Ketua Jurusan, biasanya memiliki ruangan tersendiri di dalam kampus dan seringkali tertutup. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh oknum dosen yang memiliki kecenderungan perilaku menyimpang untuk memanfaatkan situasi termasuk salah satu diantaranya melakukan perbuatan pelecehan seksual yang marak dibicarakan akhir-akhir ini.

Ketiga,  mahasiswa adalah manusia dewasa muda yang berada dalam proses mencari jati diri dan seringkali mengalami berbagai masalah baik dalam kehidupan akademiknya maupun non akademiknya termasuk dalam kehidupan sosialnya. Salah satu tugas dosen di kampus adalah sebagai penasehat akademik. Interaksi antara dosen penasehat akademik seyogyanya berlangsung dalam suasana interaksi orang tua dan anak. Namun karena usia dosen dan mahasiswa seringkali tidak terpaut jauh sehingga interaksi tersebut bisa melewati batas-batas norma kesusilaan.

Beberapa tips untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual di kampus adalah:
1. Biasakan membawa teman untuk mendampingi saat akan bertemu dengan dosen dan mintalah temannya untuk menunggu apabila tidak diperbolehkan masuk bersama.
2. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi serta tidak mengundang syahwat saat akan bertemu dengan dosen.
3. Saat mengikuti bimbingan karya ilmiah, sebelum bimbingan minta ijinlah untuk merekam percakapan untuk memudahkan mengingat informasi yang disampaikan sekaligus mencegah terjadinya kekerasan seksual secara verbal.
4. Jangan menunjukkan tingkat kebutuhan yang berlebihan dan sikap yang lemah pada orang lain, tunjukkan bahwa anda memiliki prinsip dan integritas. Ingatlah, kesuksesan anda adalah atas berkat dan rahmat Allah, orang lain hanya sebagai fasilitator keberhasilan anda.

Dosen adalah Profesi yang sangat mulia, namun seringkali dinodai oleh oknum pribadi yang kurang bisa menjaga dirinya dari perilaku yang buruk.

Semoga bermanfaat
Diubah oleh bugisline
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Okutet dan 16 lainnya memberi reputasi
9
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
07-12-2021 19:27
Sumbernya tolong diperbaiki.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
om.gembel dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
07-12-2021 19:33
Perasaan dulu di kampus ane yg notabene kampus tapir hampir ga pernah kedengaran kasus2 pelecehan seksual, seingat ane jaman kuliah malah ga pernah denger berita tsb di kampus ane, ntah itu antar mahasiswa/i atw pun dengan dosen/karyawan kampus, seandainya ada kasus pun paling banter ada yg ke gep pacaran ampe parah or ML di ruangan kampus yg sepi atw di parkiran mobil, itu pun emang hubungannya pacaran alias suka ama suka, nah kenapa malah jaman now banyak banget berita pelecehan sex di kampus ya ? Apa karena di kampus ane dulu emang orang2nya pada lempeng otaknya plus kaga munafik, lu klo suka sama suka mau pacaran ya bebas, asal jgn lu berbuat cabul ke orang2 yg jelas2 ga suka dan ga mau ama lu emoticon-Nohope
Diubah oleh azzamizzulhaq
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 41 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 41 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
07-12-2021 19:37
intinya mah..tuh dosen yg melakukan pencabulan kurang bisa SSI.....maen hantam aja....nafsu aja di gedein.....klo maen cantik ya bisa suka ma suka.....malah bisa saya bYrin duit kos n kebutuhan sehari2....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
07-12-2021 21:35
Sialan!! Jadi intinya dosenya cabul ya? emoticon-Wkwkwk

Gimana kalau mahasiswanya yg senggol2 ,gesek2 duluan? emoticon-Genit
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
07-12-2021 22:32
Hapuskan skripsi dan bimbingan2..
Pas kerja gak kepake juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
surya.pradik273 dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 02:24
2. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi serta tidak mengundang syahwat saat akan bertemu dengan dosen.

Tetep aja kostum yang disalahin ya ukhtea..
profile-picture
profile-picture
olando dan dxbike memberi reputasi
1 1
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 05:12
1.cctv diwajibkan disemua titik strategis kampus

2.bikin sanksi yg sangat berat

profile-picture
profile-picture
bugisline dan darm4 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 12:08
Ya mahasiswi ada yg genit
Mahasiswa ada yg mesumKetahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gramlet dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:05
Power abuse gan, bukan cuma di perkuliahan doang, di tempat kerja menuurt gua lebih banyak lg


____________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Mengenal Brainwave Software


Yang diatas cuma beberapa brainwavenya, kalau agan mau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
profile-picture
darm4 dan dxbike memberi reputasi
2 0
2
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:08
Walopun ini artikel yg sngt menarik..... to...... Sumber link aslinya mana ini, agan TS yg baik hati.......
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
bugisline dan arsipojan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:10
semoga wanita2 di kampus baik2 aja. LIndungi mereka tmn2.
profile-picture
profile-picture
bugisline dan arsipojan memberi reputasi
2 0
2
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:11
Karena kerodongnya kurang tertutup bukan?

Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
olando dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:20
Ane setuju deh sama agan pembikin tritnya gan
profile-picture
bugisline memberi reputasi
1 0
1
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:24
Kalo saya bukan dosen, tp sebagai mahasiswa punya sudut pandang ke arah penampilan dan perilaku. Saya sih jujur gk sok suci, tp gk jelalatan selama kuliah. Melihat penampilan mahasiswi pusing, sok cantik seksi. Kadang kala ada beberapa mahasiswi yg main tabrak tubruk. Makanan / minuman saya beli di tubruk aja. Belum lagi kadang sedang duduk selonjoran dan tengkurap mereka main senderan dibahu & panggung, ada kalanya main tiduran di pangkuan, dada atau punggung. Status cm kenal sbgai teman biasa, bukan sahabatnya apalagi pacar atau calonnya. Kadang dosen sama pegawai kampus sampe kang dagang salah judge. Klo 1 mahasiswi gpp kadang 2-3 orang kelakuan sama. Klo ditanya dianya suka kesaya secara spesial tentu tidak.
profile-picture
bugisline memberi reputasi
1 0
1
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:27
Bukan cuman dosen gan, mahasiswa/mahasiswi juga ada yg menawarkan diri sendiri dah ini pengalaman pribadi temen yg jadi dosen, di dunia kerja juga sama terutama pabrik dah pasti ada aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:29
anak anak,

Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bugisline dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:37
profile-picture
profile-picture
jiresh dan mantelbulu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:52
ibarat cewe sma ranum2nya, cewe kuliahan itu di puncak kesuburan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:53
Sebenarnya di setiap apapun lingkungan nya.
Pasti akan selalu ada aja sih.
Ga heran...
Dan udah hal lumrah.
Karena kita semua punya hawa nafsu.


Asalkan jangan perkosa aja,masuk nya ke hukum nanti.
0 0
0
Ketahui Mengapa Pelecehan Seksual di Kampus Sering Terjadi?
08-12-2021 18:58
Hak prerogatif dosen dalam memberikan nilai ini terlihat begitu super power, dimana setiap mahasiswa pasti sangat mengidamkan nilai yang bagus sehingga berdampak pada ipk yang tinggi ataupun memperbaiki ipk nya. Hal ini yang membuat ada saja dosen yang memanfaatkan hak tersebut untuk mengambil keuntungan lain yang seramnya apabila sudah mengarah ke arah seksual emoticon-Turut Berduka
profile-picture
bugisline memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia